alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d96b2320577a946f844cc8b/mengoptimalkan-ram-pada-komputer-anda
Lapor Hansip
04-10-2019 09:45
Mengoptimalkan RAM Pada Komputer Anda
Assalamu’alikum warahmatullahi wabarahkatuh
Salam sukses agan/Sista...emoticon-shakehand
emoticon-Hai


Kali ini saya ingin share ke agan/Sista Beberapa Cara Mengoptimalkan RAM Pada Komputer Anda mau tau apasaja caranya langsung saja kita bahas yukk...

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan sebuah memori utama yang biasanya digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara pada saat komputer dihidupkan dan digunakan serta dapat diakses secara random atau acak.

Secara umum, kinerja komputer Anda berhubungan dengan kecepatan dan kapasitas RAM. Dimana jika kualitas RAM mengalami penuruna maka secara otomatis kinerja komputer atau laptop Anda akan menjadi lambat. Kapasitas RAM tentunya mempengaruhi kinerja komputer dengan begitu computer yang RAM-nya kecil tentu kinerjanya lambat (tidak maksimal). Bukan hanya kapasitas saja, kecepatan akses RAM juga mempengaruhi kinerja computer. Singkatnya, kapasitas RAM yang besar harus dibarengi dengan kecepatan akses RAM yang cepat pula.

Anda perlu mengoptimalkan kinerja RAM Anda agar kinerja komputer atau laptop berfungsi maksimal.

Berikut dibawah ini 3 tips mengoptimalkan kinerja RAM pada komputer.

1. Menggunakan Task Manager 
Nah, salah satu cara mengoptimalkan RAM yang mudah dan simple adalah dengan menggunakan task manager. Anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada komputer Anda melalui task manager. Secara umum,  hampir semua sistem operasi (windows, UNIX) melakukan pengurutan penggunaan RAM dari yang terbesar ke terkecil.

Anda dapat menutup aplikasi yang tidak diperlukan dan juga menguras RAM dengan begitu kinerja komputer Anda menjadi lebih optimal.



2. Menonaktifkan Aplikasi Startup (Disable Startup Apps)

Mungkin Anda pernah mengalami loading start up komputer atau laptop yang terlalu lama. Biasanya, hal itu terjadi karena ada banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan saat Anda menghidupkan komputer atau laptop. Nah, agar loading start up dapat berjalan dengan cepat adalah dengan cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan bersamaan saat start up namun tidak diperlukan.

Cara melakukan disable startup apps untuk pengguna Windows 8, 10 adalah dengan cara membuka jendela Task Manager kemudian membuka tab Start Up. Selain itu, untuk Windows 7 dapat melalui msconfig. Sedangkan, jika Anda pengguna Linux maka Anda dapat melihat start up secara keseluruhan melalui terminal dengan perintah :

sudo -i
cd /etc/xdg/autostart/
sudo sed --in-place 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' *.desktop

Tetapi, ingat sebelum disable start up apps, Anda harus berhati – hati menonaktifkan aplikasi karena terkadang ada aplikasi yang secara langsung berkaitan dengan sistem operasi. 


3. Menggunakan Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Selain kedua cara diatas, Anda dapat mengoptimalkan RAM pada komputer atau laptop adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga (pengembang) yang sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda download untuk mengoptimalkan kinerja RAM, misalanya CCleaner untuk Windows, Ubuntu Tweak untuk Linux (Ubuntu) atau AVG Tune Up Utilities yang hasilnya lebih maksimal dan merupakan aplikasi berbayar.Â



nah cukup sampai disini dulu ya Agan/Sista untuk pembahasan saya hari ini semoga bermanfaat untuk Agan/Sista dan selamat mencoba,,,,

nah,,,jika kalian ingin mempelajarinya lebih lanjut bisa langsung klik link ini ya,,
https://www.babastudio.com/
emoticon-Requestemoticon-2 Jempol




terimakasih
emoticon-Jempol
waassallamu'alaikum warahmatullahi wabarahkatuh


Diubah oleh nitaisnaeni
profile-picture
profile-picture
festsea dan garudarrider memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
04-10-2019 10:11
Optimasi Ram memang diperlukan apalagi kalau kita pakai WIndows 8 dan 10 sebagai SIstem Operasi kita , yang banyak makan temapat di Memor Ram . Kalau kaga dioptimasti , bisa 2x Ram kelebihan beban bisa jadi masalah utk laptopnya bisa mati mendadak .
0
Lihat 3 balasan
04-10-2019 14:01
Siap gan
0
Lapor Hansip
06-10-2019 12:22
Balasan post garudarrider
Quote:Original Posted By garudarrider
Optimasi Ram memang diperlukan apalagi kalau kita pakai WIndows 8 dan 10 sebagai SIstem Operasi kita , yang banyak makan temapat di Memor Ram . Kalau kaga dioptimasti , bisa 2x Ram kelebihan beban bisa jadi masalah utk laptopnya bisa mati mendadak .


Wah thanks infonya gan, ane kebetulan make win10 dan kadang ngerasa keberatan sih. Tapi gak pernah sampe mati
0
07-10-2019 15:47
Seringkali anae lupa untuk menggunakan task manager
0
Lapor Hansip
07-10-2019 16:47
Balasan post garudarrider
Thanks gan infonya. Barusan nambah ram kemarin. Mati sendiri tadinya make W10
0
Lapor Hansip
08-10-2019 21:35
Balasan post garudarrider
@WongBumiayu Di PC atau di Laptop gan?
0
08-10-2019 21:58
betul banget gan,nice info emoticon-Cendol Gan
0
Kemarin 22:37
tips selanjutnya.

4. Gunakan macos.
kita tau macos adalah os khusus untuk perangkat apple seperti macbook,imac atau mac mini. Kelebihan macos adalah optimasi ram yang baik, sehingga jarang sekali mendapati perangkat mac kekurangan memory atau lag seperti yang terjadi pada perangkat windows.
0
Hari ini 13:14
thanks gan infonya
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.