Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d945229c9518b52a8295cc2/suka-baca-buku-intip-kepribadianmu-dari-jenis-buku-yang-kamu-gemari
Nggak cuma dari jenis kopi yang dipesan, atau serial TV yang digemari, kita pun bisa mengetahui karakter seseorang dari jenis buku yang sering dia baca.
Lapor Hansip
02-10-2019 14:30

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Past Hot Thread
Selain menambah ilmu, hal yang paling ane suka dari membaca buku adalah kemampuannya membawa kita ke mana aja melalui imajinasi yang tanpa batas, tanpa harus beranjak dari tempat kita duduk.

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!


Membaca buku pun nggak bakal bikin bosan, karena ada banyak banget jenis atau genre yang bisa kita pilih sesuai mood. Kalo lagi lelah berimajinasi ke dunia fantasi, kita bisa baca buku fiksi kontemporer yang lebih relatable, atau bahkan non-fiksi, yang bisa sekaligus menambah wawasan kita. Kalau lagi pingin memicu adrenalin, tinggal pilih buku misteri atau thriller.

Meski kita sering mengeksplorasi berbagai genre, pasti ada satu genre yang nyantol dan jadi favorit kita; genre yang ‘gue banget’ dan yang selalu jadi tujuan kita setiap kali kita bingung mau baca apa. Nah, tau nggak Gan, ternyata jenis bacaan yang kita gemari itu bisa dikaitkan sama kepribadian kita. Jadi, nggak cuma dari jenis kopi yang dipesan, atau serial TV yang digemari, kita pun bisa mengetahui karakter seseorang dari jenis buku yang sering dia baca.

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Hal ini diungkapkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas. Menurut penelitian tersebut, jenis hiburan yang dipilih seseorang nggak hanya ditentukan oleh umur, gender, atau tingkat pendidikan, tapi juga oleh kepribadian seseorang. Keterkaitan antara kepribadian seseorang dan preferensi bacaan mereka membuktikan kalau orang-orang cenderung memilih jenis hiburan yang mecerminkan diri mereka sendiri.

Seperti apa contohnya?

1. Fantasi

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Si penggemar fantasi menyukai cerita dengan dunia yang kompleks, di mana imajinasi mereka bisa  berjalan seliar mungkin. Orang yang menyukai fantasi biasanya orang yang ekspresif, kreatif, tapi suka melamun dan berkhayal. Dalam hal pertemanan, mereka akan menghargai sahabat-sahabat mereka, karena biasanya kisah fantasi dalam novel melibatkan sekelompok pertemanan yang erat, seperti dalam serial Harry Potter, Percy Jackson atau The Lord of the Rings.

2. Fiksi Sejarah

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Fiksi sejarah atau historical fiction adalah karya sastra yang melibatkan latar belakang sejarah yang benar-benar terjadi, namun dengan karakter-karakter fiktif. Penggemar novel jenis ini biasanya nggak terlalu suka kejutan. Mereka suka segala sesuatu yang direncanakan, tapi tetap nggak takut kalau harus melakukan kegiatan secara spontan.  Mereka cenderung perfeksionis, suka memperhatikan orang dan situasi di sekitar, dan suka mendengar orang lain bercerita tentang kisah-kisah sejarah, atau kisah mereka di masa lampau.

3. Horor

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Bagi kalian penggemar novel-novel Stephen King, kalian adalah orang yang nggak mudah takut, dan bagi kalian memicu adrenalin itu adalah sesuatu yang bikin nagih.  Kalian adalah si pengambil risiko, dan biasanya jadi yang paling depan saat antre di wahana menegangkan di taman hiburan. Kalian juga yang paling jago bercerita di antara teman-teman kalian, terutama cerita-cerita horor tentunya.

4. Misteri / Thriller

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Kalian yang gemar bacaan misteri, seperti Sherlock Holmes, atau Thriller seperti Gone Girl, pasti jago menemukan petunjuk dan menebak alur sebuah cerita. Meski belum nonton sampai habis, kalian bisa dengan mudah menebak ending sebuah film. Kalian memandang hidup sebagai sebuah misteri, dan selalu mencari arti di balik segala hal. Kalian cenderung lebih pendiam dari orang-orang di sekitar kalian, karena kalian suka mengamati detail.

5. Non-fiksi

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Pembaca non-fiksi biasanya adalah pendengar yang baik. Mereka suka mempelajari hal-hal baru yang mereka dapat dari orang lain.  Mereka  nggak mudah puas dengan diri mereka yang sekarang, sehingga mereka terus mencari cara-cara baru untuk memperbaiki diri mereka sendiri.
  
6. Romance

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Bagi penggemar romance, sebuah cerita belum lengkap rasanya kalau nggak dibumbui kisah percintaan. Orang-orang ini biasanya penuh gairah, dan selalu bersedia melakukan segalanya untuk orang yang mereka cintai. Mereka biasanya orang yang positif dan optimis, dan percaya kalau semua akan berakhir baik.

7. Fiksi ilmiah

Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!

Buku bergenre fiksi ilmiah atau sci-fi biasanya memuat cerita yang sarat akan ilmu pengetahuan, dan penelitian atau teknologi terbaru. Penggemar Sci-fi adalah orang-orang yang selalu ingin tahu, dan suka mencoba hal-hal baru . Mereka juga tidak akan keberatan dan kesulitan dalam menghadapi sebuah perubahan. Biasanya, mereka punya ide-ide hebat yang seringkali takut untuk diungkapkan.
 
Itu tadi, Gan, beberapa genre buku yang bisa mencerminkan kepribadian para pembacanya. Agan sendiri paling suka baca buku jenis apa nih?


sumber


Diubah oleh benben1404
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 09:27
bener ini, ane merasakan kecocokan dg isi trit ni
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 09:28
Paling demen yang fantasi!
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 10:49
1,3,4, dan 7 aku banget. hehe
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 13:08
ane sukanya buku tulis gan.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 14:13


Quote:Original Posted By khambing34
ane sukanya buku tulis gan.


gapapa gan asal bukan buku diary mantan ente aja , apalagi buku kasbon warung rokok , bisa berabe bray
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 14:22
ane suka baca buku ato novel yang bergenre fantasi ato romance 😍😍😍
profile-picture
profile-picture
simsol... dan diandraps memberi reputasi
2 0
2
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 14:35


Quote:Original Posted By khambing34
alhamdulillah kagak gan, apa lagi diary mantan. mantan ane otaknya dangkalan semua boro" baca buku di ajak ngobrol serius aja cengar cengir najis dah pokoknya>


loh mantan situ kuda apa orang , kok cengar cengir kalo diajak ngobrol emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 14:57
saya suka baca
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 15:24
kebanyakan baca malah bikin jadi pelupa ...
dasar ane.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
04-10-2019 18:10
Kalo emang lagi penasaran sama genre genre tertentu gimana? Hehehe balik lagi sih ya kadang ada aja orang yang baca semua buku tidak membatasi ruang atau seleranya.
profile-picture
profile-picture
diandraps dan dewakere memberi reputasi
2 0
2
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 00:18
Kalo baca bukunya Stephan Hawking, Richard Dawkins, Carl sagan, kira2 masuk mana..
profile-picture
2V7 memberi reputasi
1 0
1
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 08:03
Betul.. Nice share inpohnya.. emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan CoupleMaster memberi reputasi
2 0
2
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 12:16
Empat dari semua kategori aku suka, kalau romance, horor, thriller tidak terlalu, hanya pengganti suasana. emoticon-Traveller
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 13:49
ga suka baca buku nanti ngantuk
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 14:05
Quote:Original Posted By pabloo
saya suka baca

Baca dalam hati aja
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 14:50
Semuanya ane suka, kecuali horor emoticon-Takut
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 15:02
ane suka genre komedi dan fhm magazineemoticon-Malu
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 15:03
fantasi sm fiksi sejarah gan...

tp ane kaga kreatif... emoticon-Hammer2
0 0
0
Suka Baca Buku? Intip Kepribadianmu dari Jenis Buku yang Kamu Gemari!
05-10-2019 15:14
kalau ane ngacak gan.. gimana ntuh
0 0
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia