Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
132
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9409110577a90a0d0e697f/ini-bahayanya-kalau-agan-memanggul-tas-yang-berat-tiap-hari
Mengangkat beban yang berat bisa jadi penyebab masalah ini. Nggak hanya berpegaruh bagi orang dewasa, anak-anak yang membawa tas sekolah terlalu berat pun bisa merasakan dampaknya.
Lapor Hansip
02-10-2019 09:18

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Past Hot Thread
Supaya lebih praktis, kita seringkali meringkas semua barang bawaan kita ke dalam tas. Segala barang, mulai dari yang penting sampe yang nggak penting-penting amat kita masukin ke dalam tas dan kita bawa sehari-hari, dengan alasan “ya...siapa tau perlu kan?”. Semakin hari, tanpa kita sadari barang bawaan kita semakin banyak, apalagi ditambah dengan ‘sampah-sampah’ terlupakan yang tertimbun di dasar tas kita. Awalnya, bobot tas yang berat mungkin nggak bakal kerasa,  tapi seiring berjalannya waktu, bagian punggung dan pundak kita pun bakal mulai terasa nyeri.

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Menurut penelitian, sekitar 80 persen orang dewasa pernah merasakan sakit di area bawah punggung mereka. Mengangkat beban yang berat bisa jadi penyebab masalah ini. Nggak hanya berpegaruh bagi orang dewasa, anak-anak yang membawa tas sekolah terlalu berat pun bisa merasakan dampaknya. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018, anak-anak yang memanggul tas yang beratnya mencapai lebih dari 10% berat badan mereka akan mengalami sakit pada punggung dan leher.

Selain sakit pada punggung dan leher, membawa tas yang terlalu berat setiap hari bisa menimbulkan dampak negatif lain, GanSis,  seperti  :

1. Postur tubuh berubah

Kalian bisa dengan mudah melihat efek tas yang berat pada postur tubuh kalian. Coba deh kalian berdiri tegak tanpa tas di depan cermin, lalu gendong tas kalian yang isinya penuh. Perhatiin gimana bedanya postur kalian sebelum dan sesudahnya. Kalo dibiarkan terus-menerus, postur tubuh tersebut  tentunya akan jadi permanen.

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Efek ini bakal lebih terasa sama anak-anak. Tas yang berat bisa menarik tubuh anak ke belakang, atau membuat postur menjadi bungkuk. Tekanan yang nggak biasa pada tulang punggung bisa mengurangi keseimbangan, dan membuat anak jadi mudah jatuh.

2. Susunan tulang belakang terganggu

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Postur yang jadi membungkuk saat memakai tas yang berat akan menyebabkan masalah pada tulang belakang. Dalam jangka waktu yang lama, memakai tas yang berat setiap hari bisa membuat poisisi tulang jadi nggak lurus, alias bengkok. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa mempercepat proses degenerasi dan penuaan tulang belakang.

3. Meningkatkan risiko peradangan sendi

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Artritis adalah gejala peradangan sendi, yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, dan kaku. Nggak hanya menyebabkan sakit pada punggung, bobot tas yang dipanggul oleh tubuh juga akan membebani sendi-sendi tulang belakang, pinggul, dan lutut, yang bisa meningkatkan risiko osteoarthritis. 

4. Menyebabkan sakit kepala

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Tas yang berat, terlebih yang dikenakan pada posisi yang terlalu rendah, bisa menarik otot-otot leher yang menyebabkan sakit kepala. Penggunaan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan penekanan pada otot-otot tengkuk yang berujung pada kesemutan dan mati rasa pada bagian leher hingga ke lengan. Kalau Gan Sis udah mulai merasakan gejala-gejala di atas, segera kurangi beban pada tas kalian, ya.
 

Bagaimana cara memakai tas punggung yang benar?

Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!

Setelah membaca bahaya-bahaya di atas, bukan berarti Gan Sis harus berhenti memakai tas punggung nih. Tapi, harus dipastikan kalau cara memakainya udah benar. Pastiin kalo bobotnya nggak terlalu berat, dan jangan sampai tas tersebut mengubah postur Gan Sis saat dipakai. Buat anak-anak, usahakan bobot tas nggak melebihi 10-15% berat badan mereka.

Saat dikenakan, kencangkan tali tas dan atur posisinya agar nggak terlalu rendah dan menarik otot-otot punggung. Kalau bisa, jangan memakai tas punggung setiap hari. Sisihkan barang-barang yang bisa ditinggal di kantor atau di sekolah supaya beban dalam tas semakin ringan.
 

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areyha dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
02-10-2019 11:20
Ane kemana-mana malah pakai tas gunung gan... tapi gak ada isinya emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
timitrisanto dan satanclaus88 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 10:22
iya bahaya banget
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 10:23
Quote:Original Posted By masteryoda04
Ane kemana-mana malah pakai tas gunung gan... tapi gak ada isinya emoticon-Cool


Kok bisa kosong gitu emoticon-Traveller
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 10:56
trus kalo yg dewasa max beban yg dianjurkan berapa?
kan kalo yg anak2 10-15%
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 12:21
Bener banget nih hal ini harus diperhatikan. Karena postur dan struktur tulang benar benar memengaruhi kesehatan organ yang lain pula. Tentunya mengganggu aktivitas pula. Terimakasih sudah diingatkan .
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 13:36
Kalo ane kelamaan memanggul beban hidup emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
diandraps dan sang_maestro memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 14:05
iyaaaa deuh makanya dulu jaman sekolah semua buku cetak/paket yang tebel2 ane tinggal di sekolah wakakakak berat banget sehari bisa 4 pelajaran yang pake buku cetak
profile-picture
profile-picture
dhikapradana dan diandraps memberi reputasi
2 0
2
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 14:20
jadi inget jaman ane masih esempe dulu, sekolah ane lumayan ketat dan mengharuskan siswa/inya bawa buku paket yang dimana ane juga otomatis harus banget bawa buku pelajaran yang begitu banyak... wkwkwk untungnya skg udah engga sih, tp jd kebiasaan kalo bawa enteng doang kaya ada yng kurang gitu
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1 0
1
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 14:37


Quote:Original Posted By masteryoda04
Ane kemana-mana malah pakai tas gunung gan... tapi gak ada isinya emoticon-Cool


isinya ditinggal digunung ya bray? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 15:40
Mantap thread-nya, buat info kesehatan gaya hidup jaman now..
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 18:09
Quote:Original Posted By leh..uga
isinya ditinggal digunung ya bray? emoticon-Leh Uga


Tau aja gan. Isinya ane tinggal biar bisa dipake orang lain, karena ane suka menolong emoticon-Cool
profile-picture
leh..uga memberi reputasi
1 0
1
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 19:57
Quote:Original Posted By pinknam00
Kalo ane kelamaan memanggul beban hidup emoticon-Leh Uga


Bagi ke ane napa gan, kita panggul bersama bebannya biar entengan wkwk
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 20:08
ini ane banget nih waktu dulu pas SMA dan pas masih smester 1-4 kuliah.. pas sma suka bawa banyak buku paket dan laptop.. sekarang pas kuliah alhamdulilllah sudah tidak separang yang sma.. makasih banyak gan info nya emoticon-Toast
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 21:31
ane baru tau kalau tas yang berat ntu juga bisa bikin sakit kepala...
berarti kadang ane pusing ntu gara-gara keseringen bawa tas yang isinya berat kalik ya 🤔🤔
hmm nice info nih gan, lumayan jadi bisa nambah-nambah informasi...
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
03-10-2019 23:21
Yaampun anak sekolahan sekarang bawa tas nya berat2 banget apalagi anak sd smp yang masih rajin2nya bawa buku mata pelajaran yg tebel2 bangett mulai sma udh pada males bawa buku tasnya kecil2 wkwk apalagi kuliah sekarang ini kaga pernah bawa buku lagii
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
04-10-2019 09:03
ini sering banget ane lakuin pas masih kuliah bawa2 laptop...
0 0
0
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
04-10-2019 09:05
Jadi anak indie dong, kemana2 bawa totebag emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
kaum.berfikir.. memberi reputasi
0 1
-1
Ini Bahayanya kalau Agan Memanggul Tas yang Berat Tiap Hari!
04-10-2019 09:08
ini penyakit ane dari zaman sekolah dulu gan... selalu pake tas yang isi nya berat2... padahal kadang gak di pake barang2 yang di bawa...
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
daya-tarik-tokyo-revenger
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia