alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d92c70e337f93251c0436bd/motor-cruiser-pertama-di-dunia-rangka-sepeda-tapi-bermesin-4-silinder-longitudinal
Lapor Hansip
01-10-2019 10:25
Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal
Past Hot Thread
Kembali dimasa tahun 1910an dimana juga bisa dikatakan sebagai tahun perkembangan industri otomotif kendaraan roda dua. Dimana keadaan para pencetus mulai berinovasi menciptakan kendaraan paling unggul dengan menunjukan beberapa produk baru bahkan produk pertama tercipta dalam sejarah serta yang menarik biasanya memiliki karakter keunikan-keunikan tersendiri. Henderson Motorcycle salah satunya, merupakan produsen kendaraan roda dua pada tahun 1912 mereka mencetuskan beberapa kendaraan unggul mereka dengan membawa ciri khas yang terletak pada mesin yang dibekalinya.

Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal


Didirikan oleh William G. Henderson beserta Tom W. Henderson yang bermarkas di Detroit, Michigan Amerika ini terkenal sebagai produsen roda dua bermesin 4 silinder terbesar dan terkencang di masanya. Meramaikan pasar otomotif roda dua, Henderson ini memiliki umur produksi hanya 18 tahun saja, meskipun terasa singkat namun produk yang dilahirkan kini memiliki beberapa varian sesuai tahun pembuatan serta merevisi kendaraan dari setiap varian yang berbeda. Pertama memperkenalkan produk pada tahun 1912 dengan nama Henderson Four dilanjut dengan Model B tahun 1913 yang disempurnakan pada bagian garpu depan lebih kuat serta posisi berkendara lebih rendah dan model tangki berbentuk persegi, Model C tahun 1914 dengan penambahan dual gearbox yang semula tanpa gearbox serta penggunaan piston yang lebih ringan, Model D dan E pada tahun 1915 namun tahun ini tidak memiliki perkembangan yang signifikan hanya saja penyempurnaan sumbu kedua roda, Model F tahun 1916 dengan menambahkan kick start dimana model sebelumnya untuk menghidupkan mesin perlu mendorong kendaraan terlebih dahulu atau dengan mengayuh pedal yang disediakan, Model G pada tahun 1917 ini menambahkan gearbox menjadi tiga percepatan, Model H tahun 1918 mengalami penyempurnaan bagian pengereman dengan menyematkan rem tromol hanya bagian belakang saja, Model Z-Z2 tahun 1919 hanya menambahkan generator listrik yang berguna menghidupkan lampu depan, Model K tahun 1920 untuk model ini hanya berfokus dalam meningkatkan performa mesin dan tenaga, Kemudian dilanjutkan dengan model Delux sebagai penyempurna model-model sebelumnya tahun 1922 hingga akhir mereka tutup produksi.

Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal


Sebagai salah satu kendaraan vintage maka memiliki bentuk yang masih sederhana dan tidak menanamkan berbagai fitur-fitur khusus, hal tersebut menjadikan salah satu kendaraan ini menjadi incaran para kolektor motor klasik karena keunikan dari mesin dan bentuk yang diberikan. Berbicara mengenai spesifikasi dari Henderson ini karena disisi lain motor ini terbilang motor vintage maka tidak ditemukan high spec seperti contoh penggunaan suspensi berbekal model spring serta sektor pengereman dengan model drum yang masih dirasa kurang mumpuni untuk sebuah motor 1000cc lebih ini. Mengenai lebih dalam jeroan Henderson khususnya pada model terakhir ini mari kita simak ulasan berikut seperti dilansir www.nationalmcmuseum.org(28/1/2017).

Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal


Kapasitas Mesin : 1304cc 4-Tak 8 Valve
Pendingin : Udara
Konfigurasi : 4 Silinder
Tenaga : 40hp @4000rpm
Torsi : ?
Transmisi : 3 Percepatan
Top Speed : 160kmh
Kapasitas Tangki : 7,6 Liter
Berat : 200 Kilogram


profile-picture
koi7 memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
04-10-2019 15:06
woww mantul dah
0
04-10-2019 15:44
ANJAY emoticon-Wow
0
04-10-2019 16:12
Aduhay .....
0
04-10-2019 22:05
Bagus iiihhh!

Ane aja yang bukan penggiat otomotif demen loh gan liatnya emoticon-Betty
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
05-10-2019 22:49
model sadelnya mirip dgn bikinan brooks hingga sekarang
0
06-10-2019 11:26
keren ya keliatannya
0
06-10-2019 17:00
Quote:Original Posted By fira262
Bagus iiihhh!

Ane aja yang bukan penggiat otomotif demen loh gan liatnya emoticon-Betty


Emng motor klasik tuh gak bohong racunnya wkwk
0
06-10-2019 17:00
Quote:Original Posted By kingoftki
model sadelnya mirip dgn bikinan brooks hingga sekarang


emoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
06-10-2019 20:19
jadii pen nyari motor ginian jugaa
0
Kemarin 22:40
Quote:Original Posted By Odleva
Emng motor klasik tuh gak bohong racunnya wkwk


Kalo buat ane sih motor klasik beserta motor gede gan! Hahahaha asli ganteng banget! Ane aja cewe tapi naksir banget sama motor motor ginian 😂
0
Hari ini 00:05
Quote:Original Posted By fira262
Kalo buat ane sih motor klasik beserta motor gede gan! Hahahaha asli ganteng banget! Ane aja cewe tapi naksir banget sama motor motor ginian 😂


Wihh lady biker nihh, ya siapa sih yg gak suka ama moge..kan gt kanemoticon-Ngakak
0
Hari ini 00:14
indah nya di lihat
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.