• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Cruiser Pertama Di Dunia, Rangka Sepeda Tapi Bermesin 4 Silinder Longitudinal
Kembali dimasa tahun 1910an dimana juga bisa dikatakan sebagai tahun perkembangan industri otomotif kendaraan roda dua. Dimana keadaan para pencetus mulai berinovasi menciptakan kendaraan paling unggul dengan menunjukan beberapa produk baru bahkan produk pertama tercipta dalam sejarah serta yang menarik biasanya memiliki karakter keunikan-keunikan tersendiri. Henderson Motorcycle salah satunya, merupakan produsen kendaraan roda dua pada tahun 1912 mereka mencetuskan beberapa kendaraan unggul mereka dengan membawa ciri khas yang terletak pada mesin yang dibekalinya.



Didirikan oleh William G. Henderson beserta Tom W. Henderson yang bermarkas di Detroit, Michigan Amerika ini terkenal sebagai produsen roda dua bermesin 4 silinder terbesar dan terkencang di masanya. Meramaikan pasar otomotif roda dua, Henderson ini memiliki umur produksi hanya 18 tahun saja, meskipun terasa singkat namun produk yang dilahirkan kini memiliki beberapa varian sesuai tahun pembuatan serta merevisi kendaraan dari setiap varian yang berbeda. Pertama memperkenalkan produk pada tahun 1912 dengan nama Henderson Four dilanjut dengan Model B tahun 1913 yang disempurnakan pada bagian garpu depan lebih kuat serta posisi berkendara lebih rendah dan model tangki berbentuk persegi, Model C tahun 1914 dengan penambahan dual gearbox yang semula tanpa gearbox serta penggunaan piston yang lebih ringan, Model D dan E pada tahun 1915 namun tahun ini tidak memiliki perkembangan yang signifikan hanya saja penyempurnaan sumbu kedua roda, Model F tahun 1916 dengan menambahkan kick start dimana model sebelumnya untuk menghidupkan mesin perlu mendorong kendaraan terlebih dahulu atau dengan mengayuh pedal yang disediakan, Model G pada tahun 1917 ini menambahkan gearbox menjadi tiga percepatan, Model H tahun 1918 mengalami penyempurnaan bagian pengereman dengan menyematkan rem tromol hanya bagian belakang saja, Model Z-Z2 tahun 1919 hanya menambahkan generator listrik yang berguna menghidupkan lampu depan, Model K tahun 1920 untuk model ini hanya berfokus dalam meningkatkan performa mesin dan tenaga, Kemudian dilanjutkan dengan model Delux sebagai penyempurna model-model sebelumnya tahun 1922 hingga akhir mereka tutup produksi.



Sebagai salah satu kendaraan vintage maka memiliki bentuk yang masih sederhana dan tidak menanamkan berbagai fitur-fitur khusus, hal tersebut menjadikan salah satu kendaraan ini menjadi incaran para kolektor motor klasik karena keunikan dari mesin dan bentuk yang diberikan. Berbicara mengenai spesifikasi dari Henderson ini karena disisi lain motor ini terbilang motor vintage maka tidak ditemukan high spec seperti contoh penggunaan suspensi berbekal model spring serta sektor pengereman dengan model drum yang masih dirasa kurang mumpuni untuk sebuah motor 1000cc lebih ini. Mengenai lebih dalam jeroan Henderson khususnya pada model terakhir ini mari kita simak ulasan berikut seperti dilansir www.nationalmcmuseum.org(28/1/2017).



Kapasitas Mesin : 1304cc 4-Tak 8 Valve
Pendingin : Udara
Konfigurasi : 4 Silinder
Tenaga : 40hp @4000rpm
Torsi : ?
Transmisi : 3 Percepatan
Top Speed : 160kmh
Kapasitas Tangki : 7,6 Liter
Berat : 200 Kilogram


koi7Avatar border
isu152Avatar border
isu152 dan koi7 memberi reputasi
2
3.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.