Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8dae4c9a972e370958f7a1/nggak-selamanya-hobi-ngegosip-itu-buruk-ini-nih-4-manfaatnya
Kebiasaan bergosip memang dinilai buruk bagi banyak orang. Yaa, siapa sih yang suka diomongin dari belakang? Tapii, ada kabar baik nih buat kalian yang hobinya ghibah. Ternyata ngegosip itu banyak manfaatnya!
Lapor Hansip
27-09-2019 13:38

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Past Hot Thread
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Siapa sih yang nggak pernah gosip? Apalagi para cewek-cewek nih, yang kalo udah ngumpul, rasanya nggak enak kalo nggak ngegosip. Kebiasaan bergosip memang dinilai buruk bagi banyak orang. Yaa, siapa sih yang suka diomongin dari belakang? Tapii, ada kabar baik nih buat kalian yang hobinya ghibah.

Ternyata ngegosip itu banyak manfaatnya! Terutama dari sisi psikologis.

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Yap, menurut peneliti dari University of Pavia di Italia, seperti dilansir dari Hello Sehat, bergosip bisa meningkatkan kadar oksitosin, atau yang dikenal dengan sebutan hormon cinta. Hormon ini bisa membangun ketenangan, kebahagiaan, serta stabilitas psikologis.

Kadar oksitosin akan meningkat  setelah orang bergosip, dan nggak akan dirasakan saat melakukan pembicaraan normal.Bagi para wanita, sebuah penelitian dari University of Michigan membuktikan kalau ngegosip itu juga bisa meningkatkan hormon progesteron yang bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia.

Selain itu, ini dia 5 manfaat lain ngegosip, yang dilansir dari Psychology Today :

1. Menimbulkan kerjasama dan pertemanan yang erat

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Para peneliti di Universitas Stanford menemukan kalau kebiasaan bergosip akan membuat seseorang lebih banyak mempelajari karakter dan tingkah laku lawan bicara mereka.
Mereka yang dinilai kooperatif, sejalan, dan sepemikiran  pun akan menjalin kerjasama dan pertemanan yang semakin erat. Sebaliknya, mereka yang kelihatan egois dari cara mereka bergosip, bakal disingkirkan, karena bisa memperburuk pertemanan.

2. Bisa mengeluarkan unek-unek

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Tau kan, kalo perasaan yang dipendam itu nggak baik, dan kalo disimpan terlalu lama bisa berujung pada stres. Makanya, segala kekesalan dalam hati itu harus dikeluarin, salah satunya dengan cara gosip! Kadang, keinginan untuk gosip itu bukan cuma untuk ngomongin seseorang yang kita sebelin, tapi juga untuk ngomongin masalah-masalah dalam hati kita dan mencari solusinya.

3. Mendorong pengembangan diri

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Nggak semua gosip itu negatif kok! Kita juga bisa membicarakan sisi positif orang lain saat bergosip, yang secara nggak langsung, bisa memberikan motivasi pada diri sendiri. Tapi, gosip yang negatif pun tetap bisa mendorong kita buat berkembang. Kita bisa belajar untuk nggak jadi seperti orang yang kita omongin, misalnya. Atau, karena kita nggak mau digosipin sama orang lain, kita jadi berusaha buat menjaga sikap kita setiap saat.

4. Mengurangi stres

Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford, kegiatan ngegosip bisa menurunkan tingkat kecemasan. Dalam sebuah eksperimen, ditemukan kalau seseorang akan mengalami stres dan peningkatan denyut jantung ketika melihat tingkah laku buruk orang lain. Namun,rasa stres tersebut akan segera hilang saat mereka menceritakan apa yang mereka lihat.

Jadi, next time ada yang komplain kalo kerjaan kalian ghibah mulu, bilang aja kalian lagi menjaga kesehatan mental kalian.


sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Halaman 1 dari 5
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
03-10-2019 22:00
gibah is the best 🤣🤣
berkat gibah, obrolan jadi makin intens, nggak ada tu yang gadget holic kalo pas lagi gibah 😂🤣
bisa lupa waktu juga kalo uda gibah...
yang jelas ketemuan ato nongkrong sama temen-temen jadi makin seru 🤣😂
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
03-10-2019 05:01


Quote:Original Posted By albafica02
Nahhhhhh
Hargai bila ingin dihargai

Bener banget gan...
Ya biar sama sama ga ada yg merasa dirugikan kan
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
03-10-2019 05:00


Quote:Original Posted By boncel1998
betul gan. kalau mau diperlakuin baik sama orang, ya harus baik juga sm orang lain

Setuju banget gan...
Ya sama sama menghargai ya gan
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
02-10-2019 21:18
Kalo gamau nambah bahan gosip, ngilangin stresnya sama curhat ke Halodoc aja gan. Aman dan gak bakal digosipin lagi sama temen2 agan hehe
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
02-10-2019 12:48
manfaatnya bikin akun gosip artis dapat endorsan
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
02-10-2019 11:17
Quote:Original Posted By luvcuku
gibah atau gosip itu ada pahala kalo kita ngomongin yang baik baik gak sih


Dan namanya ghibah itu kayanya identik dengan ngomongin yg buruk deh gan
Wkwk
Kalo ngomongin yg baik baik itu namanya diskusi atau rapat
emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 23:29
ada manfaatnya... infooonya okeee... mantul nih threadnyaaaaaa.. ditunggu info2 kece lainnya...
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 23:20
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat edukasi jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 21:55
Waaaahhhhhh informasi yang menarikkkk sekaliii nihhhh

sangattt bermanfaattt buat kita kita yang suka gosip hahahaa

benar benar menambah pengetahuan ane sih

naisss tritttt
lanzotkeunnn
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 21:32
ya semua selalu dibarengi dua sisi gan
sisi positif dan negatif
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 17:35
Quote:Original Posted By albafica02
Nahhhhhh
Hargai bila ingin dihargai


Bener banget bro banyak orang minta dihargai tapi gamau ngehargai orang lain
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 17:35
selama gosipin yang baik baik sih gamasalah tapi kalau gosipin bahas orang lain yang buruk ya sama aja bro wkwk
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 17:26
Quote:Original Posted By scoria07
Istilahnya sama sama menghargai ya gan...
Jangan perlakukan orang yang kita aja ga suka diperlakukan kaya gitu


Nahhhhhh
Hargai bila ingin dihargai
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 17:25
masyukkkkkkk
ghibah for lyfe bisa mendapatkan manfaat yang banyak ternyata
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
Lapor Hansip
30-09-2019 16:49
Balasan post scoria07
betul gan. kalau mau diperlakuin baik sama orang, ya harus baik juga sm orang lain
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
30-09-2019 15:18
paling deemen, giliran kerjaan di ntarin emoticon-Ngakak
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
29-09-2019 22:55


Quote:Original Posted By boncel1998
nah bener banget gan emoticon-Wink

Istilahnya sama sama menghargai ya gan...
Jangan perlakukan orang yang kita aja ga suka diperlakukan kaya gitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
29-09-2019 20:27
asal jangan ngomongin orang aja....
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
29-09-2019 18:55
setuju ehehe selain itu jadi memperkuat pertemanan juga gak sih???? wkwk soalnya nih kadang karena sering ngobrol (gak selalu gosip) jadi tek tok gitu loh sama temen, kadang kasih gesture mata aja dia udh ngerti apa yang kita maksud.. jadi lebih saling memahami gaksih wkwk
0 0
0
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya
29-09-2019 14:32
setujuuu bangetttt... sebagai pecinta hobby ngeghibah... ane setuju ama ini...mantap nih threadnyaaaa... informatif dan rekomended yeee kannn... informasinyaaa bagusss dan bagus buat bacaan buat para agan2 sista2 disini yaaaa kannn... bisa juga jadi nambah wawasan dan informasi bagi banyak orang yaaaa kannn... lanjutkan threadnyaaaa... ditunggu info lainnyaaaa....
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia