Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
644
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d88f41528c991249d7ef61f/simak-ac-terbaik-dan-hemat-listrik-di-indonesia
Teknologi pendingin udara sudah digunakan sejak jaman romawi kuno, ketika itu air disalurkan melalui terowongan dan diedarkan di dinding-dinding rumah untuk mendinginkan ruangan, dan hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunya!
Lapor Hansip
23-09-2019 23:34

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

Past Hot Thread
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

Sebagai negara di kawasan tropis cuaca yang panas dan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun membuat udara di negara ini cukup panas dan lembab. Cuaca dan iklim yang panas cenderung membuat gerah dan tidak nyaman sehingga membuat orang mencari kesejukan pada ruangannya. Selain menggunakan kipas angin untuk mencari kesejukan tersebut ada pula yang menggunakan pendingin ruangan yang tentunya rasa sejuk lebih maksimal di dapatkan.

Teknologi pendingin udara sudah digunakan sejak jaman romawi kuno, ketika itu air disalurkan melalui terowongan dan diedarkan di dinding-dinding rumah untuk mendinginkan ruangan, dan hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunya. Kita harus berterima kasih kepada John Gorrie dan Willis carrier yang berhasil menemukan teknologi pendingin ruangan atau biasa disebut Air Conditioner (AC). Saat ini teknologi pendingin ruangan dikembangkan sampai pesat hingga sukses membuat umat manusia tidak kegerahan lagi dan menjadikan AC salah satu alat elektronik favorit banyak orang dirumah dan bahkan sudah bukan menjadi barang mewah lagi karena harga sudah terjangkau.

Masalahnya adalah dengan banyaknya merk AC yang dijual terkadang kita bingung saat memilih merk mana sebenarnya yang cocok untuk kita beli. Kita tidak bisa sembarangan dalam memilih AC, jika kurang tepat dan kualitasnya buruk, maka akan membuat konsumsi daya listrik di rumah lebih boros dan tidak awet dalam penggunaanya. Nah kali ini mari kita tilik deretan merk AC terbaik yang beredar di indonesia yang bisa menjadi referensi tepat untuk kita miliki di rumah !

emoticon-terimakasih
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

1. SHARP

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Salah satu merk yang bagus dan tahan lama adalah AC yang di produksi oleh Sharp. Sama seperti Panasonic, Sharp tidak hanya berkonsentrasi pada satu jenis produk elektronik saja, tetapi juga produk home appliance yang lain. Pada awal berdirinya, Sharp Indonesia bernama PT Yasonta. PT Yasonta didirikan oleh Martua R. Pangabean dan Jauw Tjong Kie pada 1969. Setelah itu, Juni 1970, Sharp Corporation melakukan penandatanganan perjanjian kolaborasi dengan PT Yasonta buat menjadi agen pemasaran dan pabrik perakitan produk Sharp Corporation. Pada tahun 2000 Sharp membuat dan meluncurkan teknologi Ion Plasmacluster pada Air Purifier. Sesuai dengan namanya yakni AC Sharp Plasmacluster yang rilis dengan teknologi terbaru dan terpilih. Teknologi berupa Ion Plasmacluster mempunyai kinerja dalam menekan perkembangan dan pertumbuhan virus dan bakteri di suatu ruang, Terlebih memang tak sekedar dingin dan sejuk saja yang diusung oleh AC ini tetapi juga pengkondisian adanya lingkungan sekitar yang terminimalisir dari resiko kesehatan akibat serangan dari virus dan bakteri.

Cara kerja dari Plasmacluster mampu menghasilkan semburan plasma dalam kandungan air dan oksigen di setiap udara yang dihasilkan. Tiap-tiap udara tersebut menghasilkan ion positif dan negatif dalam jumlah banyak sehingga memberikan kesegaran sekaligus kenyamanan pada ruang sekitar lebih lama. Dengan kinerja pilihan yang dimiliki akan menjadikan operasional penunjang. Kinerja tersebut ialah dengan ion negatif dan positif yang dihasilkan untuk menciptakan kesegaran sekaligus membunuh serangan bakteri maupun virus-virus jahat di sekitar. Dengan slogan “Sayonara Panas” Sharp mencoba menawarkan mesin pendingin ruangan secara lebih cepat dan dapat menjadikan betah dan nyaman tidak kepanasan. AC tipe tersebut merupakan ramah lingkungan, menggunakan Freon yang aman dan tidak merusak lapisan ozon.

Semua AC Sharp sudah dilengkapi teknologi Plasmacluster untuk menghilangkan virus dan jamur. Type AC produk sharp mencakup tipe Standar, Plasma, Deluxe Plasma dan Inverter. Produk sayonara panas adalah tipe deluxe plasma. Fitur yang populer lainya Powerfull Jetstream yaitu fitur fast cooling, Coanda Gentle Cool Air fitur yang mampu membuat hembusan udara dingin yang dikeluarkan tidak langsung mengenai tubuh kita, Baby Sleep Mode, Auto Restart dan Auto Swing louver.

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

2. PANASONIC

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal dengan produsen yang satu ini ? berbagai macam barang elektronik mulai dari kamera, televisi, lemari es, mesin cuci, air conditioner sampai alat masak dan alat kecantikan ada semua. Panasonic menjadi pionir dengan market share terbesar AC di Indonesia selama beberapa tahun, berdasarkan laporan konsultan independen GFK, Panasonic mengantongi 29,9% pangsa pasar AC di indonesia naik ke posisi pertama dari 19,2 % dan tengah bersaing dengan kompetitor terdekatnya LG 18% Sharp 15,8% dan Samsung 13,8%. Dengan brand image lawas merk National yang cukup terkenal di masyarakat melalui produk elektroniknya, sudah cukup membuktikan bahwa kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin dalam pengembangan teknologi elektronik di dunia, baik untuk konsumen rumah tangga, bisnis, industri, serta perlengkapan pribadi. Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah dan memiliki lebih dari 500 perusahaan konsolidasi di seluruh dunia. Berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui inovasi teknologi di segala bidang, Panasonic mendukung terciptanya kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi konsumennya. Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘Tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari audio visual, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Untuk informasi tentang Panasonic, silakan kunjungi website-nya di www.panasonic.com/id atau telpon Customer Care Center di 0804-1-111-111.

Sebagian besar model AC Panasonic sudah di produksi di dalam negeri oleh PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), sebagai wujud hasil karya anak bangsa yang berkomitmen mengajak para konsumen untuk mencintai produk dalam negeri. Untuk saat ini PMI merupakan satu-satunya pabrik AC di Indonesia dengan kemampuan memproduksi secara penuh (full manufacture) dari bahan baku hingga produk jadi. Sedangkan untuk segi marketing di Indonesia berada dibawah naungan PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI). Diantara AC Panasonic produksi oleh PMI adalah tipe XN, KN, PN, LN dan YN. Panasonic menyediakan berbagai jenis AC yang lengkap untuk konsumennya, mulai dari single split, cassette type, ceiling type, sampai dengan floor standing type. Saat ini sudah tersedia beberapa jenis AC Panasonic dibekali dengan teknologi inverter yang hemat energy, sekitar 40% produk untuk AC jenis ruangan dan 55% untuk AC jenis komersil. Selain itu produk AC-nya sudah ramah lingkungan berbasis refrigerant R32 dan dilengkapi teknologi Nanoe-X dan Nanoe-G. Teknologi Nanoe adalah system pemurnian udara revolusioner yang dapat menghilangkan bau, mencegah pertumbuhan bakteri dan virus, serta efektif dalam menghilangkan debu untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih dan lebih segar. Teknologi Nanoe yang diciptakan dan dikembangkan oleh Panasonic ini sudah disertifikasi di FCG Research Institute Inc untuk pengujian menghilangkan PM 2.5 dan disertifikasi oleh Kitasato research Center for Environmental science untuk pengujian menghilangkan bakteri, virus dan jamur di udara dan secara global sudah mendapatkan sertifikasi dari seluruh dunia. Teknologi Nanoe pun semakin banyak digunakan di berbagai industri, seperti industri rel kereta, otomotif, hotel dan industri pariwisata.


Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Fitur menarik lainya adalah Blue Fin, teknologi terbaru yang paling dibanggakan oleh Panasonic ini adalah coating biru pada dibagian evaporator dan ubend dari indoor unit dan juga bagian kondensor dari outdoor unit. Jadi dengan teknologi Blue Fin ini, seluruh bagian Evaporator dan juga Ubend yang berada di Indoor unit dilapisi Blue Fin yang membuat efek daun talas (Hydrophobic) di bagian Evaporatornya. Begitu pula dengan bagian Kondensor di Outdoor unit juga seluruhnya sudah dilapisi dengan Blue Fin. Dengan begitu air jadi tidak menempel yang membuat Evaporator menjadi tahan lama. Itulah mengapa Panasonic sampai berani memberikan garansi khusus Evaporator selama 3 tahun !

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

 
Pengujian Teknologi Blue Fin ini sudah dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia melalui Center for Materials Processing and Failure Analysis Universitas Indonesia (CMPFA UI) yang merupakan Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) dalam lingkungan Universitas Indonesia yaitu pengujian korosi berupa uji kabut garam sesuai dengan metode ASTM B117. Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan 28 Juni – 11 Juli 2019, ditemukan bahwa dengan pemaparan kabut garam sebesar 5% NaCl, temperatur uji 35°C dan kadar keasamaan 6.9 selama 216 jam terbukti bahwa evaporator AC Panasonic si-BiRU tahan terhadap lingkungan korosif. Deni Ferdian, Director of CMPFA Universitas Indonesia mengatakan kerjasama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia ini merupakan bukti nyata Tri Darma Pendidikan Tinggi dalam hal Pengabdian Masyarakat. Dengan peralatan laboratorium yang canggih, Universitas Indonesia memberikan layanan untuk mendukung perkembangan industri dalam negeri dengan predikat sebagai Laboratorium Penguji yang terakreditasi ISO / IEC 17025 membuktikan bahwa hasil pengujian ini dapat memenuhi Standar Internasional.


Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

Dan fitur yang menarik terakhir adalah Ecotough yaitu outdoor pendingin ruangan (AC) yang di produksi oleh PMI dengan menggunakan material SuperDyma. Material SuperDyma ini telah banyak digunakan untuk konstruksi jembatan dan rel kereta api, sehingga ketahananya sudah terjamin, juga tahan karat sehingga cocok dengan kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia. Material SuperDyma  tidak ada unsur metal sama sekali sehingga lebih tahan karat walaupun setelah beberapa tahun pemakaian. Tidak heran jika produk AC panasonic yang menggunakan fitur unggulan ketiga diatas termasuk dalam kategori best seller.

Panasonic berkomitmen untuk menciptakan hidup dan dunia yang lebih baik, serta berkontribusi untuk terus mengembangkan masyarakat dan kebahagiaan manusia di seluruh dunia. Sesuai dengan slogannya yaitu A Better Life, A Better World.

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

3. LG

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Bingung memilih AC dari berbagai merk yang ada di indonesia ? pertimbangkan untuk membeli LG karena merk ini adalah satu yang terbaik dipasar indonesia. Tidak hanya AC, pabrikan korea ini juga memproduksi televisi, lemari es, mesin cuci dan produk elektronik lainnya. Seperti Panasonic, LG dahulunya mempunya merk dagang GoldStar yang pertama kali dibentuk pada tahun 1985. Pada tahun 1995 GoldStar berubah nama menjadi LG Electronics yang merupakan gabungan dari 2 perusahaan korea yaitu Lucky dan Goldstar dimana kemudian lebih dikenal dengan sebutan LG.

Tipe AC LG sempat dikenal oleh masyarakat melalui produk Hercules Mininya, yang diklaim sebagai AC paling hemat di dunia hanya menggunakan 260 Watt untuk AC 1/2 PKnya tapi kemudian tipe tersebut sudah discontinue digantikan dengan tipe Low Wattnya dengan konsumsi listrik 330 Watt agar tenaga ACnya lebih dingin. Terbaru mereka memperkenalkan Varian AC inverter yaitu DUACOOL with Watt Control. Mengusung jargon “Hemat Berlipat”, generasi terbaru penyejuk ruangan ini mampu menghemat listrik hingga 70 persen dibanding AC non inverter. Bicara mengenai kenyamanan penggunaan, LG pun membawa serta berbagai fitur istimewa di dalamnya. Termasuk di dalamnya JetCool, Ionizer, dan SmartThinQ. Sesuai namanya, fitur JetCool yang diaktifkan melalui pilihan tombol khusus pada remote control, membuat  AC DUALCOOL dengan Watt Control mempersingkat proses pendinginan ruang.

Beberapa seri AC LG sudah dilengkapi dengan ionizer sterilization yang dapat mensterilisasi bakteri dan deodorasi hingga 99,9%. Fitur andalan lainnya dari AC LG adalah  Fresh Dry , Auto Cleaning, Air Filter Active Energi Control dan Inverter V Technology. Merek AC dengan slogan “Life’s Good” ini bisa mengklaim bisa menghemat energy sampai 60%. Selain itu dari segi desain juga terlihat stylish dan modern, selain sebagai mesin pendingin ruangan bisa juga sebagai hiasan di dalam ruangan.

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

4. DAIKIN

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Daikin merupakan salah satu produsen pembuat AC terbaik di dunia dan sudah menjual di lebih dari 140 negara. Saat berbicara tentang merk AC yang bagus, maka Daikin menjadi salah satu merk AC yang cukup dicari. Merk AC Daikin bukan lagi menjadi barang yang asing di pasar Indonesia karena memang sudah lama berada di pasar indonesia. Didirikan pada tahun 1924 dengan kantor pusat di Osaka, pada tahun 2012 Daikin Indonesia bergabung dengan group Daikin dan konsisten menyediakan pendingin ruangan untuk hunian, komersil, dan industri.

Daikin selalu konsisten memberikan teknologi terbaiknya. AC Daikin menjadi salah satu solusi agar membuat rumah selalu nyaman di tengah panasnya udara di luar sana akibat pemanasan global. Menjawab kebutuhan akan hunian di Indonesia, Daikin menciptakan khusus untuk pasar di indonesia yaitu AC Daikin Multi-S 2 dan Multi-S 3 koneksi dengan 3 keunggulan utama, diantaranya hemat  tempat, hemat energi dan hemat listrik. Hanya dengan 1 outdoor dapat mengoperasikan 2 unit indoor sekaligus menggunakan daya listrik sebesar 380 Watt (Low Watt Mode, Level 2). Target utama AC ini sebenarnya adalah apartemen 1 kamar tidur atau 2 kamar tidur yang memiliki tempat untuk menaruh ourdoor yang terbatas. Beberapa seri terbaiknya Selain Multi-S dianataranya Urusara 7 (FTXZ), European Designed (FTKJ) dan HI Inverter (FTKV).

Tidak hanya untuk hunian, Daikin juga menyediakan AC untuk industri dan komersil. Perusahaan AC asal Jepang ini memiliki beberapa seri AC terbaik yang ditawarkan. Semua seri terbaru dari Daikin ini sudah memiliki teknologi inverter yang akan membantu Anda menghemat energi. Sebagai produsen AC yang telah berdiri cukup lama, produk AC Daikin pastinya tidak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya. AC Daikin sudah dilengkapi dengan Freon R32 yang dikenal sebagai Freon ramah lingkungan yang tidak mengakibatkan merusak lapisan ozon. AC Daikin mempunyai banyak sekali fitur yang canggih diantaranya seperti Energy Saving, Quiet Operation, Auto Fan Speed, 3-D Air Flow,  serta Comfortable Airflow Control yang membuat AC nyaman dan hemat.

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

5. MITSUBISHI

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Selama ini kita mungkin mengira bahwa Mistsubishi adalah sebagai produsen otomotif saja. Sejatinya Mitsubishi Electric bukan pemain baru dalam pasar barang elektronik. Brand ini sudah banyak memproduksi barang elektronik yang bertahan lama dan salah satunya pendingin ruangan alias AC. Perusahaan jepang yang berdiri sejak tahun 1870 ini menghadirkan beberapa jenis AC berkualitas terbaik dikamar tidur. Di Indonesia terdapat 2 perusahaan yang menggunakan nama Mitsubishi, yaitu Mitsubishi Electric dan Mitsubishi Heavy Industries dua-dua mempunyai manajamen berbeda juga mengeluarkan jenis AC sendiri.

AC keluaran Mitsubishi Heavy Industries sempat mengenalkan AC tipe CMP yaitu AC dengan indoor paling kecil didunia sehingga AC ini cocok dengan ruangan yang tidak banyak space yang kocong karena bentuk indoornya yang mungil. Untuk freonya sendiri sudah beralih ke yang ramah lingkungan yaitu tipe R410A dan lini produknya juga tersedia dalam tipe Deluxe dan Inverter. Sedangkan untuk Mitsubishi Electric hadir di Indonesia memperkenalkan lini produknya yang diklaim berkualitas tinggi, dengan suku cadang yang terpilih untuk menghadirkan produk terbaik kualitas Jepang. Agar konsumen tidak bingung Mitsubishi Electric menyebut produk AC nya dengan sebutan Mr. Slim supaya membedakan dengan produk dari Mistsubishi Heavy Industries.

Meskipun menyediakan AC jenis split, Mitsubishi Electric lebih laris dalam AC jenis komersial yang diletakkan dilangit-langit seperti di pusat perbelanjaan. Teknologi terbaru milik mitsubishi adalah “I See Sensor” yang merealisasikan kontrol AC secara lebih baik sehingga kinerja AC jadi lebih optimal. Beberapa fitur yang jadi andalannya adalah Nano Platinum Filter, filter ini menggabungkan partikel keramik-platinum berukuran nano yang menghasilkan efek anti bakteri yang stabil dan tidak berbau, Filter Enzim Anti Alergi yang berfungsi menyaring kutu, debu dan penyebab alergi lainnya, Easy Clean, Super Quiet Indoor, Super Quit Outdoor dan Poko-Poki Motor, dimana teknologi paten ini mengurangi panas dan gesekan.

Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Nah itu dia, deretan merk AC terbaik yang hemat listrik, awet dan populer
di Indonesia yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.
Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang hendak membeli AC.

emoticon-paket




Diubah oleh funk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 23
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
23-09-2019 23:41
REVIEW KASKUSER


Quote:Original Posted By masjepret
Kebetulan kemarin ambil Panasonic CS-XU10VKP Premium Inverter ini reviewnya ya
ada di thread sebelah

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...emium-inverter

so far AC ini paling nyaman yg pernah ane beli... lebih dari brand sebelah yg pernah di pake


Quote:Original Posted By perihbanget
gladly welcome, mod.
udah 3 bulanan pakek Panasonic CS-PU18UKP 2 PK Split Standar Inverter R32 buat di kamar, so far sih sangat mantap.
tarikan awal emang gede 1300-1400an, ya namanya juga 2 PK coba emoticon-Ngakak (S)
tapi kalo udah sampe suhu ruangnya bisa drop ampe 200-500an coba gokil emang dah nih ac.
rencana mau beli 2 lagi buat di living room.
emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By caseopia


Yg panasonic padahal outdoor R32,tapi si kapasitor

nya ga bisa stabil.Di ukur multimeter ga sesuai sama

yg seharusnya.Beroperasi di bawah tegangan yg seharusnya.

Di ganti karena msih garansi sama orang dari panasonic tetp gitu.

Sampai akhirnya itu indoor blinking lampu timer nya.

Sama tukg AC di beli sampah nya 400rb.

Ganti LG,lebih parah ga sampai 1 tahun outdoor nya ga bisa nampung freon.Selalu bocor,pdhl udh di las segala.

3 hari Gree.Moga awet dah cape ati dah abis 7jt buat AC di kamar anak emoticon-Hammer2

Kamar sendiri pake panasonic inverter yg msih freon R410a dari 2014 malah awet emoticon-Ngakak

Koplak nih urusan AC memang


Quote:Original Posted By anitsuya
Pas banget ada yg buat thread ini disaat renovasi rumah baru gue mau kelar.. Sempet browsing soal AC & perkembangan teknologi inverternya bahkan sampe liat youtube reviewnya. Sebelumnya thx buat TS yg buat nih thread, meskipun mgkn belum terlalu "nampol" isinya buat gue.

Request jg gan buat kesimpulannya, barangkali udah pernah nyoba beberapa.. Dari ketahanannya, berapa lama awet dinginnya, boros listrik enggaknya juga.

So far sejauh yg gue liat sih pilihan jatuh antara LG & Panasonic, meskipun Daikin banyak yg bilang bagus, tapi Daikin itu rentan berisik kalo udah kelamaan, & lama2 juga udah berkurang dinginnya. Dan gue rasa sih ya, Daikin itu lebih cenderung ke arah industri peruntukannya.

Nah antara LG & Panasonic, gue sebenarnya lebih tertarik ke Panasonic, selain krn udah termasuk "senior" soal AC, dia jg udah banyak perkembangan fitur2nya sampe ke pembunuh bakteri. Meski sebenarnya fitur ini jg dimiliki beberapa produsen AC.

Tapi kenapa pilihan jatuh ke Panasonic adalah, dari banyak pengguna.. Si Panasonic ini jarang sih ya ada keluhan. Sejauh dijaga/dirawat baik2, ya dia akan fine2 aja & tetep terjaga kualitasnya.


Quote:Original Posted By caseopia


Yg panasonic padahal outdoor R32,tapi si kapasitor

nya ga bisa stabil.Di ukur multimeter ga sesuai sama

yg seharusnya.Beroperasi di bawah tegangan yg seharusnya.

Di ganti karena msih garansi sama orang dari panasonic tetp gitu.

Sampai akhirnya itu indoor blinking lampu timer nya.

Sama tukg AC di beli sampah nya 400rb.

Ganti LG,lebih parah ga sampai 1 tahun outdoor nya ga bisa nampung freon.Selalu bocor,pdhl udh di las segala.

3 hari Gree.Moga awet dah cape ati dah abis 7jt buat AC di kamar anak emoticon-Hammer2

Kamar sendiri pake panasonic inverter yg msih freon R410a dari 2014 malah awet emoticon-Ngakak

Koplak nih urusan AC memang


Quote:Original Posted By anitsuya
Pas banget ada yg buat thread ini disaat renovasi rumah baru gue mau kelar.. Sempet browsing soal AC & perkembangan teknologi inverternya bahkan sampe liat youtube reviewnya. Sebelumnya thx buat TS yg buat nih thread, meskipun mgkn belum terlalu "nampol" isinya buat gue.

Request jg gan buat kesimpulannya, barangkali udah pernah nyoba beberapa.. Dari ketahanannya, berapa lama awet dinginnya, boros listrik enggaknya juga.

So far sejauh yg gue liat sih pilihan jatuh antara LG & Panasonic, meskipun Daikin banyak yg bilang bagus, tapi Daikin itu rentan berisik kalo udah kelamaan, & lama2 juga udah berkurang dinginnya. Dan gue rasa sih ya, Daikin itu lebih cenderung ke arah industri peruntukannya.

Nah antara LG & Panasonic, gue sebenarnya lebih tertarik ke Panasonic, selain krn udah termasuk "senior" soal AC, dia jg udah banyak perkembangan fitur2nya sampe ke pembunuh bakteri. Meski sebenarnya fitur ini jg dimiliki beberapa produsen AC.

Tapi kenapa pilihan jatuh ke Panasonic adalah, dari banyak pengguna.. Si Panasonic ini jarang sih ya ada keluhan. Sejauh dijaga/dirawat baik2, ya dia akan fine2 aja & tetep terjaga kualitasnya.


Quote:Original Posted By cangcilung75
Disini ada yg make Mitsubishi heavy duty yg indoornya kecil imut ? Ane cukup kecewa dgn brand sekelas Mistubishi ini, dapet dinginnya cuma 1 taon kurang, sisanya adem doang, pdhl itungan dari beli belum ada 2 taon. Eh.., pas trakhir ngobrol ama tukang servis AC, emang mitsubishi seri ini banyak yg komplain kurang dingin emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By starhitz
ane pake mitsubishi dari ane SD ampe udah kerja lama baru koit kemaren. 20th ada kayanya, yg penting perawatannya rutin pasti awet. kalo soal hemat listrik jaman dulu belon ada emoticon-Wakaka

trus ganti panasonic lumayan awet.


Quote:Original Posted By agoenk70
dirumah dan kantor semua panasonic wkwkwkwk.. ga tahu udah kesengsem sama merek ini. maintenance mudah, sparepart banyak bertebaran, tukang service newbie sampe Pro juga ga susah di cari.


Quote:Original Posted By junin
paling keren daikin sih yang bisa pake unit outdoor 1 buat unit indoor 2. mahal di awal tapi teknologi dan dinginnya worth it. sempet nyesel baru tau barang ini, persis setelah beli ac emoticon-Frown


Quote:Original Posted By faisal6275
Yang paling awet dan bandel

jangan termakan iklan low Watr, kalo ternyata kecewa kagak dingin AC nya.
kalo ane, pilihan jatuh di merk

1. mitsubishi
2. Daikin
3. Sharp

paling da Best


Quote:Original Posted By yugolix
dirmh ane ada ac split samsung beli taun 2001 baru koit awal 2018 . tepat 17 taun tu ac mengabdi demi kesejukan kamar ane. dr warnanya msh putih smpe jd kuning emoticon-Wow . selama tu ac msh bisa ga ada yg rusak samsek asal sering di bersihin per 3 bln dinginnya pake bgt ( mau di servis tp sparepartsnya dah ga diproduksi lg ). skrg ane pake daikin dinginnya cmn sejuk aja. tetep ga ada yg bisa nandingin tu ac samsung dinginnya emoticon-Takut


Quote:Original Posted By dimashardi
polytron ga masuk ya??

secanggih2an nya teknologi penghemat listrik di AC faktor paling penting kalau mau menghemat ya dari perilaku pemakaiannya.

saya mau sharing sedikit pemakaian ac dan listrik drumah.
saya pribadi drumah pakai 3 ac, 2 ac 1pk 1 ac 1/2 pk. listrik 2200watt tagihan listrik ga pernah lebih dari 1jt/bln bahkan bisa dapet tagihan termurah di 700rbuan. udah termasuk pemakaian ricecooker,dispenser dan mesin cuci. menurut saya segitu udah murah untuk ukuran pemakaian saya

tipsnya sih :
1. jangan suka bolak balik hidup matikan AC, karna diawal menghidupkan ac listriknya banyak kepakai
2. selalu pakai timer ac dimalam hari, saya biasanya mulai hidupin ac dikamar kalau malam dari jam 8 malam sampai jam 4 pagi. karna biasanya kami bangun pagi sekitar jam 5-6 pagi. bagi kalian yg susah bangun pagi ya pasang timer matikan 2jam sebelum jam bangun kalian karna efek dinginnya masih terasa kok
3. jangan pakai suhu ac diangka 16c karna kompressor akan terus bekerja keras untuk mencapai suhu tersebut yg akibatnya listrik juga mengalir deras. untuk kamar dengan luasan maksimal 12m2 pakai 1/2 pk cukup kok dengan suhu 20c. dikamar lain dengan luasan 24m2 pakai 1pk dengan suhu 24c juga sudah dingin.

penggunaan saya juga hanya di malam hari ya karna kami semua pada kerja. paling sabtu - minggu ada dipakai siang hari buat tdur siang emoticon-Big Grin

semoga bermanfaat emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By KeepOn777
Gue pernah pake merk mitsubishi & daikin. Mitsubishi kurang bangus ya. Dinginnya lama, cukup sering trouble. Sekarang gue pake daikin. Nyala bentar aja uda dingin, jarang trouble, awet, 25° serasa 18°, pokoknya sejauh ini daikin oke banget


Quote:Original Posted By cmaster
baru beli ac sharp ah-xp13uhy/beli online store, dapat inverter, plasmacluster,lampu led. dalam 1 ac. sangat dingin. posisi pasang cuma jarak 4.5m dan outdoor di dak yg penuh angin, pipa tebal beli sendiri. hasilnya ac sangat dingin. tapi minus nya.... pipa yg digunakan pipa 1 pk(padahal ac 1.5pk) di spek manual book pun tulisnya pipa 1pk. dan design outdoor kecil bgt dan sirip nya jelek tidak mendistribusikan panas dengan baik. nilai 7 dari 10

Diubah oleh funk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 18:56
changhong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
funk dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:00
Gree baru ganti nih ane

Pasca panasonic sama LG tewas emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
CharleslesmanaD dan funk memberi reputasi
2 0
2
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:09
gree, brani jaminan 5 taon dengan platinum guarentee, setelah pake daikin bocor setaon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
funk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:10
Ane pake Daikin euy. awet
Diubah oleh santos.ch
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:19
Tv ya LG kalau Gua... Bukan Sanyoahahahahaha emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
funk dan faridabdrrhmn memberi reputasi
2 0
2
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:24
gua sih pake daikin multi s inverter
0 0
0
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:33
Ane sih pake sharp ga
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:39
ane pake panasonic brayyy
profile-picture
profile-picture
funk dan kristalbiru memberi reputasi
2 0
2
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:48
di rumah ane pake ac panasonic, hitungannya emang hemat. itu ac-nya padahal udah lama, tapi masih bagus banget, belum pernah di service paling cuma dibersihin aja. yaa walaupun pas beli agak mahal, tapi sebanding lah sama kualitasnya
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 19:53
sharp ajib Gan...emoticon-Recommended Seller
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:05
Ane pake nasional 16 inch dingin sampe kembung
profile-picture
profile-picture
funk dan rakooon memberi reputasi
2 0
2
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:21
ane pakai Polytron irit listrik juga
profile-picture
profile-picture
funk dan m3mpis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:22
boleh acnya mod
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:39
Quote:Original Posted By primawidhie
changhong


ini group tiongkok emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By caseopia
Gree baru ganti nih ane

Pasca panasonic sama LG tewas emoticon-Ngakak (S)


kenapa bisa tewas gan ? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:52
Quote:Original Posted By GEORGEOLSEN
gree, brani jaminan 5 taon dengan platinum guarentee, setelah pake daikin bocor setaon


garansi service ya ini

Quote:Original Posted By santos.ch
Ane pake Daikin euy. awet


type apa gan ?

Quote:Original Posted By vertuil
Tv ya LG kalau Gua... Bukan Sanyoahahahahaha emoticon-Leh Uga


ac nya apa donk emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:55
Quote:Original Posted By hawk
gua sih pake daikin multi s inverter


widih agak mantep ini harganya. brp PK gan ?

Quote:Original Posted By kucinkmeonk
Ane sih pake sharp ga


keluarga yasonta senior di indonesia

Quote:Original Posted By xbandage
ane pake panasonic brayyy


seri apa gan emoticon-Thinking
0 0
0
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:56
Quote:Original Posted By funk
widih agak mantep ini harganya. brp PK gan ?



keluarga yasonta senior di indonesia



seri apa gan emoticon-Thinking


9.5 jtan 3/4 & 1/2 pk
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:57
Quote:Original Posted By corner30
di rumah ane pake ac panasonic, hitungannya emang hemat. itu ac-nya padahal udah lama, tapi masih bagus banget, belum pernah di service paling cuma dibersihin aja. yaa walaupun pas beli agak mahal, tapi sebanding lah sama kualitasnya


ac inverter kah jenisnya emoticon-cystg

Quote:Original Posted By ppuurr
sharp ajib Gan...emoticon-Recommended Seller


keluarga yasonta maning emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By ozzieslo
Ane pake nasional 16 inch dingin sampe kembung


national emoticon-Bingung (S) cikal bakal panasonic ini gan
0 0
0
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia
25-09-2019 20:57
nice sharenya nih...
cari yg pas
profile-picture
funk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia