alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d87cb80c0cad7648b66259c/greenpeace-paru-paru-warga-lebih-kotor-daripada-sepatu-jokowi
Presiden Joko Widodo belum lama ini melakukan peninjauan langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Ia hadir mengenakan kemeja putih, tanpa masker, dan sepatunya yang kotor menjadi perbincangan di sosial media.
Lapor Hansip
23-09-2019 02:29

Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi

Past Hot Thread
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
tirto.id - Presiden Joko Widodo belum lama ini melakukan peninjauan langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Selasa (17/9/2019). Ia hadir mengenakan kemeja putih, tanpa masker, dan sepatunya yang kotor menjadi perbincangan di sosial media karena unggahan Pramono Anung.

Namun, kehadiran Jokowi dianggap tak akan banyak menurunkan dampak karhutla.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), memang terdapat penurunan titik panas yang terjadi belakangan ini. Pada data 21 September 2019 pukul 08.00 WIB, terdapat 2766 titik panas. Angka tersebut menurun dari minggu lalu, Sabtu (14/9/2019), dengan 4012 titik panas.

Namun, angka tersebut tak bisa dijadikan acuan telah menurunnya dampak karhutla. Sebab perhitungan titik panas itu dilakukan melalui pantauan satelit. Dalam kondisi kabut asap yang semakin pekat, titik api tak lagi terlihat dari satelit.

"Dari sisi hotspot menurun karena ada hujan, sehingga sebagian titik api jadi asap. Makanya asap malah tambah banyak mengakibatkan kualitas udara juga turun [semakin buruk]," ujar Pelaksana tugas (plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo kepada reporter Tirto, Sabtu (21/9/2019).

Peningkatan kabut asap, jelas Agus, disebabkan menjalarnya titik kebakaran yang masih terjadi, khususnya di lahan gambut. Api pun masih menyebar dari lapisan bawah gambut.

"Susah dipadamkan," tegasnya.

Kualitas udara memang berada pada tingkat "berbahaya" dalam beberapa hari belakangan. Salah satunya Palangkaraya. Berdasarkan data Air Visual, Kamis (19/9/2019) siang, Air Quality Index (AQI) polusi Palangkaraya berada di angka 1057. Kemudian, Jumat (20/9/2019) siang, berada pada angka 451. Dalam standar Air Visual, 301-500 ke atas berarti kondisi udara berbahaya.

Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Juru Kampanye Greenpeace Arie Rampos menegaskan, seharusnya Jokowi tak hanya berkunjung langsung memantau karhutla. Akan tetapi berani memberikan sanksi tegas kepada perusahaan pembakar hutan.

"Ya kalau Jokowi ke sana hanya foto-foto ya, itu kemudian menyakiti korban-korban asap yang selamanya sudah terpapar," ujar Arie.

Arie pun menyindir soal riuhnya komentar terkait sepatu kotor Jokowi. Menurutnya, paru-paru masyarakat jauh lebih kotor karena menghirup udara beracun dampak karhutla.

"Yang harus dipikirkan adalah bagaimana paru-paru masyarakat yang hidup di sana menjadi kotor karena dia [Jokowi] tidak menangani kasus kebakaran hutan tersebut dengan tindakan yang serius," tegasnya.

Menurut Arie, sejak kasus karhutla tahun 2015, tak ada saksi tegas, misalnya pencabutan izin dari pemerintah. Sehingga peristiwa serupa terus terulang secara rutin.

"Makanya pemerintah, seharusnya juga sejak dari 2015, sudah mempublikasikan perusahaan-perusahaan mana yang melakukan pembakaran dan publik juga. Jadi tahu siapa perusahaannya, termasuk, bagaimana progres penanganan dari kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Baca juga artikel terkait KASUS KARHUTLA atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus 
(tirto.id - fdy/dqy)

sumur

entah setelah menang, gerakmu menjadi sangat lambat, apa yang mempengaruhimu wahai presiden pilihan mayoritas.

Kau masih punya 1 periode lagi, kau masih punya banyak janji, jangan kecewakan pemilihmu, walau wilayah itu adalah wilayah nasbungtaik, karena seyogyanya, semua adalah rakyatmu kini.
Aku bukanlah orang yang mencintai sesuatu secara buta, bila salah tetap salah, bila benar tetaplah benar.

Walau kemenanganmu adalah kemenangan atas keberlangsungan Pancasila dan menginjak2 pea 212 , namun engkau tetap punya tanggung jawab untuk menyelesaikan persoalan dinegeri ini.
Diubah oleh tuanbule
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 08:31
Balasan post neptunium
Pokoke salah presiden ..kata mereka..
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 09:31
politik itu kejam bray.
jaman beye dulu serangan ke presiden soal kebakaran hutan tidak separah sekarang.


dulu di periode pertama kowi, udah jarang banget kebakaran hutan.
tapi menjelang pelantikan tiba-tiba jossss...kebakaran serentak di pulau kalimantan dan sumatera.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 09:48
Jokowi lagi ? kenapa bukan protes ke aparat terkait ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 09:52
Balasan post mylaff
Quote:Original Posted By mylaff
Jokowi lagi ? kenapa bukan protes ke aparat terkait ?


dari dulu masy setempat yg terkena dampak asap,
gak pernah protes apalagi mengutuk pembakar hutan.
seolah itu sdh biasa & mrk ikhlas2 aja emoticon-Big Grin

baru skr aja mrk (pura2) protes emoticon-Big Grin
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 09:56
bong bong, mau aja diboongin
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 09:58
Balasan post chef.dayat
Quote:Original Posted By chef.dayat
politik itu kejam bray.
jaman beye dulu serangan ke presiden soal kebakaran hutan tidak separah sekarang.


dulu di periode pertama kowi, udah jarang banget kebakaran hutan.
tapi menjelang pelantikan tiba-tiba jossss...kebakaran serentak di pulau kalimantan dan sumatera.


Tp demo jaman dlu tiap minggu ad aj emoticon-Leh Uga

Aplagi klo kenaikan BBM bih epik lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
eyeon dan Jalan Cinta memberi reputasi
2 0
2
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 10:14
paru-paru vs sepatu emoticon-Ngakak

0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 10:56
salawi lg...
netizen khwontol....
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 11:39
Balasan post dawolong
Quote:Original Posted By dawolong
Kebakaran lahan gambut adalah masalah klasik yg selalu terulang tiap taun...
Harusnya sudah bisa diketemukan cara effective penanggulangan dan pencegahannya..
Sayangnya, saat musim hujan tiba, kebakaran hilang, hilang pula pembahasannya..sampai kemarau yad...


Khan sering dipantau melalui satelit.
Banyak hot spot tapi petugas yg bertanggung jawab kaga jelas kali untuk soal ini atau jika ada Kemungkinan kurang inisiatif buat madamkan atau paling tidak melakukan inspeksi secepatnya ???


0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 12:20
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 16:33
Balasan post jamie76
jangan banyak bacot, kasih kontribusinya kalau kalian emg peduli sama indonesia, jgn cuma nyinyir ajeee:merdeka
profile-picture
eyeon memberi reputasi
0 1
-1
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 16:38
Quote:Original Posted By noor23
jangan banyak bacot, kasih kontribusinya kalau kalian emg peduli sama indonesia, jgn cuma nyinyir ajeee:merdeka


Anjing kau. Kau baca tu baik baik anak lonte
0 0
0
Lihat 1 balasan
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 16:40
Balasan post jamie76
dih sewott ente ganemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
23-09-2019 16:59
Balasan post xrm
Quote:Original Posted By xrm
Datang salah
Gk datang salah
Hidupnya udah biasa gk tau bersyukur kali ya
Pengen nyumpahin tapi ane masih punya hati lah


Lah aneh, giliran kampanye klaim prestasi kalau sudah tidak ada karhutla lagi, sekarang giliran ada kok yang disalahin gubernur dkk. ya wajar lah harus dateng. kalau enggak ga usah klam klem pencitraan sana sini.

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan eyeon memberi reputasi
2 0
2
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 23:05
Tertunduk lesu tanda tak mampu atau gmn itu?
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 23:35
Cebong teteplah cebong, kalau kita tangkap cebong lalu kita sobek dan buka dadanya.... Isinya cm bot
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
23-09-2019 23:48
Quote:Original Posted By dawolong
Kebakaran lahan gambut adalah masalah klasik yg selalu terulang tiap taun...
Harusnya sudah bisa diketemukan cara effective penanggulangan dan pencegahannya..
Sayangnya, saat musim hujan tiba, kebakaran hilang, hilang pula pembahasannya..sampai kemarau yad...


Hutan gambut gak akan selesai kalo DPR dan pemerintah gak revisi UU No 41. Th 1999 tentang kehutanan, banyak poin2 penting yg gak sinkron dg kebijakan, contohnya pembukaan lahan dan pengolahan lahan, belom lagi masalah kultur masyarakat adat (rimba) yg tak terjamah UU ini, kalo mau jujur revisi dulu yg memang penting dan mendesak bukan ribut2 kabut nyalahin Pemda, pemerintah gak bisa lepas tangan krn pemerintah harusnya yg punya data spasial konsesi lahan dan jenis hutannya, kalo lu tanya DPR pasti gak tau luas lahan dan areal konsesi pengelolaan-nya krn kowi gak tegas dg kebijakan yg sudah ada, gak ada gebrakan, paling mentok monatorium tp apa itu cukup nutup buat pemasukan negara dr sektor sawit dan kehutanan?
Diubah oleh dsturridge15
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
24-09-2019 06:41
Sedih banget... semoga masalah kabut asap cepat terselesaikan.. semoga warga yang terkena dampak kuat dan sehat selalu emoticon-Smilie
0 0
0
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Lapor Hansip
24-09-2019 09:29
Balasan post tpenoel
ssst... jangan ganggu grepes. Mereka lagi asik ngupi2 latte di starbucks sambil ngetik nyinyiran mereka di macbook pro hasil beli dr donasi asing. emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.