alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d842c13018e0d7edf34702d/masih-nekat-pakai-knalpot-berisik-awas-kena-tilang
Undang - undang telah mengatur untuk memberikan hukuman bagi mereka yang menggunakan knalpot berisik, dimana suaranya seolah bikin telinga banyak orang mau pecah.
Lapor Hansip
20-09-2019 08:32

Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!

Past Hot Thread
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
sumber:googleimage

Kisah mengenai pengendara yang memodifikasi kendaraannya telah banyak diangkat dalam bentuk tulisan. Tidak salah jika pemiliknya ingin tampil lebih trengginas dengan cara mengubah beberapa spek kendaraannya. Lagi pula itu kendaraannya sendiri, pakai duit juga duitnya sendiri bukan? Ya, memang tidak salah andai saja unsur modifikasi yang dimaksud tidak melanggar Undang-undang, dan tidak pula bikin orang lain meradang.


Sebagaimana jamak kita saksikan, salah satu bagian dari kendaraan yang sering dimodifikasi adalah knalpot. Baik knalpot kendaraan roda empat maupun dua. Segera menyusul, mungkin bis atau backhoekelak memodifikasi knalpotnya juga. Biar lebih jreng!


Akan tetapi, seperti halnya kehidupan yang senantiasa beririsan dengan pihak lain, tindakan untuk melakukan modifikasi atau perubahan, haruslah memikirkan dampak dari yang dilakukannya. Bukankah demikian yang seharusnya?


Seperti telah diulas pada paragraf pertama, modifikasi pada dasarnya bukan sesuatu yang diharamkan. Setidaknya hingga detik threadini dibikin, saya belum mendengar ada semacam fatwa yang mengharamkannya dan disebut secara lugas. Jikapun ada dan saya terlewat, ada baiknya memberi komentar supaya coretan nggak jelas ini saya revisi. Karena kata-kata revisi kini sedang booming. Seperti revisi UU KPK antara Pemerintah dan lembaga teraduhai milik kita tercinta, lembaga DPR.


Umumnya, knalpot yang sudah dimodifikasi dari rupa aslinya, yakni menjadi knalpot racing dan sebagainya, sanggup mengeluarkan suara dentuman yang bisa mempercepat proses kematian bagi penderita jantung. Belum lagi suara berisik yang dimuntahkan, mampu merangsang tensi darah memuncak bagi siapa saja yang mendengar meski tanpa memiliki riwayat darah tinggi sebelumnya. Apa lagi jika raungan suara knalpot dari pemilik kendaraan tak tahu adat ini, melintas di depan orang yang sedang menderita sakit gigi. Saya tidak berani menduga apa yang akan terjadi. Semoga Husnul Khatimah saja. Andai kata terjadi hal buruk menimpa pengendaranya.


***
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
sumber:googleimage

Pada awal pembuatan, kendaraan yang dilahirkan oleh pabrik pastinya telah melakukan serangkaian uji coba. Analisa dengan saksama pun membutuhkan durasi waktu yang tidak sebentar. Termasuk hal apa saja yang patut untuk diduga dan dapat berekses buruk bagi pengendaranya kelak, maupun terhadap orang lain.


Oleh karena itu, celakalah barang siapa yang sengaja mengganti knalpotnya dengan knalpot yang tidak sesuai berdasarkan speknya. Terlebih bila knalpot yang dimaksud mengeluarkan suara bising yang bukan kepalang.


Menyikapi hal demikian, maka Undang-undang dengan tegas memberikan sanksi kepada siapa saja (tanda kutip), yang dengan sengaja mengubah knalpotnya supaya terdengar seperti auman monster Godzilla.


Sebagaimana kutipan dari detikcom, dalam ranah lingkungan batas kebisingan knalpot itu tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009.


Melalui Permen LH tersebut, disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Bagi yang belum paham apa itu desible, penjelasan singkatnya adalah adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Paham ya?


Masih dari sumber yang sama, bahwa sanksi hukum atas pelanggaran itu dituliskan dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pengguna knalpot bising terancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000. Jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir.


Nah lho...

Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
sumber:googleimage

Jadi jangan anggap remeh dampak dari penggunaan knalpot racing yang bising ya? Selain mendapatkan rentetan caci maki dan sumpah serapah dari orang lain, sanksi kurungan siap menanti. Sekaligus akan dikenakan denda sebesar Rp. 250.000. Bahkan dalam kasus tertentu, pengguna knalpot racingbisa terkena hukuman mati - bila pada saat yang bersamaan - pelaku terbukti membawa narkoba lebih dari satu kilo. Ngeri bukan?


Sebagai penutup tulisan ini, saya haqul yakin, meski tanpa melakukan survey dengan metodenya yang rumit, rata-rata orang akan memiliki rasa yang sama bila mendengar ada kenderaan yang melintas di depan mereka dengan suara knalpot bisingnya. Rasa ingin melumat pengendaranya...




©Skydavee 2019
Referensi data:
https://oto.detik.com/berita/d-47130...ara-satu-bulan
Diubah oleh skydavee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
capt.sabaru dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:26
yg berisik dan yg nembak ke muka.....sama2 nyebelin
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:27
ini yang namanya pembalab jalanan yang banyak prestasinya geber2 kenalpot
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:28
mantab, mayan tuh denda 250k buat knalpot brisik
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
Lapor Hansip
20-09-2019 10:29
Balasan post Sop Pedes
Quote:Original Posted By Sop Pedes
yg berisik dan yg nembak ke muka.....sama2 nyebelin

ngeselin abis bro. nampar pas kaca helm dibuka.
kalo knalpot standar, punyanya tiger tuh nampol muka. makanya males di blkg tiger
Diubah oleh rebelx
0 0
0
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:45
Ane paling benci kalo denger suara knalpot racing (buat ane itu cuma knalpot rombeng dan bising apapun merk dan berapapun harganya), cuma plokis juga angin-anginan bikin razia ni knalpot rombeng, buktinya sekarang makin banyak motor kelas nyamuk pake knalpot rombeng beginian
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:45
Nanti ane pakein supresor gan, biar bunyinya dep dep dep..
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:53
Quote:Original Posted By guest0000
yah kalo menurut ane kalo yg knalpot yg berisik ud gitu cempreng n bawanya dibetot2 gas kaga jelas emang bikin emoticon-Marah
tapi kalo yg suaranya ngebas bulet sih enak2 aja apalagi kalau ketemu pengendara yg suka se enak jidatnya dewek...belok,motong orang kaga ada sen kaga liat spion....dgn ada knalpot yg agak lebih bersuara sih lumayan bikin kaget mereka atau sadar kalau ada kendaraan lainnya walaupun masih ada juga sih yg pura2 budeg atau emang budeg beneranemoticon-Hammer2

Kisah dijalanan emang banyak ya gan? Tp intinya, siapapun pengendara, entah pake knalpot brisik, tak patuh aturan, selalu bikin yg waras ngelus dada.
Quote:Original Posted By diko.sgn
kalo motovloger ala anak sultan bebas pake knalpot bricikk yaa gan emoticon-Malu

pake knalpot racing bukan cuma ditilang tapi bisa dapet bogem mentah apabila boncengin istri orang emoticon-Malu
emoticon-Ngacir

Hahahaha. Bisa aja ente ganemoticon-Leh Uga
profile-picture
diko.sgn memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 10:57
Quote:Original Posted By BANNED.USER
polisi tebang pilih..
ane pernah ngelewatin razia polisi tanpa plat nomor depan dan pakai knalpot toce kw yg super berisik tapi tidak di berhentikan. hanya krn motor ane cbr600.
padahal waktu itu banyak ninja 250 yg di stop krn knalpot berisik

Dalam thread saya kasi tanda kutip gan. Semoga polisinya bener² tegesemoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Sop Pedes
yg berisik dan yg nembak ke muka.....sama2 nyebelin

Aish, saya berulang kali terpancing emosi gara² nembak muka. Kita dah gak nyalain lampu jauh, malah kena sorot. Sontoloyo...
Quote:Original Posted By anasforever
ini yang namanya pembalab jalanan yang banyak prestasinya geber2 kenalpot

Sialnya banyak yg beginianemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By rebelx
mantab, mayan tuh denda 250k buat knalpot brisik

Hooh gan. Semoga sanksinya dijalankan. Bikin sewot aja
Quote:Original Posted By gimanague
Ane paling benci kalo denger suara knalpot racing (buat ane itu cuma knalpot rombeng dan bising apapun merk dan berapapun harganya), cuma plokis juga angin-anginan bikin razia ni knalpot rombeng, buktinya sekarang makin banyak motor kelas nyamuk pake knalpot rombeng beginian

Entahlah gan. Mgkn petugasnya lg gak mood raziaemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mcQueen.svd
Nanti ane pakein supresor gan, biar bunyinya dep dep dep..

Jgn lupa bass nya ya?emoticon-Peace
0 0
0
Lihat 1 balasan
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 11:20
untung ane pake knalpot setandar
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 11:30
tutup aja produsen nya + importirnya

selesai kan?
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 12:02
suatu ketika ada motor suaranya berisik minta ampun, pas gas nya ditutup berisik2nya makin menjadi2, dikirain larinya kenceng banget uda 399kmh ilang kemana, gak taunya cm matic 110cc sejauh mata memandang itu motor masi dekat terlihat mata, terus yg bawa pake kaos sablonan tulisan "hobi kami mahal"
emoticon-Wow emoticon-Wkwkwk
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 13:05
Quote:Original Posted By achdiar
untung ane pake knalpot setandar

Bagus kl begitu gan. Saya pun demikian adanya
Quote:Original Posted By piaupiaupiau
tutup aja produsen nya + importirnya

selesai kan?

Harusnya mudah ya? Tp kadang terlalu banyak pertimbangan malah lupa sama tujuan. Ya begitulah gan
Quote:Original Posted By bebemania
suatu ketika ada motor suaranya berisik minta ampun, pas gas nya ditutup berisik2nya makin menjadi2, dikirain larinya kenceng banget uda 399kmh ilang kemana, gak taunya cm matic 110cc sejauh mata memandang itu motor masi dekat terlihat mata, terus yg bawa pake kaos sablonan tulisan "hobi kami mahal"
emoticon-Wow emoticon-Wkwkwk

Hehehehe. Saya sering jg nemuin kek gitu gan. Wah udah ngalah minggir, eh tuh motor cuman suaranya yg gede. Laju gitu² ajaemoticon-Big Grin
0 0
0
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 13:33
Klo mesin 2 tak gimana cara bikin suaranya adem yak ? atau ada pengecualian buat 2 tak user kyk saya?
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 13:59
Quote:Original Posted By babangpg
Klo mesin 2 tak gimana cara bikin suaranya adem yak ? atau ada pengecualian buat 2 tak user kyk saya?


2 tak kl knalpotnya msh standard pabrikan, sprtinya msh ada permisif gan
0 0
0
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 14:10
haduh sebel banget kalo ada motor yang lewat pake knalpot berisik kayak gini. berasa yang punya kuping dia doang . Polusi suaraaa
Diubah oleh dndrnasya
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 14:19
d kampung ane knalpot bising siap2 d begal...
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 15:35
ambang batas kebisingannya aja gada alatnya,, awokwokwokwok,,, kalo emang dilarang sekalian larang yg jualnya doong emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
Lapor Hansip
20-09-2019 15:55
Balasan post skydavee
Quote:Original Posted By skydavee

Dalam thread saya kasi tanda kutip gan. Semoga polisinya bener² tegesemoticon-Shakehand2

Aish, saya berulang kali terpancing emosi gara² nembak muka. Kita dah gak nyalain lampu jauh, malah kena sorot. Sontoloyo...

Sialnya banyak yg beginianemoticon-Leh Uga

Hooh gan. Semoga sanksinya dijalankan. Bikin sewot aja

Entahlah gan. Mgkn petugasnya lg gak mood raziaemoticon-Big Grin

Jgn lupa bass nya ya?emoticon-Peace


Oia hehehe..
Btw gua juga paling kesel sama yang manjer lampu tembak dari lawan arah emoticon-Mad emoticon-Mad
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
Lapor Hansip
20-09-2019 16:17
Balasan post skydavee
apa lagi kalo lampu merah main geber aja emoticon-Marah
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
Masih Nekat Pakai Knalpot Berisik? Awas Kena Tilang!
20-09-2019 18:32
Quote:Original Posted By dndrnasya
haduh sebel banget kalo ada motor yang lewat pake knalpot berisik kayak gini. berasa yang punya kuping dia doang . Polusi suaraaa

Polusi udara dan membuat amarah semakin membaraemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By d.arms.dealer
d kampung ane knalpot bising siap2 d begal...

Busyeetttt... Serem amat ganemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By gieshand
ambang batas kebisingannya aja gada alatnya,, awokwokwokwok,,, kalo emang dilarang sekalian larang yg jualnya doong emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Ada. Ntr kita beli ganemoticon-Ngakak

Tp benar jg. Kl dilarang, yg jual jg kasi hukuman. Idealnya sih begitu.
Quote:Original Posted By aska1234
apa lagi kalo lampu merah main geber aja emoticon-Marah

Begitulah realitas dijalanan gan. Tuh org kadang gak mikir org lain disekitarnya.emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.