alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8334037e3a724f99002d70/agan-gak-bakalan-kuat-tinggal-di-jepang-karena-hal-ini
Lapor Hansip
19-09-2019 14:53
Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini
Past Hot Thread
Halo agan sista semua, kali ini ane mau berbagi pengalaman mengenai kehidupan di jepang untuk yang bukan orang jepang. Btw, ane belum pernah ke jepang sih, cuma ane udah baca dibeberapa blog travel dan artikel lainnya mengenai kehidupan orang asing di jepang.

Thread ane ini mungkin bisa jadi bekal persiapan agan yang nanti mau ke jepang. Jadi pas ke jepang gak bakal kaget lagi gan dengan semua hal unik dan aneh disana emoticon-Recommended Seller

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini

Semua orang di dunia ini sangat memimpikan untuk bisa tinggal di jepang gan, ini semua karena industri anime, manga, hentai dan JAV, serta robot canggih jepang yang mendunia. Bahkan banyak anak muda di kita yang ingin pergi ke jepang, bermimpi menikahi orang jepang, atau jadi pemain JAV dan parahnya ada juga yang merubah penampilannya kaya orang jepang (Wibu).

Kalau hanya sekedar liburan ke jepang sih boleh aja. Cuma agan harus mikir panjang dulu semisalkan mau tinggal lama di jepang.

Perlu agan ketahui, banyak orang luar negeri seperti orang eropa mengaku kesulitan saat hidup di jepang. Mereka terbiasa hidup di jepang karena memang udah jadi keharusan tinggal di jepang, misalnya faktor pekerjaan. Nah, kita orang Indonesia dan terbiasa hidup santuy disini maka akan sangat sulit juga gan untuk bisa tinggal di jepang.

Orang jepang itu terlalu nasionalis dan over pride secara nyata

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Ada orang asing yang tinggal di jepang, meski sama-sama orang asia yang mirip orang jepang namun ketika tidak bisa berbahasa jepang maka akan sangat sulit untuk bergaul gan. Teman-teman orang jepang agan pun kalau udah lama mengenal agan maka dia akan tetap menganggap anda sebagai orang asing dan bukan orang jepang. Perlakuan mereka terhadap orang asing dan orang jepang sangat berbeda, jadi semacam ada diskriminasi gitu gan.

Maksud secara nyata adalah, ya kita bisa lihat dan bandingkan dengan kita orang Indonesia gan. Kebanyakan orang kita itu kalau ada bule akan langsung ramah dan welcome banget kan gan. Tapi di dumay bisa koar-koar anti asing dan langsung mendadak jadi orang yang sangat nasionalis dengan menghujat akun orang asingnya kalau ada masalah. Beda dengan jepang yang kesannya di berbagai media itu seperti baik kepada orang asing, tapi secara kehidupan nyata seperti seolah ada aturan tertentu untuk orang asing, semacam ada diskriminasi gitu, tapi masih pada batas wajar sebab gak ke hal pembulian parah sampai main fisik atau pelecehan ke orang asing gan.

Contohnya saja gan : Agan yang bukan orang jepang gak bakalan bisa masuk ke tempat prostitusi sesuka hati. Kalau pun diajak teman orang jepang, maka gak bakalan bisa dapat cewek disana dengan mudah gan. Soalnya para hostess cewek yang menemani agan minum di bar gak bakalan banyak bicara atau diajak ngamar di hotel love-love pun gak bakalan mau. Kecuali teman dekat agan seorang yakuza yang menjaga tempat itu gan.

FYI : Prostitusi di jepang itu adalah pelanggaran hukum, membayar cewek untuk bisa nganu bisa kena pasal gan. Cara orang jepang menyiasatinya adalah dengan mengajak kencan, minum-minum atau karokean dulu. Jadi ini siasatnya hanya membayar cewek untuk menemani minum, karokean dan sebagainya. Itu juga kalau ceweknya mau sama agan yang orang asing, karena soal ngajak cewek nganu itu tergantung skill modus agan sendiri.

Itulah sebabnya nganu di jepang hanya terjadi pada siklus remaja yang ingin menghilangkan keperawanan/keperjakaan, atau pada orang yang suka sama suka padahal cuma temenan, rekan kerja yang jenuh dengan pekerjaan, dan lingkungan pergaulan kelompok individu tertentu.

Contohnya lagi gan : Ketika agan belum bisa bahasa jepang dan berbelanja ke supermarket, meski agan pakai bahasa inggris maka si penjaga tokonya akan tetap berbicara pakai bahasa jepang. Tetap memaksakan pakai bahasa jepang meski di toko itu ada tulisan 2 bahasa antara jepang dan inggris dan toko nya itu emang menjual barang oleh-oleh buat turis. Tentu yang datang bukan hanya orang jepang aja kan, tapi si penjaga toko akan tetap berbahasa jepang gan, paling diseling dengan bahasa isarat. Sangat merepotkan sekali.

Aturan saat makan bersama dan makan sendiri di restoran

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Hal yang sangat jauh berbeda adalah cara makan orang jepang sangat berbeda dengan cara makan di kita, di eropa, dan negara lain. Bagi yang belum biasa maka akan sangat sulit untuk beradaptasi.

Beberapa aturan makan di jepang adalah :


Quote:Pertama anda harus mengelap tangan dulu dengan handuk hanya atau biasa disebut oshibori.

Biasakan makan bersuara, misalnya suara 'slurp' saat makan ramen.

Dilarang ngobrol saat makan ramen, harus fokus tertunduk makan ramen sampai habis.

Jangan pernah menuangkan sake sendiri ke dalam gelas. Apabila gelas teman kosong maka agan harus mengisinya sampai penuh. Saat semua gelas sudah terisi baru boleh minum secara bersamaan dengan teriak kanpai.

Jangan menggosok sumpit dan jangan mendirikan sumpit tegak lurus di mangkok nasi.

Jangan pernah memberikan makanan kepada teman menggunakan sumpit. Kalau mau ngasih makanan harus diletakan dulu di piring kecil dan berikan piring kecil beserta makanannya pada teman makan kita.

Kebanyakan makanan jepang itu adalah ikan, sayuran, dan daging babi. Tapi hampir setiap makanan pasti ada unsur ikan nya. Maka sebaiknya anda harus tau dulu urutan makannya. Intinya, agan harus makan dengan urutan yang benar.

Jangan mencelupkan wasabi ke kecap.

Habiskan makanan yang dipesan sampai tak tersisa, karena agan bakal dicap orang gak sopan seumur hidup karena tidak menghabiskan makanan yang sudah dipesan.

Setelah selesai makan, maka biasakan untuk merapikan meja makan di restoran. Kalau dirumah harus dibersihkan sendiri alias cuci piring sendiri, kecuali si pemilik rumah bersedia mencuci semua piring bekas agan sendiri. Tapi karena agan bukan orang jepang, maka ada kemungkinan teman agan yang orang jepang akan tetap menyuruh agan mencuci piring sendiri.



Pokonya ribet banget gan, etika atau aturan seperti ini di jepang udah jadi kebiasaan dari mulai anak-anak, remaja sampai orang tua. Agan yang biasa santuy dan langsung pulang pas udah makan di warteg pasti bakalan gak betah dengan kondisi aturan makan seperti ini.

Peringatan buat perokok, baik itu di restoran atau rumah teman, sangat dilarang untuk merokok gan. Yang pecandu rokok sehabis makan harus cari restoran dengan smoking area dulu atau minimalnya cari smoking area setelah makan.

Kalau agan pikir di jepang bisa merokok bebas di tempat umum atau bahkan di jalanan shibuya, shinjuku, dan jalanan jepang lainnya, maka itu hanya terjadi di film drama jepang saja gan. Aslinya enggak, bahkan menurut survey jumlah perokok di jepang itu sudah menurun drastis.

Budaya mengantri dan anti ngaret alias harus selalu tepat waktu akan membuat agan stres

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Kalau mau berangkat ke luar kota maka cara cepat adalah naik kereta shinkansen gan. Pasti bakalan cepat sampai namun agan harus datang pagi-pagi dulu ke stasiun. Parahnya pas naik bukan cuma agan saja, maka agan bakalan berdesak-desakan di dalam kereta.

Untuk naik bus juga sudah ada jadwalnya, tentu agan harus datang tepat waktu dan tidak boleh ngaret. Kalau kemalaman dan telat sedikit saja maka anda harus menunda perjalanan sampai besok, ini juga berlaku untuk yang naik kereta.

Dalam hal mengantri akan sangat membuat agan stres, sebab orang jepang mampu mengantri semalaman bahkan kuat mengantri sampai 1-2 hari. Buktinya nih gan, ada perilisan playstation baru yang akan launching hari kami. Ini sudah diumumkan oleh pihak perilis tapi orang jepang bisa mengantri dari hari rabu malam bahkan selasa pagi. Wah, padahal masih jauh hari H tapi sudah panjang mengantri.

Ini buktinya gan :

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Yang namanya kebiasaan itu sulit dirubah gan, banyak orang yang bilang gitu tapi emang bener. Makanya, agan yang biasa ngaret dan males ngantri bakalan gak kuat tinggal di jepang.

Biaya sehari-hari yang mahal dan aturan kerja yang ketat

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini

Sekalipun masak sendiri dengan memperbanyak sayuran, maka biaya untuk masak pun akan mahal gan. Makan diluar juga sama mahalnya, belum lagi kebutuhan pokok lainnya yang sama mahalnya.

Jepang itu negara yang ekonominya maju dan biaya kehidupan di jepang sangat mahal. Makanya agan harus pintar berhemat dan mengatur keungan. Memang benar sih kalau gaji pekerja di jepang untuk karyawan swasta juga gede, tapi kalau gak bisa mengelola uang dengan baik akan membuat agan kesulitan hidup di jepang.

Karena biaya hidup di jepang sangat mahal, makanya anda harus bekerja dengan sangat keras dan menunjukkan kinerja yang baik kepada atasan. Telat sedikit masuk kerja bisa dipecat dan agan pun jadi pengangguran, kalau udah jadi pengangguran bakalan makin susah hidup di jepang. Kadang orang jepang pun tidak cukup dengan hanya bekerja di kantor saja, mereka juga bahkan cari kerja sampingan supaya bisa dapat uang tambahan.

Selain itu, aturan kerja di jepang juga sangat ketat dan mengaharuskan agan untuk disiplin. Agan yang tadinya disini kerja santai bakalan langsung kaget pas kerja di jepang. Seperti yang sudah ane sebut gan, salah sedikit bisa dipecar.Dan kerna hal inilah yang menyebabkan orang jepang sendiri gila kerja.
Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Maka jika tujuan agan adalah bekerja, agan harus siap-siap disiplin menjadi orang yang gila kerja seperti orang jepang.

Oke gan cuma itu aja yang bisa ane kasih informasinya. Sebenarnya sih masih banyak sisi baik dari tinggal di jepang yang bakalan agan betah, salah satunya adalah kencan yang bayar masing-masing. Sekalinya dapat cewek bakalan mau terbuka dan buka-bukaan buat agan, tapi kalau setia atau enggaknya sih itu tergantung ceweknya, kemudian kalau sampai menikah maka cewek jepang akan berhenti bekerja dan memilih mengurus rumah dan mempersiapkan semua kebutuhan agan buat bekerja. Lalu hal enak lainnya di jepang adalah kita bisa mandi berendam air panar, di pemandian campuran.

pemandian campuran


Katanya sih gitu, tapi jepang juga pasti sama kaya negara lainnya yang punya sisi buruk, masalah, dan hal-hal lain yang membuat para warga asing gak betah tinggal di jepang. Setidaknya dengan informasi dari thread yang ane buat mungkin bisa bermanfaat untuk persiapan agan nanti yang mau tingggal di jepang.

Tapi banyak kokk yang sekarang pada betah tinggal di jepang. Cuma untuk bisa diterima oleh masyarakat jepang asli itu sangat sulit dan butuh waktu lama gan.






Diubah oleh whyyoubannedme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 17
19-09-2019 14:54
Komeng Dari Agan-agan Yang Udah Pernah Tinggal Di Jepang
Quote:Original Posted By doombringer2211
Ada istilah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Ya memang ente nggak bakal kuat tinggal di Jepang tapi kayaknya gak Jepang doang, melainkan Finlandia, Norwegia, Swedia, Islandia, UK kalau ente masih merasa budaya ente yang paling superior.
Ingat gan.. Kalau ente mau dianggap sama warga negara sono, berlakulah seperti warga negara di sono. Budaya negara asal jangan dibawa2 meskipun kelihatannya itu baik. Kayak di Norwegia misalnya, jangan pernah ngajak ngobrol orang yang gak ente kenal (kecuali minta tolong ya).


Quote:Original Posted By Vinzarc
gw jadi inget bini nya sepupu gw, dia org jepang sblmnya tinggal di mie perfektur,eh ke indo di ajak mudik lakinya ke wajak malang jatim,eh betah ampe skrng katanya di indo enak gak kayak di jepang, enak nya lumayan santai,makanan dan biaya hidup lebih murah, btw gen kita kalah ama nippon gan, dari 3 anaknya kok jepang semua dah gitu bahasanya jawa lagi 🤣😂🤣


Quote:Original Posted By djinggo88
Jepang-korea-china ( kecuali hongkong )

---> sama2 payah bahasa inggrisnya , parahnya payah...suer , keponakan agan2 yg masih SD mungkin bisa lebih jago
---> mau bahasa inggris sejago rich brian x pun , percuma
( Makanya olimpiade 2020 d jepang kelak pemerintahnya lg getol ngetraining para relawan untuk bisa bahasa inggris )


Quote:Original Posted By pairin
Orang jepang tuh rata" kaga bisa basa inggris..
Dulu waktu ada orang jepang belajar di rumah ane yah begitu...
Gerakan, eksyen.. Parahnya, kaga mudeng inggris satupun...


Quote:Original Posted By gin7


Sebenarnya ada alasannya kenapa negara-negara itu bahasa Inggrisnya jelek, karena writting system mereka yang ngejelimet, bahkan sebagian besar dari mereka gak sepenuhnya bisa hafal Kanji.

Beda dengan kita yang menggunakan alphabet hanya 26 huruf, yang setiap kata-katanya bisa berdiri sendiri contoh kayak "R(er)" jadi kalo bahasa Ingrisnya "Driver" tulisannya tetep "Driver" dan dibacanya "ˈdrīvər".

Kalo bahasa Jepang beda, dia setiap katanya gak bisa berdiri sendiri hanya あ(a), い(i), え(e), お(o), dan ん(n) yang berdiri sendiri, jadi kalo bahasa inggrisnya "Driver" ditulisnya "ドライバ(doraiba)" dibacanya ya tetep "Doraiba". Jadi rada susah untuk mereka untuk belajar bahasa Inggris, kalo mau jago bahasa Inggris mereka harus mengabaikan writing system mereka dan berfokus kepada alphabet emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Gue pernah tinggal di jepang selama beberapa tahun. Kalo dijalanin sih gak ribet kok. Biasa aja. Ribet karena kita menilainya dari sini dan belum pernah melakukan hal tersebut. Lagian itu sekarang udah gak terlalu berlaku. Kalo cuma pertemanan biasa gak ada acara tuang-tuangan. Biasa aja. Minum sendiri-sendiri, makan sendiri sendiri. Kayak di sini.

Tapi yang paling gua salut adalah ketepatan waktu janji mereka. Gua acungin 4 jempol. Kalo janji jam 1 misalnya. Mereka sampe jam 1 kurang, tapi gak akan nongol tuh di tempat janjian. Mereka nunggu dulu. Begitu udah waktunya, baru muncul. Koplak emoticon-Ngakak

Dan cara kerja mereka. Buseeeeet. Kalah kita sama kecepatan dan ketepatan kerja mereka. Di sini sih banyak yang kerja males tapi minta dibayar full. Dan sambil kerja bisa ngerokok, santai, sambil minum kopi, dsb. Di sana berani begitu, langsung dimarahi. Kalo yang kerja genba, bisa dikeplak pala lu. Yang pernah kerja di sana pasti akan tau istilah kerja genba dan koojo. emoticon-Big Grin

Gue malah suka tinggal di sana. Semua serba teratur dan tepat waktu. Garansi barang, kalo dibilang 2 hari rusak bisa tukar baru, kalo ternyata barang kita rusak dalam rentang waktu tersebut tanpa banyak ba bi bu langsung diganti. Kalo di sini ....... emoticon-Ngakak cari alesan ngeles kiri kanan tuh toko.


Quote:Original Posted By qibonk
Ada beberapa yang Ane setuju, ada juga yang Ane Gak setuji Gan...

Orang Jepang memang dia kelihatanya lebih tertutup terhadap Orang Asing... Tapi itu dulu Gan.
Sekarang mereka lebih terbuka koq...
Dan salah satu faktor kenapa mereka kelihatan tertutup adalah karena mereka (dulu) tidak bisa berkomunikasi bahasa asing.
Jadi mereka itu (dulu) takut berkomunikasi dengan orang asing karena tahu komunikasi gak akan nyambung. Jadi cara meraka adalah menghindari orang asing tersebut. Jadinya kita sebagai orang asing banyak yg menilai mereka itu tertutup dan tidak open. Padahal mereka sebetulnya itu minder Gan..
Kalau agan sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa jepang, baru agan akan faham bahwa mereka juga sebenernya terbuka, sama seperti kita2 juga.

Sekarang-sekarang Jepang sudah sangat jauh lebih familier dibanding sebelumnya. Mereka menyadari bahwa faktor Pariwisata Jepang yang bernilai jual tinggi, membuat mereka sadar keberadaan "orang asing" ini juga sebagai sumber pendapatan negara yang sangat tinggi.
Makanya sekarang di kota2 besar, berbagai petunjuk2 arah/ informasi banyak memakai bahasa inggris/Korea/China.

Just for info...
Sebenernya orng jepang itu jago bahasa inggris...tapi jago secara Teori aja gan. dia kesulitan di masalah pengucapan bahasa asing.
Makanya jangan aneh kalo banyak orang jepang, gak jago bahasa inggris, tapi toefl nya nilanya tinggi. Banyak yang seperti ini...


Quote:Original Posted By slametfirmansy4
Bener tuh, gw juga ada temen jepang sekarang udah tinggal di indo.
Dia lebih menikmati di indo daripada disana, mungkin disana terlihat menyenangkan tapi sebenarnya tingkat kejahatan disana itu cukup tinggi pada saat malam.


Quote:Original Posted By dady.doa
Pengalaman ane biztrip di Tokyo 10 hari:

aturan makan:
Klo makan bareng2, bayarnya bareng2 juga gan. Mau ente makan dikit dn ga minum bir/sake, tetep aje bagi rata bayarnya.
ane nyesel bgt pas belom tau, ane makan nya "ngerem" minum jg "ngerem" krn takut bayarnya mahal. eh pas bayar, dipukul rata. 5 org ya bagi 5. emoticon-Cape d...
(ini klo sm temen2 ya).
ane kena ¥5,000


biasanya klo makan rame2 tmen kantor, yg paling junior disuru bayar dlu, besok nya dy yg bagi krm list siapa bayar berapa. Klo ad boss2 biasanya yg punya jabatan bayarnya lbh gede.


Antri:
Masuk ke lift kantor aja mau kerja baris gan, rapih lebih rapih dr antri kupon idul adha.

Nightlife:
bener yg TS blg ga bs sembarangan klo org asing keluar masuk bar. Tmen ane org sana blg, klo masuk bar plg ga mesti ditemenin native. Dn sdh dtemenin pun blm tentu bs dapet yg agan inginkan (baca:wikwik)


satu lg, kehidupan org jepang itu sangat konsumtif, sering banget after office itu makan n minum. dan makan minum d sana kan g murah.

tp overall ane seneng kerja di sana gan. Skrg ane lg cr peluang untk ikut program 3 bulan/ setaun d sana dr kantor ane.
mdhn2n tembus

kerja di negeri org itu sesulit apa pun, kayak ad kepuasan tersendiri. Kt bs belajar budaya org, ketemu org baru, dan sodara baru.


Quote:Original Posted By silentrunner
ts bilang walaaupun udah kenal lama, kita bakal tetep dianggep orang asing??? gw sering banget kok harus bilang "gw bukan orang jepang" karena kadang gw nggak ngeh pas nonton film di bioskop atau tanya kanji di manga.... mereka kaget dan "lha kok bisa lu ngga bisa baca?" "eh, emangnya gw orang jepang???" "oh iya juga yah"..
orang jepang bukannya gak mau ngomong bahasa inggris, mereka bener2 gak bisa.. temen gw aja umur 26-27 gw suruh baca kalimat sesimple do not enter this room aja gak ngeh bacanya apalagi artinya...

intinya lu akan sangat nyaman tinggal di jepang kalau lancar bahasa jepang (gw sendiri masih N2 pun sudah sangat nyaman kok pakai public service di jepang)

aturan makan di jepang susah? youshoku dong ! mereka juga bisa makan layaknya orang barat.... toh table manner bukan hanya ada dijepang, makan2 di indonesia pun ada table mannernya...

ngantri aja gak bisa??? no comment dah, kalo gak mau antri rapi

biaya sehari-hari mahal? coba bandingkan UMR buruh indonesia dan buruh jepang terhadap kebutuhan sehari-harinya, fasilitas umum - kesehatan - pendidikan untuk masyarakat tingkat bawah....


Quote:Original Posted By egag
tp,sikap patuh pada suaminya patuh di contoh tuh..
dan,sehebat dan setinggi apapun tingkat pendidiikan seorang wanita Jepang.Pastilah dia akan memiliki 2 skill dasar yang paling dimiliki seorang wanita.Yaitu,skill mengurusi rumah dan anak sebagai kodrat sesungguhnya seorang wanita.Dan sudah pasti tetap patuh dan menjadi pelayan bagi suami.

https://m.kaskus.co.id/thread/5c4eb3...-wanita-jepang

pejwan donk,ts


Quote:Original Posted By silveria92
alah, beberapa statement yang elu kasih gak semuanya bener. gue udah tinggal di jepang hampir 5 taunan sampe gue berani lepas kewarganegaraan karena gue lebih seneng kerja disini karena lebih cepet kejar target libur makin panjang. gue kerja di salah satu developer game (Sebut Gang **). disini kerja lebih santai padahal perusahaan game. kalo lo mau ngajak ngenthod cewe gak perlu ngajak minum segala macem modus yg lu punya. bilang aja "Gue ada game bagus nih, kuy lah ke apartemen gue" sambil flirting-flirting, siapa yang gak mau?

*note : mereka ramah sama orang dari 1 tribe (asia). bahkan ngajak makan (contoh sabu-sabu) yang ada babinya pasti gue tanya dulu, kalo ada wagyu sama mirin pasti gue dateng


Quote:Original Posted By longneversee
Pernah main ke jepang taun kemarin semingguan disono.

Yg gw salut disono kaga ad nyembah bule macem dimari bray.

Mentalnya mantep "Elu jalan2 kemari elu pake budaya dan aturan dimari".

Pas antre temen ane dpt ditegur gegara nyerobot, kaga urus elu dengan baju necis atau keren, elu gaijin kaya atau bukan, kalau elu salah ya ditegur, gw sampe pake google translate diketik ditunjukin ke orangnya, gegara kaga ad yg mau ngomong english disono.

Beda ama dimari kalau liat bule, disembah, di-mister2in/miss/madam, lo tau ga artinya kalau manggil bule pake mister/miss/madam gimana? Itu artinya elu tunduk ama tuh bule atau lain kata elu bawahan/kacungnya itu bule, panggil nama aje.

emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By GembelzBikerz
Utk kendaa bahasa sih udah gak masalah ya, ane ke jepang ngobrol pake bahasa linggis udah ok kok org sana, plus waktu blanja ada beberapa dah bisa bhs indonesia sedikit...minimal di harga...beli koper ditawarin harganya ngomong “lima ribu yen”... emoticon-Ngakak

Ngobrol sama org jepang di smoking area, nanya ini itu...lama2 pake google translate berdua ahaha emoticon-Ngakak

Belanja or beli makanan kita pake bhs linggis dibalesnya pake bhs linggis dgn ramah n sopan...

Gak tau dah klo ketemu yakuza gimana emoticon-Takut

Waktu ane kesana kabarnya persyaratn org asing utk jadi warganegara sana lagi dipermudah trutama yg usia produktif...


Quote:Original Posted By caseopia
Ini bener sih utama nya soal diskriminasi.

Jd ga cuma kaya di film FF Tokyo Drift istilah "gaijin"

Ane pas ke jepun,mampir ke warung ramen

Si empunya toko cara ngomong nya udah mau kaya ngajak berantem ke ane.Plus kudu pesan 1 orang 1 mangkuk besar

Ke orang jepun asli,si empunya toko ga bergaya bentak-bentak saat ngomong.Beda kaya ke ane.Di pikir nya ane tunarungu kali ye emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By tnxtonex

Jangan pernah menuangkan sake sendiri ke dalam gelas. Apabila gelas teman kosong maka agan harus mengisinya sampai penuh. Saat semua gelas sudah terisi baru boleh minum secara bersamaan dengan teriak kanpai.





Seorang pengusaha Jepang di Singapore menjamu tamunya yg dari Inggris.

Tiap kali orang Jepang angkat gelas, ia berkata pd kawan Inggrisnya :
Kan Pei 干杯! (Bersulang).

Si Inggris tertegun dan diam tetapi dia melanjutkan makannya.

Hal itu terus berulang, setiap kalii si Jepang mau minum, dia berseru : Kan Pei

Akhirnya si Inggris meletakkan alat makan dan berkata keras kepada kawan bisnis

*" It's all right if you CAN'T PAY ! I will pay ! Now, please be quiet and eat !!!* "

😆😆😆😆😆


Quote:Original Posted By elor68
Pengalaman kerja di Jepang selama beberapa tahun..
*point susahnya masuk ke pergaulan mereka emang bener sih, gw sama temen kerja (orang Jepang) cuman akrab di tempat kerja doang, kalo ketemu di jalan/Supermarket/game center/Pachinko mereka nyapa ala kadarnya, udah gitu ngilang atau kalau kita nggak nyapa duluan, mereka senyam-senyum doang...
Ditahun ketiga kerja di Jepang, ada temen kerja yang mau nikah.. Udah lumayan deket sih, dan berharap diundang.. Eh tahu-tahu malah udah nikah, gw nggak dikasih tahu -_-
Kalo di Indonesia kan, ada temen kerja orang asing pasti di undang, biasalah.. buat naekin gengsi..
Tapi ada juga yang bisa diajak main bareng, misal main futsal atau main PS..
Diceritain sama Senpai/Senior (orang Indonesia yang udah kerja duluan disana), pernah ada yang diajak main ke klub esek-esek gitu, ngisep-ngisep toke*t.. beruntung banget tuh Senpai gw, giliran gw aja, kagak ada tuh yang nawarin maen ke tempat begituan..

Satu hal yang gw suka kerja kantor di Jepang, bisa cuci mata cuy!! Cewek-ceweknya cakep-cakep plus pake rok mini mulu (mirip-miriplah sama di JAV genre office) dan kalo gw perhatiin, paha sama betis cewek Jepang tuh gede-gede, mungkin karna kebiasaan mereka jalan kaki sama pake sepeda dari kecil kali ya..

Kalo musim panas, maen ke pantai.. cewek-ceweknya bikinian semua, kalo orangnya berani, bisa ngomong dan nggak tahu malu, pasti minta photo ke cewek Jepangnya (pake bikini).. entah buat apa, buat coli kali ya! Tips ke pantai, pake kacamata item bro!

Udah ah, ntar kalo mau lanjut lagi..


Quote:Original Posted By Mandra.Boy
Kalo lo orang yang suka melanggar aturan, emang bener lo gak akan betah tinggal di Jepang. Tapi kalo orang yg disiplin, tinggal di Jepang itu asli nyaman banget. Bawa dompet atau hp di tempat umum gak bakalannkhawatir dicopet, tidur di tempat ymu gak khawatir diganggu orang iseng ataupun nyamuk, makanan sisa di kamar kalo naro sembarangan gak bakalan dikerubungin semut, dan masih banyak lagi. Jadi tergantung dari sudut mana dulu kalian ngeliatnya emoticon-Malu


Quote:Original Posted By elor68
Beratnya tinggal di Jepang kalo menurut pandangan gw selama tinggal disana dan sharing dari temen-temen Indonesia, cuman ada di tahun pertama.. (kalo bertahun-tahun tinggalnya)
*Bahasa, walaupun kita udah belajar Nihon Go di Indonesia, tetep aja begitu kita sampe di Jepang masih nggak ngerti sama yang diucapin mereka.. karna yang kita pelajarin masih kata-kata baku, kalimat baku dan mereka ngomongnya cepet.. ditambah pelafalan yang sedikit berbeda dari kita, misal, beberapa Nihon Jin (orang Jepang) nggak bisa ngomong "R", contoh kata "Onigiri", penulisannya sih "Onigiri" tapi ada yang nyebutnya "Onigili".. jadinya bikin kita bingung, nyangka itu kata lain...
Terus beberapa orang juga, ngomongnya terkesan "mindeng", kayak pake suara hidung gitu.. jadinya nggak ketahuan ngomong apa..

Minimal 3-4 bulan bahkan 6 bulan buat biasain telinga kita dengan ucapan mereka.. dan satu lagi, kalau pun lo udah biasa nonton anime nggak ada jaminan lo ngerti juga.. karna kosakata yang Anime pake sedikit berbeda sama bahasa sehari-hari di dunia nyata (khususnya di dunia kerja).. Misal di Anime lo biasa denger "Ore", "Watashi", "Omae", "Kisama", "Teme" dll.. tapi disana, lo bakalan sering denger yang "Watashi" atau lebih halus lagi "Watakushi" "Uchi ni" dan "Anata".. kecuali lo udah CS bener sama temen Jepang lo atau usia dia dibawah elo...

Nanti lanjut lagi lah..


Quote:Original Posted By c1nc4u
Ane tahun 2017 dan 2018 pernah jadi turis di jepang masing masing kurang lebih 10-14 hari.
Disana tuh dari pengalaman saya. Orangnya baik baik banget sama turis. Ada paman yg minta di jadiin temen di facebook yg sampe sekarang masih berhubungan di fb. Waktu di ogiijima juga ada paman yg meluangkan waktu untuk saya nganter keliling ogiijima, ada juga saya pernah tanya tempat dan dianterin sampe tujuan, saya pernah baca dimana gitu kebaikan orang jepang kaya gini cuma untuk turis aja, apa bener pernyataan ini gan?


Quote:Original Posted By ph1n6
ane rasa kagak smua org jepang gitu . . ,

lagian macam cari cew...,skrg ma tinggal panggil aja lewt aplikasi..,bejibun uda..,liat ente cukup duit ato kagak aja...

ini TS mungkin ke jepang nya di bawah tahun 2012 yah . . ,

seribet ribet nya orang jepang klo bicara soal pergaulan..,lbh susah orang korea daripada jepang...,

orang jepang ente sodorin apa aja ok ente ajak apa aja ok..,korea lum tentu . . ,

ane 3 tahun kerja sana..,ampe skrg malah ane di cariin ma tmn jepang ane klo ane uda lama ga cari mereka...,klo ke sana juga langsung nginap rumah nya dia..

jepang skrg ma jepang dl beda uda bray...


Quote:Original Posted By estidi
Kalo soal makan sih tergantung ente makannya di mana y emoticon-Big Grin
Misalnya makan di restoran tradisional atau diundang orang penting mungkin bakal seribet yg dibilang TS, tapi kalo di rumah makan biasa y bebas2 aja emoticon-Ngakak (S)

Pengalaman ane (cuma seminggu emoticon-Big Grin) di Jepang sih, gak semua restoran atau rumah makan mewajibkan konsumennya untuk beresin sendiri, tergantung siapa yg bawa makanan ke meja. Kalo kita bawa makanan sendiri ke meja, kita yg tanggungjawab untuk beresin (biasanya di rumah makan kecil, bentuknya kyk kantin atau restoran fastfood, ada ditulis juga di mana kita harus naruh piring selesai makan).
Tapi kalo ada yg bawain ke meja (pelayan/waiter), biasanya kalo kita udah selesai bakal diambilin, jadi ditinggal pergi aj kalo udah selesai. Biasanya yg kyk gini di restoran yg agak gede atau family restaurant.

Soal bahasa, memang membantu kalo ente bisa bhs Jepang sedikit2, tapi akhir2 ini sih mereka open bgt kalo diajak ngomong pake bhs Inggris, terutama anak mudanya...
Soalnya Jepang lagi menggalakkan pelajaran bhs Inggris ke seluruh warganya untuk menyambut olimpiade 2020...
Pernah ane ngobrol sedikit sama pemuda di sana, awalnya pake bahasa inggris, terus ane masukin sedikit bahasa jepang yg ane bisa (supaya dia lebih nyaman juga emoticon-Big Grin) eh tetep dibales pake bahasa inggris emoticon-Ngakak (S)


Wah ternyata ada banyak juga yah agan-agan yang udah pernah ke jepang, maaf gak semuanya masukin ke pejwan emoticon-Big Grin
Diubah oleh whyyoubannedme
0
Lihat 1 balasan
19-09-2019 14:54
living guide in japan emoticon-Coblos
0
19-09-2019 15:10
berendam bareng ... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zabuza98 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 3 balasan
19-09-2019 15:23
Hmmm kebalik gan, yg ada orang jepun yg bisa gila dimari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 2 balasan
19-09-2019 15:28
Ini pengalaman TS ?
profile-picture
profile-picture
rifkymrm dan whyyoubannedme memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
19-09-2019 15:31
berat juga ya gan hidup disana, kayanya emang kita cocok hidup di negara santuy nih gan yg gak terlalu banyak aturan yg mengikat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 1 balasan
19-09-2019 15:35
Trit mantap nih.. emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1
19-09-2019 15:36
gimana dengan premannya? tukang palaknya?


profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1
19-09-2019 15:58
hmmm pemandian campur ya emoticon-Angkat Beer gak masalah lah
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1
19-09-2019 16:05
FPI mana ada di jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fap666 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
19-09-2019 16:16
cewe jepang emang lebih menggoda ya gan, tapi indonesia lebih natural dan alami emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 4 lainnya memberi reputasi
3
19-09-2019 16:16
Beuh
Ga usah jauh2
Cb TS gawe di
Perusahaan Jepang yg ada dimari
Langsung deh mendadak jadi romusha



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snaplight dan 9 lainnya memberi reputasi
6
19-09-2019 16:50
hmm... ane suka2 aja tuh... orangnya enak2 ga kepo emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
PriaBertopeng dan whyyoubannedme memberi reputasi
2
19-09-2019 16:53
Malah gaya hidup yg lbh restrict gtu slh satu alesan gw pngin tinggal d jepang, walaupun cmn sebatas angan2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan whyyoubannedme memberi reputasi
2
19-09-2019 16:55
Quote:Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini

ini pasti otomatis celup-celup otong di goa kehangatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
weidenfeller dan 4 lainnya memberi reputasi
3
19-09-2019 16:58
kalo males ngantri, mending tinggal di rumah aja jangan keluar2, daripada nyerobot antrian dan ujung2nya wa maki2 sampe nangis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-09-2019 17:07
pengen...tapi ribet ongkosnya
emoticon-Genit
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1
19-09-2019 17:09
meskipun ane udah kerja bertahun-tahun di perusahaan jepang tetap gak ada niat pengen ke jepang..
krn tiap pergantian dirut (maks 3thn sekali) dirut lama dan keluarganya biasanya nangis krn hrs pulang ke jepang...

semacet-macetnya jakarta tetap jauh lbh enak dari jepang kata mereka. apalagi disini byk cewek yg tergila2 ama expat jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Lihat 4 balasan
19-09-2019 17:16
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-09-2019 17:34
Quote:Original Posted By comrade.frias
Ini pengalaman TS ?


Keliatannya TS ngerti banget ya, gan ..
profile-picture
profile-picture
whyyoubannedme dan comrade.frias memberi reputasi
2
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.