Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d81b9f6018e0d07973505d0/silaturrahim-atau-silaturrahim
Bismillahirrahmaanirrahiim. Assalamualaikum, Gaes. Aaj app kaise hain? Ham sabhee Allah kee raksha kar sakate hain. Aameen. Tadi sore, ada seorang teman yang meng-inbox saya, terus dia nanya, "Mi, silaturahmi sama silaturahim itu beda apa gimana sih? Soalnya kita mau bikin baliho reuni akbar, tapi bingung mau nulis silaturahmi atau silaturahim." Saya langsung senyum pepsoden, Gaes. "
Lapor Hansip
18-09-2019 12:00

SILATURRAHMI ATAU SILATURRAHIM?

SILATURRAHIM ATAU SILATURRAHIM?

Bismillahirrahmaanirrahiim. Assalamualaikum, Gaes. Aaj app kaise hain? Ham sabhee Allah kee raksha kar sakate hain. Aameen.

Tadi sore, ada seorang teman yang meng-inbox saya, terus dia nanya, "Mi, silaturahmi sama silaturahim itu beda apa gimana sih? Soalnya kita mau bikin baliho reuni akbar, tapi bingung mau nulis silaturahmi atau silaturahim."

Saya langsung senyum pepsoden, Gaes. "Akhirnya dapat topik yang mau dibikin artikel hari ini."

Jadi gini, Gaes. Silaturahmi itu adalah kata serapan dari bahasa Arab (silaturahim). Sama halnya dengan salat, ada yang menulis shalat, sholat, dan salat. Nah, bagi penulis yang berpanutan pada KBBI, maka dia akan menulis salat. Sedangkan bagi yang tidak, dia akan menulis sholat atau shalat. Yang penting enak didengar, jelas tujuannya, dan tidak merubah makna sebenarnya. Jadi, terserah saja sebenarnya, mau menulis silaturahmi atau silaturahim, itu sama saja.

Namun, yang mau saya bahas sekarang adalah penggunaan kata silaturahmi atau silaturahim dalam kehidupan sehari-hari.

Secara etimologi, silaturahim berasal dari bahasa Arab, shilah ar-rahim. Kata shilah berasal dari kata washala-yashilu-wasl(an) Silaturahmi atau Silaturahim?
wa shilat(an), yang berarti hubungan. Adapun ar-rahim atau ar-rahm (jamaknya arhaam), yang berarti rahim atau kerabat. Jadi, silaturahim berarti hubungan kekerabatan.

Dalam kitab Shilatul Arham 5, shila artinya menyambungkan. Dalam Mu'jam Lughatil Fuqaha disebutkan, "Shilah adalah isim mashdar washala asy syar'u bisy syai'i--menggabungkan ini dengan itu dan mengumpulkannya bersama." (Shilatul Arham 5).

Ar-rahim artinya rahim wanita. Ar-Raghib Al Asfahani mengatakan, "Ar-rahim yang dimaksud adalah rahim wanita, yaitu tempat di mana janin berkembang dan terlindungi. Dan istilah ar-rahim digunakan untuk menyebut karib-kerabat, karena mereka berasal dari satu rahim." (Ruhul Mu'am 9/145).

Jadi, secara keseluruhan silaturahim atau silaturahmi berarti hubungan kekerabatan yang masih satu nasab. Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, "Adapun silaturahim adalah, ia adalah berbuat baik kepada karib-kerabat sesuai dengan keadaan orang yang hendak dihubungkan. Terkadang berupa kebaikan dalam harta, terkadang dengan memberi bantuan tenaga, terkadang dengan mengunjunginya dengan memberi salam dan atau cara lainnya." (Syarh Shahih Muslim, 2/201).

Adapun Ibnu Atsir hafizahullah mengatakan, "Silaturahim adalah, istilah untuk perbuatan baik kepada karib-kerabat yang memiliki hubungan nasab, atau kerabat karena hubungan pernikahan ...." (An-Nihayah fi Gharibil Hadist, 5/191-192, Shilatul Arham 5).

Jadi, penggunaan kata silaturahmi atau silaturahim dalam kegiatan non acara keluarga sebenarnya keliru (secara islam). Dalam KBBI silaturahmi berarti mengikat tali persahabatan (persaudaraan). Jadi, buat teman-teman non muslim tidak masalah jika menggunakan kata silaturahmi atau silaturahim dalam berbagai event, namun buat saudaraku para muslim, hal sepele semacam ini sangat penting untuk diperhatikan.

Nah, jika silaturahmi digunakan untuk ikatan kekerabatan se-nasab, maka untuk sesama muslim namanya ukhuwah (persaudaraan). Jadi, bagi yang biasa menuliskan 'untuk mempererat tali silaturahmi' dalam event non keluarga, mulai sekarang ganti dengan 'mempererat ikatan ukhuwah islamiyah, atau ikatan persaudaraan.' Wallahu'alam.

Kepalang tanggung ya, Gaes, sekalian saya paparkan sedikit hadist atau dalil tentang kewajiban menjaga hubungan silaturahmi.

Pernah dengar atau bahkan mengucapkan ucapan-ucapan berikut ini?

"Mulai hari ini, kamu jangan panggil aku ayah!"
"Saya bersumpah, tidak akan menganggapmu sebagai adik sebelum kau lakukan apa yang aku perintahkan!"
"Detik ini juga, saya talak kamu!"

Ketahuilah, itu sudah termasuk perilaku memutuskan tali silaturahmi dan hukumannya sangat berat. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Tidak akan masuk surga orang yang suka memutuskan hubungan (tali silaturahmi). (HR. Bukhori dan Muslim).

Lantas bagaimana sikap kita, andaikan kerabat kitalah yang memutuskannya sedangkan kita tidak menginginkan?

Dalam suatu riwayat disebutkan, "Wahai Rasulullah, aku mempunyai kerabat. Aku menyambung hubungan dengan mereka, tetapi mereka memutuskannya dariku. Aku berbuat baik kepada mereka, tetapi mereka berbuat buruk terhadapku. Aku berlemah lembut kepada mereka, tetapi mereka berkata kasar kepadaku." Maka Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila engkau benar demikian, maka seakan engkau menyuapi mereka dengan pasir panas, dan Allah akan senantiasa menjadi penolongmu selama engkau berbuat demikian." (HR. Muntafaq Alaihi)

Salah satu keutamaan menyambung dan menjaga hubungan silaturahmi adalah akan diberikan kemudahan rezeki dan umur yang panjang.

"Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Muntafaq Alaihi)

Setelah saya paparkan sedikit hal mengenai silaturahmi, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa;

- Yang terbiasa mengucapkan 'menjaga hubungan silaturahmi dengan para isteri tetangga' mulai sekarang ganti dengan isteri sendiri. Kalau untuk isteri tetangga cocoknya kata 'persahabatan'. Wkwkwk

Abaikan, Gaes. Gaje itu mah. Intinya, selalu jaga hubungan silaturahmi dan sambung kembali bila terputus.

Segitu aja ya, Gaes. Ummeed hai ki upayogee hai. Dhanyavaad. emoticon-Smilie

- Hirarahmi -

Btw, kasih bintang dong, Gaes. Like, subscribe, dan share. Jaan lupa follow ig Ami, ya. @hirarahmi39.

Terima kasih.
Diubah oleh Hirarahmi39
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia