alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d81a7616df2315e40103310/tak-hanya-ispa-5-penyakit-ini-mengintai-di-balik-asap-kebakaran-hutan
Lapor Hansip
18-09-2019 10:41
Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan
Past Hot Thread
Kebakaran hutan dan Lahan (karhutla) yang melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan memicu bencana kabut asap. Nggak hanya di rasakan di Indonesia saja, asap tebal ini bahkan turut merambah hingga ke negara tetangga.

Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan

Dampak kabut asap ini tentu sangat terasa bagi masyarakat yang tempat tinggalnya terpapar. Nggak hanya memperburuk kualitas udara, kabut asap tebal yang tak kunjung hilang pun mulai berdampak pada kesehatan sejumlah warga.

Berikut sejumlah penyakit yang mengintai di balik kabut asap karhutla, menurut Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan :

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan

ISPA merupakan penyakit yang paling mudah muncul dalam kasus seperti ini. ISPA merupakan infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, hingga disertai demam. Meski penyebab ISPA adalah virus, paparan kabut asap yang intens dapat melemahkan paru dan saluran pernapasan untuk melawan infeksi. Akibatnya, infeksi sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja. Bahkan, tak hanya manusia, orang utan yang menetap di hutan Kalimantan pun turut terpapar infeksi ini.

2.  Asma

Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan

Polusi udara dank abut asap dapat memperburuk gejala asma. Kabut asap yang bersumber dari karhutla membawa partikel berukuran kecil yang dapat masuk ke saluran pernapasan dan mengganggu sistem pernapasan. Dikutip dari Tirto, sebuah studi yang dilakukan oleh Asthma and Allergy Foundation of America mengungkapkan bahwa sekitar 40 persen penderita asma akan mengalami serangan asma akut lebih banyak saat berada di lingkungan yang berpolusi tinggi.

3. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan

Kabut asap dapat menyebabkan kerusakan pada paru, dan menimbulkan gejala seperti kesulitan bernapas dan nyeri pada dada. Bila dibiarkan dalam jangka panjang, kerusakan paru-paru ini dapat berujung pada PPOK. PPOK adalah penyakit radang paru, yang salah satu jenisnya adalah bronkitis.

4. Penyakit jantung

Kabut asap mengandung partikel mini yang dikenal dengan PM 2,5. Ukuran partikel ini begitu kecil hingga bisa masuk ke saluran pernapasan. Penelitian telah menunjukkan kalau seseorang terus menerus terpapar oleh partikel ini, maka risiko penyakit jantung dan stroke bisa berkembang.

5. Iritasi

Tak Hanya ISPA, 5 Penyakit ini Mengintai di Balik Asap Kebakaran Hutan

Kabut asap dapat langsung menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung, juga memicu timbulnya sakit kepala dan alergi. Iritasi biasanya ditandai dengan kemerahan, gatal, kering, hingga radang. Seorang bocah berusia 7 tahun asal Jambi ini telah menjadi salah satu penderitanya. Fikri harus dirawat dengan kedua mata diperban setelah mengalami iritasi mata akibat karhutla.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari kabut asap, seperti dikutip dari Perth District Health Unit. 

-         Menghindari aktivitas di luar rumah terlalu lama.
-         Pastikan menetap di tempat yang sejuk dengan ventilasi yang baik.
-         Menggunakan masker khusus polusi udara saat keluar rumah.
-         Konsumsi banyak air putih. Temui dokter apabila mulai mengalami gejala gangguan pernapasan.
Semoga masalah kabut asap ini bisa segera diselesaikan ya, Gan. emoticon-Turut Berduka




sumber


profile-picture
dhinyzfrn memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
18-09-2019 12:19
aminnn

Ane kasihan sama bayi dan anak2 gab
Ngirup udara jelek pengaruh besar sama tumbuh kembangnya kelak
Semoga cepat selesai masalah iniemoticon-Berduka (S)
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
19-09-2019 06:31
Balasan post scorpiigirl
Quote:Original Posted By scorpiigirl
aminnn

Ane kasihan sama bayi dan anak2 gab
Ngirup udara jelek pengaruh besar sama tumbuh kembangnya kelak
Semoga cepat selesai masalah iniemoticon-Berduka (S)


Iya benar mod, bayi, anak-anak dan juga lansia sangat rentan terkena dampak dari polusi kabut asap karena daya tahan tubuh mereka yang belum kuat. Apalagi bayi, gimana cara pakaiin maskernya.. kita doakan supaya kabut asapnya lekas hilang dan tidak ada lagi kebakaran hutan. aamiin...
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1
19-09-2019 13:45
Kasian banget sama korban di sana emoticon-Frown. Semoga hujan segera turun dan asapnya ilang. Kalo agan punya saudara di sana, coba saranin konsul ke Halodoc biar dikasih tips dan trik biar efek ispanya nggak banget2.
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1
19-09-2019 21:15
nggak bisa bayangin gimana kondisi bayi, anak kecil, ibu-ibu hamil, orang tua, dan bapak-bapak disana
di sumatra dan kalimantan yang kena kabut asap
kasian mereka, mana ada daerah yang udah berbahaya kondisi udarane
semoga hujan segera turun
biar kabut asep cepet ilang
semoga kebakaran hutan segera teratasi
terkutuklah antek-antek pembakar hutan emoticon-Mewek emoticon-Sorry
0
19-09-2019 21:16
Quote:Original Posted By renjanakirana
Kasian banget sama korban di sana emoticon-Frown. Semoga hujan segera turun dan asapnya ilang. Kalo agan punya saudara di sana, coba saranin konsul ke Halodoc biar dikasih tips dan trik biar efek ispanya nggak banget2.


Bener banget gan...
Ane punya temen di riau
Katanya kalo dijalan susah buat napas, jarak pandang juga terbatas...
Kasian banget orang-orang yang kena kabut asap emoticon-Mewek emoticon-Sorry
0
19-09-2019 21:22
huhuhu sediihh semoga cepet kelar kebakaran dan asap di sana ya gan... semoga sodar sodara kita lekas sehat kembalii...

kalo pasang air puryfyer di rumah ngaruh gak sih gan sis?
0
Lihat 1 balasan
19-09-2019 21:47
kasian, semangat ya! kalian ditempatkan disitu berarti ada rancangan yg disiapkan Tuhan, begitupun keadaan indonesia semoga semakin baik tiap harinya
0
Lapor Hansip
19-09-2019 21:48
Balasan post blunar
aminn, air puryfer apa gan? penetral udara bukan ya sepertinya ngaruh kalo itu
0
19-09-2019 22:47
moga cepet teratasi deh yaaaa... nice thread gan... mantulll... ditunggu info2 lainnyaaa...
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
20-09-2019 05:06
kasian sama anak anaknya, jangan sampai korban jiwa bertambah. semoga segera terselesaikan secara tuntas, pray for indonesia
profile-picture
Simen92 memberi reputasi
1
20-09-2019 06:11
Aamiin... Semoga cepat turun hujan dan asap segera berlalu
0
20-09-2019 07:45
Sudah banyak yg kena nih
0
20-09-2019 10:43
Klo yg dh biasa ngerokok apa lbh kebal?
0
20-09-2019 10:47
Aduh, turut prihatin dg apa yang terjadi di sana. pasti byk bgt korban yang sulit bernapas dg baik dan tenaga medis pun sdh kalang kabut kesana kemari mengurus pasien yang lain. kl udh gitu, sbg alternatif cb konsultasi ke dokter lewat Halodoc, atau bs minta rekomendasi obat apa yg ampuh dan bs lgsg digunakan saat sesak terjadi.
profile-picture
Simen92 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:53
Semoga cepat reda ya gan kabut asapnya, kasian liat banyak korban utamanya anak anak
0
20-09-2019 14:25
aduh serem banget ya gan... semoga masalah ini bisa segera teratasi supaya ga tambah banyak korban yang berjatuhan
0
20-09-2019 15:42
adek gw tinggal dijambi, iklim disana udah ga sehat...keluar rumah aja mau mau ke pasar udah ga keliatan jalanan katanya.....kabut asapnya sudah parah sekaliiii......
0
20-09-2019 19:44
miris sih ngeliat kejadian akhir-akhir ini hutan banyak dibakar akhirnya asap mengepul di mana-mana yang ujung-ujungnya yang rugi rakyat juga apalagi kesehatan bukan cuma di bidang kesehatan sih di bidang air bersih juga pasti berpengaruh ya dan dibidang lain-lainnya lah mereka juga pasti bakalan sulit berpergian kan itulah kenapa kita harus menjaga lingkungan kita.
0
21-09-2019 00:48
Nice Thread Gan.. tapi Info ini terlambat gan.. kami sudah terkena dampak nya gan.. mata iritasi, susah bernafas karena oksigen menipis dan masih bnyak lagi gan..

Kasihan melihat anak2, balita dan lansia Gan.. Tapi itulah negara Ku gan.. yang terjadi adalah, bantuan2 datang atas nama parpol gan.. mencari simpati..

pada saat RI 1 datang ke lokasi kebakaran, saat itu asap sedikit mereda dan di anggap masih belum parah.. tetapi esok hari nya, status asap di propinsi tersebut langsung berubah menjadi sangat berbahaya dan wajib menggunakan masker... Sangat waw sekali...
#SaveRiau #SaveKalimantan #SaveJambi #SavePalembang..
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.