alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d813879c0cad718a672ebdd/ini-6-tanda-kamu-ada-dalam-toxic-relationship
Lapor Hansip
18-09-2019 02:48
Ini 6 Tanda Kamu Ada Dalam Toxic Relationship
Past Hot Thread
Ini 6 Tanda Kamu Ada Dalam Toxic Relationship

Toxic relationship adalah sebuah istilah yang seringkali digunakan, tapi agak sulit untuk tahu persis apa artinya dan bagaimana cara mengetahui jika hubunganmu sehat atau patut dikhawatirkan.

Psikoterapis Dr. Sheri Jacobson, pendiri Harley Therapy, mengatakan bahwa sebuah hubungan yang toxic pada dasarnya adalah hubungan yang secara fundamental tidak sehat, dan menyebabkan dirimu (atau orang lain) terluka secara mental atau bahkan fisik.

Sementara itu, Ammanda Major, Kepala Praktik Klinis (Head of Clinical Practice) di yayasan hubungan Relate mengatakan, "Dalam sebuah hubungan yang sehat ada rasa saling menghormati dan kemampuan untuk berbagi perasaan tanpa rasa takut akan dikritik atau dipermalukan.". Dalam hubungan yang toxic, yang terjadi justru sebaliknya.

Ammanda menambahkan, "Dalam kebanyakan kasus yang serius kekerasan dalam rumah tangga dapat terjadi." Ia juga mengatakan bahwa penting untuk mengingat setiap hubungan yang pernah menimbulkan kerusakan mental, emosional, atau fisik tidak baik untuk siapapun.

Tanda-tanda kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat

1. Kamu merasa gelisah, lelah, atau memiliki suasana hati yang buruk saat bersama sang pasangan
Perhatikan perasaanmu saat berada di sekitar sang pasangan, dan perhatikan jika suasana hatimu memburuk jika sedang bersamanya. Kecuali ada alasan lain yang mengubah suasana hatimu, kalau kamu merasa si dia membuat mood-mu buruk, maka menurut Dr. Jacobson, ini adalah pertanda bahwa hubunganmu telah mempengaruhi kesehatanmu secara negatif.

2. Kamu sulit untuk rileks dan menjadi dirimu sendiri saat bersama sang pasangan
"Dalam hubungan yang sehat, berada bersama pasangan adalah hal yang nyaman di mana kamu bisa menjadi dirimu sendiri," kata Dr. Jacobson. Kalau kamu merasa kamu tidak bisa benar-benar menjadi dirimu saat bersamanya, bisa jadi ada masalah dalam hubunganmu.

Ada pula perilaku yang patut diawasi yang belum tentu adalah tanda bahwa hubunganmu toxic, tapi bisa jadi adalah tanda awal bahwa hubunganmu mulai memburuk, diantaranya kalian sudah jarang berbicara, tidak melakukan aktivitas bersama, dan kehidupan seks kalian tidak baik. Walaupun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal-hal tersebut, seperti sibuk di kantor, ada kemungkinan bisa mengarah ke masalah yang lebih serius.

3. Pasanganmu terus-menerus mengkritikmu dan sering membuatmu kecewa
Menurut Dr. Jacobson, perilaku dalam hubungan yang toxic bisa beragam, mulai dari hal-hal yang tampak sepele, seperti dikritik atau dibuat kecewa, hingga hal-hal yang lebih serius seperti dimanipulasi dan pelecehan verbal (lihat poin keempat). Mungkin kedengarannya tidak berbahaya, tapi pasangan yang terus-menerus mengkritik dan mengecewakanmu, atau melakukannya dengan perilaku toxic lainnya, ini berarti hubunganmu sudah tidak sehat.

Selain itu, pasangan yang terlalu mudah cemburu atau egois juga bisa membuat hubungan menjadi toxic, kata Ammanda.

4. Pasanganmu memanipulasi, melakukan pelecehan verbal, atau mengontrolmu secara paksa
Gaslighting adalah sebuah bentuk pelecehan psikologis dan emosional di mana seseorang memanipulasi orang lain sehingga mempertanyakan diri mereka dan kewarasan mereka sendiri—dan hal ini sering terjadi dalam hubungan asmara. Pasanganmu mungkin mengatakan bahwa ingatanmu tidak benar, atau kamu mengada-ada.

Bentuk lain dari pelecehan verbal yang lebih mudah dikenal adalah ejekan dari sang pasangan. Selain itu, pasangan yang mengontrolmu secara paksa, mengancam, mempermalukan, atau mengintimidasimu untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan juga menandakan hubungan yang toxic.

5. Pasanganmu jarang ingin berkompromi denganmu
"Kamu patut mundur selangkah dan menyadari bahwa kamulah yang selalu memberi dan tidak mendapatkan apapun sebagai gantinya," kata Ammanda.

"Dalam hubungan yang sehat, saat sebuah masalah terjadi, kalian sebagai pasangan akan berusaha untuk membuat perubahan dan mencari solusi untuk membuat hubungan berjalan [dengan lancar]," kata Dr. Jacobson. Jadi jika hubunganmu toxic, akan ada sedikit tindakan untuk membuat hubungan membaik, dan masalah yang ada tidak akan selesai.

6. Kamu mengabaikan dirimu sendiri dan membuat alasan untuk perilaku pasanganmu
"Kamu mungkin mencari alasan untuk pasanganmu dan perilakunya," kata Ammanda, yang bisa menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya tahu bahwa ada yang salah tapi takut untuk mengakuinya. Dan dalam proses tersebut, kamu seringkali mengabaikan dirimu sendiri dan tidak membuat dirimu sebuah prioritas.

Apa yang perlu dilakukan jika kamu berada dalam toxic relationship?
"Kalau kamu merasa berada dalam hubungan yang sungguh tidak sehat, toxic, bahkan mungkin hubungan yang membahayakan, ini berarti [kamu perlu] mencari jalan keluar dan bertindak. Kalau melibatkan kekerasan dalam rumah tangga, cari pertolongan profesional—meninggalkan pasangan yang kasar bisa menjadi hal yang berbahaya dan para ahli siap untuk menolongmu untuk melakukannya seaman mungkin," kata Ammanda.

Jika kamu tidak merasa sedang dalam bahaya tapi hubunganmu kurang sehat, ia menyarankan untuk berbicara dengan sang pasangan. "Ia mungkin akan merasakan hal yang sama tapi tidak tahu cara membahasnya. Ketika kamu berbicara, coba mulai dengan perasaanmu daripada menyalahkannya—jadi katakan 'Selama ini aku merasa khawatir tentang jarak di antara kita akhir-akhir ini', daripada mengatakan 'Kenapa kamu akhir-akhir ini begitu jauh dariku?'. Banyak menggunakan 'aku' akan membuat percakapan lebih enak, membuat pembicaraan lebih terbuka dan jujur."

Kalau kamu merasa terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, kamu bisa menghubungi lembaga-lembaga berikut:



Sumatera-Banten-DKI-Jabar




Jateng-DIY-Jatim-Bali-Nusa Tenggara-Maluku-Papua



sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
19-09-2019 00:14
sah HT!
Ini 6 Tanda Kamu Ada Dalam Toxic Relationship
0
19-09-2019 01:00
Toxic itu semacam biji-bijian yang dimakan sandy kah ?

emoticon-Ngakak (S)

bagi bata nya dong gan emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuki dan 4 lainnya memberi reputasi
-5
19-09-2019 02:57
Woman on Top.
0
19-09-2019 03:15
Cewe malah suka kok di toxic in begitu.

Apalagi cuma dijadikan budak seks, dinikmatin, dikasarin, dipake pas butuhnya, wuahhh malah ga mau ninggalin emoticon-Big Grin


Boro-boro putus & nurutin saran temen-temen, yg ada malah belain si pacar abis-abisan, sok pahlawan mengorbankan diri, dan cari simpati tentunya, tapi tetep tidak akan putus lah ya emoticon-Recommended Seller


profile-picture
profile-picture
luna8899 dan superdede101 memberi reputasi
2
19-09-2019 03:24
Sad moment gan emoticon-Ngakak
0
19-09-2019 04:33
Coba kau pikir tol, sebenarnya yg toxic itu hubungannya atau orangnya? Dongok emoticon-Big Grin
0
19-09-2019 05:24
Quote:Original Posted By eLjembut
Coba kau pikir tol, sebenarnya yg toxic itu hubungannya atau orangnya? Dongok emoticon-Big Grin


yg jelas orangnya bre.
0
19-09-2019 05:33
perasaan uda pernah baca yak...emoticon-Bingung
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-09-2019 05:52
pegatin aja udah
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-09-2019 06:13
Quote:Original Posted By lurahgundul
Cewe malah suka kok di toxic in begitu.

Apalagi cuma dijadikan budak seks, dinikmatin, dikasarin, dipake pas butuhnya, wuahhh malah ga mau ninggalin emoticon-Big Grin


Boro-boro putus & nurutin saran temen-temen, yg ada malah belain si pacar abis-abisan, sok pahlawan mengorbankan diri, dan cari simpati tentunya, tapi tetep tidak akan putus lah ya emoticon-Recommended Seller


yg di gang bang juga ada bree... sekarang ngakunya play victim emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
19-09-2019 06:31
kalo dalam suatu hubungan kita kudu paham kekurangan dan kelebihan diri sendiri maupun pasangan kita gan. supaya kita mengerti apa yg sama sama kita mau. dan inget segala sesuatunya harus kompromi satu sama lainnya. jangan diem2an kalo ada sesuatu yg mengganjal soal pasangan. sulit bagi kita merubah karakter seseorang begitu jg sebaliknya. perlu proses yg panjang, yang penting harus punya komitmen ke arah yg lebih baik gan. semoga agan2 yg punya pasangan disini langgeng ya emoticon-Toastemoticon-Toast
0
19-09-2019 06:44
girls always ......... ;D
0
19-09-2019 06:44
Ganti pasangan baru emoticon-Cool
0
19-09-2019 06:49
kasi anti toxic
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-09-2019 07:04
wahh.. inspiratif banget ini thread...
ane baru tahu tentang hal ini... hehehe...
kata kuncinya itu kata hati kita kayaknya ya gan....
kalau sudah tak sesuai dengan hati kecil kita... berarti sudahi lah.. yang tak bermasa depan...
0
19-09-2019 07:09
"4. Pasanganmu memanipulasi, melakukan pelecehan verbal, atau mengontrolmu secara paksa"

Menurut ane poin ini paling malesin sama satu lagi yang poin suka menyalahkan. Udah enggak sehat sih menurut ane, entah dari pihak cewek atau cowok, sama aja. Yang terpenting buat ane sih saling pengertiannya aja gan. Sering-sering komunikasi. Obrolin hal-hal yang kira-kira ngganjel. Dan yang penting jaga perassan. Jangan sampe lah kayak gt
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.