alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d808ebb349d0f75637f0175/ibukota-pindah-zamrud-khatulistiwa-hilang
Lapor Hansip
17-09-2019 14:43
Ibukota Pindah, Zamrud Khatulistiwa Hilang?


Ibukota Pindah, Zamrud Khatulistiwa Hilang?

Ibukota indonesia pindah? Sesuatu yang sebenarnya bukanlah hal baru. Semenjak Indonesia merdeka tentu sudah banyak yang berpendapat bahwa ibukota indonesia idealnya terletak di tengah - tengah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Soekarno pernah menyatakan dengan tersirat bahwa ibukota indonesia lebih cocok ditempatkan di daerah kalimantan tengah, tepatnya di palangkaraya. Namun kenyataanya dengan berbagai pertimbangan akhirnya resmilah ibukota Indonesia yang baru berada di Kalimantan Timur.

Ibukota Pindah, Zamrud Khatulistiwa Hilang?
sumber gambar

Kalimantan Timur? Kira - kira cocokkah menjadi ibukota negara? Karena ane seorang guru geografi maka tentu opini yang ane keluarkan merupakan menurut geografi yaa.

Kalimantan timur sebagai ibukota negara Indonesia menurut ane tentu ada kelebihan dan kekurangan untuk dijadikan ibukota negara indonesia. Kekurangan Kalimantan Timur menjadi ibukota begara menurut ane adalah.

Quote:1. Zamrud khatulistiwa menjadi korban

Ibukota Pindah, Zamrud Khatulistiwa Hilang?
sumber

Semenjak Sekolah Dasar kita diajarkan bahwa indonesia merupakan zamrud khatulistiwa, hutannya hijau, sebagai paru - paru dunia. Namun jika ibukota pindah ke Kalimantan Timur tentu banyak hutan yang menjadi korban. Belum lagi jika dilihat dari banyaknya pertambangan yang juga merusak lingkungan Kalimantan Timur beuuh akan seperti apa nasib si "zamrud khatulistiwa"?


Quote:2. Bencana

Ibukota Pindah, Zamrud Khatulistiwa Hilang?
sumber

Memang menurut para ahli wilayah Kalimantan memang paling aman dari bencana alam seperti gempa bumi, dan gunung meletus. Tapi siapa yang akan menyangka bahwa Kalimantan menyimpan potensi banjir dan Kebakaran hutan yang sangat besar, lihat saja sekarang kabut asap dimana - mana, udara yang dihirup sudah level berbahaya, kan tidak lucu ibukota negara diselimuti asap dan polusi? Belum lagi bencana sosial yang pastinya nanti akan muncul dengan masuknya penduduk baru, budaya baru apakah budaya tradisional akan menghilang seiiring dengan munculnya ibukota? Atau apakah nantinya konflik sosial masyarakat antara pendatang dan penduduk asli bisa diredam?


Yah memang tentu semua kebijakan selalu ada pro dan kontranya. Namun dari pemikiran ane lebih baik kalau bertujuan untuk pemerataan pembangunan lebih baik ibukota tetap dijakarta akan tetapi pembangunan merata dari Sabang sampai Merauke. Pemerintahan di daerah pun juga harus bersih dan benar - benar cekatan agar permasalahan di masing - masing provinsi bisa terselesaikan hanya di daerah saja atau bisa saja di tambahkan dengan integrasi antar daerah dan pusat. Yah ini hanya sekedar opini, semoga apa yang ane takutkan tidaklah terjadi.

Tulisan : opini TS
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
17-09-2019 14:45
pejabat yang suka jajan sembarangan,
nanti t1t1t nya bisa ilang klo maen disana emoticon-Smilie emoticon-rose
Diubah oleh tukangpundung
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.