alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d807b678012ae66a143836c/memanfaatkan-sisa-olahan-daging
Lapor Hansip
17-09-2019 13:21
Memanfaatkan Sisa Olahan Daging
Past Hot Thread
Memanfaatkan Sisa Olahan Daging


Hai gan sis, apa kabar,
Cerita ini berasal dari seminggu setelah hari raya kurban lalu, waktu itu rasanya laper, pengen makan tapi kok bosan lihat di meja makan isinya daging lagi daging lagi. Ya, daging kurban seminggu lalu itu meski tiap hari dimasak, lama-lama bikin eneg juga.

Sebenernya dapat nya sih sedikit, dan masakan emak itu enak, enak banget malah. Tapi karena dirumah yang makan cuma ane, jadilah itu daging dimasak dalam beberapa porsi kecil untuk beberapa kali masak, tapi tetep aja ga habis-habis kalo dimakan sendiri.

Nah pagi itu rasanya agak laper dan butuh cemilan, tapi saat ke dapur dan lihat lauk, wuah daging lagi. Daripada bosen dimakan pake nasi doang, jadilah ane olah dengan tambahan bahan-bahan yang ane temukan di dapur.


Bahan-bahan yang ane temukan di dapur, antara lain, sisa macaroni, sisa keju, sisa tepung dan sisa penyedap rasa.
Kok bahan sisa semua? Iya, itu sisa uji coba bikin macaroni schotel tempo hari. Sekalian daripada bahan-bahan ini mubazir keburu kadaluarsa, ya udah olah aja yang simpel.



Emangnya diolah jadi apaan sih?


Quote:
Bahan & Alat

bahan


1. Makaroni - kira-kira 1/3 bungkus kemasan kotak.
2. Telur - sebutir aja, eh tapi dua boleh juga sih.
3. Terigu - kira-kira 2 sendok makan penuh.
4. Penyedap rasa atau garam dan merica - setengah bungkus aja/ secukupnya.
5. Keju - bebas.
6. Daging dicincang kecil-kecil.
7. Margarin.
8. Air matang - kira-kira 3-4 sendok makan.
9. Wajan bola.
Note: Jangan tanya takaran tepatnya gan/sis, ane bukan tipe orang yang suka menakar sesuatunya. Pokoknya feeling aja, segini pas nya berapa dan segitu pas nya berapa.



Quote:
Cara Pembuatan


1. Rebus makaroni sampai empuk, beri sedikit minyak pada rebusan.


2. Selagi makaroni di rebus, campur telur, tepung, penyedap rasa dan beri sedikit air supaya encer (bikin tepung nya se-encer tepung untuk pisang goreng). Jangan lupa parut juga keju nya.


3. Setelah makaroni matang, pisahkan dari air rebusan dan biarkan agak dingin.


4. Masukan makaroni ke dalam adonan tepung dan telur tadi, tambahkan daging cincang dan aduk rata.


campur semua bahan




5. Panaskan wajan bola yang sebelumnya telah diolesi margarin supaya tidak lengket dan membuat baunya jadi enak saat menggoreng adonan.


6. Masukan satu sendok penuh adonan ke tiap lubang, pastikan tiap lubang dapat jatah cairan tepung yang sama.


masukan wajan




7. Gunakan api kecil/sedang supaya tidak gosong, tutup wajan nya supaya atasnya juga matang.


ditutup




8. Taburkan keju beberapa saat sebelum diangkat. Tutup lagi sampe keju meleleh dan bagian bawah adonan sudah agak kecoklatan.


9. Angkat dan sajikan selagi hangat. Tambahkan sambal atau saos tomat sebagai pelengkap bila suka.


inilah hasilnya





Penilaian Pribadi


Enak, gurihnya terasa meski cuma pake sisa penyedap, asin kejunya juga terasa mantab, apalagi masih panas, ada efek kejunya yang meleleh, daging yang dicincang juga terasa kenyalnya.

Meski pada akhirnya habis juga, tapi makan 2-3 biji aja jadi agak eneg (karena ane bukan pengemar keju).
Nah itulah salah satu resep iseng ane dalam memanfaatkan sisa masakan berbahan daging. Dengan dibuat cemilan aneh ini akhirnya sisa masakan daging terakhir berhasil ane habiskan.  


Quote:Note: Semua resep yang ane share, udah ane uji dengan cara diracik dengan kesadaran sendiri, dimasak dengan tangan sendiri, yang kemudian dimakan dengan sistem pencernaan sendiri. Aman, tenang aja. 





sumber ide:
percobaan pribadi



sumber gambar:
koleksi pribadi
Diubah oleh amnessterz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
royani1975 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
18-09-2019 21:01
wah nice trit ini gan
mumpung daging kurban kemarin masih sisa banyak dikulkas... masih mentah tapi..
lumayan ni baca trit ini..jadi ada inspirasi ngolah daging yang masih...
jadi nggak melulu ane tumis ato bikin sop, soto, rawon...
bikin kayak gini juga bisa ternyata...
makasih ts...sangat membantu memberi pencerahan perdagingan emoticon-Malu
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
Lihat 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-09-2019 08:38
Cocok nih buat sarapan dulu yuk
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-09-2019 11:17
Balasan post UriNami
Quote:Original Posted By UriNami
wah nice trit ini gan
mumpung daging kurban kemarin masih sisa banyak dikulkas... masih mentah tapi..
lumayan ni baca trit ini..jadi ada inspirasi ngolah daging yang masih...
jadi nggak melulu ane tumis ato bikin sop, soto, rawon...
bikin kayak gini juga bisa ternyata...
makasih ts...sangat membantu memberi pencerahan perdagingan emoticon-Malu


sebenarnya ane ga terkejut sih kalo masih ada yang bilang punya daging kurban sisa kemaren.
karena tetangga ane bahkan pernah cerita kalo dagingnya ada yang disimpan lebih dari 3 bulan di freezer.

saran ane sih, segera dimasak deh. kalo takut ga habis, sesudah dimasak bisa dibagi ke teman2.
Diubah oleh amnessterz
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-09-2019 12:18
Balasan post UriNami
Tetangga ane malahan ada yang sampai satu tahun gan nyimpen daging dalam freezer, kalau ane sih udah nggak tega memakannya walaupun katanya masih bagus dan masih enak dimakan.hehe... btw makasih resepnya gan, bisa buat cemilan anak-anak nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
19-09-2019 12:33
Balasan post cheria021
Quote:Original Posted By cheria021
Tetangga ane malahan ada yang sampai satu tahun gan nyimpen daging dalam freezer, kalau ane sih udah nggak tega memakannya walaupun katanya masih bagus dan masih enak dimakan.hehe... btw makasih resepnya gan, bisa buat cemilan anak-anak nih.


setuju, ane juga agak was-was kalo harus nyimpan daging terlalu lama.
kalo memang dapat banyak, sebaiknya mumpung masih baru, langsung diolah dan dimakan bareng kawan atau tetangga biar ga mubazir.

Ok, selamat mencoba.
emoticon-Jempol
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
19-09-2019 17:46
makan sore gaesss
0
19-09-2019 19:01
Quote:Original Posted By amnessterz
sebenarnya ane ga terkejut sih kalo masih ada yang bilang punya daging kurban sisa kemaren.
karena tetangga ane bahkan pernah cerita kalo dagingnya ada yang disimpan lebih dari 3 bulan di freezer.

saran ane sih, segera dimasak deh. kalo takut ga habis, sesudah dimasak bisa dibagi ke teman2.


Asal nggak dicuci..masih bisa disimpen sampai setahun gan di freezer
Jadi aman emoticon-2 Jempol
0
19-09-2019 19:02
Quote:Original Posted By cheria021
Tetangga ane malahan ada yang sampai satu tahun gan nyimpen daging dalam freezer, kalau ane sih udah nggak tega memakannya walaupun katanya masih bagus dan masih enak dimakan.hehe... btw makasih resepnya gan, bisa buat cemilan anak-anak nih.


Kakak ane juga tahun kemaren ampai satu tahunan gitu nyimpen dagingnya
Aman kok gan asal nggak kena air...
Kalo uda dicuci..bahaya disimpen lama gitu..
0
19-09-2019 19:11
Quote:Original Posted By UriNami


Asal nggak dicuci..masih bisa disimpen sampai setahun gan di freezer
Jadi aman emoticon-2 Jempol



Ga takut kalo listrik mati?
Soalnya pernah nih di rumah temen kulkas nya entah gimana, dingin nya ga maksimal, akhirnya kulkas yg penuh daging itu bau nya ngeri bgt.
Kalo inget itu, jadi ngeri.
emoticon-Takut
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1
19-09-2019 19:11
Dobel
Diubah oleh amnessterz
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
20-09-2019 21:40
uhhhh yummy banget enak dibuat kayak gitu apalagi ditambah keju, suka banget....😘😘😘😘😘😘
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-09-2019 22:51
Balasan post citrachoirunisa
Quote:Original Posted By citrachoirunisa
uhhhh yummy banget enak dibuat kayak gitu apalagi ditambah keju, suka banget....😘😘😘😘😘😘


dicoba aja sist,
bahan2 nya juga mudah di dapat & cara bikin nya tinggal campur2 aja
emoticon-Jempol
0
21-09-2019 01:23
Wahh cocok nih buat pas idul adha. Soalnya bener2 mabok daging bgt kalo idul adha wkwk bisa ni buat referensi kalo bosen sama makan daging yg diolah biasa2 ajaa 👍🏼
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
21-09-2019 06:04
gak suka sama daging.. nyangkut di gigi mulu
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
21-09-2019 06:04
Quote:Original Posted By pabloo
makan sore gaesss


makan pagi enih
0
21-09-2019 06:46
Bikin lapar aja deh tapi kreatif juga bang
profile-picture
amnessterz memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
21-09-2019 06:58
kalau ane bikin sejenis pentol cilok gitu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
diandraps dan amnessterz memberi reputasi
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
wedang-cemue-khas-ngawi-yang-menggoyang-lidah
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.