alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d801a87e83c72233f3a071f/akhirnya-jokowi-sebut-riau-siaga-darurat-ini-instruksinya
Lapor Hansip
17-09-2019 06:28
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
Past Hot Thread
Quote:
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
NEWS - Chandra Gian Asmara , CNBC Indonesia
16 September 2019 20:39

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNBC indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Asap pekat yang dipicu kebakaran hutan dan lahan memang telah berdampak pada kualitas udara di sejumlah daerah. Kepala negara, pun dijadwalkan untuk mengecek langsung kondisi tersebut.

Melalui sebuah video yang diunggah Sekretariat Kepresidenan, seperti dikutip CNBC indonesia, Senin (16/9/2019), Jokowi menegaskan bahwa kondisi kepulauan Riau saat ini sudah dalam status siaga darurat.

"Riau status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini menggangu aktivitas penerbangan, sehingga berimbas kepada aktivitias ekonomi di Riau," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah meminta jajaran Kabinet Kerja dan pemerintah daerah bersinergi untuk menangani masalah kebakaran hutan. Berbagai instruksi pun sudah diberikan, dan tinggal diimplementasikan.

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


"Hari Jumat lalu saya sudah perintah ke Panglima, Kepala BNPB, itu dilakukan hujan buatan. Sudah dikerjakan, dan hari ini juga kita harapkan dilakukan yang sama. Pasukan kita tambahkan," tegasnya.

"Tetapi sekali lagi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah daerah, ini adalah pekerjaan besar yang sulit diselesaikan. Pengalaman kita bertahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kuncinya di pencegahan, jangan sampai ada titik api muncul," tegasnya.

Jokowi telah meminta kepada aparat hukum untuk bertindak tegas baik itu kepada perusahaan maupun perorangan atas masalah ini, serta meminta seluruh jajarannya memastikan kebakaran tidak merembet ke pemukiman masyarakat sekitar.

"Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi lain, baik di Gambut maupun di hutan. Apalagi masuk ke wilayah pemukiman," tegasnya.




Quote:
Jokowi: Status Asap Karhutla di Riau Siaga Darurat

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 20:41 WIB

Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dalam status siaga darurat.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pengendalian Karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam.

"Provinsi Riau telah dinyatakan status siaga darurat, luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung lewat akun media sosial Sekretariat Kabinet RI.

Dalam ratas tersebut terpantau hadir adalah Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkes Nila F Moeloek, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Selain itu hadir pula seperangkat pejabat daerah di Provinsi Riau .


Jokowi mengulas balik pesannya dalam Ratas yang ia pimpin di Istana Kepresidenan Jakarta pada Juli lau.

"Saya ingatkan, pencegahan dalam penanganan dalam kebakaran lahan dan hutan adalah mutlak harus dilakukan, karena kalau terjadi sudah kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan pada pekan lalu dirinya telah memerintahkan Panglima TNI dan Kepala BNPB untuk mengupayakan modifikasi cuaca yakni hujan buatan guna memadamkan api. Itu semua, kata Jokowi, pun telah dilaksanakan hari ini dan direncanakan hari-hari mendatang hingga karhutla mereda.

Tapi, tegas Jokowi, pemerintah pusat membutuhkan dukungan pemerintah daerah lewat infrastrukturnya untuk membantu penanggulangan serta pencegahan karhutla. Usai pemaparan tersebut, Jokowi pun meminta laporan-laporan singkat dari para pimpinan yang ikut Ratas. Namun, sang presiden enggan laporan yang berlebihan.

"Saya minta laporan singkat-singkat saja, karena kita sudah tahu, sudah setiap tahun, tidak perlu rapat seperti ini seharusnya sudah siap. Tapi, kita lalai dan asapnya menjadi membesar. Tidak perlu banyak laporan, tapi tindakan di lapangan dan selesaikan masalah yang ada," kata Jokowi.


Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya


Jokowi tiba di Pekanbaru pada Senin petang dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Pesawat yang membawa rombongan Jokowi itu mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, sekitar pukul 18:46 WIB.


Ia pun segera disambut Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, serta Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Pnb Rony Irianto Moningka.

Kedatangan orang nomor 1 di RI untuk meninjau Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau yang sudah terjadi sekitar 2 bulan.

Dampak dari karhutla tersebut saat ini provinsi Riau di selimuti kabut asap yang cukup pekat.


Menurut situs resmi BMKG.go.id bahwa kualitas udara di Pekanbaru pada pukul 18:00 WIB berada pada angka 327.89 μgram/m3 dimana sudah berstatus Berbahaya.




Quote:Karena sudah ditetapkan sebagai tanggap darurat..
maka semua prosedur bisa diikuti sesuai aturan kebencanaan dibawah..
https://bnpb.go.id/uploads/migration...

Jangan lupa gunakan masker dan Balita untuk diungsikan ketempat yang lebih bebas asap.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
17-09-2019 07:00
Terus nasib kalimantan gimana,kalteng juga sama parahnya seperti riau emoticon-Nohope
0
17-09-2019 07:05
Semoga instruksinya bisa membuat riau lebih baik
0
17-09-2019 07:09
Kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan di Kalimantan kali ini, bisa dijadikan sebagai sebuah momentum yang tepat bagi Pemerintah dalam penegakan hukum, agar di tahun yang akan datang kebakaran hutan tidak terulang kembali.


Quote:Hary Tirto Djatmiko ( Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG ) menyatakan kekeringan yang diprediksi tahun ini tak terjadi seperti pada 2015 silam. Pada 2015 lalu, El Nino bergerak dari lemah hingga kuat sehingga membuat musim kemarau panjang. Sementara tahun ini ( 2019 ) sambungnya, fenomena El Nino terindikasi dalam kategori lemah hingga tujuh bulan ke depan.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ari-tahun-lalu

***


Penyebab Karhutla di Kalimantan dan Sumatera


Setelah meninjau kebakaran hutan dan lahan di Riau dengan menaiki helikopter bersama Kepala BNPB dan Panglima TNI, pada Minggu (15/9/2019), Kapolri Jenderal Tito Karnavian heran karena ia tidak melihat lahan sawit dan tanaman industri ikut terbakar. Kalaupun ada, hanya di pinggir. 

"Ini menunjukkan adanya praktik 'land clearing' dengan [cara] mudah dan murah memanfaatkan musim kemarau," ujar Tito terkait dugaan kuat kebakaran akibat ulah manusia dalam siaran pers BNPB. 


Hingga 16 September 2019, polisi memang sudah menetapkan 185 tersangkaperseorangan dalam kasus karhutla. Namun, baru 4 korporasi menjadi tersangka terkait kasus karhutla di Riau, Kalbar dan Kalteng. 

Sedangkan KLHK mengklaim sampai akhir pekan lalu sudah menyegel 42 perusahaan yang diduga menjadi otak di balik pembakaran hutan dan lahan. Penyegelan itu dalam rangka proses hukum. 

Lahan perusahaan-perusahaan itu berlokasi di Jambi, Riau, Sumsel, Kalbar dan Kalteng. Di antara 42 perusahaan itu ada yang dimiliki pemodal asal Singapura dan Malaysia.  

Dirjen Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani menyatakan akan mendorong pengenaan pasal berlapis ke pelaku pembakaran hutan, terutama dari korporasi. Pasal-pasal itu tidak hanya terkait UU Lingkungan, tetapi juga UU Kehutanan dan Perkebunan. 

Menurut Ridho, empat perusahaan yang kini sudah menjadi tersangka kasus karhutla adalah PT ABP, PT AEL, PT SKN dan PT KS. Tiga perusahaan pertama berlokasi di Kalbar. Sedangkan yang terakhir beroperasi di Kalimantan Tengah. 

Adapun menurut Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Ruandha Agung Sugardiman, selain El Nino yang membuat curah hujan minim, insiden kebakaran di Australia diduga turut membuat potensi karhutla di Indonesia membesar. 

"Memang kondisinya saat ini El Nino normal, tapi ini diperparah dengan adanya kebakaran di Australia yang arah anginnya sekarang dari tenggara menuju ke barat laut. Sehingga udara kering dari Malaysia menambah potensi terjadinya kebakaran ini," kata dia seperti dilansir Antara.

https://tirto.id/penyebab-dan-akibat...-sumatera-eic3


Hubungan 'Haram' Pilkada dengan Kebakaran Hutan


"Siklus pembakaran hutan sering kali sejalan dengan Pilkada. Menjelang Pilkada serentak tahun ini, pembakaran hutan akan meluas," kata ilmuwan CIFOR, Hery Purnomo dalam sebuah diskusi di Bogor, Sabtu (29/8).

CIFOR melakukan penelitian selama berbulan-bulan pada 10 lokasi di empat kabupaten di Indonesia. Para peneliti mengamati praktik pembakaran atau kejadian kebakaran hutan dan lahan di lapangan. Hery menemukan bahwa selalu ada motivasi dari aktor-aktor pembakar hutan.

"Sejumlah kepala daerah atau calon kepala daerah menjadikan bagi-bagi lahan sebagai insentif untuk menarik perhatian pemilih. Banyak kepentingan politik di dalamnya," kata Hery.

Guru Besar IPB ini juga mengatakan, para elite lokal ini bekerja secara individual kemudian membentuk satu jaringan. Urutannya dimulai dari seorang pengklaim lahan yang berhubungan dengan kepala desa untuk mengeluarkan surat keterangan tanah. Setelah surat keluar, lahan ditebas kemudian dibakar, biasanya melibatkan masyarakat lokal.

Pihak yang diuntungkan adalah ketua kelompok tani, ketua partai politik, anggota parlemen, anggota kepolisian, hingga tentara. Mereka mendapat keuntungan dari proses pembakaran hutan tersebut.

"90 persen lebih hutan terbakar karena manusia dan dilakukan dengan sengaja. Tidak ada hutan yang tiba-tiba terbakar dengan sendirinya," kata Hery.

Penelitian CIFOR menunjukkan, rata-rata si pengklaim lahan menaikkan harga jual lahannya tiga juta rupiah per hektar. Lahan yang diklaim kemudian ditebas dan dibakar. Setelah rata, harganya dinaikkan dari delapan juta menjadi Rp 10-11 juta per haktar.


Lahan yang sudah rata selanjutnya ditanami dengan kelapa sawit. Ketika emas hijau ini tumbuh setelah empat tahun, kata Hery, lahan yang semula hanya beharga Rp 10-11 juta bisa dijual kembali minimal Rp 40 juta.

Pemerintah daerah (Pemda) yang sedang berkuasa pun, kata akademisi Fakultas Kehutanan IPB ini, enggan menindak pelaku dan mencegah kebakaran hutan. Alasannya, sang pelaku adalah rekanan mereka sendiri Akhirnya, daerah hanya melakukan tindakan kuratif setelah kebakaran terjadi, yaitu hujan buatan dan sekat kanal.

https://m.republika.co.id/berita/nas...ebakaran-hutan

Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 1 balasan
17-09-2019 07:17
semoga bisa segera diatasi
0
17-09-2019 07:24
Taun depan dibakar lagi emoticon-Traveller
profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-09-2019 07:30
Nungguin ujan ternyata gak dateng2 yah Jok. Gw dah bilang, selama ini kabut asep tuh gak dtg karena selalu ketolong musim hujan yg dtg cepet, bykan karena kinerja si Joko ini.

Sejatinya, penindakan pembakar hutan itu kagak pernah ada setiap tahunnya. Nah ketika ujannya telat yah muncul deh asep
profile-picture
cakrawala.senja memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
17-09-2019 07:31
INSTRUKSINYA: MINTA BANTUAN YANG TERSOHOR DARI RIAU UNTUK BANTU DOA TURUNKAN HUJAN KARENA TERSOHOR DAH PERNAH TINGGAL LAMA BANGET DENGAN SETIAP ORANG DI KOREA MAKANYA BISA DI PIKIRANNYA ORANG KOREA BEGONO BEGINI BEGITU...BLA BLA BLA....
0
Lapor Hansip
17-09-2019 07:38
Balasan post PneumonoCyclone
pilkada berikutnya gan.
0
Lapor Hansip
17-09-2019 07:41
Balasan post maya.asar
ini proyeknya tiap pilkada ketua kelompok tani, ketua partai politik, anggota parlemen, anggota kepolisian, hingga tentara di daerah, kenapa yg kena sasaran terus2an pemerintah pusat ya?

Ketika diberikan kebebasan berpendapat, mbo ya berpendapat secara cerdas, jgn menunjukkan kebodohan sendiri.
profile-picture
kakidal27 memberi reputasi
1
17-09-2019 07:52
Musim hujan tak datang2
Titik titik api bertebaran
Mengafa kebakaran makin mengerikan
Karena tak ada tekad utk benar2 memadamkan emoticon-Confused
Yang ada berlomba2 mencuri kesempatan
emoticon-Sundul Up


profile-picture
profile-picture
profile-picture
december.rhein dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
17-09-2019 08:03
Balasan post higgsboson
Quote:Original Posted By higgsboson
Musim hujan tak datang2
Titik titik api bertebaran
Mengafa kebakaran makin mengerikan
Karena tak ada tekad utk benar2 memadamkan emoticon-Confused
Yang ada berlomba2 mencuri kesempatan
emoticon-Sundul Up




ditambah

Gubenurnya malah ke thailand
Walikotanya ikutan ke China

Status masih SIAGA

jadinya anak buahnya binggung mau ngapain emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SMOOTHIEMOON dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
17-09-2019 08:04
Balasan post Lunc4h
karena sudah masuk tahap harus di tangani pemerintah pusat gan, soalnya negara tetangga sudah berdampak..
sedangkan orang2 daerah ga mungkin di lemparin ke negara2 tetangga buat diumpanin sebagai biang kerok..
sama aja pemerintah nyalahin dirinya sendiri..

emang rese pembakaran hutan tiap tahun ini..
ga berhenti2 jadi kebiasaan, mungkin berhenti pas sudah tidak ada lagi hutan atau lahan yang bisa di bakar..
profile-picture
GreatCapture memberi reputasi
1
17-09-2019 08:39
agak telat sih mungkin gara gara uu kpk kemarin
profile-picture
laptoppinjaman memberi reputasi
1
17-09-2019 08:49
Gimana mo dicegah, lha wong by design ..

bener2 lingkaran setan..
profile-picture
profile-picture
laptoppinjaman dan f.shabri memberi reputasi
2
17-09-2019 09:02
udah telat pakde
presiden brazil aja nengokin hutan amazon kebakaran gak lama setelah kejadian, mimpin langsung pasukan di sana
ini pakde udah kebakaran beberapa minggu baru turun lapangan, sama aja ngejatuhin citra diri pakde sendiri itu namanya
oya saya lupa, pakde katanya periode ini udah tanpa beban, gak peduli piala citra lagi, saking gak peduli nya sampai sampai kebawa malas nya ngurusin urusan negara ya pak?
atau lagi ngarep impeachment ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 2 balasan
17-09-2019 09:05
coba kowi moratorium sawit di perpanjang jadi 10 tahun dulu...jangan ada korporasi yang dikasih izin buka lahan lagi, ini udah jelas dibakar sengaja soalnya lahan sawit yang perkebunan sama sekali ga kesentuh titik api, yg kebakar selalu yang hutan dan semak

solusinya sekarang mending sewa lagi pesawat pembom air minimal 20 biji buat redam ini api, pake heli juga useless krn air yang dibawa cuma sedikit
Diubah oleh dr.anonymous
0
17-09-2019 09:18
Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya
lihat peta itu gak percaya dlu majapahit bisa sumatera-jawa-irian jaya
jaman sekarang masih sehat naek kendaraan suruh pulang dari sabang ke pulo bali tengah jalan sudah putus asa, mereka pakek kuda emoticon-DP pegimane bisak survei jalan2 indonesiak tuh rajak emoticon-Leh Uga mati tengah jalan iya
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 77665.123456 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
17-09-2019 09:24
kalo denger cerita dari mertua ane, di palembang udah sampe ada bayi yang meninggal,
0
17-09-2019 09:27
inilah kalo pemimpin daerah kongkalikong demi syahwat duit. ada gak perda yg menyarankan para pembakar di tembak mati kalo kena ott
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
1
17-09-2019 11:44
terulang mulu padahal 2015 kowi udah pencitraan ke riau waktu kebakaran hutan
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.