Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f573d6df23150507efd2f/ibukota-pindah-bagi-ane-itu-lumrah
Selamat pagi kaskuser semua, pembaca dan pengamat berita sekalian. Tanpa mengurangi rasa hormat ane akan ikut ambil bagian dalam beropini tentang balada pindahnya ibukota. Ane tahu bagaimanapun kebijakan pemerintah pasti menuai pro dan kontra, ada yang sepakat dan ada pula yang kurang sepakat. Tapi kebijakan pemerintah dalam menetapkan sesuatu pada dasarnya demi kebaikan NKRI juga. Ramai dibahas b
Lapor Hansip
16-09-2019 16:34

Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

icon-verified-thread
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Selamat pagi kaskuser semua, pembaca dan pengamat berita sekalian. Tanpa mengurangi rasa hormat ane akan ikut ambil bagian dalam beropini tentang balada pindahnya ibukota. Ane tahu bagaimanapun kebijakan pemerintah pasti menuai pro dan kontra, ada yang sepakat dan ada pula yang kurang sepakat. Tapi kebijakan pemerintah dalam menetapkan sesuatu pada dasarnya demi kebaikan NKRI juga. Ramai dibahas baru-baru ini adalah pemindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Pemindahan ibukota ini jelas menuai pro dan kontra, ada yang mendukung ada pula yang tidak sebab mengacu pada beberapa aspek lain.

Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Perbedaan pendapat nyatanya tidak membatalkan keputusan pemerintah dalam merealisasikan pemindahan ibukota. Terbukti tanggal 26 Agustus 2019 dalam konferensi pers di Istana Negara Bapak Presiden Joko Widodo resmi memindahkan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur atau lebih tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Menanggapi balada pindah ibukota ini, ane mau mundur dahulu ke belakang. Sejarah mencatatkan bahwa Indonesia sudah pernah berpindah ibukota sebanyak 3 kali (dulunya) sejak Jakarta diputuskan pertama kali sebagai ibukota Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

1. Yogyakarta ( 4 Januari 1946)

2. Bukittinggi ( 19 Desember 1948)

3. Yogyakarta ( 6 Juli 1949)

Ibukota Indonesia kembali pindah ke Jakarta setelah pada tanggal 17 Agustus 1949 ditetapkan sebagai ibukota secara de facto dan semakin diperkuat secara de jure ( berdasarkan ketetapan hukum ) pada tanggal 28 Agustus 1961 melalui  Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 1961 dan melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1964.

Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Jadi, bagi ane ini bukan pertama kalinya Indonesia memindahkan ibukota negara ke provinsi lain di luar Jakarta. Hal ini dilakukan juga berdasarkan pertimbangan demi menjaga Sistem Pemerintahan Indonesia tetap berjalan sebagaimana "dahulu" pengaruh Agresi Militer Belanda dan pengaruh NICA masih terus digencarkan meskipun Indonesia sudah mengumumkan Kemerdekaan. Tapi semangat juang para pahlawan membuat Indonesia tetap kokoh berdiri hingga saat ini, berhasil mengusir penjajah di Tanah Air emoticon-Berduka (S).   

Pemindahan Ibukota Negara Indonesia di era modern ini tentu berdasarkan pertimbangan berbagai aspek dan sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Jadi, Bapak Presiden tidak asal pindah memindah ibukota tanpa sebab. Bapak presiden memberikan pendapat terkait pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur.

Quote:"Kenapa di Kalimantan Timur? Resiko bencana minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, gunung berapi dan tanah longsor. Lokasinya yang strategis, berada di tengah-tengah Indonesia,"  Bapak Jokowi menjelaskan.


Quote:"Banyak pertanyaan, kenapa harus pindah (Ibu Kota)? Yang pertama beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan. Pusat bisnis, pusat keuangan pusat perdagangan dan pusat jasa,"Kata Bapak Jokowi.


Quote:"Dan juga airport bandar udara, yang terbesar di Indonesia. Beban pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54 persen dari total pendukuk Indonesia. Dan 58 persen PDB ekonomi Indonesia ada di Jawa,"lanjutnya.


Quote:"Kenapa urgent sekarang? Kita tidak bisa membiarkan beban Jakarta dan Jawa terus menerus. kemacetan dan polusi udara, beban perekonimian kepada Jakarta dan jawa. Kesenjangan ekonomi yang terus meningkat Jawa dan luar jawa. Dan ini bukan kesalahan Pemprov DKI Jakarta," Jokowi menjelaskan.

Sumber berita: Tribunnews


Menyimak pemberitaan media di atas, ane paham bahwa pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur adalah melalui berbagai proses pertimbangan yang matang sebab jika pusat bisnis, pusat pemerintahan, pusat keuangan dan pusat jasa tidak hanya terpaku di Pulau Jawa saja. Melainkan bisa merata ke wilayah Ibukota yang baru kelak. Belum lagi adanya faktor lain yang saat ini menjadi permasalahan besar di Pulau Jawa, apalagi kalau bukan jumlah populasi yang padat hingga menurut Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS)tahun 2015 menyebutkan, sebesar 56,56 persen masyarakat Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa. Sedangkan di Kalimantan sendiri persentase penduduk Indonesia hanya 6,05 persen atau 15.801.800 jiwa. faktor berikutnya adalah kontribusi ekonomi pulau Jawa terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia atau Produk Domestik Bruto (PDB), sangat mendominasi. Sementara pulau lainnya jauh tertinggal. Bapak Presiden Jokowi ingin menghapuskan istilah "Jawasentris" sehingga kontribusi ekonomi di luar pulau Jawa juga harus digenjot. Faktor terakhir adalah masalah ketersediaan air di Pulau Jawa, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2016, mengalami krisis air yang cukup parah. Ada daerah yang termasuk indikator berwarna kuning yang artinya mengalami tekanan ketersediaan air, seperti di wilayah Jawa Tengah. Sumber informasi di atas yang ane dapatkan dari media Kompas.

 Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Jadi bagi ane pemindahan ibukota Negara Indonesia ke Kalimantan Timur adalah suatu langkah yang menurut ane lumrahkarena kebijakan tersebut tentunya demi kebaikan NKRI ke depannya.

Meskipun ane paham tidak ada kebijakan yang sempurna, pasti ada kelemahan di lain sisi. Belum lagi adanya pernyataan "hutang Indonesia akan semakin bertambah" tapi hal ini sudah di jawab oleh Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dari Bappenas Imron Bulkinmemastikan tak ada rencana menggunakan utang mega proyek tersebut.

Quote:"Nggak ada (utang), strategi yang dirumuskan oleh tim kajian memang tidak, kita tidak merencanakan untuk utang,"  katanya saat berbincang dengan detikFinance.

Pemerintah sudah memperhitungkan dari mana saja modal pembangunan ibu kota negara, yaitu APBN Rp 89,4 triliun (19,2%), kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU Rp 253,4 triliun (54,4%), dan swasta Rp 123,2 triliun (26,4%).

"Memang ini sudah diperhitungkan sumber-sumber pendanaannya kira-kira dari mana," ujarnya.


Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!

Sudah jelas bahwa pembangunan di wilayah ibukota yang baru tidak membuat Indonesia harus menambah jumlah hutangnya. Beberapa informasi yang ane dapatkan di atas setidaknya membuat ane semakin yakin kebijakan pemerintah untuk memindahkan ibukota Negara adalah
sesuatu yang lumrah. Sekian dari ane.

Sumber:
Pendapat Pribadi
didukung dengan Pemberitaan Media

Sumber Gambar:
GoogleImage












 



Diubah oleh coloridos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
IWinardi dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
16-09-2019 16:43
Lumrah = Biasa emoticon-Cool
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
16-09-2019 20:37
Wah ibukota sudah pindah. Hebat sekali Indon.
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
17-09-2019 18:44
Hebat gimana akak?
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
18-09-2019 06:44
Jadi ibukota Indonesia saat ini apa ? Penajam Paser Utara atau Kutai Kartanegara?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
17-02-2020 21:54
Sekarang sudah murni pindah belum sih? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
18-02-2020 12:37
IA
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
11-03-2020 09:24
bolehlah pindah asal korupsinya ga ikutan pindah
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
12-03-2020 17:30
Quote:Original Posted By tigerchen122
@pasiolo84 geloo ini mah emoticon-Ngakak


Eh buset dah...
Ngapain jadi melipir kemari ini..emoticon-Hammer
Geloo ini mah..emoticon-Big Grin
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
12-03-2020 17:43
Quote:Original Posted By pasiolo84
Eh buset dah...
Ngapain jadi melipir kemari ini..emoticon-Hammer
Geloo ini mah..emoticon-Big Grin


Wanjerr knp jadi gini 😂😂
Waduh kok bisa?
Diubah oleh denatosero
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
08-04-2020 10:18
Gpp pindah asal hatiku tetap Indonesia emoticon-Wow
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
09-04-2020 21:22
Udah pindah aja, tapi anenya yang belum nih emoticon-Ngakak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
14-06-2020 22:35
Beneran lumrah itu om? Ga nyangka gue.
0 0
0
Ibukota Pindah Bagi Ane Itu Lumrah!
15-06-2020 10:27
Kapan resmi pindah?
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia