alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f5557c9518b63493c13a5/cara-memilih-dan-menyimpan-jengkol-untuk-membuat-semur-jengkol
Lapor Hansip
16-09-2019 16:26
Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol
Past Hot Thread

Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol Seluruh masyarakat indonesia pasti familiar dengan jengkol. Jengkol merupakan tumbuhan khas asia tenggara yang sering dijadikan bahan pangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa jengkol hanya ada di Indonesia. Padahal sebenarnya jengkol juga ada di negara tetangga seperti Malaysia, Myanmar dan Thailand. 


Jengkol diketahui memiliki manfaat kesehatan antara lain dapat mencegah diabetes, dan baik untuk kesehatan. Namun karena biji jengkol sedikit beracun, jadi untuk para penggemar jengkol disarankan untuk membatasi konsumsi jengkol agar tidak terkena dampak negatif dari jengkol. Salah satu dampak negatif jengkol yang paling terkenal adalah timbulnya bau mulut, keringat, feses dan urin. Namun bau ini sebenarnya dapat diatasi asal orang yang mengkonsumsi jengkol mau membersihkan diri dengan benar.


Di Indonesia, jengkol biasa dijadikan makanan pendamping nasi. Jengkol bisa diolah menjadi hidangan lezat seperti dibuat rendang, balado, ataupun semur. Ada beberapa orang yang menjadikan jengkol sebagai lalapan dan dimakan mentah – mentah atau hanya di goreng saja. Salah satu hidangan yang paling banyak diminati adalah semur jengkol. Hampir seluruh masyarakat yang memiliki jengkol, menjadikan hidangan ini sebagai hidangan andalan.


Berikut ini cara memilih dan menyimpan jengkol untuk membuat semut jengkol yang bisa kamu coba.


Pilih Jengkol yang Sudah Tua


Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol


Agar hidangan yang dibuat memiliki rasa yang lezat, kamu harus teliti saat memilih bahan yang akan digunakan. Untuk membuat semur, jengkol yang digunakan adalah jengkol yang sudah tua. Hal ini dikarenakan jengkol ini dinilai memiliki rasa paling enak setelah diolah. Meskipun tingkat asam jengkolat dalam jengkol tua lebih tinggi dari pada jengkol muda, namun jengkol tua tetap dinilai bisa memberikan rasa yang lebih lezat untuk dibuat semur jengkol.


Jengkol tua dinilai lebih cocok untuk para penggemar jengkol yang ingin mengolah jengkol menjadi sebuah hidangan. Meskipun jengkol tua memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan jengkol muda, namun jengkol tua ini akan berubah menjadi lunak dan empuk setelah dimasak menjadi semur jengkolatau hidangan lainnya. Sementara jengkol muda lebih cocok digunakan sebagai lalapan.


Simpan Dalam Kondisi Matang


Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol


Selain pemilihan bahan, penyimpanan bahan juga perlu diperhatikan saat akan membuat semur jengkol. Jika kamu berencana untuk mengkonsumsi jengkol untuk beberapa hari kedepan, ada baiknya jengkol disimpan dalam kondisi matang. Sebelum disimpan, jengkol harus direbus terlebih dahulu selama 3 sampai 5 menit dengan air mendidih. 


Setelah di rebus, jengkol harus di tiriskan dahulu sebelum disimpan. Setelah jengkol di tiriskan dan memiliki suhu ruangan, maka jengkol bisa ditempatkan dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam lemari es tepatnya di chiller. Jika jengkol disimpan di dalam lemari es, jengkol bisa digunakan beberapa hari kemudian.


Rendam Menggunakan Air Es


Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol


Seperti yang dibahas sebelumnya, jengkol sudah terkenal dengan dampaknya yang bisa menimbulkan bau kurang sedap. Jika kamu salah saat mengolah jengkol, nantinya jengkol akan menimbulkan rasa dan bau yang kurang sedap. Namun, jika mengolah jengkol dengan teknik yang benar, maka bau yang ditimbulkan oleh jengkol bisa dihilangkan. 


Untuk menghilangkan bau pada jengkol, sebaiknya jengkol di rendam menggunakan air es selama satu malam dahulu sebelum direbus. Setelah direndam, jengkol bisa direbus dengan menambahkan daun jeruk purut atau daun jambu biji. Kedua daun tersebut akan membantu menghilangkan bau tidak sedap dari jengkol dan bahkan bisa membuat tekstur jengkol lebih cepat empuk dan lunak. 


Itulah cara memilih dan menyimpan jengkol untuk membuat semut jengkol yang bisa kamu coba. Selain pemilihan dan penyimpanan bahan, proses penambahan seasoning juga menentukan rasa dari hidangan yang dibuat. Hayo siapa disini yang suka masakan jengkol? Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian, ya!

profile-picture
profile-picture
andrabedy dan kudanil.la memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
16-09-2019 16:27
makanan khas org betawi
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 3 balasan
21-09-2019 22:12
Dua jenis makanan yg gak ane suka, jengkol sama pete, tapi kok banyak yg suka sama makanan ini, mahal lg harganya, jadi penasaran
emoticon-Bingung
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 6 balasan
21-09-2019 23:26
Ane ngga suka jengkol tapi ane tetep merhatiin thread ini karena keluarga ane ada yang suka jengkol sis emoticon-Big Grin makasih ya tipsnya
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
22-09-2019 00:38
jengkol bahaya buat mulut
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Lapor Hansip
22-09-2019 13:50
Balasan post salmino
iya bener gan, pernah sih nyobain jengkol tapi juga gacocok sama rasanya gan...
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
22-09-2019 18:57
oooo baru tau ane...
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
22-09-2019 19:25
walaupun bau aku tetep sukak, tapi gabisa masaknya emoticon-Frown haha
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-09-2019 19:32
Balasan post fira262
haha betul ya gan saya juga gitu tapi jadi ikut makan karena keluarga makan hihi
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
22-09-2019 21:39
gapernah makan jengkol soalnya gasuka baunya... apakah ada tips gimana bisa menghilangkan bau jengkol, terutama di kamar mandi
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 3 balasan
23-09-2019 13:19
jengkol itu lovehate banget yaaaa wkwk. dulu gapernah mau makan ini karena kata orang2 bau, tapi pas udah nyoba di salah satu warung kaki lima di Solo, ENAK BANGETemoticon-Frown gangerti lagiii kayak daging rasanya pake sambel apalagi aduh aduhh. laper jadinyaaa
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
23-09-2019 14:33
ane gasuka jengkolll... tapi tipsnyaaa boleh juga bagi yang suka makan jengkol... nice thread nih gan... bisa ngasih info buat para netijen yeeee kan... informatif juga dan jadi bahan bacaan bagi para agan2 dan sista2 di kaskus yaaaaa kannnnnn... mantap deh... bagi2 cerita dan informasi lainnya gan... biar nambah wawasan yaa kan bagi semua orangggg... ditunggu thread2nya gannnnnn...
0
23-09-2019 23:57
Quote:Original Posted By yuhu2000
haha betul ya gan saya juga gitu tapi jadi ikut makan karena keluarga makan hihi


Kalo ane sih tetep nggak makan gan. Soalnya emang pada dasarnya nggak demen, paling icip kuahnya aja hahaha emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
23-09-2019 23:58
Balasan post fira262
hahahaha makan dong gan.. mayan loh kandungannya, paksain aja haha terpaksa mak terbiasa
0
24-09-2019 01:12
seneng banget gw kalo ketemu semur jengkol atau goreng jengkol emoticon-Big Grin
ga peduli lagi jalan sama gebetan pun emoticon-Embarrassment

nikmatnya tiada tara emoticon-Malu (S)
0
24-09-2019 07:10
ane dulU gak suka bgt jengkol karena bau.. Tapi tiba-tiba jadi suka gara gara tante ane masaknya gak bau samsek emoticon-Big Grin
0
24-09-2019 14:57
skuyyy mari yang suka jengkol, bisa dicoba nih buat yang demennnn
0
24-09-2019 23:23
belum pernah ane ngerasain jengkol, katanya rasanya sih kaya kentang. takut sama baunya ane, kalo emang rasanya mirip kaya kentang yaa mending makan kentang aja deh ane yang ga ada baunya
0
25-09-2019 21:19
jujyuuuur banget ane gapernah makan jengkol dan sama sekali ga tertarik buat cobain wkwkwk emang seenak itu yaa?
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.