alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7da2690577a931d807aa58/anak-dibentak-karena-berulah-bolehkah
sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kemarahan dan bentakan pada anak akan sangat mempengaruhi perkembangan otak anak juga fungsi organ vital yang lain
Lapor Hansip
15-09-2019 09:31

Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?

Past Hot Thread
Dampak Negatif Membentak Anak

foto


Hai agan dan sista kaskuser, selamat siang semuanya. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat dan happy selalu yah.

Ketemu lagi sama mamaproduktif yang ingin mengshare mengenai Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?

Sebagai orang tua pasti sudah barang tentu sering melihat buah hati kita berulah baik itu secara sengaja atau tidak.

Faktanya kadang masih saja terbawa suasana saat si kecil berulah, contoh seperti ikut emosi dan bahkan akhirnya membentak si kecil.

Untuk itu sebelum membentak yuk kenali apa yang terjadi pada si kecil jika sedang dibentak.

Quote:
Seperti penelitian terkenal yang dilakukan oleh Lise Eliot seorang profesor lulusan Universitas Cambridge memasang kabel perekam otak pada anaknya sendiri yang dihubungkan dengan sebuah monitor komputer untuk memonitor segala perubahan yang terjadi dalam perkembangan otaknya.

Misalnya jika seorang anak sedang menyusui terhadap ibunya diberikan sentuhan yang lembut maka akan muncul rangkaian indah tetapi jika ada suara bentakan dan marah maka akan rangkaian indah itu berubah menjadi gelembung, lalu pecah berantakan dan menyebabkan perubahan warna.


Riset tersebut menunjukkan bahwa marah dan bentakan sangat mempengaruhi perkembangan otak anak juga fungsi organ vital yang lain.

Tahukah gansis? Jika orang tua membentak anak maka 1 milyar sel dalam otak anak akan mengalami kerusakan, padahal usia anak sedang dalam masa perkembangan apalagi disaat 2-3 tahun, bayangkan apa yang akan terjadi?

Hal-hal yang akan terjadi jika anak sering mendapatkan bentakan:
1. Menjadi tidak percaya diri
2. Menjadi mudah rewel dan agresif
3. Menjadi minder dan takut mencoba hal-hal baru
4. Menjadi pribadi yang pemarah dan egois
5. Menjadi pribadi yang tertutup
6. Menjadi penantang dan keras kepala
7. Sering melamun dan lambat dalam menangkap sesuatu
8. Trauma jangka panjang

Hal-hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari membentak anak:
1. Tidak masuk dalam kondisi si kecil
Maksudnya sebagai orang tua kita tidak boleh masuk dalam kondisi menangis atau terlarut dalam kondisi sehingga membuat kita menjadi mudah emosi.
2. Menarik nafas dalam-dalam
Menarik nafas bisa mengatur suasana hati jika masih belum bisa rubahlah posisi dari berdiri menjadi duduk jika masih belum cobalah untuk berwudhu untuk menenangkan diri
3. Pergi dari tkp alias tempat kejadian perkara. Dimana jika sudah pindah setidaknya bisa sedikit lebih tenang
4. Langsung berbicara pada anak sambil menatap matanya
Cara ini bisa gansis lakukan kepada si kecil dengan bilang, misal : Mamah sedang marah sama kamu, jadi mama akan menenangkan diri dulu dengan mencuci piring.
5. Atau dicuekin
Kadang hal ini perlu dilakukan, kenapa?
Selain untuk tidak membuat gansis membentak pada si kecil juga membuat gansis tidak tidak masuk dalam kondisi terbawa emosi.
6. Tidak membalas bentakan anak dengan lebih hebat
Karena hal itu bisa membuat anak semakin berulah.

Disaat anak bertumbuh begitupun orangtua bertumbuh menjadi orangtua yang bijak. Karena sejatinya anak-anak harus diperlakukan dengan lemah lembut, dicium dan memeluknya, yang akan Allah ganti baik di dunia maupun di akhirat. Ingatlah bahwa perlakuan dan pendidikan kita terhadap hari ini akan membentuk karakter anak dimasa depan.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat untuk kaskuser semua. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, komentar dan ratenya. Karena kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Jika dirasa thread ini bermanfaat yuk share di media sosial gansis!



Penulis: mamaproduktif
Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Referensi dari berbagai sumber, 1,2,dan 3
Diubah oleh mamaproduktif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waluyojati121 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
30-09-2019 23:45
Ane trauma akan bentakan karena ayah ane sendiri
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
30-09-2019 23:46
Seriusan deh jangan nyepelein trauma yg terbentuk karena suatu peritiwabyg kita lakukan terhadap anak dimasa lalu
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
30-09-2019 23:47
Mantap ts threadnyaa wkwkwkwkw semoga mengedukasi calon ortuu22
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
01-10-2019 02:22
Quote:Original Posted By farinamany
wow... orang tuanya sabar banget tuh, baik pula bisa jadi temen ngobrol anaknya huhu


emoticon-2 Jempol
Salut sama orang tua yang sabar banget gitu

Quote:Original Posted By cheria021
Iya kadang ane juga terbawa emosi kalau lagi badmood atau capek.. Makasih tipsnya sist.. sangat bermanfaat sekali.. semoga kita sebagai orang tua bisa selalu sabar dalam merawat dan mendidik anak supaya anak bisa bahagia, cerdas dan beraklak baik...aamiin..


Aaamiiin
Manusia tidak sempurna
Maka dari itu sebagai orang tua kudu banyak teeus belajar seiring berkembangnya si kecil

Quote:Original Posted By kudanil.la
Iyaaa banget sis kebetulan ane deket juga sama mamanya, ane aja dianggep anak sendiri sama ibunya dan baik bgt kalo ke ane


Kereeen nih punya tetangga baik begitu bisa jadi contoh yah sist

Quote:Original Posted By papapierlo
Betul gan, jadi orangtua belum tentu paling benar dan belum pasti salah juga. intinya sama2 belajar dan memahami anak supaya lebih mudah untuk mengajari anak ttg benar/salahnya suatu tindakan


Iyaaah sepakat bre...
Terus belajar sebagai orangtua seiring bertumbuh dengan si kecil

Quote:Original Posted By ceweknyacuik
nggak tau sih gan

tapi ada temen ane, sekarang dia sudah jadi ibu,

dan dia pernah membagikan cerita kenapa dia membentak anaknya, ya memang karena anaknya bandel, dia seakan merefleksi juga mengingat memori ketika dia kecil dia sering di bentak oleh ibunya, karena memang dia bandel sih,

hmmm jadi malah dia melakukan kepada anaknya,

gimana ya, sepertinya selalu saja ada pelajaran yang di dapat, dan entah juga di benarkan atau tidak dibenarkan dengan membentak anak itu pribadi masing2,
tapi mungkin membentak dengan tidak berkata yang kasar bisa juga,

ah gatau deh

emoticon-2 Jempol
Btw nice thread


Badmood
Capai
Teruz anaknua terlalu aktif bisa jadi pemicu buat membentak sih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
01-10-2019 02:27
Quote:Original Posted By noviepurwanti
dampaknya ngeri ya


Iyah emak
Ngeri...

Quote:Original Posted By khambing34
anjir dampaknya gak main" ya ngeri



Betul gan

Quote:Original Posted By Surobledhek746
mentak aja sampai nangis. kalau perku pukul hingga biru2. wajib itu hukumnya. bila tidak sayang dengannya. bila syg. jgn lakukan emoticon-Cool


Betul itu pak dhe @Surobledhek746 kalau sayang tidak akan melakukan tindak kekerasan

Quote:Original Posted By ilafit
kalau bisa jangan dibentak.. nanti jiwanya malah terguncang


Iyaah kasiaaan...
Anak juga bisa stress
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
01-10-2019 02:33
Quote:Original Posted By abizaidan
pengalaman pribadi ane gan
beberapa kali ngebentak anak pertama waktu umur 1-2 th waktu marah
baru sadar anak berubah gagap ngomongnya
"a..aa.aa.. abi.. "
ane dan istri baru nyadar.. padahal sebelumnya ngomong lancar.
iseng browsing emang anak bisa gagap kalo dibentak
setelah itu ga pernah bentak lagi
alhamdulillah balik normal ngomongnya


Waaahh...
Nice info nih... Dari pengalaman pribadi si agan satu ini...
Makasih yaah...

Quote:Original Posted By queenofchicken
Huhu emang sih kalau bisa jangan membentak dengan keras... mungkin dikira hal yang sepele tapi efek bentak bisa segitunya buat perkembangan anak emoticon-Frown . Kalau membentaknya agak parah pasti bakal membekas di memori anak sampe mereka besar huhu. btw nice thread gan, ilmu nih buat kita semua sebagai orangtua atau calon orangtua emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup


Sebisa mungkin hindari membentak
Semoga bermanfaat
Sama ane juga masij terus banyak belajar

Quote:Original Posted By corner30
masih banyak cara menegur yang lebih baik daripada membentak, kecuali kalau memang udah berkali-kali dibilangin dan tetep aja melakukan hal yang sama, mungkin boleh tapi juga jangan berlebihan. kasihan nanti bakal berpengaruh ke psikis anaknya


Betul...
Masih banyak cara lain yang lebij baik dan lemat lembut

Quote:Original Posted By clydechestnut
biasanya kalau sudah membentak itu jadi yang kesekian kali sebelum fase akhir yang sangat amat tidak di "iya" kan, apa itu ? main tangan,

membentak boleh kalo menurut ane, tapi ya kalau ada cara lain selain itu mending tidak sampai membentak,

emoticon-2 Jempol


Jangan sampai yah gan...
Karena anak itu amanah...

Quote:Original Posted By renjanakirana
Membentak anak, apalagi di depan umum akan membekas selamanya dalam otaknya. Sebaiknya hindari banget membentak anak. Dan kita pun sebagai ortu dilarang juga menegur anak ketika dalam keadaan sangat emosi, karena jadinya suka nggak kekontrol. Kemarin abis konsul ke Halodoc. Sebaiknya kita menenangkan diri dulu, anak juga ditenangkan. Setelah itu diajak ngomong baik2.


Makasih loj sudah mampir

Quote:Original Posted By sagit30
masih banyak cara sih untuk menyampaikan atau mengingatkan kesalahan anak. ngga harus dengan di bentak, pelan-pelan aja tapi yang bikin mereka ngerti sama maksud yang bakal kita sampein


Betul...
Sepakat bre...
Dengan cara lain yang bisa dimengerti si kecil
profile-picture
abizaidan memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
01-10-2019 02:36
Quote:Original Posted By pustie
jadi orang tua stock sabarnya emang harus banyak banget. bukan berarti ga pernah memarahi anak yaa, tapi harus tau cara memarahi yang benar itu gimana. ga harus dengan membentak juga, kasih tau dengan ngasih contoh nyata mungkin


Yaah...
Lebih ke contoh memang
Anak itu peniru yang baik loh...

Quote:Original Posted By alssheza
menurut ane sih selagi masih bisa dinasehati dengan baik, dan bicara yang baik mending hal tersebut dilakukan. Jangan langsung membentak anak karena bisa terkena psikis anak


Betul banget sist...
Masih banyak cara lain selain membentak

Quote:Original Posted By belindaalinska
menurut ane kalau anak salah usahakan dibicarakan dengan pelan-pelan dan sertakan alasan dan letak kesalahannya..


Sepakat nij sama sist...emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By kwhaleyf
Lebih baik kasi tau dengan cara yg lemah lembut


Betul sis

Quote:Original Posted By michaelmike1794
bentak ga... threadnya okeee... mantul nih infoonyaaaaaa.. ditunggu thread2 kece lainnya...


Makasih sudah mampir
0 0
0
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
01-10-2019 02:37
Quote:Original Posted By lintanghaef
Ane trauma akan bentakan karena ayah ane sendiri


Quote:Original Posted By lintanghaef
Seriusan deh jangan nyepelein trauma yg terbentuk karena suatu peritiwabyg kita lakukan terhadap anak dimasa lalu


Quote:Original Posted By lintanghaef
Mantap ts threadnyaa wkwkwkwkw semoga mengedukasi calon ortuu22


Iyah
Terimakasih sudah mampir
Semoga bermanfaat
0 0
0
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
Lapor Hansip
04-10-2019 17:30
Balasan post mamaproduktif
Iya sist.. sebagai orang tua harus selalu berusaha untuk mengendalikan diri, termasuk mengendalikan emosi apalagi pada buah hati kita sendiri, ingat dampak yang ditimbulkan jika kita marah/membentak anak.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Anak Dibentak Karena Berulah, Bolehkah?
12-10-2019 11:51
Quote:Original Posted By cheria021
Iya sist.. sebagai orang tua harus selalu berusaha untuk mengendalikan diri, termasuk mengendalikan emosi apalagi pada buah hati kita sendiri, ingat dampak yang ditimbulkan jika kita marah/membentak anak.


Iyaah bener...
Yuk ah sama-sama belajar
Ane disni sharing ajah
Semoga jadi orangtua yang lebih baik
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.