alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d792ddb4601cf0d475c5a40/miris-zaman-plastik-prediksi-peninggalan-sejarah-di-masa-depan
Studi dipublish dalam artikel Science Advances yang menunjukan banyaknya akumulasi serpihan plastik pada sedimen dasar laut California's Santa Barbara dihitung sejak tahun 1834 sampai 2009 dan peneliti mengungkapkan sejak tahun 1945 jumlah plastik di sedimen dasar laut meningkat secara eksponensial (berkali-kali lipat) setiap 15 tahun.
Lapor Hansip
12-09-2019 00:24

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Past Hot Thread
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Ketika para arkeolog melakukan penelitian dengan menggali tanah, fakta mengejutkan ditemukan. Padahal tujuan awal mereka melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan zaman pada zaman batu, zaman perunggu, dan zaman lainnya. Namun justru yang ditemukan kebanyakan plastik.

Penemuan tersebut kemudian dijadikan studi lebih lanjut mengenai serpihan plastik pada lapisan sedimen. Studi menunjukkan bahwa beberapa sampah plastik ada yang berasal dari perang dunia ke-2 dan jumlahnya meningkat secara eksponensial bila dihitung hingga tahun ini. Kepala studi Jennifer Brandon dari Scripps Institution Of Oceanography UCL mengungkapkan bahwa “Plastik akan menjadi peninggalan sejarah di masa depan dimana tidak akan hancur dan terendapkan menjadi fosil”.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Serpihan plastik yang ditemukan dalam sedimen dasar laut

Ia juga menambahkan “Dampaknya sangat merugikan bagi organisme laut seperti terumbu karang, kerang, dan tiram. Tapi yang terburuk yakni bisa menjadi materi pelajaran sejarah terbaru. Dimana akan ada penambahan zaman plastik setelah zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi tertulis dalam buku pendidikan kita. Sungguh sangat mengerikan bila anak cucu kita mempelajarinya menjadi materi dasar ketika belajar dibangku sekolah dasar”.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Sedimen yang berisi mikroplastik

Studi tersebut dipublish dalam artikel Science Advances yang menunjukan banyaknya akumulasi serpihan plastik pada sedimen dasar laut California's Santa Barbara dihitung sejak tahun 1834 sampai 2009 dan peneliti mengungkapkan sejak tahun 1945 jumlah plastik di sedimen dasar laut meningkat secara eksponensial (berkali-kali lipat) setiap 15 tahun. Kemudian pada tahun 2010 studi dilanjutkan dan menemukan fakta bahwa jumlah mikroplastik pada sedimen dasar laut meningkat 10x lipat dibandingkan tahun 1945 tepatnya sebelum perang dunia ke-2 dimulai.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Illustrasi bagan anthropocene sebagai materi dasar ilmu arkeolog

Jennifer Brandon juga mengatakan penemuan plastik pada sedimen ini membantu mendasari terjadinya penambahan pada baganAnthropocene. Yakni bagan yang menunjukkan urutan masa-masa ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem Bumi. Penemuan fakta bahwa akumulasi mikroplastik meningkat berkali-kali lipat setelah perang dunia ke-2 dimasukkan kedalam sub kategori Anthropocene yang dinamakan “The Great Acceleration”

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan

Berdasarkan penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa sekitar 4.800.000.000 hingga 12.700.000.000 ton sampah plastik rupanya masuk kedalam lautan seluruh dunia tiap tahunnya dan kedepannya jumlahnya selalu meningkat. Pada 2015 saja tercatat ada 400 juta ton plastik yang diproduksi di Amerika Serikat. Peneliti juga memprediksi sesuai model pengukuran ini bahwa peningkatan produksi plastik justru semakin meningkat lagi hingga tahun 2025.

“Pada akhirnya miliaran sampah plastik tersebut akan terendapkan dalam sedimen dan pada peradaban manusia selanjutnya akan menemukannya. Sebab sampah plastik tidak dapat didekomposisi alam bahkan dengan bakteri dekomposer didalam tanah sekalipun” Ujar Jennifer Brandon.

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Serpihan plastik (Microplastic) yang tidak dapat berubah sampai kapanpun

Allen Burton selaku Eco-Toxicologist dari University of Michigan juga mengatakan bahwa plastik yang masuk ke lautan tersebut memang bisa terburai atau terpecah menjadi serpihan-serpihan plastik kecil (microplastic) namun masalah terbesarnya yaitu sampai ratusan milyar tahun kapanpun mereka tetap plastik, tidak bisa berubah menjadi senyawa anorganik untuk nutrisi organisme dasar laut dan tentunya meracuni.

—oOo—

Waduh miris juga ya fakta dari penemuan baru-baru ini dimana sampah plastik yang kita buang sembarangan akan mengalir ke lautan dan terendapkan dalam sedimen. Dan yang paling buruk yakni sampai kapanpun sampah tersebut tetap menjadi senyawa plastik walaupun terburai-burai menjadi serpihan kecil. Hingga akhirnya pada peradaban manusia zaman selanjutnya mulai menemukan serpihan plastik dan menjadikannya materi pelajaran sejarah baru yakni “Zaman Plastik” duhh kasihan generasi penerus kita!
emoticon-Sorry


Sumber : Disini dan Disini
Sumber gambar : google.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Halaman 1 dari 6
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
05-11-2019 18:27
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
IPAL sendiri sudah beredar di Indonesia sejak tahun 1900-an. Jadi suatu perusahaan besar wajib menyediakan IPAL bila mana usaha yang dilakukannya menghasilkan dampak seperti limbah cair
emoticon-Baby Boy 1


beeuuhh baru tau niich aneee hihihiiii.... jujur pengetahuan ane terhadap ilmu kayak gini masih kurang bangeetttss.... makasih yha gan atas informasinya... mantul mantul
profile-picture
Sianasena12 memberi reputasi
1 0
1
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
28-10-2019 15:54
Balasan post mimpisijack
Quote:Original Posted By mimpisijack
Ngeri.. kasian biota lautnya..
Kita butuh keseimbangan ekosistem


Yups benar sekali gan kita memerlukan keseimbangan ekosistem tetapi sampah plastik sudah terlanjut mencemari ekosistem emoticon-Berduka (S)

Yaudah gan abis itu mampir lagi ya ke thread baru ane! emoticon-Cendol (S)
Quote:Anjay! Pria Ini Mengubah Ampas Kopi & Sampah Plastik Menjadi Sepatu

Ditunggu komentarnya gan! emoticon-Cek PM (S)
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
28-10-2019 15:53
Balasan post bukuqw
Quote:Original Posted By bukuqw


Bonsai pohon beringin yang tingginya cukup 2 meter aja


Oalah ane baru denger sih ternyata ada bonsai yang tingginya 2 meter. Soalnya seumur-umur ane liatnya cuman yang 10-30cm an aja
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
28-10-2019 15:52
Balasan post shoyusushi
Quote:Original Posted By shoyusushi


oocchh ini alat dan caranya yach gan??? kalo IPAL sendiri di Indonesia udah beredar banyak belum??? atau cuma ada di TPA tertentu ajach??


IPAL sendiri sudah beredar di Indonesia sejak tahun 1900-an. Jadi suatu perusahaan besar wajib menyediakan IPAL bila mana usaha yang dilakukannya menghasilkan dampak seperti limbah cair
emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
1 0
1
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
01-10-2019 20:25
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Pohon bonsai bukannya terlalu kecil gan buat ditaruh di pinggir jalan?


Bonsai pohon beringin yang tingginya cukup 2 meter aja
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
01-10-2019 20:15
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Yang pasti membutuhkan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) dalam Jumlah Masif di Kecamatan, Kabupaten, dan bahkan Provinsi untuk mencegah sampah yang mengalir lewat saluran air/got mencapai laut.

ipal


Selain itu dibutuhkan juga teknologi incinerator sampah dengan 5 tahapan filtrasi untuk membakar sampah tanpa menghasilkan polutan. Seperti reppie-waste-to energy plant.

Reppie-waste-to-energy-plant


Oiya gan jangan lupa mampir juga ke thread baru ane buat nambah wawasan, ditunggu komentarnya!


oocchh ini alat dan caranya yach gan??? kalo IPAL sendiri di Indonesia udah beredar banyak belum??? atau cuma ada di TPA tertentu ajach??
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
01-10-2019 12:17
Balasan post bukuqw
Quote:Original Posted By bukuqw


Tanamin aja bonsai atau apa aja ..pot nya yg gede buat di taroh di pinggir jalan trotoar kayak gitu


Pohon bonsai bukannya terlalu kecil gan buat ditaruh di pinggir jalan?
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
01-10-2019 12:16
Balasan post shoyusushi
Quote:Original Posted By shoyusushi


huaduu.... iya juga yahhh....

butuh berapa banyak mesin berteknologi itu supaya bisa mengurai segitu banyak sampah plastik yaahhh
emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry

kita bisa apa nich gann supaya gx terus berlanjut pencemaran ituhh?


Yang pasti membutuhkan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) dalam Jumlah Masif di Kecamatan, Kabupaten, dan bahkan Provinsi untuk mencegah sampah yang mengalir lewat saluran air/got mencapai laut.

ipal


Selain itu dibutuhkan juga teknologi incinerator sampah dengan 5 tahapan filtrasi untuk membakar sampah tanpa menghasilkan polutan. Seperti reppie-waste-to energy plant.

Reppie-waste-to-energy-plant


Oiya gan jangan lupa mampir juga ke thread baru ane buat nambah wawasan, ditunggu komentarnya!

Quote:Wah Indahnya! Ini Dia Bandara "Bintang Laut" Yang Sedang Hot 2019
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
1 0
1
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Lapor Hansip
01-10-2019 11:59
Balasan post azid12353
Quote:Original Posted By azid12353
Tapi yang terburuk yakni bisa menjadi materi pelajaran sejarah terbaru. Dimana akan ada penambahan zaman plastik setelah zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi tertulis dalam buku pendidikan kita. Sungguh sangat mengerikan bila anak cucu kita mempelajarinya menjadi materi dasar ketika belajar dibangku sekolah dasar


Masalah tentang limbah plastik ini sedang marak banget gan. Memang bumi ini sudah darurat dan perlu tindakan lebih lanjut terkait hal ini


Yups betul gan, ane sendiri berharap adanya tindakan lebih lanjut dari tiap-tiap negara di muka bumi ini untuk mengakhiri pencemaran sampah dengan cara yang lebih representatif dan mudah diaplikasikan sehingga tiap-tiap tatanan masyarakat juga bisa ikut serta. Jangan hanya melimpahkan petugas kebersihan dan perusahaan daur ulang limbah plastik saja!

emoticon-Salam Kenal

0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
17-09-2019 19:29
Tapi yang terburuk yakni bisa menjadi materi pelajaran sejarah terbaru. Dimana akan ada penambahan zaman plastik setelah zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi tertulis dalam buku pendidikan kita. Sungguh sangat mengerikan bila anak cucu kita mempelajarinya menjadi materi dasar ketika belajar dibangku sekolah dasar


Masalah tentang limbah plastik ini sedang marak banget gan. Memang bumi ini sudah darurat dan perlu tindakan lebih lanjut terkait hal ini
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
17-09-2019 19:17
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Nah benar itu gan! Yang jadi masalah kalau memang manusia menemukan teknologi pengurai plastik, mampukah teknologi tersebut mengurai total 12.700.000.000 jumlah sampah plastik tiap tahunnya
emoticon-Bingung


huaduu.... iya juga yahhh....

butuh berapa banyak mesin berteknologi itu supaya bisa mengurai segitu banyak sampah plastik yaahhh
emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry

kita bisa apa nich gann supaya gx terus berlanjut pencemaran ituhh?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
14-09-2019 12:55
Quote:Original Posted By flukol
Tanam pohon apa


Tanamin aja bonsai atau apa aja ..pot nya yg gede buat di taroh di pinggir jalan trotoar kayak gitu
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
14-09-2019 10:40
are u need me now?
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 21:39
bener gan, bahkan di kampung ane banyak tumpukan2 sampah plastik. dibakarpun gak menyelesaikan masalah....
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 20:25
duhh... mirisnyee... peninggalan bersejarah kita untuk penerus kita berupa sampah Plastik.. duh ... mengerikan.... dan mengenaskan.. sungguh...
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 16:36
ini semua gara2 oppa plastik dari korea :dor
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 16:14
Klo plastik yg beginian terurai nya lama juga ga ya?

Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
Diubah oleh kaskusadik3000
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 15:40
Plastik sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari bungkus plastik di dapat, dalam beberapa bulan sudah timbul tumpukan plastik kresek. Ketika dibakar seolah-olah plastik sudah habis dan tidak menumpuk lagi, namun lastik hanya berubah bentuk dan malah akan mencemari lingkungan. Suatu saat pasti akan mengancam kehidupan manusia.
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 14:14


Quote:Original Posted By bukuqw
plastik enaknya di pendem jadi 1 sama pot bunga...

Tanam pohon apa
0 0
0
Miris! Zaman Plastik, Prediksi Peninggalan Sejarah Di Masa Depan
13-09-2019 14:13
Di olah dulu jadi bbm emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.