Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d788e4bc820840a430645ce/5-manfaat-mengunyah-permen-karet-salah-satunya-bisa-cegah-gigi-berlubang-gan
Biasanya permen selalu identik dengan hal yang merusak kesehatan. Namun lain halnya dengan yang satu ini, karena ternyata menunyah permen karet bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi atau menyegarkan napas,tapi juga berguna untuk kesehatan mulut, tubuh, sampai pikiran.
Lapor Hansip
11-09-2019 13:03

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Past Hot Thread
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Kalau permen biasanya identik dengan dampak yang kurang baik buat kesehatan, lain halnya dengan permen karet. Permen lengket yang digemari oleh anak-anak dan orang dewasa ini bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi atau menyegarkan napas, GanSis. Mengunyah permen karet ternyata berguna untuk kesehatan mulut, tubuh, sampai pikiran! 

Penasaran gimana aja manfaatnya? Yuk kepoin di bawah!


1. Mencegah gigi berlubang dan bau mulut
Quote:
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Lain halnya dengan permen biasa yang sering dikaitkan dengan masalah gigi, permen karet malah bisa mencegah gigi berlubang, GanSis! Asalkan permen karet yang GanSis kunyah itu yang bebas gula, ya. 

Mengunyah permen karet akan memicu produksi air liur dalam mulut. Air liur ini bekerja membersihkan sisa makanan di celah-celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, juga membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang. 

Air liur ini juga bisa mencegah bau tidak sedap pada mulut. Bau mulut bersumber dari gigi berlubang yang membusuk, kotoran pada mulut, juga zat yang dihasilkan dari pencernaan bakteri. Produksi liur yang meningkat akan menjaga mulut dan gigi agar tetap bersih dari bakteri dan kotoran sehingga GanSis terhindar dari bau mulut. 


2. Meningkatkan fungsi otak
Quote:
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Menurut penelitian, makan permen karet selama beraktivitas bisa meningkatkan kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

Memang belum bisa dipastikan apa sebenarnya hubungan mengunyah permen karet dengan fungsi otak. Namun, para peneliti meyakini kalau mengunyah permen karet bisa meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak, sehingga otak bekerja secara optimal.


3. Membantu menurunkan berat badan
Quote:
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Betul, GanSis! Mengunyah permen karet bisa membantu kalian yang ingin menurunkan berat badan! Sebuah studi kecil-kecilan menemukan bahwa permen karet bisa mengurangi napsu makan, dan mencegah kita ngemil terlalu banyak. Rasa manis yang ada pada permen karet  dinilai bisa memuaskan keinginan kita untuk makan yang manis-manis. Menurut studi tersebut, mengunyah permen karet setelah makan siang terbukti mengurangi keinginan ngemil hingga 10%.

 
Selain itu, mengunyah permen karet juga terbukti bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian menemukan kalau seseorang yang mengunyah permen karet akan membakar 19% lebih banyak kalori dibandingkan mereka yang tidak.


4. Mencegah refluks asam lambung
Quote:
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Refluks asam lambung adalah kejadian di mana asam lambung naik menuju kerongkongan hingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Gejala utamanya adalah perih pada perut serta rasa asam pada mulut.

Air liur kita punya pH yang sifatnya basa, Sehingga, produksi air liur yang meningkat saat mengunyah permen karet bisa menetralisir asam lambung yang naik ke kerongkongan. Iritasi yang dirasakan pada kerongkongan pun akan berkurang.


5. Mengurangi stres dan rasa cemas
Quote:
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!

Mengunyah permen karet bisa mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicu stres dan perasaan cemas. Selain itu, kegiatan mengunyah juga secara alami bisa memberikan efek menenangkan. Mereka yang terbiasa menggigit kuku saat cemas bisa mengganti kebiasaan mereka ini dengan mengunyah permen karet, karena akan memberi efek yang sama.


Wahh ternyata banyak banget nih manfaat makan permen karet. Mulai sekarang selalu sedia ah di kantong. 

Referensi



Diubah oleh n0404
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 7
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
26-09-2019 20:12
gitu ya gan.. ane baru tau nih ternyata ada manfaatnya.. tapi kalau kelamaan ngunyah permen karet yaa gampang aus jadinya mulut.. btw makasih banyak sudah mau berbagi informasi di marih gan emoticon-Toast
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
26-09-2019 20:34
asal jangan berlebihan dan bebas gula
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
27-09-2019 20:59
Tapi gula dari permen karet bukanya bisa ngerusak gigi yah gan? Tapi emang bener si ane ngerasain kalo makan permen karet waktu sebelum ujian bisa lebih fokus gitu
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
29-09-2019 16:00
Weeeehh padahal permen karet itu kan permen ya gan kok bisa yaa hahaha
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
29-09-2019 16:01


Quote:Original Posted By hasya429
Tapi gula dari permen karet bukanya bisa ngerusak gigi yah gan? Tapi emang bener si ane ngerasain kalo makan permen karet waktu sebelum ujian bisa lebih fokus gitu


Nahhh ini juga nih ane bingung kan ada gulanya. Permen karet pun tetep permen kan gan. Mungkin abis itu kumur baru bisa kali yaa disebut menghindarkan dari rusaknya gigi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
29-09-2019 16:02


Quote:Original Posted By queenofchicken
ane suka ngunyah permen karet sampe rasanya udah tawar wkwk tapi emang jadi mencegah ane untuk ngemil


Hahahahhahahaa ane tau ni sampe putiiih gitu yaaa ane juga gitu sist samaan kita hahahah
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
29-09-2019 16:02


Quote:Original Posted By raliakbarrr
gitu ya gan.. ane baru tau nih ternyata ada manfaatnya.. tapi kalau kelamaan ngunyah permen karet yaa gampang aus jadinya mulut.. btw makasih banyak sudah mau berbagi informasi di marih gan emoticon-Toast


Betuuul setuju ane kenapa ya bisa gitu kalo kebanyakan ngunyah bikin haus gmmm.
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
30-09-2019 22:39
Waaaahhhhhh informasi yang menarikkkk sekaliii nihhhh

sangattt bermanfaattt buat kita kita yang baru tau dengan hal ini

benar benar menambah pengetahuan ane sih

naisss tritttt
lanzotkeunnn
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
30-09-2019 22:39
padahal yaaaa kalo pemikiran orang awamm kako makan permen, apalagi ngunyahnya lama gitu ya bisa aja bikin gigi rusak yeshhhh gannnn
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
30-09-2019 23:26
baru tau kalau ngunyah permen karet bisa hindari gigi berlubang.. btw makasih gan info nya, sangat informatif dan menambah wawasan emoticon-Shakehand2
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
30-09-2019 23:53
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat edukasi jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
30-09-2019 23:55
Quote:Original Posted By lintanghaef
Hahahahhahahaa ane tau ni sampe putiiih gitu yaaa ane juga gitu sist samaan kita hahahah


iyaa, dan walaupun udah gak ada rasanya tetep aja gitu dkunyah terus
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
31-10-2019 12:46
Bener sih, ane kadang kalo laper pengen nyemil ya nyemil permen karet aja sampe rasanya tawar. Bikin jadi lupa kalau laper dan pengen nyemil yang lain gitu emoticon-Big Grin
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
05-11-2019 15:43
lama tak kunyah
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
05-11-2019 15:44
Quote:Original Posted By 7uniar
asal jangan berlebihan dan bebas gula


Saya sih yess
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
Lapor Hansip
05-11-2019 17:32
Balasan post lintanghaef
Quote:Original Posted By lintanghaef




Nahhh ini juga nih ane bingung kan ada gulanya. Permen karet pun tetep permen kan gan. Mungkin abis itu kumur baru bisa kali yaa disebut menghindarkan dari rusaknya gigi.


Ane udah lama banget gak ngunyah permen karet tapi seinget ane rasa manis pada permen karet itu cuma pas awal makan aja, sebentar dikunyah-kunyah lama-lama hilang manisnya. Nah mingkin permen karet yang udah gak berasa manisnya itu yang bisa mencegah gigi berlubang kali ya gan.
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
06-11-2019 12:02
Kalau kata saya sih mengunyah permen karet itu CHILL.
Bikin jadi kalem, santuy, sans, atau apalah itu.
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
06-11-2019 12:05
ane kalau ngunyah permen karet jadi emosian
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
06-11-2019 12:09
Quote:Original Posted By yuswijaya
ane kalau ngunyah permen karet jadi emosian


Ane malah emosian kalo ngeliat orang yang lagi ngunyah permen karet
0 0
0
5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Cegah Gigi Berlubang, Gan!
06-11-2019 12:10
gw sering banget makan permen karet terus tiba² ketelen gitu aja emoticon-Hammer
jadi sekarang sih lebih baik menghindari aja walaupun gigi gw suka gatel emoticon-Embarrassment
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia