alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d773a8788b3cb6f6b3dc8e1/suka-pinjam-dan-pakai-helm-bergantian-waspada-bahayanya-gan
Lapor Hansip
10-09-2019 12:54
Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!
Past Hot Thread
Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!

Bagi Agan yang suka nebeng motor teman atau naik ojol, pasti Agan sering kan pakai helm pinjeman? Nah, hati-hati, Gan, meskipun sepele, ternyata memakai helm secara bergiliran itu bisa berbahaya dan menularkan penyakit! Terutama bagi pelanggan ojol nih, yang bergiliran memakai helm sama ratusan orang yang nggak dikenal. Iih ngeri... apa aja sih penyakitnya?


1. Kutu rambut

Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!

Kutu rambut bisa hidup di kepala, alis, bahkan bulu mata seseorang. Kutu rambut akan menimbulkan rasa gatal karena memakan darah manusia. Jika terus digaruk, maka kulit kita bisa terluka.

Kutu rambut ini mudah banget menular, Gan,  salah satunya lewat helm. Kutu bisa loncat dari helaian rambut ke tali pengait atau bagian dalam helm dan singgah di sana. Nah, kalo Agan lagi apes dan dapet helm yang sebelumnya dipakai sama orang yang punya kutu rambut, udah pasti Agan bakal ketularan.

2. Kurap

Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!

Kurap adalah salah satu jenis infeksi kulit kepala yang disebabkan oleh jamur dermatofita. Infeksi ini bisa menimbulkan bercak merah berbentuk cincin dan bersisik pada kulit kepala. Selain menyebabkan gatal, kalo nggak diobati, infeksi ini bisa berujung pada kebotakan! Kurap bisa menular melalui benda-benda milik orang yang terinfeksi, salah satunya dari helm.

3. Kudis

Suka Pinjam dan Pakai Helm Bergantian? Waspada Bahayanya, Gan!

Kondisi ini terjadi akibat serangan parasit jenis Sarcoptes scabiei var. Hominis pada lapisan kulit. Parasit ini bisa menempel pada kulit, lalu masuk ke dalam sela-sela kulit dan bertelur di dalamnya! Kulit yang terkena parasit ini akan terasa gatal dan akan muncul ruam merah.

Sama seperti kurap, kudis juga bisa tertular dari benda yang biasa dipakai oleh orang yang terinfeksi, seperti baju, handuk, sisir, dan...yap, helm!

4. Terinfeksi bakteri staphylococcus

Bakteri Staphylococcus biasa ditemukan pada kulit atau hidung orang sehat. Namun, bila jumlahnya berlebihan, bakteri ini akan menyebabkan penyakit yang dinamakan impetigo. Impetigo adalah infeksi yang menimbulkan lenting kemerahan gatal yang bisa pecah kapan aja. Bakteri staph ini nggak boleh dianggep sepele, karena  bisa mengancam nyawa bila infeksinya udah memasuki aliran darah dan sampai ke paru-paru atau jantung. Memakai helm orang lain—terlebih orang yang gak dikenal—bisa meningkatkan risiko terinfeksi bakteri ini

 
Gimana cara mencegahnya?

Cara mencegahnya sih, simpel aja, Gan. Selalu sedia helm sendiri waktu mau nebeng motor temen atau naik ojol. Atau, selalu pakai hair cap(penutup rambut) sebelum memakai helm orang lain, supaya kulit kepala kita terlindungi.


Diubah oleh benben98
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
10-09-2019 14:08
Quote:Mau baca blog ane?
Novum Organum Scientarium & Makna "Pilar Herkules-Plus Ultra" di Logo Timnas Spanyol
Proposisi Euklides I.47, Segitiga Freemasonry yang Sebenarnya (Dijamin bukan Cocoklogi!!!)
Bapak Geometri Euklides yang Misterius & Karyanya yang Berpengaruh Euclid’s Elements




Quote:Original Posted By benben98

Gimana cara mencegahnya?

Cara mencegahnya sih, simpel aja, Gan. Selalu sedia helm sendiri waktu mau nebeng motor temen atau naik ojol. Atau, selalu pakai hair cap(penutup rambut) sebelum memakai helm orang lain, supaya kulit kepala kita terlindungi.



nice inpo gan emoticon-2 Jempol
hmm.....kalau yg pakai jilbab berarti udah pakai hair cap emoticon-Ngacir2
0
10-09-2019 17:15
yawlaa tahun 2019 masih ada yg kutuan ya? klo ngalami rambut kutuan coba agan konsultasi ke dokter di Halodoc aja gan. kutu ini susah2 gampang ilangnya euy. daripada bingung, obat kutunya juga pasti bisa agan beli di Halodoc dan dianterin ke rumah lho.
0
11-09-2019 12:43
beli hair cap itu dimana ya?
profile-picture
profile-picture
diandraps dan ryuu14 memberi reputasi
2
11-09-2019 12:59
ini alesan ane gapernah mau minjemin helm ke orang dan gamau pake helm orang lain. kalo naik ojol pun ane lindungin pake pasmina dulu. apalagi kulit ane sensitif banget, bisa modyar anee garuk garuk mulu
0
11-09-2019 13:35
makannya di ojek online dikasih penutup kepala sebelum pake helmnya
0
11-09-2019 13:35
Quote:Original Posted By buraku78
beli hair cap itu dimana ya?


Di apotek kadang ada yg jual gan
0
11-09-2019 14:44
ane sering bet ngasi helm ojol karena ane ojol. pantes beberapa cwe kaga mau pake. lbh plih safety lenyap ketimbang kena kutu.

pdhl tiap mnggu ane cuci tu helm dah.
0
11-09-2019 14:47
kudu pake kantong plastik buat nutup kepala. biar kutu dan ketombe org lain ga nyebar
0
11-09-2019 15:11
ketombe jg paling parah sih
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
11-09-2019 18:59
Pake topi memakai helm
0
11-09-2019 19:05
awas ketuker kepalanya
0
11-09-2019 20:07
Ternyata banyak banget bahayanya, terutama penyakit kulit. mending pakai helm masing-masing emoticon-Big Grin
0
11-09-2019 21:10
makasih banget gan sudah mau berbagi ilmu di marih, ane jadi nambah wawasan baru nih, mungkin para pembaca disini juga sama kaya ane. semoga thread bagus yang lainnya nyusul yaa. ane bantu rate,komen ama cendol nihh
0
11-09-2019 21:24
alhamdulillah selama aplikasi ojol keluar sampai sekarang nggak pernah kena penyakit apa2 padahal ane sering bgt naik emoticon-Cendol Gan

tp ngeri juga sih awal2.. kl agan bagaimana?
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
11-09-2019 21:30
akhirnya ada yang menyuarakan ini lewat tulisan....

karena ane udah ngerasa risih dari dulu gan kalo orang pada ganti gantian minjem helm.....

karena emang rentan banget penularan penyakit lewat media helm ini....

sama kayak kalo kita pinjem pinjeman handuk
Diubah oleh shoyusushi
0
11-09-2019 22:57


Quote:Original Posted By buraku78
beli hair cap itu dimana ya?


mungkin alternatifnya bisa pakek buff gan, banyak tersedia di toko peralatan outdorr emoticon-Jempol
0
11-09-2019 22:58


Quote:Original Posted By h.stuck
alhamdulillah selama aplikasi ojol keluar sampai sekarang nggak pernah kena penyakit apa2 padahal ane sering bgt naik emoticon-Cendol Gan

tp ngeri juga sih awal2.. kl agan bagaimana?


haha kalo ane ngerinya cuma di kutu si gan wkwk, soalnya klo kena kutu itu bersihinnya susah dan bikin sebel juga emoticon-Sorry
0
11-09-2019 23:02
bner bgt kata Ts si, bawa helm sendiri jadi alternatif. kepala orang gk tau, apalagi klo ojol. udah kena berapa kepala itu tiap harinya. gk semua orang menjaga kebersihan dengan baik juga
0
11-09-2019 23:25
iyaaaa... ane pun ga suka pake helm gantian... sukanya yg pny sendiri... nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.