News
Batal
KATEGORI
link has been copied
362
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d76ecf1c0cad7724a5b11a0/susy-audisi-pb-djarum-eksploitasi-anak-itu-keliru
Legenda bulutangkis Susy Susanti Prihatin dengan dihentikannya audisi umum PB Djarum di 2020. Menurut Susy, eksploitasi anak-anak tidaklah tepat. Simak penuturan selengkapnya.
Lapor Hansip
10-09-2019 07:23

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

Past Hot Thread
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


Purwokerto - Legenda bulutangkis Susy Susanti Prihatin dengan dihentikannya audisi umum PB Djarum di 2020. Menurut Susy, eksploitasi anak-anak tidaklah tepat.

PB Djarum mengumumkan penghentian audisi umum mulai tahun depan. Audisi tersebut digelar setiap tahun sejak 2006 untuk mencari bibit-bibit pemain bulutangkis.

Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan salah satu jebolan audisi umum PB Djarum. Kevin saat ini merupakan ganda putra nomor satu dunia bersama Markus Fernaldi Gideon.

Keputusan PB Djarum menghentikan audisi umum dipicu kisruh dengan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). PB Djarum dituding mengeksploitasi anak-anak demi kepentingan promosi produk rokok.

Susy mengatakan jika melalui ajang audisi seperti ini banyak sekali orang tua yang akhirnya mempunyai mimpi agar anaknya bisa menjadi juara dunia. Bahkan banyak diantara mereka berangkat dari keluarga yang kurang mampu.

"Saya juga sebagai mantan atlet, juga mengawali dari audisi seperti ini," kata Susy kepada wartawan di GOR Satria Purwokerto, Senin (9/9/2019).

"Kembalikan lagi ke masyarakat, apakah masyarakat merasa bahwa kalau kita memberikan prestasi itu eksploitasi. Jadi saya rasa agak keliru ya, karena ternyata eksploitasi itu justru kita menghasilkan satu prestasi," lanjut dia.

"Dengan kita mengadakan audisi ini akan semakin terpantau bibit-bibit yang potensial. Untuk membina itu kan tidak instan yang tidak dalam jangka waktu yang pendek, tapi kita butuhkan waktu yang betul-betul cukup panjang," jelas Susy.

"Tapi disatu sisi dengan adanya kegiatan positif ini, ada yang menghambat kita. Kita juga pastinya prihatin ya," ucap mantan atlet yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI itu.

Sumber: https://sport.detik.com/raket/d-4699...ak-itu-keliru

Soal KPAI dan PB Djarum, Kak Seto: Seharusnya Tak Perlu Gaduh Begini

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


Jakarta - Psikolog anak Seto Mulyadi angkat bicara mengenai polemik yang terjadi antara Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan PB Djarum. Ia menilai isu audisi umum bisa dituntaskan dengan tenang.

Seperti yang telah ramai diberitakan, PB Djarum memutuskan menyetop penyelenggaraan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis-nya per tahun depan. Langkah ini diambil untuk meredam polemik eksploitasi anak.

PB Djarum dituding KPAI melakukan eksploitasi terhadap anak lewat ajang audisinya. KPAI berpegangan pada undang-undang di mana perusahaan rokok dilarang menampilkan logo, merek, atau brand image produk tembakau dalam menyelenggarakan kegiatan.

"Harusnya nggak usah dibuat ramai, duduklah bersama-sama. Bahwa Djarum sudah berjasa banyak, bisa mencetak atlet-atlet internasional di bidang bulutangkis, oke, itu benar, harus diakui secara jujur," ujar pria yang akrab disapa Kak Seto tersebut saat dihubungi detikcom, Senin (9/9/2019).

"Tapi kemudian bahwa Djarum juga melakukan pelanggaran terhadap regulasi, itu juga harus dibuka, tidak ditutup-tutupi. Dipecahkan sekarang bagaimana jalan keluarnya."

"Ini sebetulnya kan, memang sudah ada peraturannya, dari PP no 109 tahun 2012, pasal 36 ya. Jadi sudah ada ketentuan begitu. Sehingga apapun juga yang menyangkut rokok ini kalau mensponsori satu kegiatan, sebagai CSR (Corporate Social Responsibility), tidak boleh dipampangkan."

"Nah ini sudah bertahun-tahun, Djarum ini membina tetapi dengan memakai logo itu, logo Djarum. Dan orang tahu kalau logo Djarum itu, dengan huruf D dan J itu ya bukan apa-apa lagi selain itu memang rokok. Nah, intinya KPAI hanya sekedar mengingatkan, coba memohon untuk mematuhi undang-undang," sambung Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) ini.

Banyak pihak menyayangkan bahwa KPAI baru mengangkat persoalan ini sekarang, sementara audisi umum PB Djarum sudah digelar sejak 2006. Kak Seto menilai kelengahan semua pihak selama ini tak bisa dijadikan pembenaran untuk pelanggaran terus dilakukan.

"Nah, sekarang sudah menyadari itu kan harusnya berterima kasih. Jangankan KPAI, kita semua terlena kok. Pemerintah juga terlena. Justru KPAI sadar, loh ini ada salah, harus dikoreksi," tuturnya.

"Kalau ada sesuatu yang dikoreksi, walaupun (sudah jalan) lama, terus kita baru sadar, terus ada orang yang mengingatkan, itu nggak boleh disalahkan dong. Jadi intinya, kita harus berterima kasih karena KPAI mengingatkan kita semua," ujar Kak Seto.

Pemerintah Harus Turun Tangan

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


Kak Seto menyebut bahwa sebetulnya persoalan ini adalah problem PB Djarum dengan pemerintah. Pemerintah mesti memberikan jalan keluar, entah ikut mengimbau PB Djarum mengikuti undang-undang yang ada atau malah mengubah aturan tersebut.

"Sebenarnya masalahnya itu Djarum dengan regulasi, dengan pemerintah. Jadi harusnya segera diambil alih oleh pemerintah atau Menpora. Kalau memang dibolehkan (logo Djarum dipasang), peraturan yang tahun 2012 itu harus diganti dulu oleh Pak Jokowi. Tapi kalau tidak, itu sudah menjadi peraturan pemerintah," ujar Kak Seto.

Kak Seto juga mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk ikut mendanai pembinaan olahraga nasional. Sekali lagi ia berharap PB Djarum tidak terlalu 'baper' soal imbauan KPAI.

"Iya (setuju mendorong perusahaan lain ikut berkecimpung). Ini kalau memang dari PB Djarum ini menyatakan keberatan kalau tidak boleh memampangkan logonya, ini kan sudah lama dilarang kan, tahun 2012. Kalau kemudian sekarang kita disadarkan, bicara diantara pihak-pihak tadi. Intinya, ayolah kita bicarakan dengan tenang, dengan penuh kekeluargaan, dan win-win solution," ujarnya. (raw/rin)


Sumber: https://sport.detik.com/raket/d-4699...u-gaduh-begini

---

Hmm.. sebenarnya kalau tujuannya positif kenapa harus dilarang-larang.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oliver28 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Halaman 1 dari 19
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:31
turut berduka
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan erwinwta memberi reputasi
2 0
2
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:31
ada yang kurang kerjaan kayanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:31
Debat boleh yang penting NKRI harga mati
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:31
ta kira Susi menteri Kelautan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mindhaze dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:32
Kpai itu mengeksploitasi anak, menggunakan kata anak untuk dapat dana dari pemerintah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tegartsaputra dan 37 lainnya memberi reputasi
37 1
36
Lihat 5 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:32
yah kalo anaknya seneng dan gak ada efek negatif yang besar yah kenapa enggak
profile-picture
profile-picture
benzodyssey dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:32
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu KeliruSusy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


Ke mana suara KPAl saat liat berita di bawah ini???

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu KeliruSusy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu KeliruSusy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

AKHIRNYA INDONESIA AKAN KRISIS ATLET BTemoticon-Berduka (S)Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu KeliruSusy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


KPAI JAUHI URUSI BULUTANGKIS, PELOTOTI WARUNG ROKOK SAJA!

KPAI tidak usah ikut-ikutan ngurusin bulutangkis. Tidak ada eksploitasi anak di PB Djarum. Yang menyelenggarakan pembinaan olahraga bulutangkis itu Djarum Foundation. Bukan pabrik rokoknya. Djarum sudah 50 tahun membina bulutangkis. Tanpa Djarum tak akan lahir Lim Swie King, Hastomo Arbi dan generasi pertama setelah Tan Joe Hok.

KPAI tidak usah gaya-gayaan sok bermoral. Sok pakai undang-undang. Tidak usah mengurus audisi bulutangkis. Bahkan dalam pembinaan bulutangkis di Djarum sana, anak didik yang kedapatan merokok pasti dikeluarkan. Out. DO. Terlepas dari Djarum menjual rokok. Pun tidak ada satu pun mantan anak didik Djarum menjadi bintang rokok. Tidak ada satu pun.

KPAI mendingan mengurus anak-anak perokok. Mengurus warung rokok yang menjual rokok kepada anak-anak sekolah. Pantengi tuh warung-warung, kios-kios, toko yang menjual rokok dan alkohol ke anak-anak. KPAI tidak usah belagu sok suci mengurusi bulutangkis.

Plototi juga tuh para pengemis di perempatan jalan. Rebut dan ambil anak yang disewakan oleh orang tuanya untuk mengemis. Bukan anak-anak seusia 12 tahun, seperti para bibit pemain bulutangkis. Itu anak-anak bayi. Orok. Terpapar knalpot. CO2. Debu. Hujan. Panas. KPAI tidak peduli karena tidak ada duitnya anak-anak itu. Mereka kelompok terbuang.

KPAI tidak punya rasa nasionalis sama sekali. KPAI menjadi organisasi yang bebal. Ingin tampil. Ingin pamer. Sok pamer kekuatan. Padahal yang dilakukan KPAI hanyalah upaya untuk menggembosi olahraga bulutangkis. KPAI ingin agar dunia olahraga Indonesia memble, bobrok, tidak berprestasi seperti sepakbola. PB Djarum telah mengambil alih tanggung jawab membina olahraga bulutangkis.

Dan, hanya bulutangkis yang konsisten menyumbang medali emas di OLIMPIADE. Artinya PB Djarum dan PB PB lain mengambil peran dan menyumbang puluhan miliar rupiah untuk mendidik anak-anak yang memiliki bakat bermain tepok bulu angsa ini.

KPAI mendingan membubarkan diri saja. Tidak ada gunanya sama sekali KPAI ada di Indonesia. Karena KPAI tidak mengurus hal yang pokok. Anak-anak jalanan. Bayi-bayi di pinggir jalan. Memeriksa anak-anak yatim kelaparan di panti asuhan.

KPAI harusnya memeriksa PAUD atau SD yang mengajarkan anak-anak untuk membunuh. Mengajarkan kebencian. Mengajarkan benci kepada NKRI. Anak-anak yang secara psikis dididik oleh para guru bigot, yang hasilnya membenci NKRI. Urus itu. Tak usah urusi bulutangkis.

Bisa jadi KPAI menjadi bagian perjuangan kelompok tertentu yang ngawur. Kelompok yang mendorong kisruh. Tidak bijaksana melihat suatu kasus. Tidak bisa membedakan Djarum Foundation dan Pabrik Rokok Djarum. Hanya karena namanya Djarum dan Djarum adalah gudangnya duit. Yang punya adalah orang terkaya di Indonesia. Punya BCA segala. Maka dengan entengnya KPAI menyasar Djarum. Dan yang dihantam soal audisi bulutangkis.

Sekali lagi, KPAI nggak usah mengurus soal audisi bulutangkis. Saya jamin tidak ada eksploitasi anak dari sejak audisi, pembinaan, pelatihan, dan bahkan setelah menjadi pemain. Daripada melihat pembinaan bulutangkis di PB Djarum hilang, mendingan KPAI dibubarkan saja. Tidak berguna sama sekali KPAI. (Penulis: Ninoy N Karundeng).
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

Quote:Original Posted By mudah dihafal
ane mampir pajang eni aja.......

emoticon-Imlek




KPAI Bilang Tidak Ingin Hentikan Audisi PB Djarum, tapi Suratnya Bicara Berbeda
9 September 2019
https://mojok.co/red/rame/kilas/kpai...icara-berbeda/

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru






Audisi Umum PB Djarum Ditiadakan Tahun Depan, Ini Alasannya
Sabtu, 7 September 2019
https://www.bolasport.com/read/31184...-ini-alasannya

"Saya mengusulkan nama event-nya diganti dan kata Djarum ditiadakan. Selain itu, anak-anak yang menjadi peserta juga tidak akan diberikan kaos bertuliskan Djarum dan mereka memakai kaos yang dibawa sendiri," kata Yoppy.
Namun, KPAI menolak usulan tersebut. Mereka meminta pelaksanaan audisi umum steril dari brand Djarum.







Yayasan Lentera Anak Akui Dapat Donasi dari Bloomberg Initiative
09/09/2019
https://today.line.me/id/pc/article/...tiative-NEn6gO

Ketua Yayasan Lentera Anak, Lisda Sundari mengakui organisasinya mendapat suntikan dana dari Bloomberg Philanthropies terkait kampanye anti tembakau atau rokok. Namun yayasannya bukan satu-satunya organisasi yang mendapat donasi dari yayasan milik Michael R Bloomberg tersebut.

Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


emoticon-Imlek



emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By ustad.syam
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

sudah dikatakan anies

cebong gak percaya sih
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru

Bata only! emoticon-Bata (S)
Diubah oleh hawk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 46 lainnya memberi reputasi
6 41
-35
Lihat 2 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:33
Ini kekurangan orang indonesia... Beraninya di media, bukannya duduk bersama musyarawah tentunya di fasilitasi pemerintah, klo udah viral aja baru pada respek...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:33
"seharusnya tak perlu gaduh begini"


ada api ada asaplah kak
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:33
KPAI ga dapet sponsoran apa?
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:33
HT di trit 0 post?
emoticon-Leh Uga

-------------
Kan biaya dari Djarum..
Masa iya pake nama Indomie..

Coba cari perusahaan yg mau sponsor beasiswa olahraga tapi nama perusahaan nya gak boleh dicatut..

====
Edit: atas ane cepet bgt emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh Madthink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:34
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru


masih dipantau emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:34
Susy angkat bicara
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:34
maju ke meja hijau aja dah
kasih tuntutan berat
kalo ga bisa penuhin, mending bubarin ajaemoticon-Leh Uga
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:34
numpang tenar tuh KPAI.. 🤣🤣🤣
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:35
Tahun depan KPAI yang akan menyelenggarakan Audisi .emoticon-Cool
Tapi entahlah audisi apa emoticon-Bingung
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:35
lah udah bagus ada yg mensponsori pencarian prestasi dalam bidang olahraga
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:35
antek rokok kretek emoticon-Leh Uga
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:36
oh KPAI..
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Susy: Audisi PB Djarum Eksploitasi Anak? Itu Keliru
10-09-2019 07:36
Kasus anak-anak yang nyatanya harus dilindungi kemana KPAI ? Mungkin karena gak ada hubungan dengan perusahaan besar dan gak ada popularitasnya jadi gak diurusi.
0 0
0
Halaman 1 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia