alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7650182637726e33778ae1/perang-boer--imperialisme-kulit-putih-atas-kulit-putih-di-benua-hitam
Lapor Hansip
09-09-2019 20:14
Perang Boer : Imperialisme kulit putih atas kulit putih di benua hitam
Past Hot Thread




Perang Boer I & II



VOC adalah sebuah organisasi dagang multinasional yang berbasis di Belanda yang terkenal akan kesuksesannya dalam melakukan perdagangan khususnya rempah rempah.  Untuk bisa mendapatkan rempah, VOC harus menempuh perjalanan yang jauh melintasi lautan yang bisa berbulan bulan lamanya untuk mencapai koloninya di kepulauan nusantara. untuk itu VOC mendirikan sebuah tempat persinggahan di ujung selatan pulau afrika yang disebut sebagai tanjung harapan dan selanjutnya VOC menjadikan koloni di daerah tersebut dengan nama Kaapkolonie (cape  colony). Sejak saat itu banyak sekali pemukim yang datang dari Belanda dan mencoba peruntungannya di daerah ujung tanduk selatan afrika tersebut. Para pemukim ini kebanyakan bekerja sebagai petani yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai boer (dibaca “bur”). Selain sebagai petani, mereka juga bekerja sebagai pemburu, pedagang budak, serta membuka beberapa peternakan. Mereka berbicara dan memiliki akar kebudayaan belanda yang kental. 



Orang Boer



Pada masa perang napoleon, Belanda di duduki oleh Prancis akibat kekalahan mereka dalam perang yang praktis wilayahnya serta seluruh koloninya diduduki oleh Prancis tak terkecuali Kaapkolonie bahkan sampai kepulauan nusantara. sebagai rival Prancis, Inggris dengan cepat melakukan pendudukan wilayah Kaapkolonie yang dulunya merupakan koloni kerajaan Belanda. Orang Boer yang sudah sejak lama menghuni kawasan Kaapkolonie merasa tidak berkeberatan awalnya dengan kedatangan Inggris, mereka terbiasa hidup bebas di Afrika menjalankan bisnis serta kehidupannya. Namun hal tersebut berubah ketika Inggris mulai ikut campur urusan orang Boer. Inggris memaksa penduduk Boer yang berbahasa Belanda untuk berbahasa Inggris sebagai bahasa resmi, selain itu mereka juga dipaksa membayar pajak serta menghentikan bisnis perdagangan budak yang sudah sejak lama mereka lakukan. Penduduk Boer yang tidak mau tunduk dengan peraturan Inggris tersebut melakukan migrasi ke kawasan pedalam Afrika Selatan diluar pendudukan Inggris. Peristiwa itu dikenal sebagai Groot Trek (Great Track) dan menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka. Rombongan tersebut terbagi atas dua gelombang dan menghuni kawasan yang berlainan. Mereka mendirikan negara merdekanya dan terbagi atas dua negara merdeka yaitu OVS (Orange Vrij Staat) dan ZAR (Zuid Africansche Republiek) yang dikenal sebagai Republik Transvaal.


Orang dari OVS



Keberadaan kedua negara merdeka tersebut awalnya tidak menjadi prioritas Inggris karena banyak yang harus mereka persiapkan dalam mengelola daerah koloni baru mereka yaitu Cape Town. Namun kondisi tersebut berubah pasca rumor yang menyatakan di hulu sungai Oranje (OVS) dan sungai Vaal (ZAR) ditemukan kandungan mineral berharga berupa berlian. Hal itu yang membuat Inggris mulai menaruh perhatian terhadap dua negara tersebut. Hasrat Inggris untuk menguasai kedua negara merdeka tersebut semakin dimudahkan ketika pada tahun 1877 ZAR dimasukan dalam wilayah Inggris akibat krisis ekonomi yang dihadapi oleh ZAR dan kegagalan negara tersebut dalam mengelola keuangannya. Praktis di wilayah ZAR berlaku hukum yang ditetapkan oleh Inggris. Peristiwa dramatis terjadi ketika pada tahun 1880 terjadi penyitaan barang milik seorang Boer bernama Piet Bezeidenhout akibat menunggak pajak. Ia beranggapan pajak yang diberlakukan oleh Inggris teralu tinggi sementara bisnis perbudakan yang dilakukannya ditutup oleh Pemerintah Inggris. Penyitaan itu beruntut panjang ketika barang yang disita tersebut dilelang oleh pemerintah Inggris. Sekelompok orang yang diketuai oleh Piet berusaha untuk mengambil barang barang tersebut dari tempat lelang. Hal tersebut menyebabkan terjadinya baku tembak antara gerombolan piet dengan tentara Inggris. Secara spontan masyarakat Boer lainnya mengangkat senjata dan memberontak melawan pemerintah Inggris. Hal tersebut menandai dimulainya Perang Boer I.



milisi Boer





Pertempuran menjalar secara cepat di seluruh wilayah ZAR. Orang Boer memobilisasi masa dalam jumlah besar bersenjatakan senapan dari ringan sampai berat. Orang Boer dikenal dengan kemampuannya dalam mengoperasikan senapan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan mematikan. Mereka terbiasa mempertahankan dirinya di medan keras seperti afrika sehingga berperang bukan hal yang sulit bagi mereka. Orang Boer berperang menggunakan pakaian sipil persis seperti yang digambarkan dalam film bertemakan wild west. Mereka bertempur dengan gigih dan menerapkan perang gerilya. Mereka lebih megenal medan di Afrika daripada tentara Inggris. Di lain pihak tentara Inggris terbiasa bertempur dalam formasi kaku dengan tingkat akurasi prajuritnya yang rendah dan mereka merupakan rekrutan baru yang belum terbiasa berperang. Ditambah lagi pakaian tentara Inggris yang berwarna cerah sebagai contoh pasukan red coat inggris memakai pakaian merah terang dengan bawahan merah yang sukses menjadi sasaran empuk milisi boer. Dan juga mereka terbiasa patuh pada perintah atasan yang rigid dan terkomando sehingga perwira lapangannya sulit menentukan perintah saat terjadi serangan milis Boer yang sangat cepat. Babak awal Perang Boer I diisi dengan pembantaian pasukan Inggris.


Sergapan Pasukan Boer




Milisi Boer melakukan pengepungan terhadap kota kota Inggris sampai mereka menyerah dengan sendirinya. Kota penting seperti Pretoria, Pochefstroom, Rustenburg, Standerton, dan Marabastad. Kerugian keuangan Inggris akibat jatuhnya kota tersebut sangat besar. Pasukan Inggris terbatas sehingga harus mengerahkan prajuritnya dari Natal yang terlampau jauh dari kota kota tersebut. Bahkan salah satu korps pasukan yang dikirim dari Natal ke Pretoria tidak pernah sampai. Pasukan tersebut di sergap oleh pasukan Boer pimpinan Frans Joubert di dekat Bronkhorstspruit pada 20 desember 1880. Bukan hanya pasukan itu saja, pasukan pimpinan Mayjen Sir Geogre Pomeroy Colley yang sedang mengintai wilayah Transvaal dari bukit Majuba di bantai secara tuntas termasuk sang jendral. Colley mengira posisi nya yang berada diatas bukit memudahkan dia untuk mengawasi pasukan Boer namun dia salah, pasukan Boer mengendap dan memanjat dinding bukit Majuba dengan ahlinya dan senyap. Saat berada diatas bukit terlambat bagi pasukan Colley untuk bereaksi. 400 orang termasuk dirinya dibantai diatas bukit Majuba pada tanggal 26 februari 1881 sementara dipihak Boer hanya kehilangan 1 prajuritnya. Insiden mengerikan di bukit Majuba itu menyadarkan Inggris akan berbahayanya pasukan Boer. Akibat desakan berbagai pihak dan untuk mempertahankan eksistensinya di ujung afrika itu inggris terpaksa melaksanakan perundingan. Perundingan yang dilakukan di Pretoria itu menyatakan Inggris mengakui kedulatan ZAR dan membantu ZAR dalam urusan eksternal negaranya.



Cecil Rhodes






Periode 1881 sampai 1899 dikenal sebagai masa damai seirig dengan penandatanganan Perjanjian Pretoria. ZAR berkembang dengan ditemukannya kandungan emas di wilayahnya. Tahun 1886 beberapa penambang berkebangsaan Inggris diberikan izin untuk beraktifitas, mereka dinamakan sebagai orang Uitlander (outlander). Ketika jumlahnya bertambah, para uitlander meminta diberikan jatah di parlemen ZAR, namun pemerintah ZAR menolaknya. Akibatnya para Uitlander berkomplot dengan pemerintah koloni Inggris di Cape town pimpinan Cecil Rhodes dan Leander Jameson untuk menciptakan plot yang membenarkan invasi ke wilayah ZAR. Rencananya para uitlandr akan berontak dan melakukan kerusuhan di Johannesburg, Ibukota ZAR dan dengan dalih menegakan ketertiban angkatan darat inggris akan masuk ke ZAR dan melakukan invasi.


Pasukan Inggris




Namun rencana tersebut urung dilakukan oleh uitlander dan mereka menggagalkan rencananya untuk melakukan pemberontakan. Meski begitu Jameson tetap pada rencana dan tetap melakukan invasi pada wilayah ZAR. Invasi tersebut justru menjadi bumerang bagi Jameson karena pasukan Invasi berhasil dipukur mundur bahkan dihancurkan oleh pasukan ZAR. Kegagalan tersebut mencoreng citra Cecil Rhodes yang menyebabkan dirinya mengundurkan diri sebagai perdana mentri. Aksi Inggris tersebut menimbulkan sikap saling curig a antara ZAR dan Inggris. Mengantisipasi invasi oleh Inggris, ZAR berusaha menjalin aliansi dengan OVS dalam rangka mengimbangi kekuatan Inggris. Namun Inggris menuding hal tersebut sebagai upaya mengenyahkan Inggris dari selatan afrika dan mendirikan negara Boer secara penuh di afrika. Inggris lantas mengirimkan sejumlah pasukannya ke perbatasan dengan ZAR. Sikap ini di respon dengan ultimatum oleh ZAR yang menyerukan penyelesaian konflik secara arbitrase dengan pihak ketiga yang netral. Hal tersebut ditolak Inggris yang menandai berkobarnya Perang Boer ke II yang lebih dahsyat daripada yang pertama karena kekuatan Boer bertambah pasca masuknya OVS dalam pihak ZAR.



Coat Of Arms OVS dan ZAR






Pasukan gabungan OVS dan ZAR menginvasi wilayah Natal dan dengan cepat meguasainya. Gerakan mereka berlangsung dengan cepat dan menyerang jauh ke selatan. Tujuannya hanya satu yaitu menguasai cape colony, pusat pemerintahan Inggris. Salah satu kawasan yang diserang adalah kota Kimberly dimana Cecil Rhodes berada. Kota tersebut sudah sejak lama menjadi kawasan yang mengahilkan berlian. Ajaibnya Kimberly mampu bertahan selama 4 bulan pengepungan sampai dibebaskan oleh pasukan Inggris. Kepungan milisi Boer menghantui eksistensi Inggris di Cape Colony yang memaksa Inggris mengrahkan pasukannya dari berbagai daerah koloninya antara lain Australia, Selandia Baru, Inggris, serta India. Kondisi pertempuran berlangsung mengerikan, lebih dari 3000 pasukan Inggris gugur dalam fase awal pertempuran.


Pasukan Inggris seragam Khaki





Posisi mulai berbalik ketika pasukan segar dari koloni Inggris datang. Tahun 1900 inggris mulai mengambil posisi menyerang dimulai dengan pertemuran di Paardeberg yang memaksa 4000 pasukan Boer menyerah dibawah pimpinan Jendral Kronje. Pasukan Inggris mulai memperbaharui taktik perang mereka dimana unit unit mulai bergerak secara mandiri dipimpin oleh seorang opsir yang bertindak secara individual. Mulai dikenal pertepuran kontra gerilya pertama. Selain itu Inggris juga mengganti seragam angkatan darat mereka menggunakan seragam Khaki yang memudahkan kamuflase di dataran kering afrika. Perbaharuan taktik tersebut dengan cepat dapat menyapu pasukan Boer. Di kota Mafeking pasukan Boer berhasil diusir oleh pasukan Inggris pimpinan Jendral Boden Powell. Pasukan Boden Powell bahkan mempertahankan kota Mafeking selama setengah tahun yang mengakibatkan dirinya dianugerahi gelar kebangsawanan.



Perang Boer : Imperialisme kulit putih atas kulit putih di benua hitam



Pasukan pimpinan Powell menyerang wilayah OVS dan menduduki wilayah ibukota OVS Bloemfontein. Selanjutnya Johanesburg dibebaskan dari orang Boer yang melarikan diri ke ibukota ZAR yaitu Pretoria. Pada tanggal 5 Juni setelah melalui pertempuran berdarah dan sengit Ibukota ZAR, Pretoria diduduki. Inggris mengumumkan kalau wilayah OVS dan ZAR menjadi wilayah koloni Inggris. Walaupun orang boer masih tetap bergerilya diluar kawasan perkotaan yang dipimpin oleh Marthinus Steyn selaku presiden OVS dan jendral Louis Botha selaku presiden ZAR. Mengatasi hal ini, pemimpin Inggris di Afrika Lord Horatio Kitchener melakukan langkah langkah strategis antara lain mendirikan kamp konsentrasi bagi orang Boer dan membumihanguskan pertaniannya serta seluruh usahanya untuk bertahan. Dampak buruk kebijakan ini berdampak pada kematian 40.000 orang boer dan kulit hitam akibat kekurangan pangan dan wabah penyakit. Taktik ini juga ahirnya memaksa orang boer yang melakukan gerilya untuk menyerah dan melaksanakan perundingan damai. Perjanjian ini dikenal dengan perjanjian Vereeniging yang isinya mengampuni prajurit Boer dan juga pemerintah Inggris setuju membangun daerah Boer dengan dana 3 juta Poundsterling. Kedua belah pihak sepakat dan mengahiri perang boer. Orang orang boer terus berjuang melalui jalur politik dengan membentuk partai dan menempatkan wakilnya di parlemen. Mereka sekarang masih ada dan dikenal sebagai orang afrikaneer. dalam perang ini juga ada salah satu tokoh Nasional Indonesia Ernest Douwes Dekker pernah berpartisipasi dalam perang ini di kubu Republik Transvaal. . Agan familiar dengan Perdana menteri Inggris pada masa Perang Dunia II? yap Winston Churchill, ia pernah ambil bagian dalam perang Boer dengan pangkat junior officer dan memimpin salah satu unit mobil Inggris



JAS MERAH
Diubah oleh gurusejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
09-09-2019 21:43
Mantep nih gan, perang yg menarik tapi jarang ada yg bahas. Asal mula orang Afrikaan emoticon-Ngakak (S)

Secara garis besar sih, intinya Inggris yg jadi agressor, sama kaya cerita yg sudah". Tapi yg jelas, perang ini yg mengawali mulai ditinggalkannya strategi line infantry, guerilla warfare seragam kamuflase, hingga mulai diterapkannya trench warfare di akhir abad ke-19

Yg mau ane tanyakan, setelah perang napoleon usai, kenapa kok cape colony gk dikembaliin ke belanda? Indonesia aja yg udah diduduki inggris dikembaliin, kenapa kok cape colony diambil? Apa buat alasan strategis bagi inggris mengingat suez canal belum ada? emoticon-Bingung (S)

Terus peran belanda selama boer war 1&2 apa gan? Apa gk ada intervensi dari luar selama boer war? Kalo gk salah perancis bantu pihak afrikaaner juga (cmiiw, ane tau dari game soalnya) emoticon-Bingung (S)
profile-picture
eja2112 memberi reputasi
1
09-09-2019 23:50
Quote:Original Posted By royaljannisary
Mantep nih gan, perang yg menarik tapi jarang ada yg bahas. Asal mula orang Afrikaan emoticon-Ngakak (S)

Secara garis besar sih, intinya Inggris yg jadi agressor, sama kaya cerita yg sudah". Tapi yg jelas, perang ini yg mengawali mulai ditinggalkannya strategi line infantry, guerilla warfare seragam kamuflase, hingga mulai diterapkannya trench warfare di akhir abad ke-19

Yg mau ane tanyakan, setelah perang napoleon usai, kenapa kok cape colony gk dikembaliin ke belanda? Indonesia aja yg udah diduduki inggris dikembaliin, kenapa kok cape colony diambil? Apa buat alasan strategis bagi inggris mengingat suez canal belum ada? emoticon-Bingung (S)

Terus peran belanda selama boer war 1&2 apa gan? Apa gk ada intervensi dari luar selama boer war? Kalo gk salah perancis bantu pihak afrikaaner juga (cmiiw, ane tau dari game soalnya) emoticon-Bingung (S)


Sudah mulai meninggalkan strategi rigid macan line infantry ya gan, mulai berkembang strategi gerilya vs kontra gerilya dilengkapi sama strategi perang baru terutama seragam kemiliteran yang lebih camo macam khaki colour camo

Belanda pasca diduduki oleh prancis tidak melakukan apapun gan karena mereka di eropa sana sibuk mempersiapkan bentuk baru kerajaan belanda yang berubah jadu republik bataaf mereka lupa akan koloninya, perancis kurang jelas apakah bantu orang boer langsung yang pasti mereka akan mempertahankan daerah cpe town karena itu sudah jadi wilayah koloni nya mereka pasca jatuhnya belanda

Cape colony punya nilai strategis yng penting untuk pelayaran sebelum dibukanya terusan suez, kapal dari eropa harus putarin benua afrika dan biasanya singgh di cape colony untuk mengaso, kenapa tidak dikembalikan ke belanda? Karena merebut cape colony mahal harganya harus perang boer 2 kali serta nilai wilayahnya yang strategis
profile-picture
eja2112 memberi reputasi
1
10-09-2019 00:23
Quote:Original Posted By gurusejarah
Sudah mulai meninggalkan strategi rigid macan line infantry ya gan, mulai berkembang strategi gerilya vs kontra gerilya dilengkapi sama strategi perang baru terutama seragam kemiliteran yang lebih camo macam khaki colour camo

Belanda pasca diduduki oleh prancis tidak melakukan apapun gan karena mereka di eropa sana sibuk mempersiapkan bentuk baru kerajaan belanda yang berubah jadu republik bataaf mereka lupa akan koloninya, perancis kurang jelas apakah bantu orang boer langsung yang pasti mereka akan mempertahankan daerah cpe town karena itu sudah jadi wilayah koloni nya mereka pasca jatuhnya belanda

Cape colony punya nilai strategis yng penting untuk pelayaran sebelum dibukanya terusan suez, kapal dari eropa harus putarin benua afrika dan biasanya singgh di cape colony untuk mengaso, kenapa tidak dikembalikan ke belanda? Karena merebut cape colony mahal harganya harus perang boer 2 kali serta nilai wilayahnya yang strategis


Republik Bataaf itu kan semasa belanda jadi puppet state nya perancis, toh pemimpinnya juga saudaranya Napoleon. Yg ane tanyakan itu setelah napoleon kalah tahun 1815, kan pada dibalikin tuh jajahannya belanda, kenapa kok cape colony gk dibalikin? Apa belanda terima" saja atau emang gk ada pilihan lain karena memang sudah kesepakatan dari great powers? emoticon-Bingung (S)

Yah kalo setelah perang boer 2 kali ya jangan ditanya gan, ane juga tau emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan forgiveme memberi reputasi
2
10-09-2019 00:48
Quote:Original Posted By royaljannisary
Republik Bataaf itu kan semasa belanda jadi puppet state nya perancis, toh pemimpinnya juga saudaranya Napoleon. Yg ane tanyakan itu setelah napoleon kalah tahun 1815, kan pada dibalikin tuh jajahannya belanda, kenapa kok cape colony gk dibalikin? Apa belanda terima" saja atau emang gk ada pilihan lain karena memang sudah kesepakatan dari great powers? emoticon-Bingung (S)

Yah kalo setelah perang boer 2 kali ya jangan ditanya gan, ane juga tau emoticon-Ngakak (S)


Eitsss maap gan jadi sesat pikir 🙏

Jadi pada tahun 1814 dilakukan perjanjian melalui traktat inggris-belanda yang ditanda tangani di London, isinya itu menegaskan bahwa pasca perang napoleon seluruh kawasan koloni belanda di kembalikan ke belanda kecuail cape colony dan beberapa daerah seperti demerara, essequibo dan berbice yang terletak di amerika selatan namun belanda diperbolehkan berdagang dan berlabuh di cape colony sejak itu Inggris bercokol di cape colony serta Inggris setuju untuk membayar kompensasi sebesar £2juta untuk rehabilitasi pertahanan belanda gan

Melihat dari perannya yang strategis, inggris bernafsu untuk bisa mengontrol cape colony. Mengontrol cape colony berarti mengontrol perjalanan ke kawasan timur macam kepulauan nusantara
Diubah oleh gurusejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10-09-2019 01:20
Quote:Original Posted By gurusejarah
Eitsss maap gan jadi sesat pikir 🙏

Jadi pada tahun 1814 dilakukan perjanjian melalui traktat inggris-belanda yang ditanda tangani di London, isinya itu menegaskan bahwa pasca perang napoleon seluruh kawasan koloni belanda di kembalikan ke belanda kecuail cape colony dan beberapa daerah seperti demerara, essequibo dan berbice yang terletak di amerika selatan namun belanda diperbolehkan berdagang dan berlabuh di cape colony sejak itu Inggris bercokol di cape colony serta Inggris setuju untuk membayar kompensasi sebesar £2juta untuk rehabilitasi pertahanan belanda gan

Melihat dari perannya yang strategis, inggris bernafsu untuk bisa mengontrol cape colony. Mengontrol cape colony berarti mengontrol perjalanan ke kawasan timur macam kepulauan nusantara


Tipikal negara superpower, kalo bikin treaty seenaknya sendiri emoticon-Ngakak (S)

Kapan" bikin trit lagi tentang perang" minor kaya gini dong gan
0
10-09-2019 06:40
afsel itu wilayah gk berpenghuni. baik kulit hitam maupun kulit putih sama2 bukan pribumi. untuk kulit hitam suku bantu: hanya karena satu benua bukan berarti bisa seenaknya mengklaim semua tanah afrika

bahkan invasi kulit hitam (Shaka Zulu) ke afrika selatan baru ratusan tahun setelah penduduk kulit putih mendirikan pemukiman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
10-09-2019 08:37
Quote:Original Posted By royaljannisary
Tipikal negara superpower, kalo bikin treaty seenaknya sendiri emoticon-Ngakak (S)

Kapan" bikin trit lagi tentang perang" minor kaya gini dong gan


Ahahah insya allah kalo ada bahan 👌
0
10-09-2019 11:14
trid bagus kk.

gw pernah liat salah satu film di youtube tentang perang boer.

kedua pihak (inggris maupun boer) memakai senapan yang sama.

senapan martini henry. =
single shot rifle.
breech loading.
lever action.

pasukan boer pakai sabuk peluru (bandolier ) yg diselempangkan di bahu.
sedangkan tentara inggris pakai ammo.pouch di pinggang kanan kiri webbing mereka.
0
10-09-2019 11:22
penggunaan ammo pouch di depan pinggang kanan kiri , agak menyulitkan pasukan inggris mengambil posisi prone (tiarap).
mereka hanya bisa 2 posisi.
berdiri atau jongkok.

sementara boer yg pakai bandolier bahu , lebih mudah tiarap menghindari peluru lawan.

mungking ini juga salah satu faktor kenapa korban di pihak inggris lwbih besar dari boer.
disamping faktor kamuflase yg minim (seragam merah menyala) dan taktik infantry line formation yg obsolete.
0
10-09-2019 13:20
Hmm ingat afrikaaner ingat charlize theron emoticon-Kiss (S)
0
10-09-2019 13:33
Quote:Original Posted By BMAGLY
penggunaan ammo pouch di depan pinggang kanan kiri , agak menyulitkan pasukan inggris mengambil posisi prone (tiarap).
mereka hanya bisa 2 posisi.
berdiri atau jongkok.

sementara boer yg pakai bandolier bahu , lebih mudah tiarap menghindari peluru lawan.

mungking ini juga salah satu faktor kenapa korban di pihak inggris lwbih besar dari boer.
disamping faktor kamuflase yg minim (seragam merah menyala) dan taktik infantry line formation yg obsolete.


Nice analisisnya gan mengenai persenjataan kedua belah pihak tapi Inggris ahirnya insyaf dan mengganti strategi mereka yang line infantry ala perang napoleon dengan taktik gerilya yang lebih indeenden dan mobil dan mengadopsi seragam khaki yang terkenal bahkan sampai ahir PD II
0
10-09-2019 17:58
Quote:Mau baca blog ane?
Novum Organum Scientarium & Makna "Pilar Herkules-Plus Ultra" di Logo Timnas Spanyol
Proposisi Euklides I.47, Segitiga Freemasonry yang Sebenarnya (Dijamin bukan Cocoklogi!!!)
Bapak Geometri Euklides yang Misterius & Karyanya yang Berpengaruh Euclid’s Elements


nice thread agan TS emoticon-2 Jempol
semoga jadi HT

baru lihat judul, belum buka thread, ane langsung ingat Lord Baden Powell pendiri pramuka.
pertama kali tahu perang Boer dari komik tokoh tersebut emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By BMAGLY
penggunaan ammo pouch di depan pinggang kanan kiri , agak menyulitkan pasukan inggris mengambil posisi prone (tiarap).
mereka hanya bisa 2 posisi.
berdiri atau jongkok.

sementara boer yg pakai bandolier bahu , lebih mudah tiarap menghindari peluru lawan.

mungking ini juga salah satu faktor kenapa korban di pihak inggris lwbih besar dari boer.
disamping faktor kamuflase yg minim (seragam merah menyala) dan taktik infantry line formation yg obsolete.

nice inpo gan emoticon-Jempol
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
21-09-2019 07:19
Dulu ane mikir2 kulit putih afsel nasionalis banget, napa ga pake kewarganegaraan moyangnya aja di inggris sono.
Ternyata sesamanya juga dijajah-menjajah. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan forgiveme memberi reputasi
2
21-09-2019 07:21
Hitam di atas putih
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan forgiveme memberi reputasi
-2
21-09-2019 07:34
Lord Boden Powell. .
hmm.. sepertinya pernah denger nama ini pas pramuka emoticon-Hammer2
0
21-09-2019 07:45
white people vs white people..

sesama saling serang jg ternyata...
0
21-09-2019 07:54
Ntap.
0
21-09-2019 08:03
Pake bandolero, bawa bolt action rifle, udh kayak arthur morgan di rdr2
0
21-09-2019 08:08
Faktanya inggris lebih manusiawi dari pada belanda dengan melarang perdagangan manusia.
Makanya bnyk negara maju bekas jajahan inggris bahkan ada yg ga mau berpisah dengan inggris.
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.