alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d763a8a68cc953a89222700/tips-mengatasi-insomnia
Lapor Hansip
09-09-2019 18:42
TIPS MENGATASI INSOMNIA
TIPS MENGATASI INSOMNIATIPS MENGATASI INSOMNIA
Pembaca yang berbahagia pernahkah anda mengalami susah tidur? susah tidur atau Insomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami gangguan tidur berupa susah tidur atau tidur tidak nyenyak. Insomia bisa terjadi pada anak-anak, orang dewasa atau orang lanjut usia. Akan tetapi, menurut penelitian, pengidap utama insomnia adalah orang dewasa yang memiliki tingkatan stress tinggi dan pola hidup yang tidak teratur.
Pembaca yang berbahagia, perlu diketahui bahwa insomnia itu banyak macamnya. Ada susah tidur ketika hendak memulai tidur. Jadi seseorang sulit untuk mulai tidur. Kemudian ada juga seseorang yang sering terbangun ketika tidur sehingga mengganggu kualitas tidurnya.
Selain itu perlu diketahui bahwa berdasarkan penyebabnya, insomnia dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan penyebab psikologis dan penyebab medis. Jika penyebabnya adalah psikologis, maka harus di tangani oleh seorang psikiater. Sedangkan jika penyebabnya berupa medis, maka menjadi ranah dokter medis.
Ada banyak sebab kenapa seseorang mengalami insomnia:
Yang pertama, insomnia disebabkan karena stress dan depresi.
Biasanya, orang yang stress dan trauma menjadi susah tidur, ini terjadi karena dirinya memiliki beban pikiran sehingga mudah cemas dan menyebabkan tidur kurang tenang. Selain itu rasa sedih, putus asa dan perasaan negative lainnya menyebabkan seseorang sulit memperoleh tidur yang maksimal.
Kemudian penyebab yang kedua karena penyakit kronis yang diderita, seseorang terkadang sulit tidur karena penyakit kronis yang dideritanya. Contoh penyakit yang ada hubungannya dengan kualitas tidur adalah penyakit diabetes, sakit ginjal dan ada penyakit kronis lainnya.
Kemudian yang ketiga, karena pengaruh obat-obatan.
Nah pembaca yang berbahagia, seseorang yang sedang menjalani pengobatan terhadap suatu penyakit yang ia derita terkadang mengacaukan susunan syaraf pusat sehingga menimbulkan efek samping susah tidur.
Kemudian penyebab insomnia yang kelima, pola makan yang buruk .
Seseorang bisa mengalami susah tidur karena melewatkan makan malam atau makan menjelang jam tidur. Padahal idealnya, ketika kita hendak tidur perut kita tidak dalam keadaan lapar, juga sebaiknya perut tidak dalam keadaan penuh. Oleh kerena itu hindari makan sesaat sebelum tidur.
Penyebab yang keenam dari sulit tidur karena mengkonsumsi kafein, nikotin dan alcohol. Kafein biasanya terdapat dalam produk kopi dan the, sementara nikotin pada rokok. Kafein, nikotin dan alcohol memiliki kandungan stimulant yang menyebabkan seseorang terjaga lebih lama.
Khusus pada Pada wanita, insomnia bisa saja terjadi karena perubahan hormon progesteron yang menurun ketika menstruasi. Menurut ahli kesehatan, perubahan hormon ini terjadi ketika wanita berada dalam masa menstruasi, hamil muda, dan memasuki siklus menopause.
Lalu bagaimana cara mencegah insomnia? caranya adalah dengan tidak melakukan aktifitas atau mencegah sebab-sebab insomnia yang telah kita sebutkan di awal. Jika insomnia terus mengganggu dan sulit disembuhkan, maka ada baiknya mengkonsultasikannya ke dokter atau psikiater.
Demikian pemaparan singkat tentang mengatasi insomnia, semoga bermanfaat.
Diubah oleh pirman.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
09-09-2019 18:43
makasih,gan.saya sering nggak bisa tidur. salaman....
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1
09-09-2019 18:49
oke gan.. makasih dah share
nantikan artikel yang lainya πŸ™β˜ΊοΈ
0
10-09-2019 04:00
thanks gan
buat tritnya
ane susah buat merem kalau malem
kalau pagi siang mintanya merem
0
10-09-2019 04:25
oke gan.. makasih dah share
nantikan trit lainya...β˜ΊοΈπŸ™
0
10-09-2019 05:08
hmm ngeri kalau kena insom
0
10-09-2019 05:09
Quote:Original Posted By Kangmatasurya β–Ί
makasih,gan.saya sering nggak bisa tidur. salaman....


Dicoba saja gan emoticon-Goyang
0
10-09-2019 22:08
aku bisa tidur klo udah lewat jam 12malam 😁
0
11-09-2019 01:25
nice info gan, tapi saran... penulisan kurang rapi jd terlihat asal spt copas aja. lain kali bs ditingkatkan gan
0
11-09-2019 19:59
Ane biasanya dengerin lagu lagu instrumental yg tenang gitu gan kalo lagi insom,
Pernah karena udah 2 hari gak tidur akhirnya ane minumin obat tidur aja gan .
0
11-09-2019 23:50
kok bisa nyasar dimari judul emoticon-Ngakak (S)
0
12-09-2019 23:33
ijin menyimak gan
0
13-09-2019 10:32
ane biasanya baca buku gan auto ngantuk, hapenya jangan lupa di nonaktifkan. jangan lupa kasurnya di kebusin, baca doa juga pasti langsung tidurr
0
14-09-2019 08:46
kalo ane sih membatasi makan sebelum jam 8 malam..
setelah lewat jam 8, ya ga ada makanan lagi yg masuk ke dalam tubuh...
paling minum air putih hangat, jadinya paling lama jam 10 ane uda tidur dan jarang insomnia..
tapi kalo ada 1x minum kopi dalam sehari, nah mulai dah tuh susah tidurnya, cz ane uda ga pernah lagi minum kopi pke gula..
dan jauhi gadget anda sebelum tidur..emoticon-Jempol
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.