alexa-tracking
Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d760ab3c0cad71873136f42/sepenggal-kisah-bulu-tangkis-dan-pb-djarum-yang-sedang-hangat-dibicarakan
Lapor Hansip
09-09-2019 15:17
Sepenggal Kisah Bulu Tangkis dan PB Djarum yang Sedang Hangat Dibicarakan
Past Hot Thread
Baru-baru ini, dunia bulu tangkis di Tanah Air dihebohkan oleh keputusan Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum untuk menghentikan pergelaran "Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis" untuk tahun 2020. Sebuah kegiatan yang sudah digelar sejak 2006 oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Sepenggal Kisah Bulu Tangkis dan PB Djarum yang Sedang Hangat Dibicarakan

Banyak berita beredar soal tidak adanya kesepakatan antara KPAI dan PB Djarum dalam pengelolaan pencarian bakat bulu tangkis itu terkait eksploitasi anak dengan perusahaan tembakau tersebut.

Sepenggal Kisah Bulu Tangkis dan PB Djarum yang Sedang Hangat Dibicarakan

Kita berharap semoga segera tercapai kesepakatan yang sama-sama dapat diterima semua pihak untuk kebaikan olahraga bulu tangkis di Tanah Air.

Di thread ini, ane ingin mengembalikan kenangan kita terhadap kiprah PB Djarum yang memiliki segudang atlet berprestasi nasional dan internasional. Semoga masih ingat kejadian heboh 35 tahun lalu.

Piala Thomas 1984 di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim Indonesia melaju ke final menantang China, sang juara 2 tahun sebelumnya ketika mengalahkan Indonesia 5-4.

Tim Piala Thomas Indonesia melaju ke final setelah menundukkan Korsel 4-1. Di semifinal satu lagi, China mengalahkan Inggris juga dengan 4-1.

Namun, ketika itu banyak yang ragu-ragu apakah tim Indonesia bisa mengalahkan China yang saat itu diperkuat pemain-pemain jago seperti Luan Jin hingga pasangan Tian Bingyi dan Sun Zhian.

Benar saja, di tunggal pertama, Lim Swie King tumbang dari pemain berjulukan "Mesin Giling", yakni Luan Jin. Namun, Hastomo Arbi berhasil menjaga harapan Indonesia. Sebagai tunggal kedua, Hastomo menundukkan "Tembok China" Han Jiang. Skor 1-1.

Akan tetapi, tunggal ketiga Indonesia, Icuk Sugiarto, kembali takluk dari pemain China yang menjadi rival bebuyutannya, Yang Yang. China unggul 2-1.

Gawat, kondisi tim Indonesia saat itu goyah akibat pemain ganda putra andalan kita, Heryanto, tak bisa diturunkan mendampingin pasangannya, Kartono. Keduanya adalah jawara All England ganda putra 2 bulan sebelumnya.

Mau tak mau, pasangan Christian/Hadibowo naik menjadi ganda pertama Indonesia melawan Hee Sang-guang/Jian Guo-liang yang terkenal dengan permainan cepat.

Kehebohan terjadi. Indonesia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pencinta bulu tangkis di Tanah Air semakin deg-degan menanti hasil tim pimpinan pelatih Tan Joe Hok itu.

Ganda kedua, Lim Swie King dan Kartono turun untuk melawan Tian Bingyi/Sun Zhian. Bisik-bisik mengemuka, soalnya sempat terdengar keengganan Lim Swie King bermain ganda karena dirinya ingin fokus ke tunggal saja.

King kemudian bersedia turun sebagai pemain ganda berkat bujukan manajer tim, Rudy Hartono, pelatih Tan Joe Hok, dan bos PT Djarum, Robert Budi Hartono.

Hanya, duet Lim Swie King dan Kartono memang tidak dilatih sebagai pemain ganda putra dalam masa persiapan di Jakarta.

Kejutan. King dan Kartono seolah memperlihatkan mereka tak butuh waktu lama untuk menjalin kerja sama. Keduanya memang pernah sama-sama sekolah di Kudus, namun semangat bersatu untuk membela Indonesia di Piala Thomas adalah kunci ganda dadakan ini.

Tian Bingyi/Sun Zhian tumbang! Indonesia menang di partai terakhir untuk memastikan kedudukan menjadi 3-2.

Sepenggal Kisah Bulu Tangkis dan PB Djarum yang Sedang Hangat Dibicarakan
(Wordpress)

Inilah sepenggal kisah kejadian di mana kontribusi PB Djarum tak bisa dipungkiri dalam perjalanan tim bulu tangkis Indonesia.

Ya, di tim Piala Thomas 1984 itu, hanya Icuk Sugiarto yang bukan pemain dari PB Djarum. Sebutan "Tujuh Pendekar" disematkan pada atlet binaan PB Djarum, yaitu Lim Swie King, Kartono, Christian Hadinata, Hastomo Arbi, Hadiyanto, Heryanto, dan Hadibowo

Dalam buku "Setengah Abad PB Djarum, dari Kudus Menuju Prestasi Dunia", Budi Hartono mengaku tak punya motivasi pribadi dalam membiayai PB Djarum. "Saya menaruh harapan bahwa bulu tangkis bisa mengharumkan nama bangsa. PB Djarum ingin terlibat dalam upaya mempersatukan bangsa melalui olahraga bulu tangkis."

Sepenggal Kisah Bulu Tangkis dan PB Djarum yang Sedang Hangat Dibicarakan

Lewat buku yang sama, Ketua PB Djarum, Yoppi Rosimin, menegaskan ingin membawa bulu tangkis sebagai alat pemersatu bangsa, menghapus sekat-sekat yang bisa memecah-belah bangsa Indonesia.

"Kalau kita menonton pertandingan bulu tangkis di Istora, misalnya, apakah kita melihat siapa di sebelah kita, apa rasnya, apa agamanya? Kan gak. Yang kita lihat adalah yang di lapangan, yakni anak Indonesia," kata Yoppi.

Semoga, kisruh pembinaan atlet muda bulu tangkis di Tanah Air segera menemukan jalan terbaik demi kejayaan Indonesia.
Diubah oleh weshley07
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
09-09-2019 17:53
<<< keren nih tulisannya.... emoticon-Wink
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
10-09-2019 10:45
Menarik sekali kisar 7 pendekar. ingin menonton langsung event-event seperti ini saat Indonesia yang menag.

Agan yang ada waktu saya mohon dibantu mengisi survey ini. Kurang 50 dari 400. Kalau tidak di Kaskus saya tidak tahu minta tolong ke mana lagi. Terima kasih. Tuhan yang membalas kebaikan kalian.

https://docs.google.com/forms/d/e/1F...9IEbg/viewform
0
10-09-2019 12:13
nyatanya cabor bulu tangkis memang sering mengharumkan indonesia sesuai harapan budi hartono, tapi skrg pupus sudah harapan tersebut karena keputusan kpai untuk menyetop audisi pb djarum. lalu dari mana lagi pembinaan bulu tangkis di indonesia? sedihemoticon-Frown
0
10-09-2019 12:28
Quote:Original Posted By dndrnasya
nyatanya cabor bulu tangkis memang sering mengharumkan indonesia sesuai harapan budi hartono, tapi skrg pupus sudah harapan tersebut karena keputusan kpai untuk menyetop audisi pb djarum. lalu dari mana lagi pembinaan bulu tangkis di indonesia? sedihemoticon-Frown


Jgn pesimis dulu sis, kita masih punya harapan kok masih bnyk org2 yg peduli sama nasib bultang. Kita lihat aja semoga presiden segera mengatasi hal ini ya. Hehehe
0
Lihat 1 balasan
10-09-2019 12:55
Quote:Original Posted By toinxx08
Jgn pesimis dulu sis, kita masih punya harapan kok masih bnyk org2 yg peduli sama nasib bultang. Kita lihat aja semoga presiden segera mengatasi hal ini ya. Hehehe


Iya juga ya, kita gaboleh pesimis. Semoga pemerintah bisa mengatasi ini emoticon-I Love Indonesia
0
10-09-2019 21:13
pencipta generasi serta bibit bibit emas pebulutangkis level internasional nih, atletnya banyak yang menghasilkan prestasi buat bangsa. sedih kalo sampe berhenti emoticon-Frown
0
10-09-2019 22:00
Quote:Original Posted By dndrnasya
nyatanya cabor bulu tangkis memang sering mengharumkan indonesia sesuai harapan budi hartono, tapi skrg pupus sudah harapan tersebut karena keputusan kpai untuk menyetop audisi pb djarum. lalu dari mana lagi pembinaan bulu tangkis di indonesia? sedihemoticon-Frown


Kita tunggu perkembangannya dulu gan, ane optimis badminton Indonesia bisa berkembang dengan atau tanpa djarum.
Semoga saja semakin banyak klub klub lokal yg mempunyai fasilitas olahraga dan kemampuan pembinaan atlet usia muda seperti djarum ini.
0
10-09-2019 22:29
PB Djarum memang memiliki banyak 'jasa' untuk dunia bulu tangkis Indonesia, sangat disayangkan juga kalau beasiswa itu harus dihentikan mulai tahun depan. Dari respons netizen mengenai kabar dugaan eksploitasi anak, ane pribadi menyimpulkan banyak yang enggak rela beasiswa ini dihentikan. Bulu tangkis memang salah satu cabang olah raga membanggakan. Ane berpendapat para netizen yang marah itu mungkin sudah berfikir, bagaimana bulu tangkis Indonesia ke depannya nanti?. Ane pribadi menyayangkan hal ini, sambil menunggu keputusan final ane cuma berharap dunia bulu tangkis Indonesia tak terputus generasinya hanya karena hal ini emoticon-I Love Indonesia
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
11-09-2019 03:56
ini keren sih menurut ane, pencetak atlet atlet bulutangkis terbaik bangsa.
ya mungkin polemik akhir akhir ini cobaan bangsa terutama kemenpora dan PBSI yang bertanggung jawab mencetak atlet bulutangkis tanpa PB. Djarum yang selama ini membantu banyak perbukutangkisan duniawi emoticon-Ngakak
0
11-09-2019 05:04
Yg keritik harus kasih solusi dong.
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Lapor Hansip
12-09-2019 11:09
Balasan post toinxx08
Betul, biarkan bulutangkis dikelola yang lain, Djarum fokus ke olahraga lain dan PB Djarum fokus ke turnamen luar negeri....trus kita lihat apakah prestasi bulutangkis akan semakin meningkat atau menurun....so simple
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.