alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7507382f568d31851b757b/cara-makan-menggunakan-sumpit-ala-jepang
Lapor Hansip
08-09-2019 20:50
Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!
Liburan ke Jepang? Yuk Pahami Dulu 5 Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

Jika bicara soal makanan Jepang maka tentu untuk cara menyantapnnya kebanyak menggunakan sumpit ya. Kita orang Indonesia yang mungkin tidak biasa menggunakan sumpit pastinya juga tahu seperti apa itu sumpit dan bagaimana cara memakainya. Namun jika travel mates berada di Negeri Sakura Jepang, sumpit itu memiliki makna tersendiri dan ada beberapa cara makan yang harus travel mates perhatikan. Jika travel mates ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan supit yang benar ala Jepang maka simak ulsan yang ada di bawah ini ya!

1. Cara memegang sumpit yang benar

Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

image source : matcha

Karena mungkin di Indonesia sendiri masih banyak orang yang tidak biasa menggunakan sumpit, maka mungkin masih banyak orang Indonesia yang menggunakan sumpit secara tidak benar. Oleh karena itu kami akan mengajarkan bagaimana cara memegang sumpit yang benar dan baik. Langkah pertama yang harus travel mates lakukan adalah memegang sumpit seperti pena, peganglah sumpit seperti ketika travel mates memegang pensil. Pgang di bagian pangkalnya sehingga ujung sumpit berada memanjanng ke luar. Kemudian bagian sumpit kedua travel mates bsia menyelipkannya diantara celah sumpit pertama and pangkal ibu jari. Itulah dasar mudah dalam memegang sumpit yang benar. Jika travel mates sering menggunakannya maka tentu saja akan lebih mudah dan travel mates menjadi terbiasa.

2. Aturan penting dalam memegang sumpit ala Jepang

Setelah mengetahui bagaimana cara memegang sumpit yang tepat, maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada travel mates tentang aturan penting dalam memegang sumpit yang ada di Jepang. Ketika kita makan bersama orang lain terutama ketika berada di Jepang, maka perhatikanlah beberapa aturan ini :

Sashi Bashi

Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

image source : matcha

Sashi bashi berarti kita menusuk makanan menggunakan sumpit kita seperti kita sedang menusuk menggunakan tombak. Karena mungkin secara tidak sadat travel mates akan menusuk makanan yang berukuran kecil atau yang ,memiliki bentuk yang bulat karena mungkin susah untuk disumpit. Apabila kebiasaan travel mates seperti itu maka hentikan ya, karena di Jepang sendiri hal ini berarti travel mates melakukan perbuatan dengan tercela. Apabila travel mates menusuk dengan kuat dan terpental sehingga makanan jatuh maka itu tidak baik karena sudah tidak higienis lagi.

Yose Bashi
Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

image source : matcha

Yose basi adalah hal yang kita lakukan ketika kita menggeser mangkok kecil kita menggunakan sumpit. Mungkin seringkali kita menarik atau memindahkannya dengan cara mengapit ujung mangkok dengan sumpit. Hal ini adalah tidak sopan di Jepang, ada baiknya memindah atau menggeser menggunakan tangan saja karena itu lebih megnhargai makanan dan lebih sopan juga.

Watashi Basi

Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!


image source : matcha
Pernah meletakkan kedua sumpit di atas mangkok? Jika travel mates melakukan itu di Jepang, maka orang-orang lokal akan mengira bahwa travel mates telah selesai makan. Oleh karena itu jika travel mates melakukannya ketika makanan masih banyak maka bisa jadi orang Jepang mengira bahwa travel mates tidak menyukai makanan itu dan sudah selesai makan. So mulai sekarang hentikan kebiasaan itu ya!

Hashi Watashi

Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

image source : matcha

Yang selanjutnya adalah Hashi Watashi, artinya adalah mengoper makanan dari sumpit travel mates ke sumpit teman atau kerabat. Hal seperti ini jika di Jepang akan sama dengan cara mengambil tulang mayat saat sedang kremasi sehingga hal seperti ini tidak pantas dilakukan saat di meja makan. Jadi jika ingin mengambil makanan ada baiknya 1 pihak saja yang mengambil atau memindahkannya.

Neburi Bashi

Cara Makan Menggunakan Sumpit ala Jepang!

image source : matcha

Yang terkahir adalah Neburi Bashi, di beberapa daerah Kansai seperti Kyoto dan Osaka menjilat atau nameru disebut juga dengan Neburi. Neburi bashi sendiri memiliki arti menjual sumpit. Jangan pernah travel mates menjilat sumpit tanpa ada makanan di tengahnya karena ini perbuatan yang tidak sopan di Jepang dan tidak boleh dilakukan ketika sedang makan.

Nah itu tadi beberapa tata cara menggunakan sumpit yang benar ala Jepang. Travel mates tahu pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Oleh karena itu kita harus mengikuti budaya Jepang ketika kita berada di sana. Jika travel mates ingin berlibur ke Negeri Sakura Jepang dengan harga yang terjangkau dan bisa mengunjungi banyak tempat wisata maka kami menyarankan supaya travel mates menggunakan jasa HIS Travel Indonesia! Yang siap melayani travel mates dengan baik!

Link Blog : https://www.his-travel.co.id/blog/ar...pit-ala-jepang

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.