alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d74bd3df4d69530324632de/youtuber-ridwan-hanif-kritik-mobil-esemka-nada-bicara-ali-ngabalin-langsung-meninggi
Lapor Hansip
08-09-2019 15:35
Youtuber Ridwan Hanif Kritik Mobil Esemka, Nada Bicara Ali Ngabalin Langsung Meninggi
Past Hot Thread
Youtuber Ridwan Hanif Kritik Mobil Esemka, Nada Bicara Ali Ngabalin Langsung Meninggi

TRIBUNJATENG.COM- Nada bicara Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan Ali Ngabalin meninggi sesuai Pengamat otomotif, Ridwan Hanif mengkritik mobil Esemka.

Hal tersebut diungkap Ridwan Hanif di acara Sapa Indonesia Kompas TV yang tayang Sabtu (7/9/19).

Ridwan Hanif mengatakan pabrik mobil Esemka selama ini selalu tertutup.

"Masalahnya ada dikomunikasi, selama ini selalu tertutup, tidak terbuka, Sementara kalau bisnis otomotif, trust itu penting," ujar Ridwan Hanif.

Hanif menjelaskan biasanya, pabril mobil sebelum produksi, akan gencar melakukan publikasi.

"Biasanya, kalau pabrik mobil, saat peletakan batu pertama sudah ditunjukkan ke masyarakat, terus bikin show mobil-mobil yang akan diproduksi," ujarnya.

Ridwan hanif lantas mengaku belum melihat spesifikasi mobil Esemka.

"Spesifikasi mobilnya kita belum lihat, baru lihat di televisi dari hanya orang yang diundang yang tahu, dan nggak semua jurnalis otomotif yang diundang," ujarnya.

Ridwan Hanif membandingkan mobil Esemka dengan Vinfast yang diproduksi Vitenam.

Menurutnya, Mobil Esemka seharusnya meniru mobil Vinfast yang diproduksi Vitenam.

Ia menilai, Vinfast sangat terbuka dan niat untuk memproduksi mobil dan menjadikan hal itu sebagai bisnis.

"Vinfast itu pertama melakukan berpatner dengan general motor (GM), kemudian dia bekerjasama dengan beberapa pihak dalam onderdilnya, desainnya, kemudian mereka open order sejak 2008, bahkan brand ambbasador nya David Beckham, mereka bener-bener niatnya jualan dan ingin untung," ujarnya.

Ridwan Hanif menekankan bahwa kepercayaan masyarakat untuk membeli mobil adalah sesuatu yang sangat penting.

"Mobil itu kan sesuatu yang mahal, banyak mempertimbangan untuk membelinya, seharusnya yakinkan masyarakat bahwa produk ini mobil yang layak anda beli," ujar Ridwan Hanif.

Lantas, pernyataan Ridwan hanif itu ditanggapi Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

Ali Ngabalin mengatakan agar Ridwan Hanif lebih ingat akan proses mobil esemka.

"Eh jangan lupa Rif, ingat baik-baik, saya kan dampingi Bapak presiden, jangan lupa tanggal 16 Agustus 2018, itu pertama kali, tonggak sejarah keberhasilan Esemka, 27 Februari 2017 sduah terpublikasi," ujarnya.

"Coba ditelaah baik-baik, open recruitmennya sudah dipublikasikan, bahwa anak-anak SMK terkait tenaga kerja Indonesia dan 100 persen perusahaan swasta, inilkurang lebih 5-7 tahun lho," ujarnya.

Lantas, pembawa acara Kompas TV menanyakan alasan jurnalis tidak banyak diundang.

Ali Ngabalin kemudian mengatakan bahwa itu adalah hak pemilih perusahaan.

Ia menegaskan bahwa kehadiran Jokowi di peluncuran mobil Esemka mendadakan bahwa mobil Esemka begitu penting.

"Kalau itu keputusan pemilik perusahaan, tapi yang jelas, tidak mungkin presiden bisa datang dalam peluncuruan kalau produk dalam negeri ini tidak menjadi prioritas tenaga kerja anak bangsa," ujar Ali Ngabalin.


Diketahui, mobil Esemka yang diluncurkan yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3.

"Rencana demikian, untuk produk yang akan meluncur seperti yang sudah saya bicarakan beberapa waktu lalu, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3.Kita sudah komitmen soal ini," ucap Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/9/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk tahap awal Esemka akan fokus pada untuk memproduksi kendaraan niaga ringan atau pikap.

Bima 1.2 dan 1.3 yang sama-sama menggunakan mesin bensin akan menjadi model pertama yang dilepas ke pasar.

Menurut Eddy, kendaraan pikap dipilih karena memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Esemka, yakni menggerakkan perekonomian di daerah-daerah.

Khususnya wilayah pinggiran.

Sementara untuk harga, sebelumnya juga sudah dibicarakan Eddy bila kisarannya tidak akan lebih dari Rp 150 juta.

Sisi keterjangkauan harga memang menjadi salah satu pertimbangan utama yang membuat kenapa akhirnya dipilih jenis kendaraan pikap ringan sebagai produk yang akan dipasarkan lebih dulu.

Hal ini sekaligus menepis isu mengenai adanya model SUV tujuh penumpang yang sempat dikabarkan siap untuk meluncur.

Menurut Eddy, SUV Garuda itu merupakan proyek Esemka selanjutnya.

Adapin model kabin ganda Digdaya juga belum akan diproduksi dan dipasarkan.

"SUV penumpang itu masih lama.

Kita tahu kompetisi untuk kendaraan penumpang apalagi SUV cukup berat dengan persaingan yang banyak.

Kalau yang double cabin, kita juga ada tapi secara harga itu cukup tinggi, jadi kita belum dulu luncurkan," kata Eddy.

Jokowi ajak masyarakat membeli

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi hari ini meluncurkan mobil esemka bima 1.2 dan 1.3 jenis pikup produsen PT Solo Manufaktur Kreasi di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali, Jumat (6/9/2019)

Pada kesempatan tersebut Jokowi mengajak masyarakat membeli mobil produksi dalam negeri sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan industri otomotif karya anak bangsa.

"Banyak yang tanya kepada saya kenapa mau meresmikan pabrik mobil Esemka ini.

Jawabannya karena saya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional dengan merk lokal.

Saya harap semuanya harus mendukung.

Saya tidak memaksa membeli barangnya.

Tapi wajib kita beli barang ini daripada beli barang lain produk lain apalagi impor,"
terangnya kepada Tribunjateng.com, di PT Solo Manufaktur Kreasi di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali, Jumat (6/9/2019)

Menurut Jokowi, seluruh mesin serta komponen lain dari mobil Esemka seluruhnya dirakit oleh anak-anak lulusan SMK.

Sebagai sebuah usaha pertama, mobil yang ada sudah semestinya patut acungi jempol.

Ia menambahkan, peluang masuk kepasaran diakuinya memang tidak mudah. Hanya saja kata dia sebagai sebuah bangsa yang bersedia menghargai produk dalam negeri bakal memberikan efek berantai.

"Karena pabrik esemka ini akan memiliki efek berantai yang berperan dalam rantai pasokan yang panjang.

Multiplayer efek, secara umum ekonomi kita akan sangat besar. Semuanya harus mendukung," katanya

Dikatakannya, keseluruhan bahan baku pembuatan mobil Esemka ini sekira 80 persen berasal dari dalam negeri meski belum penuh 100 persen.

Meski demikian Jokowi optimis apabila seluruh komponen anak bangsa menghargai produk dalam negeri diyakini akan membawa kemajuan dan membuka lapangan pekerjaan.

Seusai menyampaikan pidato sekaligus meresmikan pabrik esemka Presiden Jokowi dengan didampingi Manteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan uji kendaraan mengelilingi lokasi pabrik prodsen mobil Esemka.

Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya berharap dengan diresmikan mobil Esemka akan menjadi satu langkah lebih maju meningkatkan SDM Indonesia.

Eddy menerangkan dalam proses pembuatan mobil Esemka sepenuhnya melibatkan lulusan SMK melalui sejumlah seleksi sehingga mampu berkarya bagi nusa dan bangsa.

"Kami berharap fasilitas ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Boyolali khususnya serta Indonesia umumnya," ujarnya. (*)


https://jateng.tribunnews.com/2019/0...gsung-meninggi
Diubah oleh dsturridge15
profile-picture
uttah1685 memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
Lapor Hansip
08-09-2019 17:33
Balasan post sniper2777
Fix ente pemuja bibib
Anti kebasukian
Pasti pengen makar
0
Lapor Hansip
08-09-2019 17:34
Balasan post aliensia
Lo tau kenapa tertutup?
Ini mobil untuk kalangan terbatas, ekslusif bray
Khusus buat ebong2
Kampret2 dilarang beli
0
08-09-2019 17:39
Ini baru barang rongsokan yg dikomentarin, apalagi kalo barangnya kualitas bagus emoticon-Ngakak (S) yg sekelas Mercedes Benz aja ada yg direview negatif
0
08-09-2019 17:50
Quote:Original Posted By mupengx
Lo tau kenapa tertutup?
Ini mobil untuk kalangan terbatas, ekslusif bray
Khusus buat ebong2
Kampret2 dilarang beli


Wkwkwk dahlah, ane gk mentingin kampret apa cebong itu urusan mereka,

kami yg org yg tak berkaum itu bisa apa? Ane aja cuma mikir nih panrikan gimana nasib kedepannya bisa maju atau malah tumbang emoticon-Leh Uga
0
08-09-2019 17:58
Quote:Original Posted By soulgazer
kenapa sih tv one undangnya beberapa kali ridwan hanif

Yang lain kek
Masih ada fitra eri


Ridwan hanif, fitra eri, sama om mobi udah satu suara kalau mobil ini emang sulapan.... Cek aja postingan om mobi di motomobitv kemarin cebong pada kejang2 disana
Kalau fitra eri lagi di jerman ngetes BMW terbaru emoticon-Ngakak
Diubah oleh laziale.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
08-09-2019 18:05
belum liat spesifikasi,belum liat mobilnya langsung,belum liat daftar suplayer emoticon-Hammer2
0
08-09-2019 18:18

Intinya beda konteks omongannya..

Rh ngmgin industri otomotif, ngabalin ngmgin birokrasi..

Ya namanya juga orang2 politik, modal ngotot dan gak mau dgr masukan org lain yg ada ilmunya... Apalagi merasa lebih tua, sudah dianggap sampah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
08-09-2019 18:29
Salut ama tim promosinya nich SMK gak perlu keluar uang promosi tapi bisa bikin jualannya di omongin seluruh Indonesia ampe semua tv bikin liputan khususnya wkwkwkw
0
08-09-2019 18:33
Quote:Original Posted By ART7
setuju sama ridwan . bagi pengusaha mobil operasional sangat penting . klo ngeluarin uang 100 jutaan untuk sebuah mobil sangat besar bagi umkm maupun pengusaha besar. jd klo mau kepercayaan konsumen harus ditunjukkan apa isi dari mobil yg mau di jual . dan setangguh apa mobil itu . bukan malah dibelain mati matian . justru mobil itu harus dijabarin satu per satu komponennya , krn dari komponennya kita tau kelebihannya .


Esemka kalah dengan gesits yg udah ngikut ajang IIMS kemarin dan benar2 niat untuk jualan bukan hype doang, harusnya nih esemka ngikut ajang GIAS atau IIMS untuk branding serta pamerin jeroannya agar tau orang luas apakah layak atau tidak, ini malah launching dengan undang org sedikit dengan spek yg masih abu2, apa yg dikatakan ridwan ini tepat sekali. Untuk polemik esemka yg masih malu2 emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Gw udah sangsi emang sama esemka

Bener kata Ridwan Hanif, publikasi itu penting. Dulu jokowi aja undang para influencer sekalian promosiin MRT. Gratis loh promosiinnya lewat influencer. Mereka sendiri yang review. Tugasnya cuma ngundang

Ini esemka ngundang reviewer otomotif juga kagak, gimana mau laku? Kalau memang anti sama RH ya coba undang reviewer lain, Fitra Eri, Om mobi, kagak perlu dibayar, cukup diundang.

Esemka juga ga ikut GIIAS, atau IIMS. Gimana mau produknya bisa dikenal?

Gw jauh lebih respect sama Gesits atau Viar Motor listrik yang memang niat jualan.

emoticon-Shakehand2


Nah bener, kenapa nih esemka gk ngikutin GIAS atau IIMS walau cuma prototype doang misalnya, karena ini salah satu jalan untuk branding..

Ane juga lupa si gesit ini ngikut IIMS, mereka jual nama dengan bicarakan spesifikasi mereka disono biar dikenal luas

Fitra mobi dan ridwan ini sering 1 suara dengan penilaian yg objektifnya jadi sama saja mereka itu. Tapi ane rasa para riviewer otomotif rata2 bakal setuju dengan si ridwa
Diubah oleh aliensia
0
08-09-2019 18:37
Quote:Original Posted By aliensia
Esemka kalah dengan gesits yg udah ngikut ajang IIMS kemarin dan benar2 niat untuk jualan bukan hype doang, harusnya nih esemka ngikut ajang GIAS atau IIMS untuk branding serta pamerin jeroannya agar tau orang luas apakah layak atau tidak, ini malah launching dengan undang org sedikit dengan spek yg masih abu2, apa yg dikatakan ridwan ini tepat sekali. Untuk polemik esemka yg masih malu2 emoticon-Big Grin



Nah bener, kenapa nih esemka gk ngikutin GIAS atau IIMS walau cuma prototype doang misalnya, karena ini salah satu jalan untuk branding..

Ane juga lupa si gesit ini ngikut IIMS, mereka jual nama dengan bicarakan spesifikasi mereka disono biar dikenal luas


harusnya emang gt . Kita klo mau beli barang pasti pengen tau apa yg kita bayar , dapat apa saja garansinya gimana . Sparepartnya gimana perawatannya gimana , biaya nya berapa . Makanya pameran dan promosi itu penting sekali . Biar pembeli tau semua informasi itu
0
Lihat 1 balasan
08-09-2019 18:41
Quote:Original Posted By ART7
harusnya emang gt . Kita klo mau beli barang pasti pengen tau apa yg kita bayar , dapat apa saja garansinya gimana . Sparepartnya gimana perawatannya gimana , biaya nya berapa . Makanya pameran dan promosi itu penting sekali . Biar pembeli tau semua informasi itu


Itulah, ini langkah salah yg telanjur diambil oleh esemka, kalangan konsumen gk berani ambil resiko kalo apa2 serba gk jelas terutama aftersalenya.

Entah apa yg ada dipikiran pimpinan esemka sampe kaya gk tau celah bagus untuk branding.
0
Lapor Hansip
08-09-2019 18:50
Balasan post ART7
Quote:Original Posted By ART7


harusnya emang gt . Kita klo mau beli barang pasti pengen tau apa yg kita bayar , dapat apa saja garansinya gimana . Sparepartnya gimana perawatannya gimana , biaya nya berapa . Makanya pameran dan promosi itu penting sekali . Biar pembeli tau semua informasi itu


dikiranya promosi bisa cuma lewat si joko doang kali yak? emoticon-Big Grin
0
08-09-2019 18:55
keluar 10 ribu aja ga rela buat beli barang yg belum keliatan bentuknya,blm ada sample nya bahkan,apalagi 100 juta,mending beli lcgc yg jelas 3S nya
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1
08-09-2019 18:57
yg komen bela g ada yg bisa bantah apa yg dibilang si ridwan hanif
malah nyerang personal si ridwan hanif
dasar sampah emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
paexada dan pemburu.kobokan memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
08-09-2019 19:04
Quote:Original Posted By aliensia


Esemka kalah dengan gesits yg udah ngikut ajang IIMS kemarin dan benar2 niat untuk jualan bukan hype doang, harusnya nih esemka ngikut ajang GIAS atau IIMS untuk branding serta pamerin jeroannya agar tau orang luas apakah layak atau tidak, ini malah launching dengan undang org sedikit dengan spek yg masih abu2, apa yg dikatakan ridwan ini tepat sekali. Untuk polemik esemka yg masih malu2 emoticon-Big Grin



Nah bener, kenapa nih esemka gk ngikutin GIAS atau IIMS walau cuma prototype doang misalnya, karena ini salah satu jalan untuk branding..

Ane juga lupa si gesit ini ngikut IIMS, mereka jual nama dengan bicarakan spesifikasi mereka disono biar dikenal luas

Fitra mobi dan ridwan ini sering 1 suara dengan penilaian yg objektifnya jadi sama saja mereka itu. Tapi ane rasa para riviewer otomotif rata2 bakal setuju dengan si ridwa


tp yg lain bakal nolak masuk tv buat ngomentarin tuh mobil karna banyak resikonya
0
08-09-2019 19:04
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Gw udah sangsi emang sama esemka

Bener kata Ridwan Hanif, publikasi itu penting. Dulu jokowi aja undang para influencer sekalian promosiin MRT. Gratis loh promosiinnya lewat influencer. Mereka sendiri yang review. Tugasnya cuma ngundang

Ini esemka ngundang reviewer otomotif juga kagak, gimana mau laku? Kalau memang anti sama RH ya coba undang reviewer lain, Fitra Eri, Om mobi, kagak perlu dibayar, cukup diundang.

Esemka juga ga ikut GIIAS, atau IIMS. Gimana mau produknya bisa dikenal?

Gw jauh lebih respect sama Gesits atau Viar Motor listrik yang memang niat jualan.

emoticon-Shakehand2


Jualan "karya anak bangsa"
sama kayak film beat2 apa gitu
minta pejabat buat promoin "karya anak bangsa"
0
08-09-2019 20:52
Masak pengamat otomotif sekelas Ridwan Hanif kok dibantah cuma seorang ngabalin.

Ngoahaha Ngabalin udah nyaman jadi tukang jilat.
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1
08-09-2019 21:03
Quote:Original Posted By hantupuskom
tp yg lain bakal nolak masuk tv buat ngomentarin tuh mobil karna banyak resikonya


Ya pasti pendukung fanatik nyerang orang yg berani kritik ini mobil, padahal yg kritik adalah org yg dah lama dibidang otomotif..

Fanastisme buta itu merusak
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1
08-09-2019 23:50
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi



Jualan "karya anak bangsa"
sama kayak film beat2 apa gitu
minta pejabat buat promoin "karya anak bangsa"


Quote:Original Posted By aliensia
Ya pasti pendukung fanatik nyerang orang yg berani kritik ini mobil, padahal yg kritik adalah org yg dah lama dibidang otomotif..

Fanastisme buta itu merusak


Cintailah ploduk ploduk Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
09-09-2019 00:17
kurang kejelasan hal krusial sperti produsen, sumber onderdil dan bahkan mobil itu sendiri, ditambah seringnya delay tanggal peluncuran, seolah membuat peluncuran mobil ini hanya untuk memenuhi janji politik tanpa tujuan serius dan jangka panjang.
profile-picture
profile-picture
maz.eone dan pemburu.kobokan memberi reputasi
2
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.