News
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7365508012ae4fee2a1fe0/apa-iya-mobil-esemka-jiplakan-changan-china
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapat bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan.
Lapor Hansip
07-09-2019 15:07

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Past Hot Thread
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapatn bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan, hal ini menjadikan raamai dengan banyak yang mulai menupload kemiripan antara changan dan esemka.

Kecurigaan dari publik jika Mobil Esemka Bima merupakan hasil rebadge Mobil asal China, Changan Star Truck. Sedaikit penjelasan tentang Rebadge merupakan hal lumrah di industri otomotif, seperti terjadi pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Holden Gemini-Isuzu Gemini, Ford Laser-Mazda 323, Mitsubishi Colt T120SS-Suzuki Carry Futura.(https://makassar.tribunnews.com/).

Banyak yang membuat (tagar) hastag #ChanganJiplakEsemka sehingga menjadi trending topic, Sabtu (7/9/2019), prediksi penggunaan tagar itu dimaksudkan untuk menyindir Esemka sebagai kendaraan hasil jiplakan Changan, namun siapa tahu kebenarannya apakah memang menjiplak atau hanyaa ttak sengaja mirip saja, sehingga yang awal membuatnya dianggap sebagai yang dijiplak dan yang kemudian membuat adalah yang melakukan jiplakan.

Kehadiran Esemka diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/9/2019) yang bertempat di pabrik Esemka, Boyolal, Jokowi bahkan sempat mencoba kendaraan jenis pikap itu yang ia uji coba langsung, tapi menurut ane mantap nih ide pak Jokowi bisaa sampai memproduksi mobil dalam negeri, semoga bisa menjadi ladang peluang lapangan kerja yang besar bagi Rakyatnya ya pak.

Jokowi sangat yakin bahwa mobil Esemka bakal laku keras, hal ini di dasari bahwa mobil produksi dalam negeri itu harganya tergolong sangat murah, namun demikian kualitas pada kendaraan esemka tetap diutamakan sehingga kata murah bukan berarti murahan, berdaasarkan beberapa sumber bahwa harga mobil essemka menurut manajemennya harganya sekitar Rp. 95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras," kata Presiden usai peresmian.

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Direktur Utama PT SMK Edi Wirajaya menyatakan, mobil Esemka merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Kendati bukan mobil nasional, namun diproduksi oleh perusahaan swasta nasional 100 persen, meski demikian tentunya menjadi kbanggaan tersendiri bagi kita sebagai waraga Negara Indoneia yang sudah bisa memproduksi sendiri mobil dalam Negeri. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujarnya.(https://www.inews.id/)

Terus bagaimana masalah hebohnya dugaan bahwa mobil esemka jiplakan dari changan, Menurut Jokowi :"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.(https://makassar.tribunnews.com/).

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta, Bukan Mobil Nasional (Mobnas) seperti yang dipahami selama ini."Lebih tepatnya merupakan Mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

"Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini," ujar Eddy.(https://www.cnbcindonesia.com/news/)

Menurut gansis bagaimana?

Sumerrrr gambar Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arayasatriagg dan 12 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 10
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:05
merknya aja udah beda kok..






merknya aja yg beda?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:05
Quote:Original Posted By lucid
kalo emang cuma perakitan ya ngaku aja, jgn bilangnya mobnasemoticon-Big Grin... biar gak heboh esemka mulu, capek taukkkemoticon-Mad


Sing ngomong mobnas yo sopo??
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 16:10
Balasan post desoel
@desoel wajar kl esemka rebadge dr tiongkok. ke depan bs alih teknologi dr sono. bikin divisi pengembangan desain kan mahal, lagipula pangsa pasar blm jelas. msh baru mulai. seinget ane esemka udh 60% komponen lokal. ketimbang sama jepun, puluhan taun jd tkg jait doang. sampe skrg ga diajarin bikin blok mesin. pelit ilmu mah nippon. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:17
esemka memang plagiat mobil china

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:21
Quote:Original Posted By lucid
kalo emang cuma perakitan ya ngaku aja, jgn bilangnya mobnasemoticon-Big Grin... biar gak heboh esemka mulu, capek taukkkemoticon-Mad


Lah yg bilang esemka mobnas siapa? Bumn aja bukan, kan swasta indonesia gan

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:22
Yah sebenernya sih wajar yah namanya merintis utk ke depan nya bs diatas 70% kandungan lokalnya dan bs desain sendiri, cm emang dr awal aja nih jd ribut soal status nih mobil mobnas apa bukan.
Kayaknya cocok nih buat dipedesaan tinggal liat performa mesin nya aja.
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:25
Quote:Original Posted By JohnyPiring
Kemarin katanya laku 7000 unit tapi ga ada satu pun di jalan. Mungkin yang beli golongan jin yak emoticon-Ngakak

Mungkin mobil yang udah laku jarang digunakan oleh pemiliknya, ya disimpan digarasi aja gan jadi jarang keliatan
Quote:Original Posted By cocktail1987


emang lu mau beli tu mobil emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By lupis.manis


Jiah ngeles khas kampret.
Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan. emoticon-Ngakak

emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By mibmobz
Kagak, gan.
Klo dilihat dari atap genting yak tetep..



wkwkwk







esmeka emoticon-Leh Uga
klo bisa berubah mah canggih gan.

berubah kaya tarnsformer ya gan
Quote:Original Posted By lucid
kalo emang cuma perakitan ya ngaku aja, jgn bilangnya mobnasemoticon-Big Grin... biar gak heboh esemka mulu, capek taukkkemoticon-Mad

sabar, gan
Quote:Original Posted By Tidur.lah
Eh gan kalau udah berbau chinanogen apa barengan kayak yg sedang rame dihongkong mengenai extradisi lah jangan jangan juga kena extradisi cuman bedanya extradisi car riot/chariot (kereta kuda).

Memang sekarang ini apalagi sedang gencarnya perang dagang AS vs China wooow ...benar-benar banyak cinanya ea sampai pemilik facebook saja wifenya orang cina kalau gak salah....

Intinya untuk badan imigrasi diseluruh dunia...

Kalau cewek cina ada di indonesia gak usah dideportasi namun jika cowoknya harus dideportasi kenapa?

Karena kalau cowoknya ada potensi menjajah/yg tidak lain dapat menguasai yg ada didalam negrinya....ampir mirip penjajah lho....kecuali jika ia ada kepentingan khusus seperti kedubes atau bangasawan dahulunya....

Contoh lainnya artis wanita yang nikah dengan lakinya orang asing maka bawa ke luar !!!!

Begitu juga kalau ente punya bini orang jerman bawa kesini trus kelonin atau jajah diranjang dapur yeee....

gak pake paspor sebaiknya kalau ente TKW cewek disunting bule tarik keluar brayy!!!

Kalau enggak pake passpor kaya habib riziq yang lalu....

$upaya tidak kena denda ijin tinggal...

panjang amat pembahasanya sampai ke bawa sunting segala gan... haha
Quote:Original Posted By albetbengal
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??emoticon-WkwkwkApa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??


Quote:Original Posted By ulatbulu2
changan ini bumn china loh
klo esemka 100 persen swasta apa ini rentasan bumn sana dengan nama lain biar keliatan lebih nasionalis atau kerjasama swasta indo dengan bumn

100 persen bisnis sih ga ad yang perlu mikir terlalu jauh

Yang bikin heboh ssepertinya karena klaripikasi belum di dengar, itu aja
oh kalo udah ada state dari pihak esemka pasti tau gimananya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:26
Daripada penasaran datang aja ke pabriknya PT SMK yang di Boyololi.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 16:27
Balasan post albetbengal
Quote:Original Posted By albetbengal
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??emoticon-WkwkwkApa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??


emoticon-Wkwkwk emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:30
Quote:Original Posted By ulatbulu2
changan ini bumn china loh
klo esemka 100 persen swasta apa ini rentasan bumn sana dengan nama lain biar keliatan lebih nasionalis atau kerjasama swasta indo dengan bumn

100 persen bisnis sih ga ad yang perlu mikir terlalu jauh


Quote:Original Posted By clyope
kalo berani, CEO PT solo blablabla ini ngomong ke publik bahwa ini kerjasama dengan perusahaan china

masalahnya buzzer mikirnya esemka itu mobnas dan bikin sendiri dari 0


delusi akut


ada pasti gan cuma kapan nyampeinnya entah kapan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 16:31
Balasan post leonosphire
yang atas atau yang bawah nih gan,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 16:32
Balasan post 54m5u4d183
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
Daripada penasaran datang aja ke pabriknya PT SMK yang di Boyololi.

ide bagus emoticon-thumbsup

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 16:43
Balasan post kerupukaleng
@kerupukaleng
bagus dong kalo kita belajar kesana, ya semoga aja gak ada unsur kepentingan sebagian pihak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:47
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
esemka memang plagiat mobil china


gitu ya ke,,
Quote:Original Posted By onta.punuk.3


Lah yg bilang esemka mobnas siapa? Bumn aja bukan, kan swasta indonesia gan

emoticon-Bingung

hehe, emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By eye.glass
Yah sebenernya sih wajar yah namanya merintis utk ke depan nya bs diatas 70% kandungan lokalnya dan bs desain sendiri, cm emang dr awal aja nih jd ribut soal status nih mobil mobnas apa bukan.
Kayaknya cocok nih buat dipedesaan tinggal liat performa mesin nya aja.


ane suka koomen agan, sangat positif berfikirnya, cocok banget buat di pedesaan dan harganya katanya sangat mumer gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 16:50
Quote:Original Posted By desoel
ide bagus emoticon-thumbsup


Ya kan..., sekalian liat2 pemandangan Boyolali ( Kota Susu ) sama liat peternakan sapi, beli oleh2 keju Mozzarella dan Feta. Dan kalau punya duid beli aja mobil Bima.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 17:01
Balasan post 54m5u4d183
Quote:Original Posted By 54m5u4d183


Ya kan..., sekalian liat2 pemandangan Boyolali ( Kota Susu ) sama liat peternakan sapi, beli oleh2 keju Mozzarella dan Feta. Dan kalau punya duid beli aja mobil Bima.


agaan tau betul tentang boyolali, apa dari daerah sana??
emoticon-2 Jempol
namun sayangnyaa ane gak niat kesana gan gak punya dudung

profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 54m5u4d183 memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
07-09-2019 17:03
Quote:Original Posted By desoel
agaan tau betul tentang boyolali, apa dari daerah sana??
emoticon-2 Jempol
namun sayangnyaa ane gak niat kesana gan gak punya dudung


Ane di Jogja, Boyolali deket gan. Teman kuliah dulu....juga banyak dr Boyolali.

Oke gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 17:04
Balasan post 54m5u4d183
pantesan kenal betul daerah sono,,emoticon-Salam Kenal
profile-picture
profile-picture
nenk.fau dan 54m5u4d183 memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 18:53
Balasan post desoel
Quote:Original Posted By desoel

ya meskipun kebanyakan komponennya masih menggunakan dari luar, ane sih sukur aje dengan adanya esemka bisa juga emoticon-Leh Uga



Kalo Korsel jelas bisa nego peripheral dengan bahan dasar dan produksi dari lokal ..emoticon-Big Grin
Googling saja Makassar class itu contoh hasil sukses TOT korsel ke sini..emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
07-09-2019 18:55
Balasan post clyope
Quote:Original Posted By clyope
kalo berani, CEO PT solo blablabla ini ngomong ke publik bahwa ini kerjasama dengan perusahaan china

masalahnya buzzer mikirnya esemka itu mobnas dan bikin sendiri dari 0


delusi akut


emang dah diakui kok gan kalo bukan mobnas...


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia