alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d727b8ff4d695280f31f620/review-novel-horor-tirah-jangan-baca-sendirian-di-malam-hari-kalau-kamu-penakut
Lapor Hansip
06-09-2019 22:30
[Review Novel Horor] Tirah. Jangan Baca Sendirian Di Malam Hari Kalau Kamu Penakut.
Past Hot Thread
[Review Novel Horor] Tirah. Jangan Baca Sendirian Di Malam Hari Kalau Kamu Penakut. Pic. dari dokumentasi pribadi


'There is no ways out,  she is waiting.'


Blurb:
Belum naik ke atas ranjang, ada sesuatu yang mengelus pundak. Ah, bukan!  Itu bukan hanya sekadar perasaan. Udara dingin dalam tangan itu mampu membuat badannya bergetar. Menelusuk ke setiap sel di dalam tubuh. Dada naik turun, lebih cepat dari biasanya. Bahkan, keringat dingin mulai mengucur dari dahi. Semakin lama, pegangan itu semakin keras mencengkram leher. Listrik padam secara tiba-tiba. Angin besar ikut muncul dalam kamar, membuat beberapa kertas berterbangan. Satu foto berfigura lepas dan pecah dengan suara yang amat nyaring. Bahkan, ada suara aneh, seperti suara tercekat. Perlahan namun, pasti, Rardi menengok ke belakang.  Mendadak, wajahnya membeku ketika mengamati sosok itu dalam kegelapan. 


Hai, selamat malam Agan dan Sista. Ini tread pertama aku mengenai ulasan buku. Kali ini aku akan mengulas sebuah novel bergenre horor 15+ karangan Erast Yuu dengan penerbit Scritto Book (Tahun 2018).


Ulasan ini bukan karena ingin ikut-ikutan seperti cerita horor KKN yang tengah booming, tapi karena aku memang sudah lama hatam membaca buku setebal 230 halaman ini. Jauh sebelum cerita viral itu beredar. Tirah merupakan koleksi kesekian dari buku-buku thriller-ku. Aku maniak cerita bergenre jenis ini. Hehe.


Awalnya aku menganggap ceritanya akan membosankan. Tidak jauh-jauh dari empat mahasiswa yang melakukan KKN di desa terpencil yang terkenal angker. Lalu bertemu hantu dan cerita selesai begitu saja. Eh, tenyata aku salah. Ardan, ketua kelompok yang kukira penyebab masalah mengalami perubahan karakter seiring konflik dan teror yang terjadi. Berlanjut dengan kejadian-kejadian aneh yang membuat penasaran. Bahkan berakhir tragis.


[Review Novel Horor] Tirah. Jangan Baca Sendirian Di Malam Hari Kalau Kamu Penakut.
Pic. dari dokumentasi pribadi.


Tirah bagiku bukan sekadar novel horor, tapi thriller psikologi, dan detektif. Membuat kita menebak-nebak di part selanjutnya apa yang akan terjadi. Begitu juga dengan tokoh-tokoh misterius yang baru terungkap di bagian akhir cerita.


Erast Yuu mampu membawa pembaca dalam suasana mencekam, penuh teror, adegan berdarah, dan ketegangan di tiap bagian. Kalau Agan dan Sista penakut, aku saranin jangan baca buku ini sendirian apalagi di tengah malam. Ada satu adegan yang aku sendiri ngeri saat membacanya.


Diksinya apik. Pengarang mampu meramu kalimat demi kalimat hingga akhir cerita. Aku memang agak pilih-pilih dalam memilih buku. Kalau beberapa paragraf awal tidak menggugah penasaran, bukunya langsung kusimpan kembali.


Pesan moralnya dapat. Pertama, aku menyimpulkan , 'Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung.' Kedua, nafsumu kebinasaanmu. Ketiga, persahabatan erat adalah kunci dalam memecahkan kasus meskipun di buku ini kelompok Ardan harus kehilangan salah satu sahabat terbaik.


Selain empat alasan di atas, menurutku Tirah ini bertema mainstream. Seperti cerita-cerita urban klasik yang pernah kita baca. Hanya saja Erast Yuu menyajikannya dalam bumbu berbeda.


Cukup sekian review buku dariku. Kalau terlalu banyak nanti bocor di mana-mana alias spoiler. Hehe. Untuk Agan dan Sista yang sudah pernah membaca, jangan lupa sharing di kolom komentar ya.😊
Diubah oleh AdelineNordica
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maybelopah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
07-09-2019 07:24
emoticon-Cendol Gan
0
07-09-2019 10:05
jadi penasaran
profile-picture
profile-picture
obixbertrand dan AdelineNordica memberi reputasi
0
07-09-2019 10:13
Quote:Original Posted By noviepurwanti
jadi penasaran


Cobain, Mbak. Heheemoticon-I Love Kaskus
0
08-09-2019 04:19
udah lama pen baca buku ini.
0
08-09-2019 14:45
Quote:Original Posted By nofivinovie
udah lama pen baca buku ini.


Kemarin dapetnya pas ada promo dengan buku lain. hehe
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
1
09-09-2019 01:01
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Kemarin dapetnya pas ada promo dengan buku lain. hehe


Iya semoga aku kesampaiam baca.
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
09-09-2019 19:42
Quote:Original Posted By nofivinovie
Iya semoga aku kesampaiam baca.


Aamiin..emoticon-Big Kiss
0
09-09-2019 21:41
ish hororr deh
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
09-09-2019 22:11
Quote:Original Posted By pabloo
ish hororr deh


Kalau suka genre-nya baca aja, Gan. emoticon-Smilie
0
09-09-2019 23:31
wah ini ceritanya tentang KKN2 juga yah emoticon-Big Grin
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
10-09-2019 03:43
mantap sistaquuuh😍😍😍
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
10-09-2019 04:50
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Kalau suka genre-nya baca aja, Gan. emoticon-Smilie


Asiyap gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
10-09-2019 05:38
sepertinya menarik nih
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1
10-09-2019 06:14
Quote:Original Posted By taikers
wah ini ceritanya tentang KKN2 juga yah emoticon-Big Grin


Yups. Beda sih isi ceritanya sama yang lagi spiral itu, eh viral. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
gendutsehat memberi reputasi
1
10-09-2019 06:15
Quote:Original Posted By nofivinovie
mantap sistaquuuh😍😍😍


Mbak Novie juga mantap. Semangattemoticon-2 Jempolemoticon-Selamat
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
1
10-09-2019 06:15
Quote:Original Posted By pabloo
Asiyap gan :goyang:goyang


emoticon-Selamatemoticon-Selamat
0
10-09-2019 06:16
Quote:Original Posted By triwinarti
sepertinya menarik nih


Coba dibaca, Mbakemoticon-Big Kiss
Diubah oleh AdelineNordica
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.