alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d72454d018e0d3127684920/stop-ucapan-sederhana-sehari-hari-yang-rasis
Lapor Hansip
06-09-2019 18:38
Stop Ucapan Sederhana Sehari-Hari yang Rasis
Stop Ucapan Sederhana Sehari-Hari yang Rasis

Kata rasisme mungkin sudah tidak asing lagi. Tetapi kadang ada yang belum paham benar, apa itu rasisme. Rasisme merupakan suatu pemahaman yang menganggap bahwa ras atau suku tertentu lebih baik atas ras atau suku yang lainnya. Dengan kata lain, semua tindakan atau pemikiran yang sifatnya melecehkan ras, etnis, agama atau suku lain bisa digolongkan sebagai tindakan rasis.

Nah, sudah tahu kan apa itu rasis/rasisme? Yakin tidak pernah melakukannya? Jika pernah, stop rasisme ya! Mari kita simak beberapa ucapan sehari-hari yang mengandung rasis berikut ini :

1. Bunda pelit, kayak Cina!

Mungkin ucapan tersebut sudah sering kita dengar. Gaya hidup hemat dan bersahaja kadang dihubungkan dengan keturunan Cina yang tinggal di Indonesia. Padahal, menurut saya sifat pelit keturunan Cina yang tinggal di Indonesia tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Tergantung sifat individu seseorang.

Jadi, stop ucapan di atas ya!

Stop Ucapan Sederhana Sehari-Hari yang Rasis
Sumber Gambar : remajartt.blogspot.com/


2. Pantesan kamu keras, orang Batak!

Orang yang berasal dari Sumatera Utara, relatif tegas dengan intonasi bicara yang tinggi. Tetapi jika kamu melabeli seseorang yang bersikap keras dan berintonasi bicara yang tinggi dengan perangai "Orang Batak", secara tdak sadar kamu telah melabeli suku tersebut sebagai suku yang kasar.

Stop, itu tindakan rasis!


3. Iya, aku tahu kamu orang Jawa. Kelihatan kok, kamu lelet.

Setiap suku memiliki ciri khas tertentu yang membedakan dari suku lainnya. Tetapi, setiap manusia dari suku-suku tersebut adalah individu yang unik dengan beragam kepribadian.

Sebagai warga negara Indonesia, junjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu.


4. Bunda, sarapan roti ya! Biar seperti Bule.

Bule adalah sebutan bagi orang asing berkulit putih yang ada di Indonesia. Sebagian masyarakat mungkin sudah terbiasa menggunakan istilah Bule tanpa maksud untuk menyakiti. Padahal definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bule berakar dari kata "bulai" yang artinya albino. Maka beberapa orang asing berkulit putih yang belum lama tinggal di Indonesia, kadang merasa tersinggung dengan istilah tersebut. Jadi perlu berhati-hati ya, supaya tidak menyinggung perasaan mereka. Jika terlanjur berucap dan mereka tersinggung, segera minta maaf.


5. Dasar anak kampung, lihat seperti itu saja kagum!

Istilah orang kampung biasanya ditujukan kepada orang-orang pedesaan, yang cenderung jauh dari hingar-bingar kota. Karena fasilitas di pedesaan belum semewah kota, jadi wajar jika kagum saat melihat suatu mahakarya manusia di kota. Misalnya saja saat berkunjung ke Dufan, pasti merasa kagum dengan wahana-wahana yang ada di sana. Saya dulu juga begitu kagum dengan semua yang ada di Dufan, makhlum di kampung tidak ada wahana semegah itu.


Contoh di atas merupakan sebagian kecil sikap rasis yang secara tidak sadar kita ucapkan dalam keseharian kita. Kita harus lebih peka dan berhati-hati dalam berucap dan bertindak, ya! Jangan sampai menyakiti hati orang yang ada di dekat kita.

Bhinneka Tunggal Ika, harus kita junjung tinggi. Supaya persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga. Kita, Indonesia.

Stop Ucapan Sederhana Sehari-Hari yang Rasis
Sumber Gambar : images.app.goo.gl/7xiVVznvcj5cZ7MF6
Diubah oleh lina.wh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
06-09-2019 18:41
Kita, Indonesia...
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan alva610 memberi reputasi
2
10-09-2019 04:05
cina identik dengan pelit, hahaha.

roti identik dengan bule, hihi.

ya begitulah.
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan lina.wh memberi reputasi
2
10-09-2019 05:35
Quote:Original Posted By nofivinovie
cina identik dengan pelit, hahaha.

roti identik dengan bule, hihi.

ya begitulah.


😊😊😊
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
10-09-2019 06:20
Quote:Original Posted By lina.wh
Kita, Indonesia...


Berbeda-beda tapi kini mulai pecah' perlahan-lahan..kesatuannya mulai pudar
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan lina.wh memberi reputasi
2
10-09-2019 07:04
Quote:Original Posted By delia.adel
Berbeda-beda tapi kini mulai pecah' perlahan-lahan..kesatuannya mulai pudar


😥😥😥
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
10-09-2019 07:29
emang lidah tak bertulang
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
10-09-2019 07:31
ya ya ya

sepp brayy emoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
10-09-2019 07:42
paling benci kalo rasis tentang kampung . enak hidup di kampung bro , udara masih sejuk , makanan kebanyakan masih alami semua . bangga saya tinggal di kampung emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
10-09-2019 09:49
Quote:Original Posted By iissuwandi
emang lidah tak bertulang


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
10-09-2019 09:49
Quote:Original Posted By fawwazmuhammad1
paling benci kalo rasis tentang kampung . enak hidup di kampung bro , udara masih sejuk , makanan kebanyakan masih alami semua . bangga saya tinggal di kampung emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Iya, benar.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
10-09-2019 19:36
stop rasis dari hal kecil

btw ternyata saya blm mengikuti mba Linaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
10-09-2019 20:12
Quote:Original Posted By erina79purba
stop rasis dari hal kecil

btw ternyata saya blm mengikuti mba Linaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Benarkah, Bu? Saya gak ngeh...
0
11-09-2019 21:50
Tanpa disadari, rasisme memang sudah ada di sekitar kita ya.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
12-09-2019 00:52
Quote:Original Posted By haz0204
Tanpa disadari, rasisme memang sudah ada di sekitar kita ya.


Iya, kadang tindakan/ucapannya sederhana.
0
12-09-2019 13:15
aku lelet banget bunda emoticon-Cape deeehhberdukaemoticon-DP
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
12-09-2019 13:16
aku suka roti juga bundaaa 😂 biar lancar ngomong pakai Englishnya
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
12-09-2019 15:08
Quote:Original Posted By Richy211
aku lelet banget bunda emoticon-Cape deeehhberdukaemoticon-DP


Sama...
0
12-09-2019 15:08
Quote:Original Posted By Richy211
aku suka roti juga bundaaa 😂 biar lancar ngomong pakai Englishnya


Roti buat sarapan, lumayan mengisi perut.
0
15-09-2019 14:09
sederhana tapi kadang kalo momennya gak pas. bisa nyelekit
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1
15-09-2019 14:38
Quote:Original Posted By agungdar2494
sederhana tapi kadang kalo momennya gak pas. bisa nyelekit


Iya, apalagi lawan bicaranya lagi sensi ya.

Tapi lebih baik stop rasis.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.