alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d65a5e8af7e933a69278350/budaya-instan-bukan-budaya-kita-budaya-kita-bekerja-keras
Lapor Hansip
28-08-2019 04:51
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja Keras
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja Keras Sumber: Dokumen Pribadi

Hay Agan dan Sista salam kenal dariku. Kita memang belum pernah bertemu bertatap muka ataupun bercengkerama, tapi karena kemajuan teknologi, jarak dan waktu bukan lagi salah satunya penghalang untuk kita bisa saling mengenal. Ya kemajuan ini telah memanjakan kita sehingga membawa kita pada sebuah generasi instan.
Kemajuan jaman selain berdampak positif tentunya membawa dampak negatif pula. Salah satu contoh dampak dari segi teknologi. Positifnya kita bisa dengan mudah mengakses informasi, berkomunikasi dengan sesama tanpa batasan jarak dan waktu. Namun dampak negatifpun timbul karenanya. Menjadi media profokasi, maupun alat kejahatan lainnya yang sengaja disalahgunakan oleh para pelakunya.

Mencengangkan sekali ketika membuka berita di handphone maupun di televisi akhir-akhir ini yang dipenuhi dengan kasus kriminal. Hal ini karena berkembangnya budaya instan di masyarakat. Mengapa disebut budaya instan? Karena cenderung ingin memperoleh hasil yang cepat dan sebanyak-banyaknya tanpa bersusah payah.
Penipuan berkedok investasi saham, karena tergiur dengan keuntungan melimpah dengan waktu yang singkat. Pencurian dan perampasan secara sadis, karena ingin memperoleh benda berharga milik orang lain, bahkan tidak jarang disertai asusila terhadap korbannya.

Kembali lagi pada masyarakat kita, Indonesia, keyakinan, dan budayanya. Di Indonesia terdapat beberapa keyakinan agama seperti Islam, Kristen protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan kepercayaan Konghucu.
Islam itu agama saya. Ya, saya adalah seorang muslim. Indonesia juga kental akan budaya ketimuran, budaya gotong royong dan bekerja keras. Menilik dari kejadian yang sering diberitakan akhir-akhir ini, persoalan yang terjadi di negara kita karena adanya budaya instan, budaya bermalas-malasan. Kenapa demikian? Karena persoalan yang banyak terjadi disebabkan dari persoalan kerja. Mungkin karena Indonesia telah memanjakan kita dengan kondisi geografis yang sangat strategis sehingga membuat kita terlena. Bahkan Koes Plus menggambarkannya dalam sebuah lagu Kolam Susu.

"Bukan lautan hanya kolam susu, kail dan jala cukup menghidupimu,
Tiada badai tiada topan kau temui, ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman.
Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman"


Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja Keras Sumber: Dokumen Pribadi

Karena suburnya Indonesia sehingga menjadikan kita bermalas-malasan.

Agama mengajarkan kita untuk bekerja keras. Bekerja dengan mengerahkan kemampuan fisik, pikiran, dan hati. Ini untuk mengaktualisasikan diri sebagai khalifah yang dituntut memimpin dunia. Hal ini tak kan terealisasi dengan sendirinya, tapi musti diraih, dikejar, dan diupayakan.
Bumi diciptakan sebagai tempat untuk membanting tulang, sedangkan manusia bekerja di atasnya. Dalam Islam, bekerja keras adalah bekerja dengan sungguh-sungguh disertai tawakal kepada Allah SWT.
Seperti sebuah syair yang sering kita dengar:

"Bekerjalah untuk duniamu, seolah kamu hidup selamanya,
Dan bekerjalah untuk akhiratmu, seolah kamu akan meninggal esok".


Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja KerasSumber: Dokumen Pribadi

Seperti nasihat Imam Syafi'i :" Berangkatlah, niscaya engkau mendapat ganti untuk semua yang engkau tinggalkan. Bersusahpayahlah, sebab kenikmatan hidup hanya ada dalam bekerja keras. Ketika air mengalir akan menjadi jernih, dan akan menjadi keruh ketika berhenti. Jika tak keluar dari sarangnya, singa tak akan mendapatkan mangsanya, sebagaimana anak panah yang takkan mengenai busur ketika tidak meninggalkan busurnya. Biji emas yang belum diolah sama dengan debu di tempatnya. Ketika orang mulai berangkat dan mulai bekerja, dia akan mulia seperti bernilai emas."
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja KerasSumber: Dokumen Pribadi

Saya sangat menyadari, sebagai orang yang sangat awam di bidang agama, bukan da'iah ataupun ustadzah, bahkan belum pernah nyantri, saya tidak akan banyak menganalisis, semata hanya menuliskan pandangan saya mengenai hal yang terjadi.
Kembali lagi pada budaya instan. Mie yang berlabel instan saja masih perlu proses untuk menyajikannya. Artinya tidak ada hal instan yang dapat kita raih tanpa bekerja keras.
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Bekerja Keras Sumber: Dokumen Pribadi

Penulis : Dinar Setyaningrum
Sumber : Opini Pribadi
Diubah oleh ningdidien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
28-08-2019 04:55
Wiih..keren ini girls
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
28-08-2019 05:06
Quote:Original Posted By aniesday
Wiih..keren ini girls


Mohon saran perbaikannya Bun
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
28-08-2019 06:06
Mantu banget dahh ahhhemoticon-2 Jempol
Diubah oleh masnukho
0
28-08-2019 06:16
lanjut nulis din
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
28-08-2019 06:40
Quote:Original Posted By masnukho
Mantu banget dahh ahhhemoticon-2 Jempol


Mantu apa mantu😅 mantu itu menikahkan anak dlm bahasa Jawa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
28-08-2019 06:41
Quote:Original Posted By Rain171
lanjut nulis din


Nah.. iya nanti kalau moodnya lagi baik😅 skrg nulisin hati dulu deh
0
28-08-2019 06:47
Quote:Original Posted By ningdidien
Mantu apa mantu😅 mantu itu menikahkan anak dlm bahasa Jawa


Mantul maksut Ane😆
0
28-08-2019 07:20
Dari mana sumbernya
Kalau budaya kita kerja keras

Realitanya dimari
Budaya serba pengen instan tuch cuy



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan ningdidien memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
28-08-2019 08:10
Quote:Original Posted By masnukho
Mantul maksut Ane😆


Typo yah
0
28-08-2019 08:12
Quote:Original Posted By dirtyweekend
Dari mana sumbernya
Kalau budaya kita kerja keras

Realitanya dimari
Budaya serba pengen instan tuch cuy



emoticon-Blue Guy Bata (L)


Hehehe sumbernya dari pemikiran ane😅 pan nenek moyang kita perlu kerja keras buat bisa hidup.. bahkan diperbudak baru bisa menikmati hasilnya
0
28-08-2019 08:45
Work hard? Hmmm... nah
Work smart emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ningdidien dan mikeymikey2604 memberi reputasi
2
28-08-2019 09:14
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Adalah Menyalahkan Orang Lain
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1
28-08-2019 09:26
Zaman berubah, teknologi lah yg membuat manusia males gerak dan pengennya instan mulu..

Makanan instan
pinjeman instan
foto instan
dll.

obesitas dimana mana..
emoticon-Traveller
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1
28-08-2019 09:52
Quote:Original Posted By xxxwakeupxxx
Work hard? Hmmm... nah
Work smart emoticon-Cool


Nah.. smart worker nda bakal males"an😅
0
28-08-2019 09:52
Quote:Original Posted By kerupuklatos
Budaya Instan bukan Budaya Kita, Budaya Kita Adalah Menyalahkan Orang Lain


Ahahaha.. bisa jadi
0
28-08-2019 09:53
Quote:Original Posted By jlamp
Zaman berubah, teknologi lah yg membuat manusia males gerak dan pengennya instan mulu..

Makanan instan
pinjeman instan
foto instan
dll.

obesitas dimana mana..
emoticon-Traveller

Dietpun bisa instan😅
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1
28-08-2019 09:59
kerja keras, kerja ikhlas...emoticon-Argentina
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1
28-08-2019 10:02
mau dong indomienya 1 pake telor emoticon-Big Grin
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1
28-08-2019 10:16
maksudnya menjadi kaya dengan cara instan ?
ya kalo emang bisa dengan cara halal, ga apa2
tapi kalo lewat cara berjudi, rampok, dll ya jelas salah
justru ane mendukung cara2 efektif & efisien (red : instan)
Diubah oleh raysat3d
0
28-08-2019 10:45

ada indomienya, jadi laper
--------------------------------
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.