Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d650767018e0d7c5d228382/mengenal-home-care-perawatan-di-rumah-yang-membuat-pasien-menjadi-lebih-nyaman
Sakit merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Apalagi jika harus bermalam dan dirawat inap di rumah sakit. Namun bagi sebagian orang mungkin merasa enggan jika harus bermalam di rumah sakit dikarenakan merasa tidak nyaman karna proses hospitalisasi tersebut. Perpindahan / hospitalisasi tersebut memang membuat beberapa orang merasa tidak nyaman seperti susah tidur, tidak bisa b
Lapor Hansip
27-08-2019 17:35

Mengenal Home Care, Perawatan di Rumah yang Membuat Pasien Menjadi Lebih Nyaman

Sakit merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Apalagi jika harus bermalam dan dirawat inap di rumah sakit. Namun bagi sebagian orang mungkin merasa enggan jika harus bermalam di rumah sakit dikarenakan merasa tidak nyaman karna proses hospitalisasi tersebut.

Mengenal Home Care, Perawatan di Rumah yang Membuat Pasien Menjadi Lebih Nyaman
Perpindahan / hospitalisasi tersebut memang membuat beberapa orang merasa tidak nyaman seperti susah tidur, tidak bisa beristirahat dengan tenang dan lain sebagainya. Nah bagi mereka yang bermasalah dengan hospitalisasi ini ada sebuah solusi yaitu dengan cara home care.

Apakah yang dimaksud dengan home care itu? Home care atau bisa juga dikenal dengan pelayanan di rumah merupakan suatu pelayanan kesehatan yang dilakukan berkelanjutan dan secara intensif oleh petugas kesehatan profesional kepada seseorang atau keluarga di tempat tinggal mereka sendiri.

Home care ini dilakukan dengan perencanaan dan koordinasi yang sudah diatur berdasarkan perjanjian bersama antara pasien dengan petugas kesehatan.

Ringkasnya, home care ini ialah perawatan oleh tenaga kesehatan layaknya seperti di rumah sakit hanya saja dilakukan di rumah pasien sendiri, baik itu menggunakan alat kesehatan ataupun tanpa menggunakan alat kesehatan.

Baca Juga : Mengetahui Diet Sehat Untuk Bayi dan Balita

Biasanya home care ini ditujukan kepada mereka yang memiliki penyakit kronis karena tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah sakit terus menerus sehingga bisa dilakukan perawatan di rumah yang diketahui oleh dokter.

Home care ini bisa didapatkan di rumah sakit besar atau klinik kesehatan yang menyediakan jasa tersebut. Pada beberapa kota besar sudah menyediakan jasa home care ini. Dengan home care maka pasien akan merasa lebih nyaman jika dilakukan perawatan kesehatan di rumah dibandingkan di rumah sakit.

Memang apa saja kelebihan home care dibandingkan dengan pelayanan kesehatan lainnya? Tujuan pelayanan home care ini tentunya tidak sembarangan. Beberapa manfaat dan kelebihan menggunakan jasa home care ini adalah sebagai berikut :
1. Lebih meningkatkan, mempertahankan dan memperbaiki kondisi kesehatan pasien dengan melakukan perawatan di rumah.

2. Mencegah dan meminimalkan efek buruk penyakit untuk mencapai kemampuan pasien secara optimal untuk menunjang kesehatannya.

3. Meningkatkan penyembuhan dan penjagaan pasien dengan perawatan di rumah.

4. Meningkatkan pemahaman keluarga pasien tentang kesehatan karena dilibatkan dalam langkah pelayanan atau tindakan selama dilakukan perawatan di rumah.

5. Memenuhi kebutuhan atas rasa aman dan nyaman pasien karena berada di tengah-tengah keluarga dengan tetap memenuhi prinsip persyaratan kesehatan jika dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit.

6. Pelayanan akan cenderung lebih optimal dan tepat karena melihat kondisi sosio ekonomi dan budaya pasien yang dilayani karena dirawat oleh tenaga kesehatan pribadi.

7. Meningkatkan efisiensi waktu, biaya, tenaga dan pikiran bagi pasien maupun keluarga pasien.

Bagaimana jenis pelayanan yang disediakan oleh home care? Pada dasarnya jenis-jenis pelayanan home care tergantung pada ketersediaan masing-masing penyedia jasa. Namun secara umum jenis-jenis pelayanan yang bisa didapatkan di home care adalah sebagai berikut :
- Pelayanan medis
- Pelayanan dan asuhan keperawatan
- Pelayanan rehabilitasi medis dan promosi kesehatan
- Pelayanan gizi
- Kunjungan ibu hamil
- Kunjungan ibu nifas dan pasca bersalin
- Kunjungan bayi dengan resiko tinggi
- Pemasangan atau penggantian alat kesehatan misalnya selang lambung, kateter, tube pernafasan dll.
- Pengambilan praparat laboraorium tertentu.
- Perawatan luka dan stoma bagi pasien penyakit kronis
- Pemberian obat melalui muskuler dan intra vena
- Pijat bayi

Nah itulah tadi sekilas tentang home care mulai dari pengertian, manfaat hingga jenis-jenis pelayanan yang disediakan. Untuk jenis pelayanan sendiri tidak mencakup semua hal di atas karena tergantung penyedia jasa masing-masing sesuai dengan keahliannya.

Home care sendiri sudah banyak mudah ditemukan di masing-masing wilayah. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya untuk keluarga anda yang sakit kronis dan membutuhkan perawatan di rumah? Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber : fahrinheit.com
Diubah oleh fahrinheit
0
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2K Anggota • 19.7K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia