alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d61db974601cf537c540c8f/ambulans-puskesmas-tolak-jenazah-dinkes-kota-tangerang-minta-maaf
Lapor Hansip
25-08-2019 07:51
Ambulans Puskesmas Tolak Jenazah, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf
Past Hot Thread
Quote:Ambulans Puskesmas Tolak Jenazah, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf

Suara.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr. Liza Puspadewi, angkat bicara soal ambulans yang menolak mengangkut jenazah Husen, bocah yang tenggelam di aliran sungai Cisadane pada Jumat (21/8/2019).

Menurut Liza, mobil ambulans di Puskesmas Cikokol yang ada saat itu hanya digunakan untuk pasien dalam kondisi kegawatdaruratan. Menurut dia hal tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril. Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut," ujar Liza saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (24/8/2019).

Atas kejadian ini Liza mengaku meminta permohonan maaf pada keluarga Husen atas kesalahpalaham hingga akhirnya berbuntut terjadinya polemik.

"Mewakili Pemkot Tangerang, saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tenggelam," kata Liza.

Pemerintah Kota Tangerang, lanjut Liza, sudah mempunyai pelayanan mobil jenazah gratis. Masyarakat cukup melakukan panggilan darurat dengan menekan 112 untuk memanfaatkan pelayanan mobil jenazah gratis.

"Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," pungkasnya.

Sebelumnya Supriyadi, paman dari Husein bocah 8 tahun yang meninggal di Bantaran Sungai Cisadane menaku kecewa terhadap pelayanan di Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang. Pasalnya, saat insiden nahas yang menyebabkan ponakannya meninggal ini ia harus membopong jenazah tanpa ambulans.

Kejadian mengenaskan ini terjadi pada Jumat (23/8/2019), saat itu empat orang anak asal Kampung Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang tengah asik berenang di aliran sungai Cisadane.

Namun nahas, saat itu dua bocah yakni Husen (8) dan Fitra (12) tenggelam. Saat itu warga sekitar langsung membantu mencari korban tenggelam.

Husen, ditemukan lebih awal dari rekannya Fitra. Jenazah Husen yang telah terbujur kaku langsung dibawa ke Puskesmas Cikokol, yakni tempat terdekat dari lokasi kejadian.

Saat itu Paman dari Husen Supriyadi mencoba meminjam ambulans yang yang ada di puskesmas tersebut untuk mengantarnya pulang ke dan disemayamkan. Tetapi, dengan alasan ambulans itu tak dapat digunakan untuk orang meninggal, pihak puskesmas menolak untuk mengantar jenazah itu.

Kontributor : Muhammad Iqbal
https://banten.suara.com/read/2019/0...ang-minta-maaf


Takut tuman ya ambulannya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
25-08-2019 08:47
kekecewaan dan ketidakpuasan sering terjadi karena ketidakpahaman...
ambulance peruntukannya memwng bukan utk jenazah. ambulan utk org hidup/pasien. utk jenazah ya mobil jenazah. kalau dia paham akan hal itu, tentu tak jadi polemik. layanannya sudah disediakan, tp tak dihubungi.
Harusnya pihak puskesmas juga tak hanya menolak, namun memberikan solusi. Rasa2nya, mreka harusnya lebih tahu kemana , no yg hrus dihub brapa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theotheotheo dan 27 lainnya memberi reputasi
28
25-08-2019 08:44
Lah itu kan benar sesuai sop, kalo udah jadi jenazah ya pake mobil jenazah. Orang udah meninggal itu mulai dekomposisi, udah mulai bakterinya aktif jadi kalo orang sakit pake bekas jenazah ya bisa bisa malah nyusul juga. Ini cuma masalah pamannya gak tahu dan pemerintah yang kurang respon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 25 lainnya memberi reputasi
26
25-08-2019 08:09
cerita kek gini bikin miris bray
jd inget bbrapa taun lalu, wktu di rs ada org yg bawa pulang anaknya lntaran udh habis bpjs nya, jd ga bisa bayar
belum kluar grbang rs, anaknya mninggal di mobil bak trbuka dpangkuan ibunya emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theycallmeoshin dan 17 lainnya memberi reputasi
18
profile picture
kaskus addict
25-08-2019 08:23


The question is, kenapa bisa habis masa berlaku bpjsnya?
profile picture
kaskus maniac
26-08-2019 09:24
bukan habis bpjsnya tapi kuota rawat inap ada batasnya untuk pasien bpjs, hal tsb dilakukan biar pasien yg lain mau masuk dapet tempat. temen saya udah alamin sendiri, udah beberapa minggu rawat inap dsuruh plg dulu. setelah beberapa hari baru bisa masuk lagi
profile picture
newbie
25-08-2019 23:16
@bangtjah surat rekomendasi bpjs dr puskesmas ke rumah sakit biasanya berlaku 3 bln dan hrs diperpanjang ke puskesmas ... saya tahu krn pernah pengobatan tbc 9 bln ke rumah sakit. ada plus minusnya. dr bpjs saya dicover semuanya
profile picture
newbie
25-08-2019 22:58


jir kesian bgt emoticon-norose emoticon-Frown
profile picture
kaskuser
25-08-2019 22:40
Emang kaya gitu gan, tetangga ane juga kaya gitu jadi kalo ga salah jatah nya itu cuma berapa hari lah, nah sembuh ga sembuh di kick dari room emoticon-Mewek
25-08-2019 08:59
mobil ambulance harus sesuai sebagai fungsinya

jangan di isi batu ya adik2

catet !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
8
25-08-2019 07:54
Harusnya pemerintah menyiapkan 2 jenis ambulan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeviMp dan 6 lainnya memberi reputasi
7
profile picture
kaskus addict
26-08-2019 10:02
solusi yang cerdas dan cemerlang gan emoticon-Big Grin

bener si harus begini . 2 ambulan jadi buat alokasi kemana lebih mudah
profile picture
aktivis kaskus
26-08-2019 01:23


iyaaa kalo 1 ambulance 1 lagi mobil jenazah, soalnya ane liat kalo jenazah itu gak boleh di taro di mobil ambulance, nanti bakalan ada virus apa gitu ane lupa. jadi mungkin puskesmas nyakekurangan kendaraan darurat dan terjadi lah kaya gini
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.