alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d60d55c6df2311742243910/modus-mengemis-baru-di-krl-pura-pura-tersasar-lalu-minta-uang
Lapor Hansip
24-08-2019 13:12
Modus Mengemis Baru di KRL, Pura-Pura Tersasar Lalu Minta Uang
Past Hot Thread
Achmad Fardiansyah , Okezone Sabtu 24 Agustus 2019 10:29 WIB

Quote:Modus Mengemis Baru di KRL, Pura-Pura Tersasar Lalu Minta Uang


Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

Quote:FENOMENA Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di kota-kota besar tidak ada habis-habisnya. Para PMKS atau sering disebut Gelandangan Pengemis (Gepeng) rupanya memiliki cara yang ampuh untuk mewujudkan keinginannya.

Salah satunya, Gepeng saat ini rupanya cukup cerdas, dirinya berpura-pura menjadi pengguna Kereta Commuterline (KRL). Gepeng yang berpura-pura itu biasanya sudah berusia uzur. Saat melancarkan aksinya, Gepeng tersebut mengaku bahwa dirinya tersesat atau salah naik kereta, hal itu untuk mengundang rasa iba dari si penumpang lainnya.

Jika sudah terpedaya dengan gaya memelasnya Gepeng manula itu, biasanya pengguna KRL akan memberikan sejumlah uang kepadanya.

Hal ini dialami oleh salah satu pengguna KRL, Irwan mengaku sempat didatangi seorang nenek yang mengaku kesasar lantaran salah menaiki kereta.

Modus Mengemis Baru di KRL, Pura-Pura Tersasar Lalu Minta Uang

Penumpang KRL di Stasiun Bojonggede (Foto: Okezone.com/Fardi)

"Pernah bang, waktu itu. Tapi udah lama kejadiannya. Tapi saya inget banget, jadi waktu itu ada nenek, bilang saya kesasar mau ke Bekasi," ujarnya.

Setelah bertanya, dirinya meminta nenek yang tidak diketahui identitasnya itu diminta untuk turun, agar menganti kereta yang ditumpanginya, setelah diminta turun nenek itu mengeluh kalau dirinya tidak memiliki bekal.

"Waktu itu kan saya naik kereta jurusan Bogor, terus dia mau ke Bekasi, saya suruh turun terus minta naik kereta Bekasi, tapi sebelum turun dia minta uang, karena buru-buru saya kasih aja seadanya tanpa melihat jumlah uang tersebut berapa," ucapnya.

Awalnya Irwan mengira bahwa itu memang seorang nenek yang benar-benar kesasar, namun setelah kejadian tersebut salah satu rekannya mengalaminya dengan modus yang sama namun beda orang.

Modus Mengemis Baru di KRL, Pura-Pura Tersasar Lalu Minta Uang

Infografis Pengemis (Foto: Okezone)

"Modusnya sama, tapi ciri-cirinya beda aja," tuturnya.

Menanggapi fenomena tersebut, Humas PT KCI, Anne Purba mengaku hingga saat ini dirinya belum mendapatkan laporan terkait fenomena tersebut.

"Kebetulan saya tiap hari naik KRL belum menemukan, laporan ke kami belum ada. Apalagi sudah masuk stasiun artinya sudah beli tiket ya," ujarnya.

Namun, jika hal itu ditemukan di area Stasiun, Ane meminta pengguna jasa KRL untuk melaporkan kepada petugas atau melalaui kontak center.

"Jika menemukan hal yg menganggu kenyamanan dalam menggunakan KRL bisa menghubungi petugas atau contact center kami 021-121, 24 jam," tutup Ane.

(kha)
Sumur


Komen TS
Makin susah nih bedain pengemis sama yang beneran kesasar

Untung ane blom pernah ketemu model gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nuckyeah dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
24-08-2019 13:25
Ada modus penipuan, ada modus mengemis
0
24-08-2019 13:27
Modus baru ya, sekarang pakai modal buat naik kereta.
0
24-08-2019 13:31
Ane pernah kena, dah lama banget sih waktu masih mahasiswa, ketemu emak2 kesasar terus minta duit buat pulang, akhirnya ane kasih aja 5000, tahun 2010 itu goceng masih lumyan lah apalagi ane masih mahasiswa duit juga apa adanya

Gak lama beberapa hari kemudian dari agak jauh ane liat lagi itu emak2 dengan modus sama, sialan ane kena tipu emoticon-Mad

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamaitsu dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Lihat 1 balasan
24-08-2019 13:36
jangan pernah kasih duit..kasih aja makan atau topup tiket perjalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 5 lainnya memberi reputasi
6
24-08-2019 13:49
Quote:Original Posted By nadaramadhan20



Komen TS
Makin susah nih bedain pengemis sama yang beneran kesasar

Untung ane blom pernah ketemu model gini


gw juga bbrpa kali nemuin bre
ga cuma di krl
dijalan protokol macem sudirman aja ada

btw nih ada linknya

https://www.kaskus.co.id/thread/54eec4afa1cb1754468b456c/ada-yg-pernah-kena-modus-peminta-minta-kehabisan-ongkos/

misal ada orang yg bener2 iba ato ga peduli maen kasih2 aja
perorang 5rb x 20 orang udah 100rb perhari
itu itungan kasar 5rb
nah klo ada yg jumlahnya random 10rb lah 20rb lah
udah brp itu pengemis ngumpulin duit hasil nipu memelas perharinya
Diubah oleh bayar8juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
24-08-2019 13:56
Praktik kayak gitu kan udah lama banget sebenernya...
profile-picture
profile-picture
donothing dan patricksby memberi reputasi
2
24-08-2019 13:59
Ana ga iba kalo liat orang model beginian emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
donothing dan Werewolfvez memberi reputasi
2
24-08-2019 14:02
modus = modal dusta emoticon-Hansip
bisa kenak pasal 378 ga nih? emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan patricksby memberi reputasi
2
24-08-2019 14:03
ane udah lebih dari 2x disamperin ibu2 kesasar..
ane gak tau nipu apa nggak..
yg paling inget yg pertama..sekitar 2008-2009, punya uang 8rb, ane kasih 5rb..kebetulan kopaja jaman itu masih 2000, sisa seribu buat beli rokok emoticon-Big Grin

kalau dia nipu pikiran ane waktu itu cuma nanti dibalas sama ALLAH..yg penting ane cuma niat bantu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 1 balasan
24-08-2019 14:24
Hikmah yg dpt kita petik dari kejadian ini adalah: "Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah"

emoticon-Traveller
profile-picture
ulermaboq memberi reputasi
1
24-08-2019 14:28
Orang Indonesia itu baik dan ramah ramah tapi ada saja oknum yang memanfaatkannya hmmm
0
24-08-2019 14:32
Ban9sat emang.
Waktu itu gua di depan rs awal bros, liat ibu2 dah tua sama anaknya perempuan umuran masih smp.
Gua lagi nunggu bis disamperin,
Awal2nya nanya kalo ke sragen naik bis apa ya. Kemana rutenya intinya dia kaya kesasar abis dari rumah soadaranya. Pokoknya setelah itu dia bilang mau pulang ke sragen tapi duitnya tinggal 15 ribu (dia nunjukin duitnya dari dompetnya emang dah jelek dompetnya). Akhirnya karena merasa kasian, gua kasihin duit 100ribu. Itu ibu2 bilang terima kasih ga berenti2 sampe kaya mau salim ke tangan gua. Gua jadi ngerasa ga enak. Gua bilang aja simpan aja langsung gua tinggalin ke warung.

Diwarung gua pesen kopi pas kopi dateng tukang warungnya nanya.. "mas tadi ngasih berapa ke ibu2 itu.??" Gua bilang 100 ribu.. emang kenapa bang? "Ibu2 itu udah sering ngemis2 modusnya nyasar ga punya uang buat pulang."
Naik pitam gua kesel pengen gua samperin tapi dikasih tau katanya dia kalo dah dapet mangsa langaung pergi. Bener pas gua cek ternyata dah ga ada itu orang.

Liauw duit cepe gua.
Kapok gua berbuat baik kaya gitu. Mending gua ngasih tetangga atau sodara gua yg emang keliatan membutuhkan.
emoticon-Mad
Diubah oleh eggnostick
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 6 lainnya memberi reputasi
7
24-08-2019 14:33
ada ada ajja
0
24-08-2019 14:33
hmmmmm...
klo gitu laporkan ke petugas
profile-picture
donothing memberi reputasi
1
24-08-2019 14:33
Quote:Original Posted By wahyuargian
Orang Indonesia itu baik dan ramah ramah tapi ada saja oknum yang memanfaatkannya hmmm


Yoi gan
0
24-08-2019 14:38
Pernah bbro kali ktm tp gw cuekin
Diubah oleh omxcabul
0
24-08-2019 14:39
kalo emang beneran kesasar gimana coba? emoticon-Belo
0
Lihat 2 balasan
24-08-2019 14:39
orang yang kita "kasihani" ternyata wong sugih
0
24-08-2019 14:39
ane sering ketemu di termminal bre, modusnye ga punya uang, abis nengokin sodara, ketinggalan armada, dan masih banyak lagi modusnye, dan paling parah make hijab. cuma kembali lagi benar atau ngga hanya dia dan tuhan yg tau. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
falin182 memberi reputasi
1
24-08-2019 14:39
Makin susah membedakan mana yg beneran butuh bantuan ato ga

Pengalaman nih, pas pulang kantor agak malem dan naik motor kebetulan ada bawa nasi kotak lebih

Ane kasihlah satu ke ibu ibu pemulung di pinggir jalan yang sdg istirahat. D sampingnya ada karung yg isinya udah penuh. Kyknya ibu ini mau pulang.

Bukannya bilang terimakasih (ane jg ga ngarep sih ucapan terimakasih). Eh ibu nya malah bilang, “mas saya mau pulang ke jawa ga ada ongkos. Ada 10rb mas?”
Ane woles aja cm semyum dan langsung ngacir
Diubah oleh Embed
0
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.