News
Batal
KATEGORI
link has been copied
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5f7ef188b3cb70a03d024f/sebut-orang-papua-tak-pernah-lewat-jalan-yang-dibangun-jokowi-lukas-enembe--papua
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua Butuh Kehidupan Gubernur Papua Lukas Enembe. Nilai Jokowi Kurang Tegas, Gubernur Papua Ancam Tarik Seluruh Mahasiswa Papua Bila Masih Rasis. TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kalau orang Papua butuh kehidupan, bukan pembangunan. Bahkan ia menyebut kalau orang Papua sendiri tidak pernah m
Lapor Hansip
23-08-2019 12:51

Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..

Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua Butuh Kehidupan

Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
Gubernur Papua Lukas Enembe. Nilai Jokowi Kurang Tegas, Gubernur Papua Ancam Tarik Seluruh Mahasiswa Papua Bila Masih Rasis.
TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kalau orang Papua butuh kehidupan, bukan pembangunan.

Bahkan ia menyebut kalau orang Papua sendiri tidak pernah melewati jalan yang dibangun di sana.

Hal itu disampaikan oleh Lukas Enembe dalam tayangan Mata Najwa Rabu (22/8/2019).

Sebelumnya, Stafsus Presiden Kelompok Kerja Papua Lenis Kogoya mengatakan bahwa dalam lima tahun ke depan Jokowi akan memfokuskan pembangunan di Papua.

"Selalu saya mengajak Jokowi satu tahun tiga kali ke Papua, kalau aparat bilang di pedalaman tidak aman, Jokowi tidak takut kecuali Tuhan, ia selalu masuk ke pedalaman untuk mengurai satu persatu permasalah yang ada di Papua," kata Lenis Kagoya.

Ia kemudian mengatakan kalau dalam lima tahun ke depan pemerintah akan membangun Papua.

"Dalam 5 tahun ke depan kami dengan presiden punya keinginan Papua akan terurus lagi, akan bangun Papua apapun yang diinginkan, nanti 2019 ke atas akan diperbaiki, harapan saya ke depan kita orang Papua bukan lagi ke belakang, tapi nanti akan jadi terdepan," ujarnya.

Namun rupanya Aktivis Papua, Filep Karma tak sepakat dengan hal tersebut.

Ia justru melihat bahwa adanya pembangunan itulah yang menjadi sumber dari masalah di Papua.

"Coba ditanya itu ke teman-teman Papua, apa kah mereka butuh Jalan Trans Papua, siapa yang butuh? Orang Indonesia kah? atau orang Papua kah?," katanya.

Ia sepakat bahwa pembangunan itu penting dan diperlukan, tapi menurutnya proses perencanaan pembangunan, dan implementasi pembangunan itu harus dilakukan dengan mengedepankan kemanusiaan.

"Jakarta belum melihat Papua dengan pendekatan itu. Papua memiliki lingkar kekerasan, Papua punya cerita yang berbeda di banding provinsi lain. Kalau melihat Papua disamakan dengan yang lain, kita akan terjebak dengan cerita yang sama. Isu seperatisme itu muncul bukan sesuatu yang tahu-tahu muncul, itu adalah sebab akibatnya beragam persoalan tanpa adanya penyelesaian," jelasnya.

Ia kemudian menyinggung adanya ribuan orang di Wamena yang mengungsi.

"Apa yang dilakukan oleh Jakarta? yang dikirim tentara. Orang Papua butuh guru, bukan senjata, orang Papua butuh ilmu, bukan butuh dicaci, itu yang penting," katanya.

Ia juga mengatakan kalau hasil dari pembangunan yang dilakukan itu tidak berdampak pada orang Papua, melainkan hanya untuk warga non Papua yang ada di sana.

"Coba kita cek dalam hasil pembangunan, human development indeks (HDI) di Papua, orang Papua asli HDI nya rendah, orang non Papua yang datang ke Papua HDI nya meningkat, artinya siapa yang bisa menikmati? Bukan orang Papua," tandasnya.

Mendengar pernyataan itu, Lukas Enembe tampaknya setuju.

Ia mengatakan kalau jalan yang dibangun di Papua pun tidak dinikmati oleh warga Papua.

"Orang Papua butuh kehidupan, bukan pembangunan," kata Lukas Enembe.

[url=sumber]https://tribunnews.com/amp/nasional/2019/08/22/sebut-orang-papua-tak-pernah-lewat-jalan-yang-dibangun-jokowi-lukas-enembe-papua-butuh-kehidupan[/url]

Membangun Papua itu menyediakan apa yg orang Papua butuhkan, bukan membangun apa yang orang Jakarta butuhkan.
Diubah oleh tujuh.tahun
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
-1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 12:55
Periode 1 Kan wiwi fokus infra katanya. Periode 2 human development. Kita liat aja kedepan gimana realisasinya, terutama di papua

Klo bilang ga dinikmati jalan yg dibangun ya bohong jugalah. Secara langsung mungkin enggak, tapi klo jalan itu dilalui truk2 ngangkut semen, bbm, bikin harga jadi stabil, Kan yg nikmatin orang Sana juga
Diubah oleh Jalan Cinta
profile-picture
profile-picture
heisennberg dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 12:55
dana otsus apakah dinikmati rakyat papua?
kalo tidak hapuskan saja..daripada cuma buat dugem pejabat2 nya

kalo pembangunan jalan dibilang gak dinikmati rakyat papua....hentikan saja

lama2 kok ngelunjak
dikei ati ngrogoh tai
Diubah oleh masgembus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
optoergo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:03
Butuhnya satu krat bir emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh .godzilla.
profile-picture
imba.ruiner memberi reputasi
1 0
1
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:04
maap ane ga paham logikanya emoticon-Embarrassment

mau membangun kehidupan tp klo ga ada infrastruktur yg mendukung gmn caranya?

ga ada jalan, kirim bahan pokok susah, bahan pokok jadi mahal
mau kirim guru,dokter kalau infrastruktur ga mendukung, ya bakal ga betah di sana
profile-picture
profile-picture
optoergo dan dwibi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:06
Pemerintah akan dan terus berusaha sebaik mungkin dalam membangun Papua, dengan semua pendekatan, entah itu kemanusiaan, kesejahteraan, pendidikan dlsb nya
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:08
Quote:Original Posted By peyotpetot
Seperti di film Proof of Life, para pemberontak menolak dibangun jalan karena bakal menyebabkan penduduk lebih makmur, menolak dikirim guru karena bakal menyebabkan penduduk lebih pintar

orang miskin dan goblog lebih gampang dihasut untuk membuat keributan


0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:09
Quote:Original Posted By peyotpetot
Seperti di film Proof of Life, para pemberontak menolak dibangun jalan karena bakal menyebabkan penduduk lebih makmur, menolak dikirim guru karena bakal menyebabkan penduduk lebih pintar

orang miskin dan goblog lebih gampang dihasut untuk membuat keributan


Yang hasut yang harusnya diserang
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:10
Biayanya mahal kalau terus-terusan ngirim guru dan logistiknya pake pesawat.
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:22
Pejabat disana banyak yg harus diperiksa,
Duit msk ke mereka semua,
Tp serba salah jg, budaya disana memang msh main superiority, jd yg punya kuasa boleh ngeruk lebih banyak
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:22
Ya sudah di coba dulu tidak di kasih internet, jalan saja tidak butuh
Diubah oleh iseng2019
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:22
Pernah ada pekerja di Irian datang mohon agar dikirim buku bekas, majalah bekas dll mau dikirim lewat pesawat ternyata disana mendapatkan buku susahnya minta ampun jadi kalau masih berpikir mau pinter ga pake sarana mending coba dipikir lagi deh buat sekolahan angkut material apa mau pake pesawat.. jadi guru disana apa harus lompat pake parasut.emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:22
kirim2 logistik utk pembangunan kalo ga ada akses jalan nya gimana?

Sama aja org perlu nya makan, tp ga perlu piring nya, ga perlu kompor nya dan ga perlu garam...
Buat apa piring, kompor dan garam..

Org perlu nya mandi, tapi ga perlu air

Org perlu nya tidur, tapi ga perlu datang nya malam


Dll silahkan dilanjutkan...
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:26
orang papua?! orang indonesia?! la gimana mau dd indonesiakan..
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:30
dana bagi hasil freeport coba kemana pak ngalirnya. ga ada dampak bagi warga sana emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:35
ga peduli proses, yg dipikirin cuma hasil seinstan mungkin, sorry ya, orang papua yg bicara di artikel berita diatas terlalu naif. terlepas dr motif yg ada mereka ga punya visi jangka panjang utk memajukan papua kedepannya.
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:38
gedek gua liat orang sok paling bener
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:50
Bentar...
Kalo rusuh ya kirim tentara
Rusuh kirim guru dan perawat, ntar kalau diperkosa siapa yang tanggung??
Jalan raya itu penunjang mobilisasi
Kalau mobilisasi gampang, guru juga gampang kalau mau berangkat ngajar
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:57
Quote:Original Posted By Aeel
Pejabat disana banyak yg harus diperiksa,
Duit msk ke mereka semua,
Tp serba salah jg, budaya disana memang msh main superiority, jd yg punya kuasa boleh ngeruk lebih banyak


masih inget berita petugas kpk digebukin?
Diubah oleh joesatriyono
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 13:57
Sedang rusuh kirim guru perempuan lagi, mending kirim polwan atau kowad banyak banyak, bisa juga kan jadi guru
Diubah oleh iseng2019
0 0
0
Sebut Orang Papua Tak Pernah Lewat Jalan yang Dibangun Jokowi, Lukas Enembe : Papua..
23-08-2019 14:01
Quote:Original Posted By heisennberg
maap ane ga paham logikanya emoticon-Embarrassment

mau membangun kehidupan tp klo ga ada infrastruktur yg mendukung gmn caranya?

ga ada jalan, kirim bahan pokok susah, bahan pokok jadi mahal
mau kirim guru,dokter kalau infrastruktur ga mendukung, ya bakal ga betah di sana


Ngancam tarik mahasiswa papua emoticon-Bingung (S)
Emang siapa juga yang butuh mahadiswa asal sono
profile-picture
profile-picture
heisennberg dan optoergo memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia