alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e75e028c99143cc72c0e2/traveling-ke-alam-liar-sih-boleh-tapi-perhatikan-hal-ini-ya-gan-sis
Lapor Hansip
22-08-2019 18:00
Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!
Past Hot Thread

Coba bayangin deh kalau Agan Sista bisa berwisata di sebuah hutan tropis rimbun yang masih asri. Kemudian tiba-tiba kalian mendengar suara gaduh di antara bunyi dedaunan; buah-buahan yang tadinya menggelantung di pohon pun berjatuhan dengan posisi sudah digigit setengah. Ternyata hal tersebut merupakan ulah si Monyet Howler yang dikenal dengan suara teriakannya. Mereka melompat dari satu pohon ke pohon lainnya sambil mengeluarkan suara geraman yang khas.

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Hmm, kayaknya seru juga ya Gan Sis bisa ngerasain liburan dan bertemu dengan satwa liar seperti ini meskipun dalam waktu yang singkat. Liburan bakalan terasa menakjubkan.

Kabarnya sih model wisata seperti ini memang sedang berkembang Gan Sis dan sekaligus bisa menjadi sumber pendapatan untuk konservasi yang sangat dibutuhkan. Sekaligus bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan satwa liar.

Iya sih mungkin emang banyak manfaatnya. Tapi ada dampak lain juga soal perkembangan wisata model seperti ini. Adanya banyak wisatawan secara nggak langsung malah akan membahayakan keberadaan satwa liar tersebut. Karena bisa mendorong adanya perburuan ilegal bahkan melukai mereka secara sengaja ataupun tidak.

Meski demikian, Agan Sista juga nggak harus banget 100% menghindari turisme ke alam liar sama sekali. Paling nggak ya kita harus sadar aja sih akan dampak yang bakal ditimbulkan terhadap kelangsungan hidup satwa liar.

Dilansir dari situs National Geographic, berikut ini merupakan cara berlibur di alam liar tanpa mengusik keberadaan satwa, syukur-syukur bisa sambil berkontribusi dengan dunia konservasi dan menjamin kesejahteraan satwa Gan Sis.


Quote:Selfie dengan bijak

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Nggak bisa dipungkiri sih kalau foto-foto merupakan hal yang wajib dilakukan saat sedang liburan. Apalagi ber-selfie ria, ya kan?
Namun terkadang untuk bisa memenuhi kebutuhan foto para wisatawan ini, nggak jarang para satwa malah diperlakukan buruk oleh manusia. Para satwa ini secara nggak langsung udah tercabut dari lingkungan ekologis dan sosial mereka.

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Misalnya aja nih, di Afrika Selatan, seekor anak singa diambil dari induknya. Kemudian anak singa ini dijinakkan agar bisa dipeluk dan diajak berfoto bersama layaknya sebuah boneka. Tapi saat anak singa ini sudah beranjak besar dan mulai dianggap berbahaya untuk diajak berfoto dengan manusia, nggak sedikit diantara mereka yang dijadikan sebagai sasaran di ruangan yang tertutup seperti di kandang besar. Industri ini biasa disebut canned hunting, yaitu dimana orang-orang bersedia membayar untuk bisa membunuh mereka. Duh.

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Tapi tentu Agan Sista masih bisa mengambil foto-foto para satwa ini tanpa harus menyakiti atau melukai mereka. Usahakan untuk selalu mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Perlindungan Hewan Sedunia mengenai aturan selfie di alam liar atau biasa juga disebut sebagai wildlife selfie code. Biasanya aturan ini hanya membolehkan Agan Sista untuk mengambil foto bersama satwa di lungkungan mereka yang sesungguhnya. Tentunya dengan jarak yang aman dan bebas untuk bergerak.


Quote:Jangan sembarangan kasih makan

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Kalau lagi gemes bawaannya emang pengen ngasih makan, ya nggak Gan Sis? Tapi serius deh, ngasih satwa liar makan malah akan berujung ke sejumlah masalah yang serius. Sharing makanan bahkan berdiri dengan jarak yang terlalu dekat dengan mereka malah mampu meningkatkan risiko penularan penyakit antara hewan dan manusia. Misalnya seperti gorila, simpanse, juga orangutan sangat rentan dengan sejumlah infeksi manusia, termasuk pilek, flu, bahkan campak, tuberkulosis, dan pneumonia.
Selain itu, saat hewan mendapatkan makanan dari manusia, hal ini dinilai dapat meningkatkan risiko konflik antar manusia dan satwa. Misalnya seperti kera ekor panjang di Bali yang mencuri makanan dari para wisatawan, atau malah mengajak mereka untuk barter tukeran makanan. Hmm, dikira sharing bekal kali ya.


Quote:Pahami perilaku khas hewan

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Minimnya pemahaman mengenai perilaku normal hewan juga sangat memungkinkan munculnya konflik antara manusia dengan hewan. Karenanya sebagai wisatawan Agan Sista lebih baik harus paham dulu deh tentang perilaku satwa di alam liar ini.

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Memang agak sulit sih untuk mempelajari perilaku mereka. Paling nggak ya ngerti dikit lah. Karena hal ini akan membantu Agan Sista untuk mengenali kemungkinan terjadinya “serangan” dari mereka. Atau malah Agan Sista bisa mengenali adanya tanda-tanda penyiksaan yang dilakukan oleh manusia terhadap mereka.

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Misalnya aja seperti beberapa gajah di Asia Tenggara yang ternyata menjalani proses pelatihan yang kejam. Mereka dibuat tidak bisa bergerak dengan bebas, kekurangan air, bahkan kelaparan, agar mereka terlihat patuh dan jinak di depan wisatawan. Mereka seolah dilarang menunjukkan perilaku alaminya seperti bersosialisasi dengan kawanannya dan lain sebagainya. Duh kasihan!


Quote:Dukung perekonomian lokal sekitar

Traveling ke Alam Liar Sih Boleh, Tapi Perhatikan Hal Ini ya Gan Sis!

Bukan hanya para satwa aja yang perlu Agan Sista perhatikan saat sedang melakukan wisata alam liar. Tapi juga keberadaan orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitarnya. Sepertinya akan lebih bijak jika Agan Sista juga mendukung kelangsungan hidup masyarakat sekitarnya.
Misalnya seperti memilih penginapan atau hotel milik masyarakat lokal setempat, mengonsumsi makanan lokal, hingga berinteraksi dengan budaya di tempat yang Agan Sista kunjungi. Dampak perekonomian dari wisata seperti ini bisa sangat besar Gan Sis. Uang yang kalian keluarkan bisa mendukung mereka untuk melindungi lingkungan sekitarnya.
Sebenernya nggak sedikit kisah wisata satwa liar yang berhasil Gan Sis. Misalnya aja terjadi di Tanzania hingga Kosta Rika. Banyak desa-desa di kawasan tersebut yang mendapatkan pendapatan dari turisme model ini.


Uang yang Agan Sista keluarkan ini memiliki kekuatan lho, bahkan saat kalian hanya menganggapnya sepele. Sebaiknya sih sebelum memutuskan untuk pergi, Agan Sista melakukan riset terlebih dahulu tentang keberadaan organisasi perlindungan satwa liar. Karena meskipun memuat titel “cagar alam” ataupun “kawasan lindung” terkadang pun masih memungkinkan terjadinya praktik-praktik yang nggak etis.

 

Intinya sih tetap harus bijak dan jangan neko-neko aja ya Gan Sis kalau kalian pengen nyobain berwisata di alam liar dan bertemu langsung dengan para satwa di habitatnya. Hmm, jadi gimana nih kira-kira Agan Sista masih minat nggak nih buat nyobain wisata di alam liar?

 



profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
23-08-2019 22:45
bener bangeeettt... trutama jgn sampe buang sampah smbarangan... mantul nih threadnya gan... informatif dan berwawasan... ditunggu thread lainnya...
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
25-08-2019 18:43
ane baru tau nih ada wildlife selfie code. keren bener sekarang ada etika selfie di alam liar, entah kenapa ane jadi relate ke black mirror hahaha.. kalo ane sih kayaknya kalo di alam liar lebih pengen nikmatin dengan mata telanjang ketimbang kudu selfie, kasian binatangnya ntar.
profile-picture
profile-picture
kwhaleyf dan andrabedy memberi reputasi
2
Lihat 2 balasan
25-08-2019 19:59
harusnya lebih menikmati .foto2 itu nomor sekian
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
26-08-2019 21:36
indah banget sih
serasa di afrikaaa haha
WOWWWW nice referensi buat next travelling nih!Jadi tambah wawasan dan pengetahuan deh buat ane dan semuanya. Ane baru tahu tentang info wisata ini. Jadi suatu saat bisa jadi bucketlist dan wajib kunjung deh haha..ANE emang suka banget sama travelling apalagi sama tempat-tempat baru yang belum pernah ane datangi. Thanks gan sis infonya yang ciamk..bermanfaat bagi semua warga net dimanapun ANDA berada yihaaa
mauuu ahhhhh kesana
0
Lapor Hansip
26-08-2019 21:37
Balasan post cilaleksingo
hahaha iya sih enak yaa
terkenang di kepala
tapi travelling sekarang pada sibuk foto huhuhu
nggak menikmati suasana
0
Lapor Hansip
26-08-2019 21:37
Balasan post kudanil.la
yesss!!
sama gan ane juga baru tahu deh hahaha
unik-unik juga yaaa tempatnya
referensi baru bagi pecinta dan hobby jalan nih hehe, kadang bikin ane segera berkunjung di tempat itu deh. Apalagi macam tempat yang ditulis belum pernah kesana sama sekali. SEMANGAT nabung dan menyisihkan uang jajan buat travelling lagi..
Kalau ada thread kayak gini, biasanya ane tulis dan ane list biar besok nggak nyasar sampe sana karena udah baca tulisan agan dan sista di thread ini
thanks yaaa, sangat bermanfaat bagi ane gan sis!
emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss emoticon-Ultah emoticon-Big Kiss
0
Lapor Hansip
26-08-2019 21:40
Balasan post michaelmike1794
huum nih
jangan buang sampah sembarangan deh yaaa
biar indonesia semakin indah dan bebas dari sampaaahhhhh
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
27-08-2019 14:55
wildlife selfie code ini hal yang baru ane denger gan. semakin berkembang ya aturan yang ada ~ yah memang dimanapun kita tidak mesti di alam liar saat liburan harus menjaga sikap. ke indahan yang disajikan cukup di nikmati saja gan sis agar generasi selanjutnya pun dapat ikut merasakan emoticon-Big Grin
0
27-08-2019 14:57
Quote:Original Posted By cilaleksingo
harusnya lebih menikmati .foto2 itu nomor sekian


yup...foto hanya untuk mengabadikan ya gan seharus nya fokus pada menikmati pemandangan nya dulu yaa
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
28-08-2019 15:54
unik-unik juga yaaa tempatnya, referensi baru bagi pecinta dan hobby jalan nih hehe
0
30-08-2019 06:37
Waaaahhh demen banget deh ane ngebaca thread yang macam gini nih gan...
Wow!!!! Amazing....
Ane suka nih thread macam ni..,karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan ane lebih buanyak lagee....
Informatif bangetlah.. jadi kita bisa ready dan prepare yang tepat gitu..
Sukses terus dan semoga lancar segalanya....
Hmmmm gan,...
Ane tunggu ya thread berikutnya....
Jadi ingin mencobaaa....
Kapan yaaa ane bisa melancong ke sana??? Hummm...
Terus ane ketemu sama sodara-sodara berbeda jenis dan berbicara pada merekaa... Bertanya pada merekaa....
0
31-08-2019 15:12
Iya nih, kalo mau ke alam liar emang butuh banget persiapan yang mateng, biar tetep safe di sana
0
31-08-2019 16:53
intinya dimanapun kita berada, sopan dan santun itu adalah hal yang paling utama
0
01-09-2019 19:32
setujuu, dan yang paling penting jangan buang sampah sembarangan, jangan sampe ngerusak alamnya
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.