alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5d2abf6df231096b3f2ba0/tiga-manfaat-penting-tanaman-liar-ciplukan
Lapor Hansip
21-08-2019 18:27
Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan
Past Hot Thread
Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan


Tiga Manfaat Penting Buah Liar Ciplukan

Halo ... hai Gansist,
Kali ini ane pengen kasih tahu sama kalian manfaat penting dari buah liar yang sering di abaikan orang.

Namanya ciplukan.
Buah liar ini dulu sering tumbuh di sawah, kebun dan semak-semak.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

Sayangnya, keberadaan ciplukan saat ini sudah jarang ditemukan. Kelangkaannya ini membuat harga buah ciplukan melambung tinggi, hingga mencapai 250-500 ribu rupiah per kilogramnya! Tingginya harga jual buah ciplukan saat ini kontan membuat banyak masyarakat mengernyitkan dahi. Bagaimana tidak, buah ciplukan yang dahulu dapat dipetik secara gratis kini harus ditembus dengan harga yang cukup fantastis.

Meski begitu, mahalnya harga buah ciplukan saat ini bisa jadi sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan. Sebab di dalam ciplukan, baik buah dan daunnya, terkandung berbagai senyawa penting. Beberapa diantaranya seperti saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, asam sitrun, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin dan vitamin C yang kesemuanya memiliki andil besar terhadap kesehatan.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

Berikut manfaat daun dan buah ciplukan selengkapnya:

1. Kaya akan Antioksidan

Manfaat daun dan buah ciplukan banyak berasal dari kandunganantioksidannya yang begitu tinggi sehingga layak dijadikan sebagai sumber alami dalam mencegah beberapa penyakit kronis.

Zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, kombinasi karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ciplukan mampu menghentikanpenyebaran berbagai jenis kanker.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

2. Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Berbagai masalah kesehatan sepertiradang sendi, asam urat dan wasir dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan. Tak cukup sampai disitu, daun ciplukan juga memiliki khasiat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah atau pun memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan




3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Siapa sangka, di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalammenurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Membuatnya wajib di konsumsi para pemilik kolesterol tinggi


sumber

Quote:mampir di trit ane yang lain yuk
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...d195619e760b6b

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...b3cb7f3f546bba

Jangan lupa cendolin ya gan.
Diubah oleh shabira.elnafla
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
21-08-2019 18:52
250-500 rupiah ato ribu om??
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:04
Quote:Original Posted By efextiga
250-500 rupiah ato ribu om??


Ribu gan. 250 rupiah per kilogram sedikit amet. emoticon-Ngakak
0
21-08-2019 20:05
kayaknya bukan "Saat ini sudsh jarang ditemukan" deh Gan, ane seumur2 hidup 28 taun (dulu tinggal di kampung juga) bahkan belom pernah liat buah itu emoticon-Mewek



profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:07
Dulu katanya ngeri.
Ini buahnya ular.






Ane juga gak paham. Mungkin ular suka buah ini.
Siapa tahu emoticon-Big Grin
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:09
Quote:Original Posted By online.addict
kayaknya bukan "Saat ini sudsh jarang ditemukan" deh Gan, ane seumur2 hidup 28 taun (dulu tinggal di kampung juga) bahkan belom pernah liat buah itu emoticon-Mewek




Kasian, di kampung ane masih banyak. Apalagi musim tanam palawija.
0
21-08-2019 20:10
Quote:Original Posted By pleguk
Dulu katanya ngeri.
Ini buahnya ular.






Ane juga gak paham. Mungkin ular suka buah ini.
Siapa tahu emoticon-Big Grin


Pantesan ular jarang ada yang diabetes. emoticon-Ngakak
profile-picture
pleguk memberi reputasi
1
21-08-2019 20:14
Quote:Original Posted By shabira.elnafla
Kasian, di kampung ane masih banyak. Apalagi musim tanam palawija.


wah manstap cus bisniskan! cepet kaya deeh emoticon-Kiss
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:17
Quote:Original Posted By online.addict
wah manstap cus bisniskan! cepet kaya deeh emoticon-Kiss


Sayangnya ane lagi merantau. emoticon-sad
0
21-08-2019 20:20
Quote:Original Posted By shabira.elnafla
Ribu gan. 250 rupiah per kilogram sedikit amet. emoticon-Ngakak


Cb budidaya ahhh...mayan jugag
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:21
Quote:Original Posted By efextiga
Cb budidaya ahhh...mayan jugag


Jualnya di ibukota tapi, kalau di kampung mah bosen orang makan ntu. emoticon-I Love Indonesia
0
21-08-2019 20:29
Ciplukan sekarang emang mahal. Susah pula ditemukan di sawah2. Nice trit sis emoticon-2 Jempol
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:34
Udh lama nih aku gak makan ciplukan,,,
Jadi kangen nih ama ciplukan emoticon-Malu
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 20:52
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Ciplukan sekarang emang mahal. Susah pula ditemukan di sawah2. Nice trit sis emoticon-2 Jempol


Sawahnya banyak yang udah jadi perumahan sist. emoticon-Ngakak
0
21-08-2019 20:53
Quote:Original Posted By dhilllpoez
Udh lama nih aku gak makan ciplukan,,,
Jadi kangen nih ama ciplukan emoticon-Malu


Asem manis gimana gitu rasanya, ya
profile-picture
dhilllpoez memberi reputasi
1
21-08-2019 20:56
doeloe banyak bree di kebun belakang rumah anee. emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 21:05
Quote:Original Posted By shabira.elnafla
Asem manis gimana gitu rasanya, ya


Hahaha iya gan ,,,tp kalo udh masak bener ch gak ada asemny emoticon-Malu
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
21-08-2019 21:07
buah kesukaan jaman cilik
0
21-08-2019 21:07
Quote:Original Posted By gujeng55
doeloe banyak bree di kebun belakang rumah anee. emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Sekarang juga masih banyak kayanya
0
21-08-2019 21:11
Quote:Original Posted By pabloo
Sekarang juga masih banyak kayanya


Iya masih banyak sih sebenarnya juga. Tapi kok mahal juga harganya ya?
0
21-08-2019 21:13
Quote:Original Posted By gujeng55
Iya masih banyak sih sebenarnya juga. Tapi kok mahal juga harganya ya?


Karena banyak manfaatnya
Tp itu katanya seh
Ane sempet makan banyak banget kemarin tp ya biasa aja tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.