alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5bad76c9518b19e601a27b/lapan-tanggapi-isu-bumi-datar-dan-konspirasi-nasa
Lapor Hansip
20-08-2019 15:21
LAPAN Tanggapi Isu Bumi Datar dan Konspirasi NASA
Past Hot Thread
LAPAN Tanggapi Isu Bumi Datar dan Konspirasi NASAIlustrasi bumi datar. (Istockphoto/lukbar)

Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menanggapi dua isu yang masih hangat diperbincangkan yakni bumi datar dan konspirasi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) soal pendaratan manusia di Bulan.

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin menyebut dirinya pernah mengajak komunitas penganut Bumi datar datang mengunjungi kantor LAPAN untuk membahas soal bentuk Bumi.

"Jadi saya sempat menanggapi orang yang menganggap bahwa Bumi itu datar, termasuk juga diundang ke LAPAN karena mereka di media sosialnya menyatakan menantang NASA untuk berdebat. Saya waktu itu ya tidak usah jauh-jauh ke NASA, kalau mau berdebat ya dengan LAPAN saja," kata Thomas kepada CNNIndonesia.com di kantor LAPAN, Jakarta, Senin (19/8).

Thomas menceritakan para penganut bumi datar tersebut bersedia dan datang ke kantor LAPAN. Dalam kesempatan tersebut, Thomas menjelaskan masalah utama anggapan bumi datar adalah ketidakpercayaan pada keberadaan gravitasi.

"Akhirnya saya jelaskan, masalah utama anggapan bahwa Bumi datar termasuk tidak percaya adanya satelit, itu ketidakpercayaan pada keberadaan gravitasi," lanjut dia.

Thomas pun menegaskan mengapa Bumi dan benda-benda langit lain seperti planet berbentuk bulat karena terjadi gravitasi. Oleh sebab itu, manusia dapat menggunakan wahana satelit. Sebab, prinsip kerja satelit memanfaatkan gravitasi Bumi.

Maka ketika ada individu atau sekelompok orang yang tidak mempercayai bentuk Bumi itu bulat, mereka dianggap mengingkari apa yang mereka gunakan. Misal, menggunakan ponsel untuk kegiatan browsing internet.

"Broadcasting juga mereka bisa nonton tv, sekarang tidak ada tv yang tidak menggunakan satelit. Semua tv menggunakan satelit," ucap Thomas.

Menurut Thomas, jika masih ada segelintir masyarakat berpikir bahwa Bumi itu berbentuk datar, publik harus diberikan edukasi soal aspek sains dan bagaimana mereka memperoleh informasi.

"Internet sekarang ini bisa digunakan untuk mencari ilmu tapi bisa juga digunakan untuk membohongi. Oleh karenanya, publik harus dilatih juga mengambil mutiara diantara sampah-sampah yang bertebaran di internet," jelasnya. 

Isu Konspirasi NASA

Menyoal konspirasi NASA soal pendaratan manusia ke permukaan Bulan atau lebih dikenal dengan misi Apollo, LAPAN menilai isu ini sangat mudah dibantah.

Pasalnya, tahun 1960-an merupakan masa perang dingin antara Uni Soviet (sekarang Rusia) dan Amerika. Sebab saat itu Rusia merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan satelit dan kosmonaut pertama ke luar angkasa.

Jika pendaratan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke permukaan Bulan disebut sebagai buatan Hollywood, maka Rusia akan langsung membantah dan NASA juga akan menjadi bulan-bulanan internasional.

"Jadi itu, [pendaratan manusia ke Bulan] tidak mungkin rekayasa. Tidak mungkin sekian banyak ilmuwan mau dibohongi oleh NASA karena harus dibuktikan secara ilmiah bagaimana sih proses atau setidaknya meluncurkan wahana Apollo sampai dengan Bulan," jelas Thomas. (din/age)



Sumber
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
20-08-2019 15:22
Bumi itu bulet kek semangka ganemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Uddineses memberi reputasi
2
20-08-2019 15:23
geng hamparan karpet silahkan selonjoran menyimak kajian internal sambil tertawa terbahak bahak

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 9 lainnya memberi reputasi
10
20-08-2019 15:24
Thn 2019 msh aj bela2in jelasin ke kaum dungu ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20-08-2019 15:28
minta digamparin laskar fetamburan garis lurus nih lapan emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
4
20-08-2019 15:31
Kalo bumi bulat kiblat gak cocok dong ya karena buminya bulat jadi arahnya gak dapet. Mungkin karena itu diciptakanlah flat earth.

Tapi GPS pake flat earth ato bulat ? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
freesight dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
20-08-2019 15:34
bangke lu buat gue sange aja emoticon-kisssing
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
Lihat 3 balasan
Lapor Hansip
20-08-2019 15:35
Balasan post kutil75
lho kok spoiler nya ilang,,...mau gue save padahal emoticon-Cape d...
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
kindaici memberi reputasi
1
Lapor Hansip
20-08-2019 15:35
Balasan post kutil75
momod jahaddddd emoticon-Mewek:
profile-picture
skiesman memberi reputasi
1
20-08-2019 15:36
Quote:Original Posted By ustad.syam
geng hamparan karpet silahkan selonjoran menyimak kajian internal sambil tertawa terbahak bahak

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Eh dahaha itu telor burung onta


Dasar antum kafir

emoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
fundenjack dan Uddineses memberi reputasi
0
Lapor Hansip
20-08-2019 15:37
Balasan post kutil75
@kutil75 dibredel momod gan emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan Uddineses memberi reputasi
2
20-08-2019 15:38
kasian LAPAN diserang terus sama kaum bumi datar
0
20-08-2019 15:51
9, 10, 11 ..... aja gue ga percaya, apalagi cuma LAPAN



emoticon-Cool
Diubah oleh botolchivas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan 5 lainnya memberi reputasi
6
20-08-2019 15:57
nanggepin mrk buang2 waktu & energi emoticon-Cape d...
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
20-08-2019 16:00
Bumi itu segitiga...

Sesuai dengan ungkapan lama yg berbunyi “DUNIA ITU TIDAK SELEBAR CELANA KOLOR”

Berdasarkan ungkapan tersebut diatas dpt disimpulkan rumus =

Dunia = CELANA KOLOR = SEGITIGA

Jadi, BUMI = SEGITIGA

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
















profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadyz dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
20-08-2019 16:13
Otak nasbungtaik diikuti!
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
20-08-2019 16:17
Kapan orang orang sadar kalo bumi itu bentuknya kubus?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20-08-2019 19:28
yaelah masi ae bahas plet ert
emoticon-Wakaka
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
20-08-2019 19:42
mau bulau mau datar
ga ngurus
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
20-08-2019 22:32
bagaimanapun bulat lebih mantap
profile-picture
profile-picture
Uddineses dan itufiksi memberi reputasi
2
20-08-2019 22:37
ane percaya bumi bulat. titik
profile-picture
Uddineses memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.