alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
219
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5b75092f568d22115e3c9b/satu-lagi-perkembangan-teknologi-yang-mengancam-peradaban-manusia
Generasi kita berada di tengah perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Beberapa bidang ilmu dan teknologi (AI, rekayasa genetika, dsb) menjanjikan perbaikan hidup bagi umat manusia, namun di saat yang sama jelas memiliki potensi bahaya yang bisa mengakibatkan penderitaan bahkan kehancuran umat manusia.
Lapor Hansip
20-08-2019 11:20

Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.

Past Hot Thread
Pernah nonton film fiksi ilmiah di mana manusia diseleksi menurut DNA-nya ketika dia baru berupa embryo? Sehingga muncul kesenjangan sosial dan ketidakadilan.

Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
credit : www.nature.com


Atau fiksi ilmiah di mana orang tua bisa merekayasa embryo anak-nya untuk menjadi orang seperti apa, dengan kemampuan sesuai keinginan orang tua? Sehingga tidak ada lagi kesempatan bagi mereka yang kurang mampu untuk bersaing dalam kehidupan.

Atau fiksi ilmiah di mana seseorang DNA-nya diubah, entah secara sengaja atau tidak, dan menjadi manusia super?

Hampir setahun yang lalu, tepatnya tanggal 27-29 November 2018, pertemuan intenasional yang membahas tentang rekayasa genetika pada manusia diadakan di Hong Kong. Sekitar 3 tahun sebelumnya, pertemuan yang pertama dilakukan di Washington DC.

Pertemuan itu mengundang berbagai golongan, seperti ilmuwan, tokoh politik, perwakilan dari penderita penyakit tertentu, tokoh moral, dan sebagainya. Mereka ini diharapkan bisa mewakili berbagai sudut pandang yang berbeda, berkaitan dengan rekayasa genetika, utamanya pada manusia.

Seberapa dekat sebenarnya kita dengan khayalan fiksi ilmiah ini?

Jawabannya adalah sudah sangat dekat sekali agan-agan!

- Human Genome Project, sebuah kerjasama yang berusaha memetakan DNA manusia, dinyatakan selesai di tahun 2003. Sebuah peta yang akan menjadi dasar kita meng-eksplorasi dan meng-eksploitasi cetak biru dari diri kita sendiri.

- CRISPR cas9, adalah sebuah metode rekayasa genetika terbaru yang memiliki kemudahan, ketelitian dan hasil yang akurat, jauh dibanding metode-metode pendahulunya. Mulai diteliti pada sejak tahun 1993, metode ini berkembang menjadi metode paling muktahir untuk melakukan rekayasa genetika.

Dan sekitar setahun yang lalu, dunia ilmiah dihebohkan oleh publikasi dari seorang ilmuwan dari Cina (He Jian Kui) yang mem-presentasi-kan keberhasilan-nya merekayasa 2 embryo manusia (bayi kembar) dengan metode ini. Meskipun publikasi-nya segera mendapatkan reaksi keras dari pemerintah Cina dan dunia, bisa kita bayangkan dengan potensi dan kemungkinan-kemungkinan yang ditawarkan oleh rekayasa genetika, kecil kemungkinan dia adalah ilmuwan pertama dan terakhir yang akan mencoba ber-eksperimen dengan embryo manusia.

- Perkembangan teknologi di bidang rekayasa genetika, melejit secara eksponensial. Bukan saja semakin akurat, teknologi di bidang ini juga menjadi semakin mudah dan murah.

Bahkan seorang ahli di bidang rekayasa genetika membayangkan, suatu saat nanti, mesin pencetak susunan DNA bisa menjadi barang rumahan. Seperti revolusi di dunia IT, di mana dahulu komputer berukuran besar dan hanya tersedia bagi perusahaan-perusahaan besar, kemudian dengan berkembangnya teknologi, komputer sekarang tersedia hampir di tiap-tiap rumah.

Pada saat ini-pun sudah ada perusahaan yang menjual paket belajar, untuk agan-agan mempraktek-kan rekayasa genetika dalam skala kecil di rumah agan sendiri.

Jadi bagaimana agan-agan sekalian?

Generasi kita berada di tengah perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Beberapa bidang ilmu dan teknologi (AI, rekayasa genetika, dsb) menjanjikan perbaikan hidup bagi umat manusia, namun di saat yang sama jelas memiliki potensi bahaya yang bisa mengakibatkan penderitaan bahkan kehancuran umat manusia.

Tapi di saat yang sama tertinggal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, artinya kita menyerahkan nasib kita pada mereka yang sudah mencapai-nya terlebih dahulu dan tidak mungkin ada satu bangsa yang menghendaki hal tersebut.

Bola sudah digulirkan, ke manakah dia nanti akan berakhir? Akankah umat manusia mampu menggunakan ilmu pengetahuan mereka untuk kebaikan? Atau justru kita hancur oleh ulah kita sendiri?


Referensi :
http://www.nationalacademies.org/gen...ng/2nd_summit/
https://www.genome.gov/human-genome-project
https://www.broadinstitute.org/what-...rispr-timeline
https://www.nature.com/articles/d41586-019-00673-1
https://singularityhub.com/2015/09/0...-consequences/
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bibalinhgum dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Halaman 1 dari 12
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
23-09-2019 14:19
tapi cost yang diperlukan masih tinggi, dan untuk scale up masih perlu dipelajari lagi.

tapi buat yang sampe semasif itu kayaknya enggak karena keragaman itu juga memberikan semacam "safety"

tapi kalo kecelakaan dan jadinya ada outbreak ini yang paling bahaya buat teknologi seperti ini, ngelacaknya susah
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
Lapor Hansip
22-09-2019 12:08
Balasan post petakrumah
Jangankan manusia kodok, yang mamusia kampret dan manusia tikus juga banyak disini
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
19-09-2019 19:29
Quote:Original Posted By mikfyr.agt
Yo i,
Secara dlm film tersebut yg ngatur kematian ya kita sendiri,waktu menjadi barang super mewah. Kalau skrg pencuri tertarik mencuri uang, namun tidak dlm film trsebut emoticon-Shakehand2



Udh prnh nonton ga gan ?
Film dgn judul In Time, film fiksi


Belum.....tapi ane sering denger kalo itu bagusss
Tar deh ya bulan depan mao coba nontonnn
Penasaran bangettttttt
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
19-09-2019 19:28
Quote:Original Posted By yuhu2000
terlalu seru membahas ini ya semua pasti ingin yg paling unggul atau memperbaiki yg rusak tapi itu udh jd hukum alam semua keputusan pasti ada ples minesnya kan


Beñar syekaleeeee
Mantepppp nehhh kalo komen nyang netral begini. Bisa jadi "selfreminder" nya orang orang yang baca
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
19-09-2019 19:27
Quote:Original Posted By lonelylontong
Kita hidup di masa2 di mana teknologi berkembang pesat. Jadi banyak film fiksi ilmiah yang jadi realita di masa hidup kita.
emoticon-Shakehand2


Nahhhhh kalo nyang positip mah bagus ye gan....kalo yang negatip dan memecah belah iniiiiii yang buahayaaaaaaa
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
Lapor Hansip
14-09-2019 20:18
Balasan post warnacemerlang
@warnacemerlang oh gaada buktinya ya? dari kata2 nya sangat meyakinkan, jadi terbaca seperti sebuah informasi.. thanks
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
14-09-2019 20:14
terlalu seru membahas ini ya semua pasti ingin yg paling unggul atau memperbaiki yg rusak tapi itu udh jd hukum alam semua keputusan pasti ada ples minesnya kan
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
14-09-2019 04:17
Quote:Original Posted By aisyifaaa
iya jugaaa, karena campur tangan Tuhan lah yang menentukan segalanyaa
Kita hanya bisa berdoa dan berusaha agar diberikan yang terbaek yeshhh


yoi gan
kita tercipta ya karena TUHAN yang menciptakan
bukannya manusia
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
08-09-2019 18:50


Quote:Original Posted By Bukan.Arab
emoticon-Najis
Kalau sains udah terkontaminasi agama, hasilnya pasti kehancuran.
Jgn sampe deh kaum agamis yg menguasai teknologi ini, ntar semua manusia jadi orang arab semua.




Lah justru tujuan agama itu seperti patokan gan..
Yg manusia tetep jd manusia, binatang tetep jd binatang, alam tetep jd alam, dg segala macam keseimbanganya..
Dikatan manusia yg seimbang klo dia pake akal pikiran logika nurani dan hatinya..
Dikatakan alam yg simbang klau alam bekerja sesuai dg apa yg seharusnya..
Orang barat mengatakan hukum alam..
Orang islam mengatakan sunatullah..
Yin n yang harus tetep adalah..

Agama dg sains jgn dipisahkan..
Jgn ikut2an kayak orang barat, agama dan sains itu bertolak belakang krena kitabnya yg gak ilmiyah..

Bukan ane nyindir ente, tp cobalah berpikir seimbang..
Manusia harus tetep jd manusia, laki2 harus tetep jd laki2, wanita harus tetep jd wanita..
Dunia ini mau jd apa kalau ada kelamin ke 3, kalau laki2 nikah sama laki2, umat manusia bakalan punah..

Kalau agama menjelaskan tentang sains, tolong dipikir dg rasional dan akal sehat jangka panjang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
07-09-2019 23:38
waaaaaa nice info gan emoticon-Toastemoticon-2 Jempol
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
01-09-2019 11:49
kadang emang harus ada pengobrbanan untuk menuju sesuatu yang lebih baik.
Zona nyaman ini yg kadang2 bikin manusia ga mau move ke sesuatu yang lebih baik
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
01-09-2019 04:05
Quote:Original Posted By mikfyr.agt


Udh prnh nonton ga gan ?
Film dgn judul In Time, film fiksi


Ntu pilm-nya yg di tangan tiap orang ada timer mundurnya itu ya gan? Semuanya satu dunia ga ada yg tua.

Begitu 00:00:00, langsung koit tuh orang.
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
01-09-2019 00:10
Quote:Original Posted By lonelylontong
Seru kan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Yo i,
Secara dlm film tersebut yg ngatur kematian ya kita sendiri,waktu menjadi barang super mewah. Kalau skrg pencuri tertarik mencuri uang, namun tidak dlm film trsebut emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By aisyifaaa
ane penasaran bangetttt kalo beneran dijadiin film
Dan penasaran di bentuk film akan begimaneeee
Wkwkwkk


Udh prnh nonton ga gan ?
Film dgn judul In Time, film fiksi
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 23:02
Quote:Original Posted By ryozak
ntar semuanya auto tamvan..auto cantik..auto pintar..manusia barbar auto punah..emoticon-Leh Uga


nahhhhhh
Ga baik.juga yeshhh gann kalo begituuu
Emang pilihan dan buatan tuhan emang yang terbaik dahhh buat kitaa
Percaya ajaaaa
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 23:01
Quote:Original Posted By cyber crime
menurut gue percuma si
balik lagi ketentuan TUHAN yang nanti bakal nentuin anak itu gimana
bukan kita


iya jugaaa, karena campur tangan Tuhan lah yang menentukan segalanyaa
Kita hanya bisa berdoa dan berusaha agar diberikan yang terbaek yeshhh
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 23:00
Quote:Original Posted By mikfyr.agt
seandainya film in time jd kenyataan.....??


ane penasaran bangetttt kalo beneran dijadiin film
Dan penasaran di bentuk film akan begimaneeee
Wkwkwkk
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 23:00
Quote:Original Posted By rizkibimos
Warlok inlander tercinta dong hehe asal santetnya ditujukan buat penjajah sih ane setuju banget bukan malah buat ngancurin saingan bisnis emoticon-Marah


waaadidawwwww
Wkwkwkwk yaaa....sebenernyaaaa kalo bisa jangan jugak sih gannn
Nahhh iya sih saingan bisnis padahal masih sodara sendiri alias sama sama indonesia ye kannn
profile-picture
rizkibimos memberi reputasi
1 0
1
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 12:08
Quote:Original Posted By mikfyr.agt
seandainya film in time jd kenyataan.....??


Seru kan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 10:28
seandainya film in time jd kenyataan.....??
0 0
0
Satu Lagi Perkembangan Teknologi Yang Mengancam Peradaban Manusia.
31-08-2019 08:49
Quote:Original Posted By queenofchicken
wah biasanya yang kayak gini adanya di film, ini malah bisa di dunia nyata ya.. jangan sampe deh nanti memicu perang wkwk


Kita hidup di masa2 di mana teknologi berkembang pesat. Jadi banyak film fiksi ilmiah yang jadi realita di masa hidup kita.
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.