perihbanget
TS
perihbanget
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Selamat Berbahagia, GanSist!
Selamat Datang di Thread Ane!


Sepeda Motor 2 Tak.

Apa yang terlintas dipikiran GanSist saat melihat sepeda motor 2 tak di jalan? Apalagi dengan kondisi jalan yang sedang macet? Suara yang bising? Asapknalpot ngebul? Mungkin bagi sebagian orang bisa sangat mengganggu, tapi tidak dengan penikmatnya. Begitu banyak alasan mengapa hingga saat ini kita masih dapat melihat sepeda motor 2 tak seliweran di jalan raya, baik di jalan protokol maupun di areal pemukiman.
Alasan terpenting tentu nostalgia, entah ingin mengulang kenangan manis bersama, atau mungkin keinginan yang baru bisa terwujud sekarang. Kita semua tahu betapa luar biasa mahalnya harga sepeda motor pada tahun 60an hingga 80an akhir. Sepeda motor merupakan "barang mewah" yang tentu saja tidak dapat menyasar semua kalangan. Alasan kedua tentu nilai historisnya. Betapa legend-nya sepeda motor itu pada masa kejayaannya. Dua alasan yang cukup mendasar hingga membuat para penggila sepeda motor 2 tak seakan tidak memperdulikan sumpah serapah orang-orang dibelakang mereka, yang hanya bisa "menikmati" asap sisa pembuangan saja.
Berikut ini merupakan sepeda motor 2 tak dengan penggila terbanyak, dan tentu dengan komunitas yang masih solid sampai sekarang.


1. VESPA
Vespa Kongo

Tahukah Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun, seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur. Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.
Vespa PX (2001)

Ini dia generasi Vespa kontemporer yang terakhir, Yang diproduksi di awal millennium hingga saat ini. Dibekali styling classic yang seakan mengingatkan akan era kejayaan Vespa PX di tahun 1970-an silam, Namun juga dijejali dengan fitur terbaru seperti Elektrik Starter, Disc Cakram Depan, plus CDI yang modern. Mesinnya terdiri dari 125, 150 & 150cc dengan konfigurasi yang masih legendaris, 2-Tak (Disesuaikan dengan Negara tujuan penjualan). Produksinya sempat terhenti selama 3 tahun (2008-2011) lantaran masalah regulasi EURO3.


2. Yamaha RX Series (1977 - 2008 )
Yamaha RX100

Nah ini dia sesepuhnya dari keluarga jambret, Yamaha RX100.
Awalnya, famili RX-King datang ke Indonesia berstatus impor atau CBU pada tahun 1977 dengan nama RX100.
Mesinnya dua tak dengan kubikasi hanya 100cc dengan power 11,5 dk dengan top speed 110 km/jam, terbilang kencang tuh pada masanya!Yang bikin legendaris, meski punya mesin dua tak konsumsi bensinnya irit banget Sob! Satu liter bisa buat 40 km!.Sebetulnya sebelum RX100, ada RX125 Twin yang dijual di Indonesia pada tahun 1976.
Hanya saja, RX125 Twin bukan keluarga RX karena aslinya bernama RD125 dan hanya ganti nama saja saat masuk Indonesia.
RX-King New

[b]Nah kalau yang satu ini adalah generasi terakhir dari keluarga RX-King sebab dihentikan produksinya karena regulasi emisi.Padahal RX-King New ini sudah ada penambahan catalytic converter pada knalpotnya sehingga emisinya bisa ditekan.Selain itu, karena ada catalytic converter itulah asapnya tidak ngebul seperti generasi lamanya, sehingga sering dikatakan RX-King empat tak karena tak ada asapnya.Uniknya, lampu depannya balik jadi bulat seperti RX100 dan RX125.RX Family, dengan segala perjalanan panjangnya harus dihentikan di tahun 2008.Tapi karena namanya sudah terlalu legendaris, justru di zaman now harganya malah menjadi tinggi. Kalau ada yang kondisinya masih baik, dijamin harganya bisa gila-gilaan.
All Hail to The King!



3. Honda NSR series ( 1980 - 2000 )
NSR 150

Honda NSR series, sebetulnya ini adalah seri motor jadul yang meluncur di tahun 1980 hingga 1990-an, tapi hanya varian NSR 150 yang cukup banyak meluncur di jalanan Indonesia. yang ber-sileweran di sini mayoritas diproduksi di Thailand dan terbagi menjadi beberapa model.
Sejarah NSR meluncur di Indonesia, berawal dari NSR 150R yang diimpor dari Thailand dan dipasarkan langsung oleh AHM pada tahun 1994. NSR 150R ini memiliki desain yang masih kotak. Tapi keunggulannya lain dari motor ini adalah RC Valve dan sistem pendingin radiator. Tampilan modern NSR 150R, juga ditunjang penggunaan suspensi belakang monosok.
NSR SP

NSR SP

Nah yang ini merupakan salah satu idola cowok ABG di tahun 2000-an deh!
NSR SP adalah varian tertinggi dari keluarga NSR yang hanya dijual oleh importir umum, sehingga jadi buruan kolektor saat ini.
NSR SP ini paling banyak kelebihannya. Selain penggunaan mono arm menjadi ciri khas. Mesinnya juga ada pembenahan di area crankshaft, jadi motor ga bakal getar di kecepatan tinggi.
Saat itu dijual harganya sekitar Rp 40 jutaan dan jadi salah satu motor termahal di kelasnya.
Biarpun NSR 150SP jadi model paling favorit, setiap model NSR punya penggemarnya sendiri.

4. Suzuki Satria 120 Series ( 1997 - 2004 )
Satria RU 120 S

Pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 dengan mengusung mesin 2 tak, 120cc, berpendingin udara, menggunakan transmisi 5 percepatan dan memakai sistem kopling sentrifugal. Satria RU 120 S adalah mesin bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Mesin 2 tak 120cc bertenaga 13HP. Fitur yang pertama dibuat menggunakan suspensi monosok, rangka SCAF (Suzuki Computerized Analized Frame), sistem komputerisasi analisa rangka dan menggunakan tranmisi 5 percepatan.
  Satria 120 R 


Spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada penambahan double disc brake yang membuat cengkramannya semakin dahsyat dan hadir dengan tampilan yang anak muda banget di jaman itu, dijamin bikin cewek-cewek bisa klepek-klepek. Tentunya yang paling laris adalah versi livery movistar plus velg casting wheel alias velg palang makin mendongkrak tampilan Suzuki Satria 120 R.
Satria 120 RU LSCM ( CBU Malaysia )

Sebelum Satria 120 RU atau biasa disebut Satria 120 R (2tak)yang biasa disebut Satria lumba-lumba ini di discontinue karena peraturan pemerintah yang melarang di produksinya motor 2 tak di dalam negeri pada masa itu, selain itu Pemerintah juga sedang gencar-gencarnya pencanangan program langit biru. Maka sebelum discontinue pihak Suzuki Indonesia pernah mendatangkan Satria RU 120 LSCM dari Suzuki Lion Malaysia atau biasa di sebut Satria Hiu. Tapi meskipun respon masyarakat lumayan baik, Satria Hiu hanya sebentar beredar di Indonesia karena terbentur dengan kebijakan pemerintah. RU120 discontinue bersama dengan 120R pada tahun 2005. Unit gaib, dengan harga yang gaib serta fantastis pula.


5. Kawasaki Ninja Series ( 1996 - 2015 )
Ninja 150

Ini awalnya Kawasaki Ninja 150 diproduksi di Indonesia meski mayoritas komponen masih dipasok dari Kawasaki Thailand. Di 1996 punya ciri mendasar dengan headlight model bulat dengan balutan list warna chrome. Stang menganut gaya tracker handlebars atau touring. Rem depan menggunakan cakram dan belakang tromol. Pada generasi ini, Ninja 150 menggunakan velg jari-jari ring 17 inci di roda depan dan ring 18 inci di roda belakang.
Ninja New 150 RR

Perubahan yang paling mendasar di generasi terakhir ini, ada pada desain fairing dan body. Boleh dibilang, desainnya mengikuti Ninja 250 yang disesuaikan supaya proporsional dengan rangka Ninja New 150 RR. Untuk varian Ninja New 150 RR SE, bedanya hanya pada striping saja. Kawasaki Ninja New 150 RR, merupakan generasi terakhir dari Ninja 150 yang diproduksi di Indonesia. Penghentian produksi Ninja 150 dilakukan Kawasaki bukan karena Ninja 150 tidak laku di pasaran, namun, karena alasan peraturan pemerintah soal emisi gas buang.


Tentu ada alasan mengapa sepeda motor 2 tak dihentikan produksinya, yaitu karena emisi gas buang yang tidak memenuhi standar, juga karena polusi suara yang ditimbulkan. Sudah saatnya kita lebih aware terhadap Bumi yang semakin menua. Salam njengats, nguooooks!


Sumber : Di sini, Di sana

Diubah oleh perihbanget 21-08-2019 06:28
rykenpbhvzalfErwinArdian
ErwinArdian dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.6K
96
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.