News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a3bbc8012ae38e4509a40/kemendagri-akan-panggil-sekda-hery-soal-video-papua-tanah-israel-kedua
Video Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, viral di dunia maya. Video itu viral karena Hery menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Kemendagri akan memanggil Hery dalam waktu dekat.
Lapor Hansip
19-08-2019 13:03

Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'

Past Hot Thread
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
Sekda Papua Hery Dosinaen dalam video yang beredar. (Foto: Dok. detikcom)

Jakarta - Video Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, viral di dunia maya. Video itu viral karena Hery menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Kemendagri akan memanggil Hery dalam waktu dekat.

Dalam video berdurasi 43 detik itu, Hery Dosinaen mengklaim pernyataannya mewakili atas nama Gubernur Papua. Dia meminta warga Papua pada 15 Agustus berdoa bagi bangsa ini.

Berikut ini kutipan perkataan Hery dalam video tersebut:

Atas Nama Gubernur Papua saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah Papua, di lembah, pantai, gunung, rawa, sungai, mari pada tanggal 15 Agustus 2019, kita sisihkan waktu 1 jam untuk berdoa bagi bangsa ini, untuk berdoa bagi tanah Papua, Tanah Israel Kedua, The Second Land of Israel. Saya yakin dan percaya, dengan hati yang tulus kita mendoakan tanah ini. Saya yakin Papua pasti bangkit, maju, mandiri, dan sejahtera, serta berkeadilan.

Saat dimintai konfirmasi wartawan, Minggu (18/8/2019), seusai jumpa pers soal ricuh mahasiswa Papua di Surabaya, Hery membenarkan video itu. Namun ia tak mau berkomentar soal video tersebut.

"Tidak perlu ada klarifikasi tentang hal itu," kata Hery seusai jumpa pers di Gedung Negara, Jayapura.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengaku sudah mendapat informasi soal viral video Sekda Papua tersebut. Kemendagri menegaskan setiap warga negara tidak boleh mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan konstitusi.

"Itu sedang didalami oleh teman-teman Ditjen Polpum, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum. Sedang didalami itu. Kita monitor. Apa pun itu, siapa pun warga negara, apalagi pejabat negara yang membuat pernyataan yang bertentangan dengan konstitusi jelas tidak benar," ucap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar saat dihubungi, Minggu (18/8/2019) malam.

Bahtiar mempersoalkan pernyataan Hery yang menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Menurut Bahtiar, Indonesia dan Israel sama sekali tak mempunyai hubungan diplomatik.

"Iya, Israel itu kan kita tidak punya hubungan konstitusi dengan kita. Tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia," ucap Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan, penyelidikan akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan bersama Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri. Hery juga akan dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

"Iya (akan dipanggil), makanya sedang didalami dengan teman-teman Ditjen Otda (Otonomi Daerah), kan dia berhubungan dengan Sekda, tapi dari segi sosial politik (oleh) Polpum. Kita juga sedang dalami informasi dan kebenaran apakah benar-benar. Saya cek itu juga, informasi beredar dari kemarin," kata Bahtiar.

Kemendagri ditegaskan Bahtiar akan mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Namun, jika memang terbukti bersalah, menurut Bahtiar, Kemendagri akan memberikan sanksi kepada Hery.

"Kalau dia pada posisi kebijakan itu salah. Kalau kealpaan ada pembinaan. Makanya harus dicek betul. apa maksudnya, apa betul, kan sekarang juga banyak rekayasa. Orang gimik ngomong apa, ucapan bisa ditiru. Makanya kita cek dulu. Sekarang ada teknologi seperti itu," ucap Bahtiar.

Quote:SUMBER BERITA


Duh, ada-ada aja deh di permasalahan di momen kemerdekaan Indonesia ke-74 seperti sekarang ini.

Papua itu saudara sebangsa kita, dan bagian dalam NKRI.

Semoga tidak ada yang terprovokasi ya Gan.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Halaman 1 dari 6
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:05
logika somad itukan untuk konsumsi internal warga papua emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:14
sana nasbung jihad
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:16
hmmmmm....
nambah urusan ae ini pak sekda
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:19

Tempat yg gak asik

Ane menunggu daerah lokal jadi

#Las vegas kedua
#macau kedua
#ibiza kedua
#miami kedua
#copacabana

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh mitzukage
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:21
Ya ampun Pak Sekda, bisa aja..., ah elah
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:34
ngomong israel terguncang, sedangkan yg menghina salib aja adem ayem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 13:37
Quote:Original Posted By soljin7
sana nasbung jihad


So mad mana?
profile-picture
jinpari22 memberi reputasi
0 1
-1
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:21
panggil aja pak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:21
Quote:Original Posted By .poison4u.
So mad mana?


Lagi nganu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:23
ayo warga +62 saling baku hantam lah kalian dan tetaplah di jalan setan emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mnaufallh dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:23
Coba ngomongna papua tanah arab atau palestina kedua, pasti dipuji2 en cepet naek jabatannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 9 lainnya memberi reputasi
7 3
4
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:24
tunggu2. ini Israel maksudnya Israel negara israel sekarang atau Israel yang ada di kitab suci?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:24
dipikir enak apa dijajah sama israel emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:25
Makanya itu yang suka ceramah dengan mendiskreditkan agama dan ras orang lain di blok semua ceramahnya....
0 0
0
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:26
Bakal makin rame nih.. emoticon-Matabelo
0 0
0
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:27
haha asik ya nih negara
udah diguncang gempa
gonjang anjing politik
masalah agama
besok apalagi nih ? emoticon-Big Grin
0 0
0
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
Lapor Hansip
19-08-2019 14:27
Balasan post pabloo
Quote:Original Posted By pabloo
panggil aja pak


Yang boneng nih gan...emoticon-Matabelo
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:30
Eaaaaaaaaa....... Ribut terus!
0 0
0
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:31
gpp lah kalo acuannya israel scara israel uda maju..dr ekonomi,iptek,science dll...
drpd padang pasir yg isinya cuma bunuh orang,ngebom,perkosa tkw itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisnadi11 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
19-08-2019 14:33
saya pernah tinggal di papua tepatnya jayapura, sering kok saya mendengar kalimat seperti "tanah israel ke 2" dll, tapi konteksnya bukan berarti papua mau merapat ke israel tapi lebih kepada "papua tanah yang diberkati" seperti israel dalam kepercayaan kristiani,

memang indonesia gak punya hubungan diplomatik dengan israel, tapi gak bisa dipungkiri dalam keyakinan kristen(papua mayoritas kristen) mereka punya hubungan erat dengan israel(bangsa) seperti yang tertulis di alkitab.

takutnya karena permasalahan kecil ini ada pihak yang menggoreng untuk agenda yang lebih besar, dan semoga media gak menggoreng semata-mata untuk rating karena efeknya terlalu besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia