alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a3bbc8012ae38e4509a40/kemendagri-akan-panggil-sekda-hery-soal-video-papua-tanah-israel-kedua
Lapor Hansip
19-08-2019 13:03
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
Past Hot Thread
Kemendagri Akan Panggil Sekda Hery soal Video 'Papua Tanah Israel Kedua'
Sekda Papua Hery Dosinaen dalam video yang beredar. (Foto: Dok. detikcom)

Jakarta - Video Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, viral di dunia maya. Video itu viral karena Hery menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Kemendagri akan memanggil Hery dalam waktu dekat.

Dalam video berdurasi 43 detik itu, Hery Dosinaen mengklaim pernyataannya mewakili atas nama Gubernur Papua. Dia meminta warga Papua pada 15 Agustus berdoa bagi bangsa ini.

Berikut ini kutipan perkataan Hery dalam video tersebut:

Atas Nama Gubernur Papua saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah Papua, di lembah, pantai, gunung, rawa, sungai, mari pada tanggal 15 Agustus 2019, kita sisihkan waktu 1 jam untuk berdoa bagi bangsa ini, untuk berdoa bagi tanah Papua, Tanah Israel Kedua, The Second Land of Israel. Saya yakin dan percaya, dengan hati yang tulus kita mendoakan tanah ini. Saya yakin Papua pasti bangkit, maju, mandiri, dan sejahtera, serta berkeadilan.

Saat dimintai konfirmasi wartawan, Minggu (18/8/2019), seusai jumpa pers soal ricuh mahasiswa Papua di Surabaya, Hery membenarkan video itu. Namun ia tak mau berkomentar soal video tersebut.

"Tidak perlu ada klarifikasi tentang hal itu," kata Hery seusai jumpa pers di Gedung Negara, Jayapura.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengaku sudah mendapat informasi soal viral video Sekda Papua tersebut. Kemendagri menegaskan setiap warga negara tidak boleh mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan konstitusi.

"Itu sedang didalami oleh teman-teman Ditjen Polpum, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum. Sedang didalami itu. Kita monitor. Apa pun itu, siapa pun warga negara, apalagi pejabat negara yang membuat pernyataan yang bertentangan dengan konstitusi jelas tidak benar," ucap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar saat dihubungi, Minggu (18/8/2019) malam.

Bahtiar mempersoalkan pernyataan Hery yang menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Menurut Bahtiar, Indonesia dan Israel sama sekali tak mempunyai hubungan diplomatik.

"Iya, Israel itu kan kita tidak punya hubungan konstitusi dengan kita. Tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia," ucap Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan, penyelidikan akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan bersama Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri. Hery juga akan dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

"Iya (akan dipanggil), makanya sedang didalami dengan teman-teman Ditjen Otda (Otonomi Daerah), kan dia berhubungan dengan Sekda, tapi dari segi sosial politik (oleh) Polpum. Kita juga sedang dalami informasi dan kebenaran apakah benar-benar. Saya cek itu juga, informasi beredar dari kemarin," kata Bahtiar.

Kemendagri ditegaskan Bahtiar akan mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Namun, jika memang terbukti bersalah, menurut Bahtiar, Kemendagri akan memberikan sanksi kepada Hery.

"Kalau dia pada posisi kebijakan itu salah. Kalau kealpaan ada pembinaan. Makanya harus dicek betul. apa maksudnya, apa betul, kan sekarang juga banyak rekayasa. Orang gimik ngomong apa, ucapan bisa ditiru. Makanya kita cek dulu. Sekarang ada teknologi seperti itu," ucap Bahtiar.

Quote:SUMBER BERITA


Duh, ada-ada aja deh di permasalahan di momen kemerdekaan Indonesia ke-74 seperti sekarang ini.

Papua itu saudara sebangsa kita, dan bagian dalam NKRI.

Semoga tidak ada yang terprovokasi ya Gan.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
Lapor Hansip
20-08-2019 00:03
Balasan post icecool87
Aku tidak lihat itu siapa wkwkkw negara yang minyaknya dibeli sama negara yang menzolimi itukah?
0
20-08-2019 00:09
Quote:Original Posted By Mautahu99
Aku tidak lihat itu siapa wkwkkw negara yang minyaknya dibeli sama negara yang menzolimi itukah?


yah elah masa ga tau sih...
yg isinya cuma perkosa tkw...
bantai yaman..
pangeran2nya dipenjara...
ulama2nya dibunuh...
negara yg cma punya minyak dan takut habis sampai ngemis invest ke cina emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
20-08-2019 00:21
war aja, buat per kubu royal battle. simple dari pada koar2. Eh nanti kaya jaman PKI, kena gorok semua emoticon-Sundul Upemoticon-Ngakakemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan bata.special memberi reputasi
0
Lapor Hansip
20-08-2019 00:44
Balasan post icecool87
ssst menurut rumor pendapatan mereka itu dari turis religi yang diwajibkan itu loh gan
0
20-08-2019 00:56
lahlah ko jadi bingung yak. di hut indonesia ini malah ada aja ya kejadian kejadian begini huhu moga cepet damai deh
0
20-08-2019 05:48
Quote:Original Posted By Mautahu99
yang dilakukan ust abdul somad sudah baik , dy mengikuti teladan pimpinan ulama tertinggi Habaib rizik Ashiap dengan mengikuti jejak nya, sekarang rencanya beliau mengambil study di timur tengah dan sepertinya tidak akan kembali seperti habaib rizik


Ooo gitu ya emoticon-Traveller
0
20-08-2019 06:11
Wartawan bodrex.

gw paham maksut ni
Israel yg dimaksud disini tentang kiasan keimaman, bukan ttg Negara Israel skrg, ga ada tereak2 bela israel.

Klo yg tereak2 Bela Palestina, itu kan tentang negara Palestina sekarang.

kakak pertama & kedua akur aja mulai akur, sementara bungsu ababil masi sumbu pendekemoticon-Big Grin
0
20-08-2019 07:34
ujung-ujungnya pasti "MaAf SaYa KhiLaF" dimaafin lalu ngulangi lagi. bgst!
0
20-08-2019 08:44
Aceh serambi mekah.. Klo Papua Israel kedua.. Mang knapa?
0
21-08-2019 06:03
Quote:Original Posted By natgeas2
Emang Mekah negara?


Yg nyebut mekah siapa? emoticon-Bingung (S)
0
21-08-2019 20:49


Quote:Original Posted By zpy
Nah itulah yang bikin ngeri2 sedap gan hahaha, tapi susahnya itu kalau sudah mengenai agama pusing sendiri kita mau mengatur kata2 buat ngomong terutama soal bedanya bangsa israel dan negara israel saat ini, mau bilang kurang pengetahuan ane ngeri kena skak mat 😂,



Iya, menurut ku terlalu banyak kepentingan dibalik persoalan papua secara keseluruhan, jadi miris sih ujung2nya jadi permasalahan negara dan kasihan penduduk disana kalau seperti ini, otomatis daerah jadi gak stabil, pemerintahannya gak stabil, perekonomian juga otomatis gak stabil,


iya gan bner bgt, semoga masalah ini gk berlarut larut. sangat mengganggu kestabilan negara kaya gini. perlu diselesaikan dengan kepala dingin, jangan mudah terpancing emosi dan provokasi orang yang gk bertanggung jawab emoticon-Sorry
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.