alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d59429fa2d1955554750588/fasilitas-sang-penghambat-pemerataan-pendidikan-yang-maju
Lapor Hansip
18-08-2019 19:20
Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
Past Hot Thread
Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Assalamualaikum gan sis

emoticon-Hai

Tahes ?


Pendidikan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa, dari sana akan tercipta generasi yang mana akan meneruskan perjuangan bangsa dalam meraih kemajuan , kemakmuran dan kesejahteraan.

Pendidikan tidak hanya untuk mencerdaskan kehidapan bangsa, akan tetapi juga menjadikan moral bangsa menjadi lebih baik.

Suasana pendidikan di Indonesia masih terbilang memprihatinkan, dalam beberapa hal, bahkan di tingkat universitas pun masih sering melakukan hal hal yang tidak mencerminkan moral dan kecerdasan bangsa.

Meskipun tidak semua hal seperti itu, namun sebuah titik warna hitam akan terlihat di lembaran kertas putih. Tentu ini menjadi PR dari pemerintah yang mana menjadi penyelenggara dan pemegang kebijakan pendidikan di Indonesia.


Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Seperti yang kita ketahui bersama, kurikulum pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perubahan, yang mana disini pemerintah mengambil kebijakan itu untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.
Akan tetapi hal yang lucu adalah tidak bisa diterapkannya kurikulum yang sama pada semua sekolah di penjuru Indonesia.

Hal itu tentu diakibatkan kurangnya pemerataan dari tenaga pengajar yang berstandart baik dan juga minimnya fasilitas yang tersedia. Hal ini mengakibatkan apa yang pemerintahkan canangkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia itu akan selalu terhambat dengan sendirinya.

Kreativitas dan perkembangan siswa di sekolah menjadi tanggung jawab setiap guru disekolah tersebut. Kemendikbud pun menyatakan bahwa “Agar para guru terus berjuang menjadi pendidik yang dapat cepat merespon perubahan. Alih-alih hanya sebagai pengajar, Mendikbud berpesan bahwa guru harus hadir sebagai pendidik yang tanggung jawabnya sangat besar bagi perkembangan siswanya.” link

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Dari sini guru akan mengemban tugas yang sangat berat. Kreativitas, efisiensi dan standarisasi pun akan dipertanyakan oleh pemerintah. Namun pemerintah lupa akan penunjang semua itu, yaitu masalah fasilitas yang mana dari dulu seakan tidak selesai, anggaran besar, dan terus ditambah, nyatanya belum bisa mengatasi problema fasilitas pendidikan.

Ane rasa ini harus dipertanyakan, meskipun ane yakini tidak mudah dalam penangannnya, tapi bukankah ada waktu 5 tahun bagi kepala daerah untuk membenahi pendidikan di daerahnya ?

Fasilitas pendidikan bagi ane merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjang kreatifitas dan perkembangan siswa dalam belajar dan juga bersaing serta mengimbangi kemajuan dunia yang semakin kencang. Mudah bagi siswa dan guru untuk mengasah kemampuan dan kreativitas dalam perkembangan dunia pendidikan yang diprogamkan oleh pemerintah, akan tetapi pemerintah masih lupa bahwa tidak semua bisa seperti itu, pemerintah masih belum bisa melihat dengan dalam apa yang dibutuhkan masyarakat, terlebih di daerah daerah.

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Tentu inilah yang ane rasa akan selalu ada sekolah favorit dan tidak favorit . Dan masalah zonasi tidak akan bisa menghilangkan paradigma itu dimasyarakat.
emoticon-sudahkuduga

Karena masyarakat lebih tau keadaan dan kondisi dilapangan daripada pemerintah sendiri. Ane berharap, pemerintah bisa lebih fokus untuk pemerataan fasilitas dan penunjang dalam pendidikan, ane rasa guru terbaik pun akan siap jika ditempatkan di daerah yang jauh dari kota.

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Demikian trit dari ane , bersyukurlah ane dan gan sis yang bisa merasakan pendidikan yang terjamin, baik itu fasilitas dan sebagainya. Dan semoga pendidikan Indonesia bisa lebih maju lagi guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga menjadikan moral generasi penerus menjadi lebih baik dan baik.

- - danke - -


Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Sumur


Thread yang lain

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
18-08-2019 22:43
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Karena zonasi baru diberlakukan, favorite dan kurang favorite masih kentara


Selain zonasi ,sekolah juga menyediakan jalur lain. Prestasi dan test.
.emoticon-Ngakak
0
19-08-2019 06:30
Quote:Original Posted By idaalfaqieh
Pemerataan pendidikan masih jd PRemoticon-Cape d...


Prnya banyak ya
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
19-08-2019 06:30
semoga lebih baik kedepan emoticon-Traveller
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
19-08-2019 06:34
Quote:Original Posted By yunda.me
Iya te, jadi gak heran kalo ada label sekolah favorit.


Yes, karena sifat manusia kl suruh milih pasti milih yg terbaik.

Quote:Original Posted By pabloo
Prnya banyak ya


Bingung mau ngerjain yg mana dulu Omemoticon-Hammer2
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
19-08-2019 06:36
Quote:Original Posted By idaalfaqieh
Yes, karena sifat manusia kl suruh milih pasti milih yg terbaik.



Bingung mau ngerjain yg mana dulu Omemoticon-Hammer2


Mending nganu sek emoticon-Traveller
0
19-08-2019 06:46
Quote:Original Posted By yunda.me
emoticon-linux2


Imut banget penguinnya.

Quote:Original Posted By YenieSue0101
Pejwan dulu di trit cekul emoticon-Insomnia


Ikut sis

Quote:Original Posted By tsuway.c001
Bener nih, fasilitas tiap sekolah ga rata emoticon-2 Jempol


Belum mungkin sis, kalau mau merata sebenarnya diperlukan keaktifan dari pemerintah setempat, pihak sekolah pun aktif memberikan infonya#

Quote:Original Posted By yunda.me
Tee, timpukin tuh te yg diatas. Suka ketawa gak jelas te.

emoticon-Takut (S)


Ya ya
0
19-08-2019 06:47
pemrataan butuh proses gan kita tunggu aja emoticon-Cool
0
Lihat 1 balasan
19-08-2019 07:00
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Imut banget penguinnya.



Ikut sis



Belum mungkin sis, kalau mau merata sebenarnya diperlukan keaktifan dari pemerintah setempat, pihak sekolah pun aktif memberikan infonya#



Ya ya



Entah juga ya kak, tapi pengalaman aku daftar si sulung kemaren itu daftar di sekolah pertama itu berbasis komputer dalam sistem pendaftarannya dibantu guru daftar online di tempat, orang tua murid tau prosesnya dan jelas paperless. Nah karena si sulung ga keterima tahap pertama, jadilah dia ikut juga non zonasi daftar di sekolah dekat rumah tapi beda kecamatan, berbanding terbalik ... sistem pendaftarannya manual, makan banyak waktu, makan banyak kertas. Padahal akreditasinya sama-sama A loh.
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
19-08-2019 07:04
Quote:Original Posted By pabloo
semoga lebih baik kedepan emoticon-Traveller

Aaamiin bre.
emoticon-Traveller

Quote:Original Posted By wrongside
pemrataan butuh proses gan kita tunggu aja emoticon-Cool

Ya sih, tapi ane rasa bakal lama bre.

emoticon-Big Grin
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
19-08-2019 07:10
Quote:Original Posted By tsuway.c001
Entah juga ya kak, tapi pengalaman aku daftar si sulung kemaren itu daftar di sekolah pertama itu berbasis komputer dalam sistem pendaftarannya dibantu guru daftar online di tempat, orang tua murid tau prosesnya dan jelas paperless. Nah karena si sulung ga keterima tahap pertama, jadilah dia ikut juga non zonasi daftar di sekolah dekat rumah tapi beda kecamatan, berbanding terbalik ... sistem pendaftarannya manual, makan banyak waktu, makan banyak kertas. Padahal akreditasinya sama-sama A loh.


Kita tidak tahu sih sistem sekolah A dan B seperti apa, meski sama2 terakreditasi, memang keaktifan sekolah diperlukan juga untuk urus mengurus masalah fasilitasemoticon-Bingung
0
19-08-2019 08:45
kreatifitas dan perkembangan siswa dalam belajar bisa terhambat
0
Lihat 1 balasan
19-08-2019 10:05
semoga dengan adanya lomba menulis serba-serbi pendidikan Indonesia ini pemerintah akan mendengarkan dan lebih memperhatikan tentang pendidikan Indonesia yang masih banyak harus di perbaiki.
Kasihan sekolah yg ada di pelosok negeri pasti lebih tertinggal daripada yg ada di kota
0
19-08-2019 13:06
Quote:Original Posted By sherrif_pedro
kreatifitas dan perkembangan siswa dalam belajar bisa terhambat

Guru juga repot buat ngembangin pembelajaran.


Quote:Original Posted By tuffinks
semoga dengan adanya lomba menulis serba-serbi pendidikan Indonesia ini pemerintah akan mendengarkan dan lebih memperhatikan tentang pendidikan Indonesia yang masih banyak harus di perbaiki.
Kasihan sekolah yg ada di pelosok negeri pasti lebih tertinggal daripada yg ada di kota


Didasa pun terkadan hampir sama keadaannya dengan di pelosok .
profile-picture
sherrif_pedro memberi reputasi
1
19-08-2019 13:22
sekolah cuma Sd aja apa masih harus bersyukur.?
0
Lihat 1 balasan
19-08-2019 21:09
Quote:Original Posted By fanniajah
sekolah cuma Sd aja apa masih harus bersyukur.?


Umm..
Anu te.. Masih harus te.
Ada opsi lain
emoticon-Kaskus Banget
0
19-08-2019 21:11
Quote:Original Posted By yunda.me
Umm..
Anu te.. Masih harus te.
Ada opsi lain
emoticon-Kaskus Banget

Tapi rasanya beda gan
0
20-08-2019 15:41
mampir nongkrong dulu ah di trit orang tamvan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0
20-08-2019 22:49
Quote:Original Posted By fanniajah
Tapi rasanya beda gan


Wah, ane jadi speechless .

Quote:Original Posted By feliia
mampir nongkrong dulu ah di trit orang tamvan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)


Moggo pinarak.
emoticon-Monggo
profile-picture
feliia memberi reputasi
1
26-08-2019 14:10
Quote:Original Posted By tsuway.c001
Bener nih, fasilitas tiap sekolah ga rata emoticon-2 Jempol


Yuppp ane pun pernah merasakan hal yang sama. Dulu ane smp kagak ada komputer di sekolah ane tapi smp tetangga punya komputer:")
0
26-08-2019 14:12
Quote:Original Posted By Rapunzel.icious
Karena zonasi baru diberlakukan, favorite dan kurang favorite masih kentara


Yupp ga ada yg instan. Apalagi tujuan zonasi buat pemerataan pendidikan jadi fasilitas harus diratakan dan kualitas guru juga menurut ane perlu diratakan juga.
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.