Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d582a372f568d31050a202d/nyobain-soto-gebraak-yang-katanya-bikin-kaget
Masih dalam nuansa kemerdekaan nih Gan Sis! Biar vibes hari kemerdekaannya makin kerasa, kayaknya enak nih makan sesuatu yang khas Indonesia banget. Diantara beragamnya makanan khas negeri kita tercinta ini, salah satu makanan otentik dari Indonesia yang hampir dimiliki oleh setiap daerah adalah soto.
Lapor Hansip
17-08-2019 23:24

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Past Hot Thread

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Masih dalam nuansa kemerdekaan nih Gan Sis! Biar vibes hari kemerdekaannya makin kerasa, kayaknya enak nih makan sesuatu yang khas Indonesia banget. Diantara beragamnya makanan khas negeri kita tercinta ini, salah satu makanan otentik dari Indonesia yang hampir dimiliki oleh setiap daerah adalah soto.

Siapa sih yang nggak pernah makan soto? Bisa dibilang jika Indonesia memiliki beragam jenis soto, kalau dihitung mungkin ada lebih dari 10 jenis soto kali ya yang tersebar di Indonesia. Setiap daerahnya pun memiliki nama-nama soto yang berbeda, dengan varian isiannya yang berbeda pula. Misalnya sepeti sroto, saoto, tauto, coto, dan lain sebagainya.

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Salah satu soto yang menarik untuk dicicipi di daerah Jakarta adalah Soto Gebraak (a-nya dua). Terdapat dua cabang Gan Sis, yaitu di daerah Tebet dan Setiabudi. Dan kali ini ane pengen nyobain Soto Gebraak yang ada di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Letaknya persis di seberang SMA 3 Jakarta.

Warung soto ini menyediakan pilihan jenis daging untuk melengkapi makanan berkuah ini Gan Sis, yaitu soto daging sapi atau soto ayam. Kali ini ane mau nyobain soto ayamnya. Dan ternyata nggak butuh waktu yang lama untuk memesannya. Begitu ane masuk, pilih menu, pas duduk eh soto ayamnya udah datang aja. Mantul dah!

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Soto Gebraak ini termasuk jenis soto yang memiliki kuah bening dan nggak terlalu kental. Rasanya nggak beda jauh sama Soto Madura. Gurih bawangnya kerasa banget. Isian daging ayamnya pun nggak pelit alias buanyak! Selain potongan ayam, di dalam soto ini berisi potongan tomat, bihun, dan sedikit kol. Nggak lupa dengan taburan bawang goreng yang bikin tambah nikmat. Meskipun rasa bawang putihnya sangat dominan, tapi sangat seger dan nggak bikin eneg sama sekali.

Sebenarnya ada yang otentik dan khas dari depot Soto Gebraak ini Gan Sis, namun sayang sekali nggak ane dapatkan sore itu. Yaitu suara gebrakan dari abang penjualnya. Konon, penamaan Soto Gebraak ini diambil dari kebiasaan penjualnya yang sering memukulkan botol kecap di meja samping kuali tempat memasak soto, sehingga menimbulkan suara “GEBRAAK!”. Mirip dengan Soto Dok yang ada di Jombang atau Surabaya, yang katanya penjualnya juga sering bikin kaget pembelinya.

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Jujur ane menunggu momen makan sambil dikagetin. Mungkin abang penjualnya nggak menggebrakkan botol kecap ke mejanya karena saat itu terbilang sepi pengunjung kali ya. Iya sih pas ane datang emang lagi sepi-sepinya karena bukan jam makan pada umumnya. Hmmm, tapi agak bersyukur juga sih jadi nggak kaget saat makan. Kalau beneran kaget, mungkin yang ane pesan bukan soto ayam, tapi soto eh ayam ayam~

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget

Untuk lebih menikmati soto, warung ini pun menyediakan lauk tambahan yaitu seperti perkedel, dan aneka jenis sate seperti sate empal, atau jeroan ati ampela. Mungkin karena ane datengnya sore banget jadi lauk tambahannya ini udah nggak lengkap kali ya. Tapi nggak apa lah, ane milih sate ati ampela aja kalau begitu. Lumayan buat pelengakap isian soto yang ane pesan, meskipun rasa ati ampela ini agak nggak sesuai sama ekspektasi. Kirain rasanya bakalan agak manis seperti baceman gitu ya, ternyata cenderung hambar. Oke baiklah.

Overall rasa soto ini enak tapi kayak ada sesuatu yang kurang. Bisa jadi karena agak nggak sesuai ekspektasi ane kali ya, yaitu makan sambil dikagetin. Tapi jenis soto ini enak banget dinikmati di kala Agan Sista lagi nggak enak badan atau untuk sekadar membangkitkan suasana hati, semacam buat comfort food gitu. Meskipun harga sotonya terbilang agak pricey, yaitu Rp 20.000 dan belum termasuk nasi, sate-satean, minum dan pajak. Jika Agan Sista ingin makan di sini, kira-kira membutuhkan paling nggak masing-masing Rp 50.000 per orang. Terbilang cukup mahal untuk semangkuk soto, tapi masih sebanding kok dengan rasa gurih dan banyaknya isian daging yang diberikan di mangkuk soto tersebut.



Kalau di daerah tempat tinggal Agan Sista, soto apa yang banyak digemari? Sajian #SotoNusantara seperti apa sih yang menjadi ciri khas di daerah kalian? Apakah soto dengan kuah bening, kental, atau bersantan? Komeng don Gan Sis!


Diubah oleh MakanDimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tholib30 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Halaman 1 dari 4
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 12:27
seger jonnnnn!
soto emang warbiyasakkk
siapa sih yang nggak suka soto?
semua suka deh bro and sissss......AHAYYYYY!! Kalau ngomongin kuliner emang nggak ada habisnya deh. Bener-bener berbagai macam kuliner Indonesia dari A-Z nggak akan ada habisnya kalau mau dibahas. Bener-bener cuma bikin ngiler dan pengen segera nyobain makanan yang satu ini! LEZATTTTT!! Kuliner memang selalu bikin ane semangat 45 untuk membaca threadnya…uwwoooo nggak sabar deh pokoknya buat ICIP!!FIX!!
yuk gaskan nyoto bareng ane..
emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gobar27 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:24
nggak ada suara gebrakan lagi mungkin karena(perlu ditanyakan ke penjualnya)
- botol kecapnya pernah pecah waktu digebrak
- ada konsumen yg tersedak karena kaget pas waktu makan
- dulu belum ada google, jadi suara gebrakan dipakai sebagai salah satu"media iklan" untuk menarik pelanggan. Karena sudah terkenal dan terbukti enak sotonya jadi nggak perlu dipake lagi. Tinggal pake strategi lain misal via medsos dll
Diubah oleh zimbenk
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:30
kaget loh emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:31
Quote:Original Posted By b4perman
seger jonnnnn!
soto emang warbiyasakkk
siapa sih yang nggak suka soto?
semua suka deh bro and sissss......AHAYYYYY!! Kalau ngomongin kuliner emang nggak ada habisnya deh. Bener-bener berbagai macam kuliner Indonesia dari A-Z nggak akan ada habisnya kalau mau dibahas. Bener-bener cuma bikin ngiler dan pengen segera nyobain makanan yang satu ini! LEZATTTTT!! Kuliner memang selalu bikin ane semangat 45 untuk membaca threadnya…uwwoooo nggak sabar deh pokoknya buat ICIP!!FIX!!
yuk gaskan nyoto bareng ane..
emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss


Yoi gan emoticon-Cool
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:32
pernah juga makan soto gebrak, itu botol kecap yang di pukul2 pecah dong. emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:34
kemahalan...emoticon-Sorry

mahal ongkos nya emoticon-Hammer2
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:35
ane doyanan soto betawi, make emping gtu sedep kan maen.
request aja gebraak botolnya, di ksh pasti buat pelanggan mah
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:35
mantul Jon...
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:37
Doi ngegebrak botol kecap gan,
dan easter egg nya adalah,
supaya doi gebrak, jangan pesan soto, tapi tongseng.
Karena tongseng lebih butuh kecap daripada soto.
Soto kan aslinya gak butuh kecap, apalagi kuah dia tuh dasarnya emang bening, jadi kalo pake kecap ya suka-suka yang makan. tambahin sendiri.

Coba deh pesen tongseng
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:37
kocak juga yak namanya soto gebrak karena yang jual suka gebrak gebrak botol kecap. ane orangnya kagetan pula, kayanya kalo makan disana auto kesedak kenceng dah kalo doi gebrak gitu, hahahaha. kalo ane suka soto yang ada santennya gan. disini soto kudus ada yang make santen ada yang ngga
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:41
inget jamannya nikita willy masih sekolah, dia makan di soto gebrak trus kaget pas denger suara gebrak2 soto emoticon-Big Grin
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:41
DUARRR SOTO
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:42
pernah liat di siaran lokal pas kuliner...
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:47
Sobat : soto babat
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:48
wahahayy ni pas gara2 gebak2 meja nih jualnya
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:50
gleeek, jadi laper emoticon-Ngakak
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:53
ane di sana demennya makan rawonnya + telor asin hehehe emoticon-Malu (S)
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 13:55
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 14:00
Yg jantungan jgn kesini, bisa tewas emoticon-Malu
0 0
0
Nyobain Soto Gebraak yang Katanya Bikin Kaget
19-08-2019 14:00
Calling picture : Duar merdeka
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia