alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d565f0a9a972e137e575d00/suka-yang-manis-manis-ayo-dikurangi-ini-5-dampak-positif-mengurangi-konsumsi-gula
Lapor Hansip
16-08-2019 14:45
Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula
Past Hot Thread
Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Memang sulit untuk menghentikan konsumsi gula. Selain rasanya yang enak, mengonsumsi gula juga dapat meningkatkan mood positif. Tapi agan semua tahu kan, kalau gula itu sebenernya nggak baik buat tubuh? 

Agan bisa mulai dengan mengurangi jumlah gula yang agan konsumsi sehari-hari. Pengurangan konsumsi gula tentunya bisa membawa berbagai manfaat bagi tubuh kita, gan. Bukan cuma menghindarkan kita dari penyakit, namun ada juga sederet  dampak positif lainnya. Apa aja?

1.  Terlihat Lebih Muda

Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Yang mau terlihat awet muda, ayo jangan banyak makan gula. Menurut Anthony Youn, dokter bedah plastic di Michigan, gula akan menyebabkan keriput. Mengonsumsi gula bakal menyebabkan terjadinya proses glycation atau glikasi. Proses glikasi dapat menonaktifkan antioksidan, dan menyerang kolagen dan serat elastin dalam kulit. Akibatnya, kulit kehilangan kelembapan dan kekenyalan, menjadi rentan terhadap kerusakan, mudah berkerut, kering, dan kusam.
Mengurangi konsumsi gula juga bisa merendahkan tingkat glukosa dan insulin dalam tubuh, yakni penyebab inflamasi yang menyebabkan penuaan.

2.  Daya Tahan Tubuh Meningkat 

Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Gula menyebabkan inflamasi kronis yang bisa menurunkan daya tahan tubuh kita. Akibatnya, tubuh kita bakal rentan sama penyakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 100 gram gula bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga 50%, dan efek ini bakal bertahan selama lima jam. Jadi, saat kita terpapar virus atau bakteri pada saat itu, kemungkinan kita terserang penyakit akan semakin besar.

3. Tidur Lebih Nyenyak

Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi camilan manis, terutama sebelum tidur bisa mengurangi kualitas tidur kita, gan. Orang yang mengonsumsi gula sebelum tidur bisa mengeluarkan keringat berlebih. Selain itu, gula yang dikonsumsi sebelum tidur bisa membuat hormon stress meningkat drastis, yang menyebabkan kegelisahan. Ahli kesehatan menjamin kalau hanya dalam dua atau tiga hari setelah pengurangan gula, kita akan tidur dengan lebih nyenyak.

4.  Berat Badan Turun

Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Kunci dari diet yang efektif adalah mengurangi konsumsi gula. Menurut Harvard School of Public Health, gula bisa menyebabkan ketagihan. Saat kita mengonsumsi makanan atau minuman penuh gula, tubuh kita nggak akan merasa kenyang, hingga susah untuk berhenti. Pada akhirnya kita akan mengonsumsi terlalu banyak kalori dan berat badan pun bertambah.
Sebaliknya, bila kita mengganti gula dengan makanan padat yang bernutrisi, tubuh kita akan mengirim sinyal saat kita sudah merasa kenyang. Hasilnya, tingkat kalori kita pun teratur, dan berat badan kita pun akan turun dengan sendirinya.

5. Lebih Energik

Suka yang Manis-Manis? Ayo Dikurangi! Ini 5 Dampak Positif Mengurangi Konsumsi Gula

Terlalu banyak gula akan menyebabkan kita mudah lelah. Ini dikarenakan gula akan menghambat produksi zat orexin/hipokretin dalam tubuh, yakni zat yang bakal menjaga kita tetap terbangun. Akibatnya, seseorang yang kekurangan hipokretin akan merasa mudah ngantuk dan lemas. Dengan mengurangi gula, tentunya tubuh kita akan lebih energik. Ditambah lagi, dengan berat badan yang terjaga, tentunya kita akan lebih bersemangat melakukan segala macam aktivitas.



Sumber
profile-picture
profile-picture
sevenfiveseven dan raaaaud20 memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
17-08-2019 21:25
bener nihhhh kurangi yang manis manis apalagi produk makanan minuman olahan dan instan, enak praktis tapi ngga baik kalo kebanyakan emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
diandraps dan dhikapradana memberi reputasi
2
17-08-2019 21:41
Setuju sama TS... Ga perlu nunggu umur 30/40an sih... Dari remaja juga mending dibatasi konsumsi manisnya... Terutama kalau begadang terus nyemil snack dan minum minum soda... Bahaya banget buat kesehatan
Diubah oleh dhikapradana
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
17-08-2019 21:42


Quote:Original Posted By japarina
bener nihhhh kurangi yang manis manis apalagi produk makanan minuman olahan dan instan, enak praktis tapi ngga baik kalo kebanyakan emoticon-Frown

Iya setuju sis... Yang instan instan juga ga cuma gula tapi mengandung MSG juga yang bahaya.
Praktis sih praktis tapi dampaknya bisa bikin kesahatan memburuk
0
17-08-2019 22:59


Quote:Original Posted By dhikapradana
Setuju sama TS... Ga perlu nunggu umur 30/40an sih... Dari remaja juga mending dibatasi konsumsi manisnya... Terutama kalau begadang terus nyemil snack dan minum minum soda... Bahaya banget buat kesehatan


iya gan, jngan nunggu berumur dulu baru mengubah pola hidup. gk ada salahnya membangun pola hidup sehat mulai dari sekarang. lebih baik mencegah dari pada mengobati, ya kan gan emoticon-Toast
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
17-08-2019 23:01


Quote:Original Posted By japarina
bener nihhhh kurangi yang manis manis apalagi produk makanan minuman olahan dan instan, enak praktis tapi ngga baik kalo kebanyakan emoticon-Frown


iya gan, klo yg instan mah bner bener harus dikurangi. karena emng mngandung bahan penyedap buatan dan berpengawet emoticon-Sorry
0
17-08-2019 23:02
trit bagus ni, mengingat masyarakat indonesia suka bgt sama yang manis manis kaya gini contohnya minuman. tiap pagi saja kurang afdol klo gk minum teh anget manis, siang es teh manis, malem minum karbonasi juga emoticon-Frown
0
18-08-2019 00:03
bener bangettt... yg manis2 kudu dijaga... ditunggu thread informatif lainnyaa gann...
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
18-08-2019 02:04
Quote:Original Posted By dhikapradana
Iya setuju sis... Yang instan instan juga ga cuma gula tapi mengandung MSG juga yang bahaya.
Praktis sih praktis tapi dampaknya bisa bikin kesahatan memburuk


iyaaaa pokoknya yang kemasan kemasan gitu dehhhh bermicin berpengawet dan gula tinggi
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
18-08-2019 02:17
mantaaapp tritnyaaa!! ane semenjak kuliah sbenernya ngurangin banget gula caranya dengan apapun makanan minumnya air putih hhahaa
0
18-08-2019 02:18
Quote:Original Posted By japarina
bener nihhhh kurangi yang manis manis apalagi produk makanan minuman olahan dan instan, enak praktis tapi ngga baik kalo kebanyakan emoticon-Frown


Iyaa bree bener banget, bukannya gaboleh ya? Tapi lebih baik jangan, apalagi kalo sampe berlebihan...bahaya efeknya mungkin jangka panjang
0
18-08-2019 02:19
Quote:Original Posted By dhikapradana
Setuju sama TS... Ga perlu nunggu umur 30/40an sih... Dari remaja juga mending dibatasi konsumsi manisnya... Terutama kalau begadang terus nyemil snack dan minum minum soda... Bahaya banget buat kesehatan


Saluttt!! Malah efeknya mungkin baru kerasa pas umur segituan bree makanya dari muda harus udah diatur pola hidupnyaa
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1
18-08-2019 02:20
Quote:Original Posted By diandraps
trit bagus ni, mengingat masyarakat indonesia suka bgt sama yang manis manis kaya gini contohnya minuman. tiap pagi saja kurang afdol klo gk minum teh anget manis, siang es teh manis, malem minum karbonasi juga emoticon-Frown


Benerr banget nih bre, ane kalo di solo ditempat mbah...buset pagi" udah disuguhin teh anget, tapi emang bisa nambahin stamina gasih? Ato ngenyangin tepatny??
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
18-08-2019 03:45
bener gan.. harus kita kurangi konsumsi yang manis2.. jd kalau ketemu adek2 yang manis di jalan, harus di jauhi...
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
18-08-2019 05:46
takut ama yg manis
0
18-08-2019 05:47
Quote:Original Posted By kakalight
bener gan.. harus kita kurangi konsumsi yang manis2.. jd kalau ketemu adek2 yang manis di jalan, harus di jauhi...


Yang boneng gan
0
18-08-2019 09:10
Bener gan, nice share infonya..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
CoupleMaster dan rheirhei memberi reputasi
2
18-08-2019 09:24
Quote:Original Posted By apefras11
Iyaa bree bener banget, bukannya gaboleh ya? Tapi lebih baik jangan, apalagi kalo sampe berlebihan...bahaya efeknya mungkin jangka panjang


iyaaa sebisa mungkin dihindarin deh, efeknya ke badan bener bener nggak baik huhu
0
18-08-2019 10:05
Berarti Ibukku yang bilang selama ini salah, anaknya kurus dikatain kurang minum aer gula👍😭
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.