alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53dd8b88b3cb78204ba50c/terlalu-banyak-air-putih-ternyata-berbahaya-perhatikan-8-tanda-ini-sebelum-terlambat
Lapor Hansip
14-08-2019 17:08
Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat
Past Hot Thread
Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Mungkin udah nggak terhitung berapa kali dokter atau ahli kesehatan lainnya mengingatkan kita untuk minum banyak air putih. Memang nggak bisa dipungkiri, air putih punya banyak banget manfaat buat tubuh kita. Tapi ingat gan, segala hal yang berlebihan itu pada dasarnya nggak baik, termasuk air putih. 

Overhydration atau hidrasi berlebihan punya bahaya yang sama dengan dehidrasi. Terlalu banyak mengonsumsi air dapat menimbulkan keracunan air yang disebut dengan hyponatremia, Gan. Keracunan air ini disebabkan karena kurangnya level sodium dalam peredaran darah. Dalam kasus yang fatal, hyponatremia bisa menyebabkan kejang, koma, bahkan kematian.
Untuk menghindari bahaya di atas, agan perlu perhatiin nih tanda-tanda kalo agan udah minum terlalu banyak air putih.

1. Nggak Bisa Kemana-Mana Tanpa Botol Minum

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Kalau agan nggak bisa lepas dari botol minum dan botol itu terus diisi ulang sepanjang hari, itu bisa jadi tandanya agan udah minum terlalu banyak. Para ahli kesehatan menyarankan untuk minum 2 liter, atau sekitar 8 gelas setiap hari. Kalau lebih dari itu, terlalu banyak air dalam tubuh bisa menyebabkan rendahnya kadar sodium dalam darah yang bisa mengakibatkan pembengkakan sel-sel dalam  tubuh.  Bakal jadi sangat berbahaya kalau sel-sel dalam otak kita mulai membengkak.

2. Warna Urine Menjadi Bening

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat
Banyak orang yang menganggap kalau warna urine yang bening adalah tanda yang bagus. Padahal, urine yang menandakan jumlah air yang mencukupi seharusnya berwarna kuning transparan. Warna urine yang bening tanpa pigmentasi justru menandakan kalau agan udah minum terlalu banyak air.

3. Sering Buang Air Kecil, Bahkan di Tengah Malam

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Kalau agan sering kebangun di tengah malam untuk buang air kecil, mungkin agan udah mengonsumsi terlalu banyak air putih. Pada umumnya, seseorang akan buang air kecil sekitar 6 sampai 8 kali dalam sehari. Kalau agan udah buang air kecil lebih dari sepuluh kali, artinya agan udah minum lebih banyak air dari yang tubuh agan butuhkan.

4. Sering Merasa Mual dan Muntah

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Saat kita minum terlalu banyak air, ginjal kita jadi kesusahan untuk membuang sisa cairan yang berlebihan dan akhirnya air tersebut bakal terkumpul  di dalam tubuh. Cairan yang berlebihan ini bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare. 

5. Sakit Kepala Berkepanjangan

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Bukan cuma tanda dehidrasi, sakit kepala juga merupakan tanda hidrasi berlebih. Seperti yang dibilang diatas, saat agan minum terlalu banyak air, kandungan garam dalam darah bakal berkurang, yang bisa menyebabkan sel-sel dalam organ tubuh membengkak. Jadi, saat agan udah minum air terlalu banyak, sel-sel dalam otak agan bisa ikut membesar hingga menekan ke dalam tengkorak. Tekanan inilah yang menyebabkan sakit kepala. Nggak hanya sakit kepala. Kalau dibiarkan terus menerus,  hal ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti kerusakan pada otak dan gangguan pernapasan.

6. Pembengkakan dan Perubahan Warna pada Tangan, Kaki, dan Bibir

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Saat sel-sel dalam tubuh mengalami pembengkakan, kulit kita juga akan terlihat membengkak, terutama pada bagian tangan, kaki dan bibir. Seseorang yang mengonsumsi air secara berlebihan bahkan bisa mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba karena pembengkakan dan kelebihan air dalam darah. 

7. Otot Terasa Lemah dan Gampang Kram

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Terlalu banyak mengonsumsi air putih dapat menurunkan kadar elektrolit dalam tubuh. Kekurangan elektrolit bisa menimbulkan beberapa gejala tidak mengenakkan seperti kejang otot dan kram. Untuk mencegah masalah otot, agan bisa mengganti beberapa gelas air putih yang biasa agan minum dengan air kelapa. Air kelapa punya banyak elektrolit dan seratus persen alami, sehingga bisa mengembalikan keseimbangan tubuh.

8. Selalu Merasa Lelah dan Ngantuk

Terlalu Banyak Air Putih Ternyata Berbahaya! Perhatikan 8 Tanda ini Sebelum Terlambat

Ginjal kita berfungsi untuk menyaring semua air yang masuk dalam tubuh dan memastikan kadar air dalam darah di seluruh tubuh seimbang. Saat agan minum terlalu banyak air, ginjal agan harus bekerja ekstra keras buat menyaring semua air yang berlebih itu. Hal ini menimbulkan reaksi dari hormon-hormon dalam tubuh yang akhirnya menimbulkan perasaan stres dan kelelahan.

Ayo, bagi agan yang banyak minum, perhatiin tanda-tanda di atas ya. Jangan sampe minumnya kebanyakan gan. Udah tau kan sekarang bahayanya?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwhaleyf dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
17-08-2019 18:40
Nice inpo gan emoticon-Matabelo
0
17-08-2019 18:40
jangan kebanyakan
0
17-08-2019 18:41
Quote:Original Posted By pinknam00
Nice inpo gan emoticon-Matabelo


Sama sama gan
0
17-08-2019 19:28
Pantesan bawannya ngantuk mulu. rupanya overhydration penyebabnya emoticon-Hammer2 . btw thx infonya gan.
0
17-08-2019 20:27
Wah ternyata kelebihan minum air putih juga bahaya.
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
18-08-2019 13:13
bener gan but anyway apapun yang over ga baik sih
0
18-08-2019 19:52
konsumsi aja sekitar 2 liter perhari
lebih kurang 8 gelas
itu jg gag harus aer putih terus.
0
18-08-2019 20:03
wah nice info, trnyata sering ngantuk trus sakit kepala pnyebabnya kebanyakan minum ya
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
18-08-2019 20:57
pantesan ane sering kramemoticon-Bingung
0
18-08-2019 22:09


Quote:Original Posted By raaaaud20
Wah ternyata kelebihan minum air putih juga bahaya.


ya emng sesuatu yang berlebih itu gk pasti gk baik gan emoticon-Jempol
0
18-08-2019 22:10


Quote:Original Posted By triwinarti
wah nice info, trnyata sering ngantuk trus sakit kepala pnyebabnya kebanyakan minum ya


klo bneran bnyak minum berarti iya gan, klo lagi dikit minum masih pusing mungkin banyak hutang wkwk emoticon-Ngakak
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
18-08-2019 22:11
ane juga dulu pernah baca berita, ada orang yang keracunan karena terlalu bnyak minum air putih. hal itu terjadi karena tubuhnya kelebihan banyak ion sehingga tidak mampu mengatasi kelebihan ion tersebut. akibatnya fatal. si korban akirnya mengalami kematian
0
19-08-2019 01:40
Benerrr tuh kalo sering mual dan muntah kalo kebanyakn minum air putih. Ane juga pernah muntah garagara kebanyakan minum air putih wkwwkk
0
19-08-2019 01:40
Quote:Original Posted By diandraps
ane juga dulu pernah baca berita, ada orang yang keracunan karena terlalu bnyak minum air putih. hal itu terjadi karena tubuhnya kelebihan banyak ion sehingga tidak mampu mengatasi kelebihan ion tersebut. akibatnya fatal. si korban akirnya mengalami kematian


Idihhhh adaaa juga yang begitu gan. Padahal yang kita pikir minum banyak itu baik bagi kesehatan tapi ternyata ada efek buruk nya juga kalo kebanyakan
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
19-08-2019 01:41
Quote:Original Posted By triwinarti
wah nice info, trnyata sering ngantuk trus sakit kepala pnyebabnya kebanyakan minum ya


Iyaaa benerr gann... Ane juga suka ngerasain gitu kalo kebanyakan minum air putih. Emang bener segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik wkwkwkwk
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-08-2019 05:15
Quote:Original Posted By diandraps
klo bneran bnyak minum berarti iya gan, klo lagi dikit minum masih pusing mungkin banyak hutang wkwk emoticon-Ngakak


bisa aja nih banyak pkiran juga bisa pusing bkan hutang aja emoticon-Ngakak
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
19-08-2019 05:15
Quote:Original Posted By Kaskus3010
Iyaaa benerr gann... Ane juga suka ngerasain gitu kalo kebanyakan minum air putih. Emang bener segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik wkwkwkwk


betul, kurang gk baik berlebihan juga gak baik harus seimbang ya
0
19-08-2019 06:23
waaaah makasih infonya gan.. ngeri juga ya kalo kelebihan air putih ternyata
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.