alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52afb0a7276875a501cc24/5-uji-coba-manusia-yang-kematiannya-memberikan-manfaat-bagi-ilmu-pengetahuan
Lapor Hansip
13-08-2019 19:40

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan

Hidup di zaman sekarang dimana ilmu pengetahuan sudah sangat banyak berkembang tentu memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Namun pada zaman dahulu sebelum semua penyakit bisa diketahui sebab dan penyembuhannya, ada beberapa orang yang menawarkan dirinya untuk diteliti agar penyakit tersebut bisa diatasi. Berikut 5 orang yang menawarkan dirinya untuk dilakukan uji coba yang kematiannya memberikan banyak manfaat bagi ilmu pengetahuan:

5. Dr. William Stark - Diet

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan
listverse.com

William stark melakukan sebuah eksperimen mengenai diet. Dimana dirinya membatasi asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya seperti jumlah air yang ia minum dan jumlah makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Dr. William juga meneliti apa yang terjadi pada tubuh ketika manusia mengkonsumsi makanan yang terbatas baik dari jumlah makanan hingga gizinya. Awalnya dia hanya mengkonsumsi roti dan air. Kemudian Dr. William menambahkan daging, telur dan keju. Namun sayangnya, ketika baru akan menambahkan sayur dan buah dalam menu dietnya, dia meninggal.

4. Arthur Bacot - Penyakit Tifus

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan
listverse.com

Arthur Bacot awalnya adalah seorang entomology. Pada tahun 1910, dirinya diminta untuk meneliti kutu yang diperkirakan telah menyebabkan wabah di sebuah daerah di India oleh The Lister Institute And Indian Palgue Commission. Arthur terus melakukan eksperimen terhadap kutu-kutu tersebut. Bahkan Arthur meletakkan kutu-kutu itu dipakaiannya untuk memberi makan kutu tersebut dengan darahnya. Pada tahun 1922, Arthur diminta untuk meneliti sebuah kutu yang membawa wabah tifus yang berasal dari tempat pemandian umum. Sayangnya Arthur digigit oleh kutu tersebut dan terkena tifus. Namun kejadian tersebut memberikan pembelajaran bagi ilmu pengetahuan bagaimana penyakit tifus bisa ditularkan.

3. Daniel Carrion - Demam Oroya

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan

listverse.com

Pada tahun 1871, pernah terjadi sebuah demam yang dapat membuat orang yang menderita penyakit itu mengalami beberapa gejala dan termasuk demam yang memiliki resiko kematian yang tinggi. Hal ini dikarenakan jarak kematian yang cepat bagi orang yang telah terkena penyakit ini. Untuk mempelajari penyakit tersebut, Daniel menyuntikkan dirinya dengan cairan penyakit dari pasien yang mengidap demam oroya. Sebulan kemudian setelah Daniel berhasil mempelajari penyakit tersebut, dia berhasil menyimpulkan bahwa demam oroya merupakan memiliki kemiripan dengan penyakit Verruga, hanya saja tahapan penyakitnya yang berbeda.

2. Ellen Roche - Asma

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan

listverse.com

Pada tahun 2001, Ellen secara sukarela menawarkan dirinya untuk dijadikan penelitian bagaiamana sistem pernafasan orang sehat dalam mencegah asma. Dalam penelitian itu, Ellen diharuskan menghirup heksametason. Hal ini membuat Ellen mengalami batuk yang sangat parah dan membuat dirinya harus menggunakan ventilator selama seminggu. Namun sayangnya sebulan setelah penelitian itu Ellen meninggal. Kematian Ellen membuat Jhons Hopkins, FDA dan Kantor Perlindungan Penelitian Manusia merombak aturan agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi.

1. Clarence Dally - Sinar X (X-ray)

5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan

listverse.com

Pada tahun 1895, Edison dan Dally melakukan sebuah penelitian terhadap sinar X. Dimana Dally diminta untuk berdiri dan terkena paparan sinar X selama berjam-jam. 5 tahun kemudian, Dally mulai menunjukkan masalah. Tangan kirinya mulai bermasalah, karena sudah mulai sulit untuk digunakan. Dan ketika tangan kirinya sudah sulit digerakkan, maka dia ganti menggunakan tangan kirinya. Bahkan bila kedua tangannya mulai terasa terbakar, Dally memasukkan tangannya kedalam air untuk mengurangi rasa sakitnya. Akhirnya luka pada tangan kirinya membuat Dally harus diamputasi. Sedangkan luka pada tangan kanannya harus dilakukan cangkok kulit yang diambil dari kakinya namun 4 jari kanannya harus diamputasi. Akhirnya setelah kejadian itu, Edison dan Dally berhenti dari penelitian sinar X. Pada tahun 1904 Dally meninggal dunia.Β 

Itulah 5 uji coba manusia yang kematiannya sangat berarti bagi ilmu pengetahuan.


0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
13-08-2019 19:42
reserved
0 0
0
13-08-2019 19:59
keren buat kepentingan umat manusiaemoticon-2 Jempol
0 0
0
13-08-2019 20:06
Jadul emang mengerikan.






Kurang apa ya?
0 0
0
13-08-2019 22:20
wah wah pahlawan itu
0 0
0
13-08-2019 23:25
wow bacot emoticon-Mewek
0 0
0
13-08-2019 23:42
The real hero of scienceπŸ‘πŸ‘πŸ˜«πŸ˜­ rest in peaceπŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.