alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52a664a727680f17578ada/mencari-jejak-belok-kiri-atau-kanan
Lapor Hansip
13-08-2019 19:00
Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?
PERSAMI yang Takkan Terlupa

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?

Salam Pramuka!

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?
DokPri

Meriahnya acara perkemahan kali ini kau rasa lebih seru dari biasanya, kali ini PERSAMI di adakan di Bumi Perkemahan Kea-Kea, Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Jauh dari kota, tetapi suasana alamnya yang asri nan natural membuatmu betah berada di sana.

Bersama teman-teman Pramuka Penegak dari SMA Negeri 02 Kolaka, secara bekerja sama dan bergotong royong mendirikan kemah dan juga membersihkan areal wisata alam itu, kali ini kau dan teman-teman memilih mendirikan kemah di pinggir sungai, dengan alasan biar teman-teman perempuan gampang bila ingin buang air kecil.

Acara malam itu adalah mencari jejak, bersama kakak pembina~~Kak Sumarno, salah satu guru idola yang selalu ramah dan mengajarkan Dasa Dharma Pramuka meski bukan di hari Sabtu. Seperti biasa ekskul pelajaran Pramuka hanya ada di hari Sabtu, itupun dilakukan pada sore hari.

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?

Setelah makan malam, kau segera mengatur anggota regumu, regu Kancil untuk bersiap berbaris menuju rute yang telah di tandai oleh kakak pembina. Kau berjalan bersama dengan teman kelompok, beriringan macam itik mencari kolam. Kak Sumarno berjalan di belakang mengawal regu terakhir.

Setiap jalan yang telah dilewati kauberi tanda, berupa patahan ranting atau semak-semak berbatang keras. Tak lupa, mengikat beberapa pita berwarna putih agar memudahkan jalan untuk kembali.

Entah sudah berapa lama berjalan, tiba-tiba salah satu teman putri mengeluh kesakitan. Berjalan di malam hari menyulitkan melihat medan secara terbuka, meski kedua netra telah awas melihat sekeliling.

Dilla, teman kelompokmu yang bertubuh agak tambun itu tiba-tiba berteriak, membuat kau dan beberapa orang teman penggalang langsung menghentikan langkah. Kaki Dilla keseleo dan memar saat berusaha menghindari akar pohon yang menyembul di permukaan tanah. Akhirnya, kau dan teman-teman sepakat untuk berhenti menunggu regu terakhir tiba bersama Kakak Pembina.

Selang tak begitu lama, akhirnya Kakak Pembina pun tiba, ia segera mengecek keadaan Dilla. Suasana malam di bumi perkemahan yang sejatinya masih berupa hutan asli, semakin mencekam. Jaket dan sweater telah merekat erat membungkus tubuh kurusmu. Begitu pun dengan keadaan teman-teman dari regu lainnya.

Quote:"Ahmad, berhubung kaki Dilla masih sakit, maka sekarang kaupimpin teman-temanmu kembali ke tenda, Aku di belakang kalian. Tak usah melanjutkan pencarian jejak, lain waktu bisa kita ulang kembali," ucap kakak pembina~~Kak Sumarno padamu.

"Siap! laksanakan, Kak," katamu tegas.


Malam masih menunjukkan pukul 18.15 WITA. Kau segera mengambil alih berjalan di depan kembali, beberapa teman perempuan mengikutimu dan sebagian lainnya ikut menemani secara berganti-gantian memapah Dilla. Cuaca mulai memburuk! Angin mulai terasa berembus kencang. Sesekali petir menyala di langit malam, ikut memudahkan cahaya center menapak jalan bebatuan. Menghindari serangan ular dan binatang liar lainnya.

Braaakkh!

Suara pohon tumbang mengagetkanmu. Kau segera meminta teman-teman untuk waspada, seiring ketakutan yang mulai hinggap ... saat itu pula gerimis turun menyapa wajah-wajah penuh ketakutan itu.
Beberapa tanda telah ditinggalkan di belakang, agar memudahkan kakak pembina menemukan kelompokmu.

Quote:"Aduuh. Bagaimana, nih? Pohon ini besar juga. Mana jejak kita di depan jadi hilang, deh!' seru Ikbal, ketua regu kelompok Serigala.

"Jadi, apa yang harus kita lakukan? Belok kiri atau belok kanan, nih?" tanya Widya, salah satu peserta cewek yang berbeda beda kelas, tetapi masuk dalam regumu.

"Sepertinya kita harus berbelok ke kiri deh, kita tadi datangnya dari arah sebelah kiri, kan?" tanyamu meminta persetujuan ketua regu lainnya.

"Okelah, kita lewat arah kiri saja. Semoga jalan alternatif yang kita tempuh bisa mempercepat waktu kembali berkumpul di tenda." Salah satu ketua regu menyahut dan diiyakan oleh teman-teman lainnya.


Akhirnya dengan peralatan yang sederhana kau dan beberapa teman membuat jejak baru, berupa patahan ranting semak-semak. Kalian berjalan saling berpegangan tangan, dengan berjalan sambil terus menyalakan senter, kau memimpin kelompok.

Semakin jauh kau melangkah, semakin gelap pula suasana hutan. Bunyi binatang malam menjadi teman dalam perjalanan. Ada suara jangkrik, suara burung hantu serta suara gesekan ranting-ranting dedaunan di pohon-pohon besar makin menambah ketakutan beberapa teman perempuan yang ikut dalam rombonganmu.

Rombongan tadi dibagi dua oleh kakak pembina, itu untuk memudahkan kembali ke tenda agar tidak ada yang tersesat. Namun, rupanya kali ini kau telah tersesat. Kini kau membawa teman-temanmu jauh masuk ke dalam hutan.

Sesekali Widya menjerit, kala rumput menjerat kakinya. Kau dengan sigap membawa Widya ke depan, menggandeng tangannya agar tidak ketakutan lagi. Gadis itu tersenyum malu-malu dalam pekat dan dinginnya malam, senyum yang tidak kau perhatikan, karena konsen memperhatikan jalan di depan.

Gerimis yang tadi turun menjadi hujan, sesaat pula menyirami wajahmu dan wajah-wajah lesu rombongan lainnya. Hujan itu kini berhenti. Menyisakan hawa dingin yang hampir menyerap masuk ke seluruh sendi. Akhirnya kau sepakat dengan mereka agar berhenti melangkah dan berkumpul di sebuah pohon besar, sambil menunggu Kak Sumarno tiba bersama Dilla dan teman-teman lainnya.

***

Kalian duduk berkumpul membentuk lingkaran sambil memeluk lutut masing-masing, merapatkan seluruh anggota tubuh mengusir rasa beku yang perlahan menyapa lembut pori-porimu. Kaududuk di samping Widya yang mulai menggigil, sweater yang ia pakai mulai hampir memberati tubuh, karena telah menyerap air hujan. Tak ingin membuat Widya menggigil lebih lama, kaulingkarkan lenganmu di bahunya.

Ingin membuat api unggun, tetapi sayangnya kayu-kayu pada basah kena cucuran hujan tadi. Cahaya senter masih mampu menerangi setidaknya untuk beberapa jam ke depan, mana ponsel tadi ditinggal semua. Membuat suasana semakin mencekam.

Sejam dua jam hingga beberapa saat berlalu, tak ada tampak tanda-tanda Kak Sumarno dan teman-teman muncul di hadapan. Kau menyemangati rekan-rekan lainnya, agar tetap semangat dan pantang menyerah, sambil sesekali mengajak mereka bercerita. Kau pun berharap dalam hati, semoga tidak kesasar semakin jauh ke dalam hutan.

Dari jauh, tampak cahaya senter menerangi. Makin mendekat dan semakin jelas rupa dari orang yang kini menyinari wajahmu dan juga teman-temanmu yang mengangkat tangan menutupi mata mereka, karena kesilauan dengan cahaya senter yang begitu terang benderang.

Quote:"Rupanya kalian ada di sini, ayo berdiri. Ikut kakak kembali ke tenda!"

Suara Kak Danu terdengar lantang. Dia datang bersama beberapa teman penggalang yang tadi ikut bersama Kak Sumarno.

"Kak Sumarno mana, Kak?" tanyamu.

"Kak Sumarno sudah ada di tenda, kalian kenapa kesasar masuk ke dalam hutan?" Kak Danu balas bertanya.

"Kami tadi ketemu pohon tumbang, Kak. Mana tanda-tanda jejak juga hilang. Jadi, kami memilih jalan belok ke kiri. Kiranya merupakan jalan pintas kembali ke tenda, taunya malah kesasar rupanya." Fahrul ikut menjelaskan.

"Ya sudah, kalian tidak kenapa-napa, kan? Ayo, jalan! Nanti keburu hujan lagi." Kak Danu lalu berjalan memimpin kami di depan.


Ternyata karena berjalan terlalu lama, kau malah kesasar masuk ke dalam hutan sejauh satu kilometer. Seharusnya tadi kau berbelok ke arah kanan bukan malah ke arah kiri. Untung Kak Sumarno sempat melihat tanda yang ia buat juga waktu mengikutimu dari belakang dan itu yang ia gunakan untuk kembali ke tenda.

Dilla juga sudah mendapat perawatan untuk kakinya yang sempat keseleo, meski sempat kehujanan dan kedinginan, malam itu adalah malam yang tidak akan kaulupakan. Walau nanti akan ada PERSAMI selanjutnya. Kenangan kesasar saat mencari jejak sejauh satu kilometer akan menjadi pengalaman yang berkesan. Tak lupa kesan bersama Widya, gadis manis tetangga kelas yang telah berhasil kaurebut hatinya.

Quote:

Untuk menjadi pramuka bisa jadi terhalang oleh waktu tapi untuk berjiwa pramuka setiap saat pasti bisa kita laksanakan


Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
13-08-2019 19:00
Klik logo pramuka di bawah untuk melihat thread ane lainnya 👇

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
13-08-2019 19:01
Salam Pramuka!


emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan


Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?


KAMI PRAMUKA INDONESIA
MANUSIA PANCASILA
SATYAKU KUDHARMAKAN
DHARMAKU KUBAKTIKAN
AGAR JAYA INDONESIA
INDONESIA TANAH AIRKU
KAMI JADI PANDUMU


Untuk menjadi pramuka bisa jadi terhalang oleh waktu tapi untuk berjiwa pramuka setiap saat pasti bisa kita laksanakan

Mencari Jejak, Belok Kiri Atau Kanan?
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
13-08-2019 19:29
Salam pramuka


emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
13-08-2019 19:32
Wuih, pake pov 2, perlu dipelajari nih ilmunya. Keren, beib emoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 3 lainnya memberi reputasi
4
13-08-2019 19:42
Quote:Original Posted By yukinura
Salam pramuka


emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan

Salam pramuka!


Quote:Original Posted By YenieSue0101
Wuih, pake pov 2, perlu dipelajari nih ilmunya. Keren, beib emoticon-Tepuk Tangan

Emangnya pov2 itu susah ya?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
13-08-2019 19:49
Quote:Original Posted By evywahyuni
Salam pramuka!



Emangnya pov2 itu susah ya?emoticon-Bingung


Susah bagi aku yang gak ngerti pov
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 3 lainnya memberi reputasi
4
13-08-2019 20:14
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Susah bagi aku yang gak ngerti pov

Oowh, biasanya orang pake pov3 sihemoticon-nulisah
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan YenieSue0101 memberi reputasi
2
13-08-2019 20:20
Quote:Original Posted By evywahyuni
Oowh, biasanya orang pake pov3 sihemoticon-nulisah


Aku seringnya pake pov 1. Itu pun gak tau udah bener apa belum emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan evywahyuni memberi reputasi
2
13-08-2019 20:36
Wah mantap nih kisahnya
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan evywahyuni memberi reputasi
2
13-08-2019 20:39
ndprok dimari dulu yak emoticon-nyantai
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
13-08-2019 20:44
Quote:Original Posted By evywahyuni
Salam pramuka!



Emangnya pov2 itu susah ya?emoticon-Bingung


Susah mbak. Tantangan banget itu emoticon-Cape d...
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
13-08-2019 20:53
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Aku seringnya pake pov 1. Itu pun gak tau udah bener apa belum emoticon-Malu

Kalo ga ada serangan aku, ku pov1 itu bagus kokemoticon-Jempol

Quote:Original Posted By erina79purba
Wah mantap nih kisahnya

Makasih, Mbak Esteremoticon-terimakasih

Quote:Original Posted By edsixteen
ndprok dimari dulu yak emoticon-nyantai

Boleh, Bang ed16emoticon-Shakehand2 silah keunemoticon-Monggo

Quote:Original Posted By agungdar2494
Susah mbak. Tantangan banget itu emoticon-Cape d...

Kalo begitu sekarang ane tantangin buat cerpen pake pov2emoticon-nyantai, ntar kita koreksi bareng-barengemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan erina79purba memberi reputasi
2
13-08-2019 20:55
sama-sama mba
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
13-08-2019 21:01
Quote:Original Posted By evywahyuni
Kalo ga ada serangan aku, ku pov1 itu bagus kokemoticon-Jempol


Makasih, Mbak Esteremoticon-terimakasih


Boleh, Bang ed16emoticon-Shakehand2 silah keunemoticon-Monggo


Kalo begitu sekarang ane tantangin buat cerpen pake pov2emoticon-nyantai, ntar kita koreksi bareng-barengemoticon-Jempol


Nah susahnya di situ. Pov 1 banyak serangan ku, pov 3 banyak serangan nya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
13-08-2019 21:16
ane taunya cuma seragam pramuka gan
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
13-08-2019 21:36
salam pramuka emoticon-Traveller
Lurus ada ga
Diubah oleh sherrif_pedro
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan evywahyuni memberi reputasi
2
13-08-2019 22:17
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Nah susahnya di situ. Pov 1 banyak serangan ku, pov 3 banyak serangan nya emoticon-Ngakak (S)

Usahakan pake kata efektif untuk mengurangi seranganemoticon-Jempol

Quote:Original Posted By khadapy94
ane taunya cuma seragam pramuka gan

Sekarang udah tau yang lainnya juga, kan?emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By sherrif_pedro
salam pramuka emoticon-Traveller
Lurus ada ga

Ada kok, cuma pas dalam cerita di atas dihadapkan sama belokan aja, gan sherif
profile-picture
sherrif_pedro memberi reputasi
1
13-08-2019 22:20
Quote:Original Posted By evywahyuni



Ada kok, cuma pas dalam cerita di atas dihadapkan sama belokan aja, gan sherif


Dulu sering main cari jejak, biasanya malam hari
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
14-08-2019 05:37
Quote:Original Posted By sherrif_pedro
Dulu sering main cari jejak, biasanya malam hari

Iya, gan dan biasanya dilakukan di malam terakhiremoticon-Shakehand2
profile-picture
sherrif_pedro memberi reputasi
1
14-08-2019 06:52
Quote:Original Posted By evywahyuni
Salam pramuka!



Emangnya pov2 itu susah ya?emoticon-Bingung


Ajari dong bun buat cerita! Tapi lewat apa?
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
guru-pakde-dari-alam-ghaib
Stories from the Heart
ekspedisi-kramat---hidden-story
Stories from the Heart
cloudlove-teen-fiction
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.