alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52a2eea2d19554d80bc83f/peristiwa-berlututnya-indonesia-kepada-imf-saat-krisis-terjadi
Lapor Hansip
13-08-2019 18:45
Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi
Past Hot Thread
Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi
15 Januari 1998 di kediaman Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, di Cendana, Menteng, Jakarta Pusat. Soeharto mengesahkan Letter of Intentke-2 dengan Dana Moneter Internasional (IMF).


Bangsa Indonesia kala terpuruk. Gambar diatas menunjukan seorang pemimpin yang menunduk pada IMF menunjukkan terpuruknya harga diri bangsa. Peristiwa ini dianggap sebagai "takluknya" rezim Orde Baru akibat dari gejolak perekonomian Indonesia yang dilanda krisis parah akhirnya membuat keuangan negara berdarah-darah. Soeharto sebagai pemimpin bangsa akhirnya menyerah dan meminta bantuan IMF, setelah .

Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi

  Siapa yang menyangka kalau Indonesia akan jatuh pada saat itu, tapi ternyata Krisis ini pun menyebar ke beberapa negara Asia lainnya. Indonesia, yang memiliki karakteristik ekonomi yang tidak jauh berbeda dengan Thailand, pun terkena dampaknya pada Agustus 1997. Bank Indonesia melepas band intervensi rupiah dengan alasan agar cadangan devisa tak terkuras habis seperti yang menimpa Thailand. Hasilnya sungguh di luar dugaan.

Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi

Rupiah malah semakin terpuruk dan menembus level Rp3.000 per dolar AS pada September 1997. Pada 16 September 1997, pemerintah menunda megaproyek senilai Rp39 triliun dalam upaya “mengencangkan ikat pinggang” (menghemat anggaran). Suku bunga acuan Bank Indonesia juga dinaikkan agar investor mau kembali membeli rupiah dan meredam penguatan dolar AS. Namun, upaya ini belum membuahkan hasil.

Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi

Kini mimpi buruk masa lalu masih membawa luka mendalam bagi rakyat Indonesia, tapi semangat untuk bangkit masih terus berkobar demi tercapai Indonesia yang maju, makmur, dan sejahtera.

Peristiwa Berlututnya Indonesia kepada IMF Saat Krisis Terjadi



Simak kisah peristiwa ini bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast!
emoticon-Merdekaemoticon-Merdekaemoticon-Merdeka






profile-picture
profile-picture
profile-picture
bocahharam dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
14-08-2019 17:38
Quote:Original Posted By priamuda69
Pesan bagus dari Ir. Soekarno yg banyak dilupakan para petinggi kerajaan..
JAS MERAH

Dulu IMF sudah jebak via hutang akhirnya larut dalam krisis. Hutang didapat untuk atasi terpuruknya ekonomi dengan banyak syarat yg mengikat.. salah satunya Liberalisasi ekonomi masuk ke dalam sendi sendi ekonomi.
Hasilnya kita nikmati sekarang. Menjadi bangsa yg sulit mandiri dan berdaulat..

Pengulangan sejarahpun terjadi.
Dulu IMF saat ini Tiongkok dengan alasan Infratruktur dan liberalisasi perdagangan tentunya..

Sepertinya kita akan masuk perangkap Hutang Jilid II..

Gali lobang Tutup lobang terjadi lagi..
Ambil hutang untuk bayar hutang..

Woles aja kita nikmati bersama jebakan hutang itu gan emoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol


Sudah banyak yg masuk perangkap "jalur sutera" versi milenium ini,kasih hutang utang buat bangun infrastruktur,kalo ga bisa lunasin maka negara nya akan diambil beberapa aset pentingnya selama kurun waktu tertentu
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0
Lihat 1 balasan
14-08-2019 17:50
Dinar dan dirham solusinya
emoticon-Ngacir2
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
14-08-2019 18:03
oh gitu ya ngeri sih kalo krisis moneter


jangankan negara
diri sendiri juga kalo lagi krisis moneter suka pusing haha
0
Lapor Hansip
14-08-2019 18:03
Balasan post venta77
Quote:Original Posted By venta77


Sudah banyak yg masuk perangkap "jalur sutera" versi milenium ini,kasih hutang utang buat bangun infrastruktur,kalo ga bisa lunasin maka negara nya akan diambil beberapa aset pentingnya selama kurun waktu tertentu


Sutera memang mempesona
Dari mulai KAIN SUTERA yg mewah
Kontra sepsi SUTERA
sampai JALUR SUTERA

emoticon-Shakehand2
0
14-08-2019 18:38
masa kelam Indonesia kembali dijajah di era modern itu. tapi penjajahannya secara ekonomi.

emoticon-Traveller

0
14-08-2019 19:14
Sengaja IMF sudah menduga akan terjadi penimpangan ekonomi terus dicekoki dengan janji janji manis
0
14-08-2019 19:36
jadi inget masa masa pemerintah orba..
0
14-08-2019 19:43
Gw inget jaman itu gw punya utang 100usd. Sebelumnya gw pikir.. halah.. cm 200rebu.. Eh.. bbrp hari kemudian jadi lebih dr sejuta setengah! Tp tetep gw pikir gw masih beruntung dibanding yg laen..
0
14-08-2019 19:57
saluteee sama podcastnya kaskus, beritanya makin tajem makin luass...semoga semakin baik informasi yg disebarkan
0
14-08-2019 20:12
1998 ane masih 3 atau 4 tahunan yang ane inget sekolah tk dibilurakn tetus banyak asep item dimana mana.. berita ditivi penuh keributan dan kerusuhan
0
14-08-2019 20:13
Kita hidup di sistem Kapitalisme, apa yg mau diharap? Mau IMF atau nama lain tetap aja sama, siklus ekonomi yg selalu berulang, krisis, recovery, krisis, begitu terus, pemenang sesungguhnya y the black hand emoticon-Leh Uga
profile-picture
xscope memberi reputasi
1
14-08-2019 20:19
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
roda terus berputar
lain dulu lain sekarang

sekarang ini IMF tak ada lagi hebatya
yang hebat itu adalah AIIB yg didirikan China
AIIB lebih mantap daripada IMF & world bank





kalau sama-sama lintah darat mending jauh ke laut aja
0
14-08-2019 20:25
Quote:Original Posted By comrade.frias


IMF hanya menolong negara yang mata uangnya bermasalah agar imbasnya tidak merusak ekonomi satu kawasan. karena mata uang 1 negara yang rusak biasanya berimbas pada satu kawasan, dan ini terlihat pada krisis ekonomi asia dekade silam.


tidak ada kata ''menolong'' dalam kamus mereka, cuma mengamankan aset-aset syndicate mereka saja di Indonesia, sambil nyelem minum aer..kalau Indonesia hancur tidak ada lagi nama Indonesia, kalau tidak ada nama Indonesia mau nagih hutang ke siapa?? lah di kontraknya aja kepada pihak Indonesia bukan ke si a atau ke si b
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
14-08-2019 20:29
#25,954
Amazing. Thread gue jadi podcast.emoticon-Matabelo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
14-08-2019 20:30
Quote:Original Posted By comrade.frias


Yaelah Si Ahyan Lu Dengerin emoticon-Ngakak

Btw Nitip Quote

jangan menyalahkan badan finansial apabila ekonomi anda yang bermasalah.


uh lihat si bule pake melipat tangan di dada saat di foto penandatanganan dokument pengen gue bacok aja tuh bule..belagu bener kagak ada sopan-sopannya wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
14-08-2019 20:55
#25,957
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
Gw inget jaman itu gw punya utang 100usd. Sebelumnya gw pikir.. halah.. cm 200rebu.. Eh.. bbrp hari kemudian jadi lebih dr sejuta setengah! Tp tetep gw pikir gw masih beruntung dibanding yg laen..


Sekarang bayangkan situasi ini terjadi pada perusahaan.
Perusahaan berutang 500 ribu dolar. Ketika kurs 2000, utang ini setara cuma 1 miliar rupiah. Tetapi saat krismon dan kurs naik jadi 10000, utang ini jadi setara 5 miliar rupiah. Bayangkan, utang 1 miliar rupiah jadi 5 miliar rupiah, bahkan tanpa ada utang baru sama sekali. Ditambah arus kas seret, jangan heran banyak bank dan perusahaan berguguran pada 1998. Kecuali yang ngandelin ekspor.

Quote:Original Posted By barulangit
uh lihat si bule pake melipat tangan di dada saat di foto penandatanganan dokument pengen gue bacok aja tuh bule..belagu bener kagak ada sopan-sopannya wkwkwk


Gue bacanya sih itu diajari oleh Duke of Cambridge.

Quote:Original Posted By aldotoraja
Saat itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar paling tinggi di angka berapa gan?


Resminya 16.700. Di pasar gelap pernah sampai 20.000.
Diubah oleh gilbertagung
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
14-08-2019 21:01
Balasan post gilbertagung
Quote:Gue bacanya sih itu diajari oleh Duke of Cambridge.
maksudnya keluarga kerajaan gan?
Diubah oleh sibuk.nyaleg
0
14-08-2019 21:06
Quote:Original Posted By hatalomba
jadi inget ikan krismon bray


emoticon-Ngakak dulu pas krismon emak ane tiap hari masak ikan itu. Ampe penasaran itu jenis ikan apaan yak?
Diubah oleh MjogFallegur
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.